You are on page 1of 12

BUDIDAYA IKAN KERAPU DALAM KARAMBA JARING APUNG (KJA

)
Oleh : Febriko Sa !o D"i#a$!o
I% Pe$&ah'l'a$ Komoditas ikan laut khususnya ikan kerapu pada umumnya merupakan mata dagangan internasional yang harganya mahal, dan permintaannya semakin meningkat. Saat ini permintaan ikan kerapu di pasar Asia cukup tinggi, terutama Hongkong, China, Singapore, Taiwan dan Jepang. Hingga saat ini produksi ikan kerapu masih mengandalkan tangkapan dari alam. Eksploitasi ikan kerapu dari alam yang berlebihan akan berakibat kepunahan terhadap sumber daya ikan kerapu dan kerusakan terumbu karang. una mengantisipasi kedua hal tersebut, dan dengan didukung keberhasilan pembenihan ikan kerapu, maka untuk memenuhi tingginya permintaan pasar yang ada harus dimulai dari sekarang usaha pengembangan budidayanya. Salah satu usaha budidaya ikan kerapu adalah dengan sistem KJA !karamba "aring apung# $engan demikian usaha budidaya laut dengan sistem KJA disamping merupakan usaha perekonomian untuk meningkatkan tara% hidup masyarakat pesisir "uga merupakan kegiatan yang tepat sebagai usaha pelestarian sumberdaya perikanan. II% Pe(iliha$ Loka)i &emilihan lokasi budidaya memegang peranan yang sangat penting. Keberadaan lokasi yang banyak mengandung resiko, bermasalah, dan tidak memenuhi persyaratan ekologis hendaknya dihindari. &emilihan lokasi yang tepat akan mendukung kesinambungan usaha dan target produksi. 'eberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih lokasi untuk budidaya ikan kerapu dalam karamba "aring apung adalah ( *%+%Fak!or re)iko a. Terlindung dari angin dan gelombang yang kuat.

1

telpon dll#.. Arus !m 5 detik# A$-ka Pe$ilaia$ 'aik + Cukup 0 Kurang .* 4 *.6 3 *.+ 3 . Tabel .Angin dan gelombang yang kuat akan mudah merusak konstruksi karamba. Kedalaman perairan yang ideal untuk usaha budidaya kerapu menggunakan karamba "aring apung antara + sampai . d.* 1 / . *%. *%*% Fak!or ke$#a(a$a$ -okasi budidaya sebaiknya dekat dengan "alan besar.&i'k'r Ke$#a(a$a$ Fak!or Ekolo-i .*+ 7 *.% Ko$&i)i hi&ro-ra. perairannya harus memenuhi si%at %isik dan kimia tertentu.6 *. -okasi budidaya harus "auh dari alur pelayaran sehingga tidak ter"adi gangguan pelayaran baik perahu nelayan maupun kapal penumpang. Bobo! Kre&i! / Nilai . bebas dari bahan pencemaran dan bebas dari arus balik !up-welling#. -okasi yang terbaik akan dinyatakan dalam "umlah nilai tertinggi. Suatu cara untuk mengetahui lokasi dari beberapa pilihan diuraikan dalam Tabel . 'ahan pencemar tersebut dapat berupa limbah industri. pelelangan ikan !sumber pakan#. mengganggu akti)itas yang dilakukan diatas karamba dan menyebabkan ikan stress.* 1 / . + 0 .. -okasi harus bebas dari bahan pencemaran yang dapat mengganggu kehidupan ikan. Tinggi air pasang !m# /. 2 .+ meter pada saat musim 'arat maupun Timur. limbah pertanian maupun limbah rumah tangga./ *..ntuk -okasi KJA. b.* *. Sistem &enilaian .+ + 0 ./ 3 *. Tidak mengganggu alur pelayaran.. Para(e!er #a$. Tinggi gelombang yang disarankan untuk lokasi budidaya kerapu adalah tidak lebih dari *.+ *. c. berikut ini. dan pemasok sarana !misalkan ( listrik. Kedalaman perairan.* 1 / serta prasarana yang diperlukan / / 2 . 'ebas dari bahan pencemar.+ meter.i Selain harus "ernih.

