TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK STIMULASI SENSORI

Disusun Oleh:

1. Auliya Risha 2. Woro Puspa Ningrum 3. Tri Septi Ulan Dari 4. Hesy Oktiany 5. Siti Holidah Solihin 6. Tri Puspito Winarti 7. Evi Rahmayanti 8. Gyas Yulifardana

1110711 1110711 1110711 1110711 111 0711055 1110711071 1110711 1110711

PROGRAM STUDI S-1 KEPERAWATAN FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN

Klien mampu mengekspresikan perasaan melalui gambar Tujuan khusus a. TAK “Stimulasi Sensoris: Sesi 1” Topik: Mendengarkan musik 1. Terapi aktivitas kelompok merupakan salah satu terapi modalitas yang dilakukan perawat kepada sekelompok klien yang mempunyai masalah keperawatan yangsama. Klien mampu berespons terhadap suara yang didengar b. Klien mampu mengenali music yang di dengar b.UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” JAKARTA 2013 BAB I LANDASAN TEORI A. Aktivitas digunakan sebagi terapi. dan kelompok digunakan sebagai target asuhan (Kelliat. TAK stimulasi persepsi adalah upaya menstimulasi semua pancaindra (sensori) agar member respons yang adekuat 2. Klien mampu menceritakan perasaannya setelah mendengarkan musik . Tujuan Tujuan Umum : a. Klien mampu member respons terhadap musik c. Pengertian Terapi aktivitas kelompok adalah aktivitas membantu anggotanya untuk identitas hubungan yang kurang efektif dan mengubah tingkah laku yang maladaptive (Stuart&Sundeen.1998).2005). Klien mampu berespons terhadap gambar yang dilihat c.

Fasilitator : Auliya Risha d. Terapis : Woro Puspaningrum Tri Puspito Winarti Siti Holida Solihin Tri Septi Ulan Dari Uraian tugas: a. Waktu c.00 wib s. Team terapis a. dan mengatur jalannya therapy 3) Menyampaikan materi sesuai tujuan TAK 4) Memimpin diskusi kelompok 3 . Observer : Evi Rahmayanti e. Waktu a. Pengorganisasian 1. Hari & tanggal b.d selesai : ruang mawar 2. dan klien yang bersedia mengikuti TAK. mengontrol. Leader Tugas: 1) Memimpin jalannya therapy aktifitas kelompok 2) Merencanakan. Leader : Giyas Yulifardana b. Co. klien yang koopoeratif. Tempat : Rabu. C.B. leader : Hesy Oktiany c. 18 Desember 2013 : 08. Klien Klien yang mendapatkan terapi aktivitas kelompok adalah klien dengan kesulitan mengungkapkan pendapat tentang sesuatu yang berhubungan dengan kehidupannya.

Observer Tugas: 1) Mencatat serta mengamati respon klien (dicatat pada format yang tersedia) 2) Mengawasi jalannya aktifitas kelompok dari mulai persiapan. Co. proses. Terapis dan klien duduk bersama dalam lingkaran b. hingga penutupan 3. Lagu Bunda (Melly Goeslaw) & Kita Selamanya (Bondan Prakoso) 5. Leader Tugas: 1) Membuka acara 2) Mendampingi Leader 3) Mengambil alih posisi leader jika leader bloking 4) Menyerahkan kembali posisi kepada leader 5) Menutup acara diskusi c. Fasilitator Tugas: 1) Ikut serta dalam kegiatan kelompok 2) Memberikan stimulus dan motivator pada anggota kelompok untuk aktif mengikuti jalannya therapy d. Sharing persepsi 4 . Diskusi b. Ruangan nyaman dan tenang 4. Alat a. Metode a. Setting a.b. Laptop b.

Terapis mengajak klien untuk saling memperkenalkan diri ( nama lengkap dan nama panggilan ) dimulai dari terapis secara berurutan searah jarum jam. c.D. Setelah lagu selesai klien diminta menceritakan isi dari lagu tersebut dan perasaan klien setelah mendengarkan lagu 5 . Salam terapeutik        Salam terapis Perkenalan nama dan panggilan terapis Menanyakan nama dan panggilan semua klien b. Terapis dan klien memakai papan nama d. Tahap kerja a. Memilih dan membuat kontrak dengan klien sesuai dengan indikasi: klien perubahan sensori persepsi dan klien menarik diri yang telah mengikuti TAK b. Mempersiapkan alat dan tempat pertemuan 2. Setiap kali seseorang selesai memperkenalkan diri. Evaluasi validasi Menanyakan perasaan klien saat ini Menanyakan masalah yang klien rasakan c. klien boleh tepuk tangan atau berjoget sesuai dengan irama lagu. b. terapis mengajak semua klien bertepuk tangan. Proses pelaksanaan 1. yaitu mendengarkan music Terapi menjelaskan aturan main Jika ada klien yang ingin meninggalkan kelompok harus meminta izin kepada terapis Lama kegiatan 45 menit Klien mengikuti kegiatan dari awal sampai selesai 3. Kontrak Menjelaskan tujuan kegiatan. Orientasi a. Persiapan a. Terapis menjelaskan bahwa akan diputar lagu.

