Skala Kecemasan Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS) Kecemasan dapat diukur dengan pengukuran tingkat kecemasan menurut

alat ukur kecemasan yang disebut HARS (Hamilton Anxiety Rating Scale). Skala HARS merupakan pengukuran kecemasan yang didasarkan pada munculnya symptom pada individu yang mengalami kecemasan. Menurut skala HARS terdapat 14 syptoms yang nampak pada individu yang mengalami kecemasan. Setiap item yang diobservasi diberi tingkatan skor antara ! (Nol Present) sampai dengan 4 (severe). Skala HARS pertama kali digunakan pada ta"un 1# #$ yang diperkenalkan ole" Ma% Hamilton dan sekarang tela" men&adi standar dalam pengukuran kecemasan terutama pada penelitian trial clinic. Skala HARS tela" dibuktikan memiliki validitas dan reliabilitas cukup tinggi untuk melakukan pengukuran kecemasan pada penelitian trial clinic yaitu !$#' dan !$#(. Kondisi ini menun&ukkan ba")a pengukuran kecemasan dengan menggunakan skala HARS akan diperle" "asil yang valid dan reliable. Skala HARS Menurut Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS) yang dikutip *ursalam (+!!') penilaian kecemasan terdiri dan 14 item$ meliputi, 1. -erasaan .emas /irasat buruk$ takut akan pikiran sendiri$ muda" tensinggung. +. Ketegangan merasa tegang$ gelisa"$ gemetar$ muda" terganggu dan lesu. '. Ketakutan , takut ter"adap gelap$ ter"adap orang asing$ bila tinggal sendiri dan takut pada binatang besar. 4. 0angguan tidur sukar memulai tidur$ terbangun pada malam "ari$ tidur tidak pulas dan mimpi buruk. . 0angguan kecerdasan , penurunan daya ingat$ muda" lupa dan sulit konsentrasi. 1. -erasaan depresi , "ilangnya minat$ berkurangnya kesenangan pada "oby$ sedi"$ perasaan tidak menyenangkan sepan&ang "ari. (. 0e&ala somatik, nyeni pat" otot2otot dan kaku$ gertakan gigi$ suara tidak stabil dan kedutan otot. 3. 0e&ala sensorik, perasaan ditusuk2tusuk$ pengli"atan kabur$ muka mera" dan pucat serta merasa lema". #. 0e&ala kardiovaskuler , takikardi$ nyeri di dada$ denyut nadi mengeras dan detak &antung "ilang seke&ap. 1!. 0e&ala pemapasan , rasa tertekan di dada$ perasaan tercekik$ sering menarik napas pan&ang dan merasa napas pendek. 11. 0e&ala gastrointestinal, sulit menelan$ obstipasi$ berat badan menurun$ mual dan munta"$ nyeri lambung sebelum dan sesuda" makan$ perasaan panas di perut.

1+. sering keneing$ tidak dapat mena"an keneing$ aminorea$ ereksi lema" atau impotensi. mulut kering$ muda" berkeringat$ muka mera"$ bulu roma berdiri$ pusing atau sakit kepala. -ada tingkat ini la"an persepsi melebar dab individu akan ber"ati2"ati dan )aspada. -erilaku se)aktu )a)ancara . 0e&ala vegetati/ . F. Skor ( 7 14 4 kecemasan ringan. 14. 0e&ala urogenital . 1. ! 4 tidak ada ge&ala sama sekali 1 4 Satu dari ge&ala yang ada + 4 Sedang5 separu" dari ge&ala yang ada ' 4 berat5lebi" dari 6 ge&ala yang ada 4 4 sangat berat semua ge&ala ada -enentuan dera&at kecemasan dengan cara men&umla" nilai skor dan item 1214 dengan "asil. Kecemasan Ringan Kecemasan ringan ber"ubungan dengan ketegangan akan peristi)a ke"idupan se"ari2 "ari. gelisa"$ &ari2&ari gemetar$ mengkerutkan da"i atau kening$ muka tegang$ tonus otot meningkat dan napas pendek dan cepat. Respon 9isiologis : Sesekali na/as pendek : *adi dan tekanan dara" naik : 0e&ala ringan pada lambung . 8ndividu terdorong untuk bela&ar yang akan meng"asilkan pertumbu"an dan kreativitas.ara -enilaian kecemasan adala" dengan memberikan nilai dengan kategori. Skur 1 7 +( 4 kecemasan sedang. '. Tingkat Kecemasan Stuart dan Sundeen (1## ) membagi kecemasan men&adi 4 tingkatan yaitu . Skor kurang dari 1 4 tidak ada kecemasan. Skor lebi" dari +( 4 kecemasan berat. 1'. . 1. +. 4. 1.

