You are on page 1of 6

SIKLUS AIR DI PT BADAK NGL

CANDRA ADITYA WIGUNA (6512010005) Konsentrasi Pengolahan Gas LNG ACADEMY PT Badak NGL – Politeknik Negeri Jakarta
Bontang 2013

SIKLUS AIR DI WILAYAH PT BADAK NGL
Air merupakan sumber daya alam yang sangat banyak manfaatnya dan mempunyai sifat – sifat yang unik dan tidak dimiliki material lain. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh PT Badak NGL untuk memanfaatkan air terutama pada system utilitas atau system pembantu produksi. Air yang digunakan di PT Badak NGL dimanfaatkan sebagai konsumsi air minum, penghantar panas, penghantar energy, dan lain lain. Air di PT Badak NGL tidak serta - merta dibuang setelah digunakan, tetapi lebih kepada diolah dan digunakan kembali sebagai media penghantar panas yang dapat diperbaharui. Dari mana dan bagaimana siklus air di PT Badak NGL? Makalah ini akan membahas secara garis besar rangkaian proses siklus air, terutama dalam proses utilitas di PT Badak NGL.

Sumur air
Sumber air di PT Badak NGL berasal dari air tanah yang diperoleh dengan menggali beberapa sumur yang tersebar di beberapa tempat di wilayah PT Badak NGL Gambar 1: lokasi sumur air PT Badak NGL

Aerator
Air dari sumur akan dipompa keluar, setelah itu air sumur akan di saring di penyaringan pertama kemudian air akan diairasi di aerator yaitu proses mempertemukan air tanah dengan udara

Gambar : diagram alir unit aerator

Gambar 1: diagram alir unit aerator

untukmengendapkan partikel besi dengan cara oksidasi. setelah itu air yang sudah diairasi tersebut akan ditambahkan larutan natrium hidroksida (NaOH) tujuan penambahan zat kimia ini adalah untuk mengendapkan besi yang masih larut di air dan menambah pH dari air sumur yang mempunyai pH rendah sekitar 4-5.

IRF
Setelah besi mengendap maka partikel besi tersebut akan disaring di unit IRF. Unit IRF ini biasa disebut unit filter yang terdiri dari tiga vessel yang bekerja secara paralel yang berisi pasir spesifik yang dapat menyaring besi yang sudah terendapkan.

Gambar : diagram alir filter unit

Air yang sudah bebas dari besi akan ditampung di filter tank untuk proses lebih lanjut. Indikasi bahwa unit filter ini jenuh adalah naiknya delta P. ketika sudah jenuh maka filter vessel akan di backwash menggunakan sebagian air yang sudah disimpan dalam filter tank tadi. Backwash dilakukan sampai media penyaring kembali bersih dari endapan besi dan siap untuk menyaring kembali. Dari filter tank, terdapat dua proses yang berbeda yaitu proses air yang akan disalurkan ke wilayah community untuk keperluan sehari – hari dan proses air yang akan disalurkan untuk keperluan plant khususnya untuk Boiler Feed Water atau BFW

Community Water
Air yang akan digunakan untuk keperluan sehari hari akan disalurkan ke potable tank yang akan ditambah klorin yang berfungsi sebagai desinfektan untuk membunuh bakteri – bakteri berbahaya yang ada di air. Tetapi penggunaan klorin ini harus dibatasi karena penambahan klorin yang tidak sesuai justru berefek negative untuk tubuh manusia. Air yang telah digunakan untuk aktivitas sehari hari akan disalurkan dan di tampung ke waste water treatment plant atau WWTP. Unit ini berfungsi untuk penampungan terakhir dari limbah rumah tangga yang berupa air yang sudah terpakai yang akan diolah sehingga dapat kembali disalurkan ke lingkungan.

Ion Exchanger Unit
Air yang akan disalurkan untuk BFW akan dipompa dari filter tank menuju ion exchanger. Ion exchanger ini berfungsi sebagai penyaring ion ion yang terdapat di dalam air. Unit ion exchanger terdiri atas dua unit, unit pertama yaitu kation exchanger yang akan menyerap ion positif yang terdapat di air, unit kedua yaitu anion exchanger yang bertugas untuk menyerap ion negative

Gambar: diagram alir ion exchanger unit

Unit ini bekerja secara seri, air akan masuk ke cation exchanger dulu lalu masuk ke anion exchanger, setelah air bersih dari ion ion positif dan negative, maka air akan ditampung di demin tank.

Indikasi jika unit ini jenuh adalah delta P yang tinggi. Jika unit ion exchanger penuh, maka harus di regenerasi dengan menginjeksi asam kuat (H2SO4) untuk unit kation. Sementara untuk unit anion menggunakan basa kuat (NaOH). Aliran injeksi regenerasi ini akan ditampung di neutralizing pit yang akan menetralkan asam kuat dan basa kuat tersebut. Setelah dinetralkan, air yang ada di neutralizing pit akan disalurkan ke lingkungan.

Deaerator
Dari demin tank, air akan diproses ke proses selanjutnya yaitu proses deaerator. Proses deaerator adalah proses penghilangan gas yang masih terdapat di air dengan menggunakan low pressure steam. Dalam kondisi tekanan rendah dan temperature tinggi. Unit deaerator mempunyai dua feed, yang pertama adalah feed dari demin tank, dan yang kedua adalah feed dari steam condenser. Air yang sudah didearerasi akan dipompa menggunakan boiler feed water pump menuju boiler.

Gambar: Deaerator unit

Boiler
Di dalam bolier, air terlebih dahulu menggunakan economizer yang memanfaatkan panas dari vent stack boiler, lalu air akan menuju tube – tube yang ada di boiler menuju steam drum yang akan merubah fasa air menjadi fasa gas atau steam yang masuh dalam kondisi saturated. Setelah itu, steam akan masuk ke tube superheater yang akan menaikan kondisi steam saturated menjadi steam superheated, suhu steam yang keluar berkisar 440oC dengan tekanan 45 kg/cm2, jika temperature steam terlalu panas, maka akan diturunkan dengan desuperheater yang akan menyemprotkan sedikit air ke steam.

Pemanfaatan steam
Setelah keluar dari boiler, steam akan disalurkan untuk keperluannya masing – masing. Ada yang digunakan untuk steam generator untuk menghasilkan listrik, tapi yang utama digunakan untuk steam turbine kompresor prophane dan MCR untuk keperluan refrigerasi di process plant. Selebihnya digunakan sebagai fluida pemanas di heat exchanger.

Kondenser
Setelah digunakan untuk media penggerak maupun media pemanas, tekanan dan temperature steam akan turun, dari yang awalnya 45 kg/cm2 menjadi sekitar 3 – 5 kg/cm2. Setelah tekanan turun, steam akan disalurkan ke unit condenser yang akan mengubah fase steam menjadi fase cair kembali.

Polisher
Setelah menjadi air kembali, air kemudian menuju ke unit polisher untuk membersihkan impuritis yang terbawa selama menjalani siklus steam. Unit polisher ini mirip dengan unit filter + demin, ia bertugas menyaring dan menangkap ion ion yang ada di air. Setelah melewati unit polisher, air akan menuju ke unit deaerator kembali.

Gambar: Polisher unit