e. Evaluasi       Terapis menanyakan perasaan klien setelah mengikuti TAK Terapis memberikan pujian atas keberhasilan kelompok b. Untuk TAK stimulasi sensoris mendengarkan music. Evaluasi Evaluasi dilakukan saat proses TAK berlangsung. dan perasaan saat mendengarkan music. Aspek yang dievaluasi adalah kemampuan klien sesuai dengan tujuan TAK. Terapis memberikan pujian. setiap klien selesai menceritakan perasaannya. Terapis memutar lagu. Formulir evaluasi sebagai berikut. 6 . kemampuan yang diharapkan adalah mengikuti kegiatan. Tindak lanjut Terapis menganjurkan klien untuk mendengarkan music yang disukai dan bermakna dalam kehidupannya Membuat jadwal menggambar c. respons terhadap music. Kontrak yang akan datang Menyepakati kegiatan TAK yang akan datang Menyepakati waktu dan tempat 5. khususnya pada tahap kerja. dan mengajak klien bertepuk tangan 4. klien mendengar. memberi pendapat tentang music yang didengar. Secara bergiliran klien diminta menceritakan isi lagu dan perasaannya. Evaluasi dan dokumentasi a. boleh berjoget atau tepuk tangan. Terapis mengobservasi respons klien terhadap music. f. Tahap terminasi a. Sampai semua klien mendapat giliran g.

2. klien mengikuti kegiatan sampai akhir dan menggerakan jari sesui dengan irama music. Latih klien mendengarkan music diruang rawat. Dibawah judul nama klien. music Menjelaskan perasaan setelah mendengarkan lagu. namun belum mampu member pendapat dan perasaan tentang music. Contoh catatan: klien mengikuti TAK stimulasi sensoris mendengrkan musik.SESI 1: TAK Stimulasi Persepsi Umum Kemampuan Persepsi: Menonton Televisi NO Aspek yang dinilai Mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir Memberi respons (ikut. Petunjuk: 1. bernyanyi/ menggerakan tangan kaki dagu sesuai irama Memberi pendapat yang tentang didengar. 7 . Untuk tiap klien. 3. tulis nama panggilan klien yang ikut TAK 2. 4. Dokumentasi Dokumentasikan kemampuan yang dimiliki klie TAK pada catatan proses keperawatan tiap klien. berjoget/ Nama Klien 1. Menjelaskan perasaan setelah mendengarkan lagu. semua aspek dinilai dengan memberi tanda centang jika ditemukan pada klien dan silang jika tidak ditemukan b.

sehingga klien dapat mempersepsikan permasalahan yang mereka rasakan agar dapat terselesaikan. bertujuan agar klien dapat memahami alur atau jalan cerita yang terdapat dalam sebuah music . dengan begitu pelaksanaan Terapi aktivitas kelompok dapat berjalan dengan baik. merupakan suatu susunan acara yang akan berjalan. diharapkan respons klien terhadap berbagai stimulus dalam kehidupan menjadi adaptif. Laptop b. kebencian. akan memberikan kenyamanan dan suasana yang tenang. Dengan proses ini. Serta 8 . Mengkondisikan setting yang tepat pada kenyataannya. stimulus dari pengalaman masa lalu yang menghasilkan proses persepsi klien yang mal-adaptif atau distruktif. dimulai dari pembukaan acara hingga akhir acara. Kemudian dilatih persepsi klien terhadap stimulus. diantaranya : a. suasana dan nuasa yang baik akan berjalan ketika metode ini dapat di praktekan dengan sempurna. Kemampuan sensori klien dievaluasi dan ditingkatkan pada tiap sesi. putus hubungan. Buatlah setengah lingkaran dan bersama-sama menghadap televisi. Terapi aktivitas kelompok “Stimulus Sensori” merupakan stimulus yang disediakan (mendengarkan music ). misalnya kemarahan. dengan begitu keseluruh alat bantu yang diperlukan. yaitu : Dinamika kelompok. Dalam Terapi aktifitas kelompok ini merupakan stimulus yang disediakan. dan menjadi gambaran atau konsep diri yang baik untuk klien. Metode yang digunakan dalam terapi aktivitas kelompok ini. dan halusinasi. Lagu Bunda (Melly Goeslaw) & Kita Selamanya (Bondan Prakoso) Metode merupakan kegiatan inti dari terapi aktifitas kelompok.BAB II HASIL PELAKSANAAN TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK ( TAK ) Klien dilatih mempersepsikan stimulus yang disediakan atau stimulus yang pernah dialami. pandangan negatif pada orang lain.