Respon 9isiologis : Sering na/as pendek : *adi ekstra systole dan tekanan dara" naik : Mulut kering : Anore%ia : >iare5konstipasi : 0elisa" +. Respon Kogniti/ : . 1. Kecemasan sedang -ada tingkat ini la"an persepsi ter"adap lingkungan menurun5individu lebi" mem/okuskan pada "al penting saat itu dan mengesampingkan "al lain.apang persegi meluas : Mampu menerima ransangan yang kompleks : Konsentrasi pada masala" : Menyelesaikan masala" secara e/ekti/ '.uar tidak mampu diterima : ?er/okus pada apa yang men&adi per"atiannya '.apang persepsi menyempit : Rangsang . Respon -rilaku dan <mosi : 0erakan tersentak2sentak (meremas tangan) . Respon perilaku dan <mosi : =idak dapat duduk tenang : =remor "alus pada tangan : Suara kadang2kadang meninggi +. Respon Kogniti/ : .: Muka berkerut dan bibir bergetar +.

apang persepsi sangat menyempit : =idak mampu menyelesaikan masala" '. 1. Kecemasan ?erat -ada kecemasan berat la"an persepsi men&adi sempit. -anik -ada tingkat ini persepsi suda" terganggu se"ingga individu suda" tidak dapat mengendalikan diri lagi dan tidak dapat melakukan apa2apa )alaupun suda" diberi pengara"an5tuntunan.: ?icara banyak dan lebi" cepat : -erasaan tidak nyaman '. Respon 9isiologis : Sering na/as pendek : *adi dan tekanan dara" naik : ?erkeringat dan sakit kepala : -engli"atan kabur +. 1. Respon -rilaku dan <mosi : -erasaan ancaman meningkat : @erbalisasi cepat : ?locking 4. 8ndividu tidak mampu ber/ikir berat lagi dan membutu"kan banyak pengara"an5tuntutan. Respon Kogniti/ : . Respon 9isiologis : *a/as pendek : Rasa tercekik dan berdebar : Sakit dada : -ucat . 8ndividu cenderung memikirkan "al yang kecil sa&a dan mengabaikan "al2"al yang lain.

Ke)aspadaan meningkat$ tidak sadar$ takut$ gelisa"$ pelupa$ cepat mara"$ kece)a$ menangis dan rasa tidak berdaya . Hilang na/su makan$ mual$ rasa tak enak pada epigastrium$ diare : *euromuskuler . Respon Kogniti/ : . -eningkatan re/leks$ )a&a" tegang$ insomnia$ gelisa"$ kelela"an secara umum$ ketakutan$ tremor : Saluran Kemi" . Respon -rilaku dan <mosi : Agitasi$ mengamuk dan mara" : Ketakutan$ berteriak2teriak$ blocking : -ersepsi Kacau : Kecemasan yang timbul dapat diidenti/ikasi melalui respon yang dapat berupa respon /isik$ emosional$ dan kogniti/ atau intelektual. =ak dapat mena"an buang air kecil : Sistem Kulit . konsentrasi menurun$ pelupa$ raung persepsi berkurang atau menyempit$ takut ke"ilangan kontrol$ obyekti/itas "ilang : Respon emosional . Respon 9isiologis : Kardiovaskuler .: Hipotensi +. 4. Muka pucat$ perasaan panas5dingin pada kulit$ rasa terbakar pada muka$ berkeringat setempat atau seluru" tubu" dan gatal2gatal : Respon Kogniti/ . -alpitasi berdebar$ tekanan dara" meningkat5menurun$ nadi meningkat5menurun : Saluran -erna/asan .apang persepsi menyempit : =idak dapat ber/ikir lagi '. *a/as cepat dangkal$ rasa tertekan di dada$ rasa seperti tercekik : 0astrointestinal .