Sumber pakan 0. + 0 * + 0 . tidak dapat dipertimbangkan III% Pro)e) B'&i&a#a Ika$ Kera ' 'udidaya ikan kerapu dalam karamba "aring apung akan berhasil dengan baik ! tumbuh cepat dan kelangsungan hidup tinggi # apabila pemilihan "enis ikan yang dibudidayakan sesuai. + 0 .* 1 / . . + 0 . + 0 . Semua "enis ikan kerapu potensial untuk dibudidayakan dalam karamba "aring apung dilaut. .baik . dinyatakan baik <* 3 <9 .0. . + 0 .kuran seragam.* 1 * . Tenaga ker"a 6. Ketersediaan benih +.* 6 3 . . ukuran benih yang ditebar sesuai dan kepadatan penebaran sesuai.991 E)aluasi ( :* 3 . Sumber listrik /. Kedalaman air dari dasar "aring !m# 6. + 0 . 8ksigen Terlarut !ppm# +. tetapi parameter yang bernilai rendah dapat diperbaiki dengan pendekatan ilmu pengetahuan 4 1* .** . + 0 .. Kadar garam !ppt# 1. / Sumber ( Tiensongrusmee dkk.. . + 0 . a% Kri!eria be$ih kera ' #a$.* 1 / + 0 . + 0 . + 0 . layak. bebas penyakit. gerakan berenang tenang serta tidak membuat gerakan yang tidak beraturan atau gelisah tapi akan bergerak akti% bila 3 .* 46 + 03+ 40 2 0* /* 3 0* 4 /* Jarang Sedang Sering 'aik Cukup Kurang 'aik Cukup Kurang 'aik Cukup Kurang 'aik Cukup Kurang Tidak ada Sedikit Ada + 0 .* 1 / .* 1 / . dinyatakan layak 1* 3 19 . &encemaran 2 . &erubahan cuaca Fak!or Pe$&'k'$. / / / / .

* 7 . atau saat cuaca teduh#  Si%at kanibalisme yang cenderung meningkat pada kepadatan yang tinggi  Aklimatisasi.* 3 +.7/ bulan. Setelah ± / minggu di lakukan grading !pemilahan ukuran# dan melakukan pergantian "aring apabila "aring sudah kotor oleh bio%ouling. 'eberapa hal yang perlu diperhatikan dalam adaptasi yaitu (  =aktu penebaran !sebaiknya pagi atau sore hari.* cm#. kemudian air karamba dimasukkan sedikit demi sedikat dan diukur suhu dan salinitasnya.+ > / m. /% Pe$&e&era$ 'enih ikan kerapu ukuran pan"ang 6. sebelum ditebarkan benih perlu diadaptasikan terlebih dahulu pada kondisi lingkungan budidaya. ?asa pemeliharaan pendederan antara . Jika salinitasnya sama atau berbeda . benih bisa ditebar langsung setelah suhunya sesuai.+ cm !+* gr#.+ cm atau +* gram#.ditangkap. &% Pe$--elo$&o$-a$ 4 . respon terhadap pakan baik.* cm dari hasil tangkapan di alam maupun dari hasil pembenihan didederkan terlebih dahulu dalam waring nylon sampai mencapai ukuran glondongan !. Setelah beberapa saat kantong plastik dapat dibuka. &endederan dengan waring nylon dapat dilakukan dengan menggunakan waring ukuran 0 > .*7. b% Pe$ebara$ be$ih &roses penebaran benih sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup benih. terutama suhu dan salinitas. mata terang.7/ ppt. 'enih dipanen dengan ukuran antara .. warna sisik cerah.* 3 +. sisik dan sirip lengkap serta tidak cacat tubuh. &adat penebarannya ± +** ekor untuk ukuran benih yang sama !6. tergantung kondisi benih yang ditebar. Cara aklimatisasi yang dilakukan pada benih pada pengangkutan tertutup adalah sebagai berikut ( Kantong plastik dimasukkan ke dalam karamba.

dengan ukuran 0 > 0 > 0 m. atau .+ cm.+ > / m. Jaring yang digunakan berukuran 0 > . mineral dan )itamin yang sesaui dengan pakan yang dimakan secara alami.. wadah pemeliharaan yang digunakan berupa "aring &E. dengan mesh si@e A atau B inchi. Selama masa pemeliharaan dilakukan grading dan penggantian "aring tiap bulan sekali. sedangkan penggantian "aring bertu"uan memperbesar sirkulasi dalam "aring. &akan yang baik mempunyai komposisi protein. rading dan penggantian "aring dilakukan / minggu sekali. dengan tu"uan memperbesar sirkulasi air dalam "aring. selera ikan dan harganya. &adat tebar benih pada "aring pembesaran adalah +** ekor per "aring.** gr kemudian dipelihara dalam "aring pembesaran.+ inchi. benih yang ditebar berukuran antara . &emberian pakan diusahakan untuk ditebar seluas mungkin. 8leh karena itu pemilihan "enis pakan yang akan diberikan harus benar7benar tepat dengan mempertimbangkan kualitas nutrisi. ukuran /*7/+ cm !.** gr#. dengan kepadatan ikan per "aring antara /+* 3 0** ekor. &ada %ase pendederan pakan diberikan secara )a( ai ke$#a$. dan memilah ukuran ikan. rading bertu"uan memilah ukuran.Setelah masa pendederan dilan"utkan dengan penggelondongan. sehingga masing7masing ikan memperoleh kesempatan untuk dapat pakan yang sama..7/ bulan atau ikan sudah mencapai 5 . &anen dilakukan apabila ikan7ikan yang dipelihara sudah berukuran konsumsi !+** gr5ekor# atau sesuai permintaan pasar. karena selama satu bulan mata "aring sudah sudah tertutup oleh bio%ouling. Ckan kerapu memerlukan pakan yang cukup baik kualitas maupun kuantitasnya.(ad satiation)1 ?asa pemeliharaan penggelondongan antara . I0% Paka$ &a$ Pe(beria$ Paka$ 'iaya pakan merupakan biaya operasional terbanyak dalam budidaya ikan kerapu dalam karamba "aring apung. Jaring pembesaran yang digunakan adalah "aring &E dengan mesh si@e .*7. ?asa pemeliharaan pembesaran antara 17: bulan. e% Pe(be)ara$ Ckan7ikan dari hasil penggelondongan dengan ukuran .