Mempersiapkan alat dan tempat pertemuan 2. Diawali dari : 1. Evaluasi (Validasi) 1. Tahap Persiapan a. Menjelaskan tujuan kegiatan. Salam Terapeutik 1. Perkenalkan nama. Memilih dan membuat kontrak dengan klien sesuai dengan indikasi : klien perubahan sensori persepsi dan klien menarik diri yang telah mengikuti TAK b. Menjelaskan aturan main berikut     Jika ada klien yang ingin meninggalkan kelompok.melakukan diskusi dan tanya jawab untuk memastikan klien dapat memahami dengan baik kegiatan terapi aktivitas kelompok tersebut. yaitu mendengarkan berbagai macam musik 2. Menanyakan nama dan panggilan semua klien (memakai name tag) b. Tahap Orientasi a. harus meminta izin kepada terapis’ Lama kegiatan 15 menit Klien diwajibkan mengikuti kegiatan dari awal sampai selesai 3. Terapis dan klien memakai papan nama 9 . Tahap Kerja Terapis mengajak klien untuk saling memperkenalkan diri ( nama lengkap dan nama panggilan ) dimulai dari terapis secara berurutan searah jarum jam. terapis mengajak semua klien bertepuk tangan. Kontrak 1. Menanyakan perasaan klien saat ini 2. dan panggilan terapis (memakai name tag) 3. Salam dari Terapis’ 2. Menanyakan masalah yang dirasakan c. dengan begitu kegiatan terapi aktivitas kelompok dapat berjalan terarah.   Setiap kali seseorang selesai memperkenalkan diri. Bentuk pelaksanaan atau langkah kegiatan akan menjadi struktur berlangsungnya acara.

Setelah lagu selesai klien diminta menceritakan isi dari lagu tersebut dan perasaan klien setelah mendengarkan lagu    Terapis memutar lagu. Tindak lanjut Menganjurkan klien untuk melatih kemampuan mempersepsikan musik yang didengarkan Membuat jadwal menggambar 3. Terapis mengobservasi respons klien terhadap music. Tahap Terminasi 1. Kontrak yang akan datang Menyepakati kegiatan TAK yang akan datang Menyepakati waktu dan tempat 10 . Secara bergiliran klien diminta menceritakan isi lagu dan perasaannya. Sampai semua klien mendapat giliran Terapis memberikan pujian. dan mengajak klien bertepuk tangan d. boleh berjoget atau tepuk tangan. setiap klien selesai menceritakan perasaannya. Evaluasi       Terapis menanyakan perasaan klien setelah mengikuti TAK Terapis memberikan pujian atas keberhasilan kelompok 2. klien mendengar. Terapis menjelaskan bahwa akan diputar lagu. klien boleh tepuk tangan atau berjoget sesuai dengan irama lagu.

SESI 1 : TAK Stimulasi Sensoris Kemampuan Sensoris : Mendengarkan Musik No Aspek yang di nilai Nama Klien 1 Memberi pendapat tentang music yang di dengar 2 Memberi tanggapan terhadap pendapat klien lain 3 Mengikuti kegiatan sampai selesai No Aspek yang di nilai Nama klien 1 Memberi pendapat tentang music yang didengar 2 Memberi tanggapan terhadap pendapat klien lain 3 Mengikuti kegiatan sampai selesai 11 .

Saran 1. 3.BAB III PENUTUP A. Klien dapat memberikan kesimpulan tentang music yang telah di dengarnya. Di harapkan klien lebih fokus lagi terhadap apa yang di dengar 2. 4. 2. Klien mengikuti kegiatan dari awal sampai selesai. 3. Kesimpulan 1. 4. Klien dapat memberikan tanggapan terhadap pendapat klien lain. 12 . Menganjurkan klien untuk dapat meberikan pendapat terhadap klien lain. Menganjurkan klien untuk melatih kemampuan mempersepsikan misik yang telah di dengar dan mendiskusikannya pada orang lain. Klien dapat memberikan pendapat terhadap music yang telah di dengar. B. Klien mampu menyebutkan apa yang di lihat. Agar klien lebih percaya diri dalam sesi tanya jawab. 5.