LAPORAN PENDAHULUAN RESIKO BUNUH DIRI

Disusn Oleh : FIQI RAMADHAN NIM : 1114201012 Semes e! "

PRO#RAM S$UDI S1 KEPERA%A$AN FAKUL$AS ILMU KESEHA$AN UNI"ERSI$AS MUHAMMADI&AH $AN#ERAN# $AHUN 201'

1(L)*+!)n Pen,)hulu)n Resi-+ Bunuh Di!i . RBD /

aladptif Peningkatan diri Pertumbuhan Peningkatan Beresiko Destruktif diri tak langsung Pencederaan diri Bunuh diri 2(L)*+!)n Pen. emosi lebih dan sering melihat atau membaca melalui media mengenai orang yang melakukan bunuh diri ataupun percobaaan bunuh diri . $aktor Predisposisi $aktor predisposisi yang menun%ang pada pemahaman prilaku dekstruktif sepan%ang siklus kehidupan adalah Diagnostik psikiatrik.)hulu)n Resi-+ Bunuh Di!i . kehilangan dukungan sosial. psikososial. dan defresi.impulsif. sifat kepribadaiaan. (eempat faktor biokimia. 1 !". penyalahgunaan 'at dan ski'oprenia. dan faktor biokimaia. B. Dalam sumber lain dikatakan bahwa bunuh diri sebagai prilaku destruktif terhadap diri sendri yang tidak dicegah dapat mengarah pada kematian. II0 PROSES $ER1ADIN&A MASALAH #.perpisahan atau bahkan perceraian. +entang +espon Bunuh Diri +espon #daptif +espon . terdapat & gangguan %iwa yang dapat membuat individu berisiko untuk melakukan tindakan bunuh diri adalah gangguan akfektif. RBD / . ke%adian yang memalukan. (etiga lingkungan psikososial diantaranya adalah pengalamn kehilangan.M)s)l)h U )m)/ Bunuh diri adalah keadaan dimana mengalami resiko untuk menyakiti diri sendiri atau melakukan tindakan yang dapat mengancam nyawa. ke%adian)ke%adian negatif dalam hidup. penykit kronis. lingkungan. Pertama diagnostic psikiatrik. serotonin.LAPORAN PENDAHULUAN RESIKO BUNUH DIRI I0 KASUS . (edua sifat kepribadian terdapat tiga tife kepribadian yang erat hubunganya dengan resiko bunuh diri adalah antipatif. $aktor Presipitasi $aktor presipitasi pada individu melakukan tindakan bunuh diri antara lain stress yang berlebihan. data menun%ukkan bahwa pada klien dengan resiko bunuh diri ter%adi peningkatan 'at)'at kimia di dalam otak seperti. adrenalin dan dopamine. Prilaku yang mencangkup setiap bentuk aktivitas bunuh diri. *. niatnya adalh kematian dan individu menyadari hal sebagai sesuatu yang diingginkan (Stuart dan Sunden.

ekanisme (oping . maka seorang karyawan men%adi tidak masuk kantor atau beker%a seenaknya dan tidak optimal. Prinsip +BD berusaha agar klien mengungkapkan klien bunuh diri III0 A0 POHON MASALAH +esiko Bunuh Diri -arga Diri +endah (eputusasaan B0 MASALAH KEPERA%A$AN DAN DA$A &AN# PERLU DIKA1I . Bunuh diri yang ter%adi merupakan kegagalan koping dan mekanisme adaptif pada diri seseorang. . dan magical thinking.asalah (eperawatan +esiko Bunuh Diri Data yang Perlu Dika%i DS . Sebagai contoh seseorang mempertahankan diri dari pendapatnya yang berbeda mengenai loyalitas terhadap pimpinan ditempat ker%anya. c" Destruktif diri tidak langsung. regression.a" Peningkatan diri. Seseorang telah melakukan kegiatan bunuh diri sampai dengan nyawanya hilang. RBD / . • (lien memeiliki riwayat percobaan bunuh diri. Seseorang telah mengambil sikap yang kurang tepat (maladaptif" terhadap situasi yang membutuhkan dirinya untuk mempertahankan diri. b" Beresiko destruktif. D/ . d" Pencederaan diri. '(L)*+!)n Pen.isalnya.eknisme koping yang berhubungan dengan bunuh diri termasuk bunuh diri termasuk denial. seperti seseorang merasa patah semangat beker%a ketika dirinya dianggap tidak loyal terhadap pimpinan padahal sudah melakukan peker%aan secara optimal. . karena pandangan pimpinan terhadap ker%anya yang tidak loyal. • (lien mengungkapkan keinginan bunuh diri. Seseorang memiliki kecenderungan atau beresiko mengalami perilaku destruktif atau menyalahkan diri sendiri terhadap situasi yang seharusnya dapat mempertahankan diri.)hulu)n Resi-+ Bunuh Di!i . e" Bunuh diri. rasionali'ation. Seseorang dapat meningkatkan proteksi atau pertahanan diri secara wa%ar terhadap situasional yang membutuhkan pertahanan diri. • (lien mengatakan ingin mati • (lien mengatakan rasa bersalah • (lien mengatakan adanya konflik. Seseorang melakukan percobaan bunuh diri atau pencederaan diri akibat hilangnya harapan terhadap situasi yang ada. D.

57* 4(L)*+!)n Pen. 2akarta . 344&. 3448. (3441". 2akarta . *.)hulu)n Resi-+ Bunuh Di!i . Buku Saku Pedoman Obat dalam Keperawatan Psikiatri. Diagnosa Keperawatan pada Keperawatan Psikiatri. I"0 DIA#NOSA KEPERA%A$AN +esiko Bunuh Diri "0 "I0 REN2ANA $INDAKAN KEPERA%A$AN 0erlampir DAF$AR PUS$AKA *arpenito. Buku Saku Keperawatan Jiwa (ed :ndonesia" 0ownsend . 1ynda 2uall. 2akarta . Buku Saku Diagnosa Keperawatan. 57* !. 5disi 6. 2akarta. . 1 6.ary *.. 57* Stuart. (eliat B#. RBD / . 1 2akarta.• (lien terlihat memikirkan sesuatu. Pedoman untuk pembuatan rencana 57* 0ownsend. :ndonesia. Proses Keperawatan Jiwa. 79 dan Sundeen. 57*.