*. maka campuran pelet dan ikan rucah dapat dihentikan. burung dan penyu.*** ekor ikan dapat dibeikan . &emberian ikan rucah !potongan ikan# disesuaikan dengan ukuran mulut ikan dan diberikan dua kali sehari yaitu pagi dan sore hari.pada %ase penggelondongan pakan yang diberikan antara :7. &enanggulangan yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pembersihan "aring pemeliharaan secara berkala. Setelah ± 076 hari pelet dapat di campur dengan ikan rucah. 'eberapa %aktor yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit yaitu adanya interaksi antara inang !host#. penurunan berat badan dan adanya kematian merupakan indikasi timbulnya penyakit. Ckan rucah merupakan pakan alami ikan kerapu. dari total berat badan per hari. Jenis ikan rucah yang biasa diberikan adalah tan"an.ntuk "umlah . penyebab penyakit !patogen# dan 6 . tembang dan lemuru. 'enih kerapu yang baru ditebar dapat beri pakan pelet komersial !benih dari panti pembenihan yang menggunakan pakan pelet#. penggantian "aring dan pemberian tutup pada "aring pemeliharaan. &emberian pakan sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan sore hari. dari total biomassa. 4%*% Pe$#aki! &enyakit dide%inisikan sebagai suatu ketidaknormalan pada struktur atau %ungsi tubuh yang ditun"ukkan dengan ge"ala yang spesi%ik atau non spesi%ik. Kesalahan managemen dan lingkungan yang bermasalah dapat menimbulkan penyakit pada usaha budidaya ikan kerapu. Jaringan atau organ yang rusak. Jika sebelum satu minggu ikan sudah dapat langsung makan ikan rucah.** gram pelet per hari. 8leh karena itu penyakit dan lingkungan perlu mendapat perhatian khusus sehingga kerugian dari segi ekonomi dapat ditekan. . Setelah ± satu minggu ikan sudah terlatih untuk pakan rucah dan dapat diberi pakan rucah tanpa campuran pelet. Sedangkan untuk pembesaran adalah +7:. 0% 4%+% 2AMA DAN PENYAKI3 2a(a Jenis hama yang potensial mengganggu usaha budidaya kerapu dalam karamba "aring apung adalah ( ikan buntal. $ampak yang ditimbulkan adalah penurunan produk perikanan5 budidaya.

Keberadaan )irus. 7 . salinitas atau oksigen terlarut yang melebihi batas optimum dapat menimbulkan stress dan pada akhirnya akan timbul penyakit. $alam "umlah yang besar dapat mempengaruhi %luktuasi suhu. . &enyakit akan timbul apabila ikan yang dipelihara rentan terhadap penyakit dan kondisi lingkungan yang buruk yang menyebabkan peningkatan serangan penyakit serta penurunan kekebalan dari inang. Lepeophtheirus dan Caligus. Lepeophtheirus &a$ Caligus) Ada tiga "enis parasit yang sering menyerang ikan kerapu yaitu Nerocilla Sp. Daktor7%aktor yang dapat menimbulkan penyakit adalah perubahan5 %luktuasi suhu yang sangat tinggi. Sedangkan %aktor7%aktor kimia seperti kontaminasi lingkungan oleh obat7obatan. Kestabilan lingkungan terutama parameter %isika dan kimia air pada media pemeliharaan akan menentukan kesehatan ikan yang kita pelihara. bakteri "amur maupun parasit diperairan merupakan %aktor biologi yang berperan menimbulkan penyakit. menetas dan berenang kemudian masuk pada ikan lain. dan ketersediaan makanan. penggunaan bahan kimia yang berlebihan dapat menyebabkan timbulnya penyakit. pH. Kunci sukses dalam upaya pemeliharaan ikan adalah mampu memahami dan mengelola lingkungan dalam hal ini air sebagai media pemeliharaan. &arasit ini biasanya menempel pada bagian dalam mulut ikan.lingkungan. pH. adanya radiasi sinar ultra )iolet dari matahari. Telur Eerocilla akan menetas dan berkembang dikantong perut ikan sebelah bawah dan selan"utnya keluar. Eerocilla merupakan parasit yang sangat merugikan bagi ikan kerapu. Ciri7ciri ikan yang terserang parasit ini adalah kerusakan pada insang. 'eberapa "enis penyakit in%eksi yang sering menyerang ikan kerapu yang dibudidayakan dalam "aring apung adalah sebagai berikut ( +% a. &emahaman terhadap pentingnya peranan lingkungan dan mengetahui penyebab penyakit adalah penting dalam upaya pengendalian dan kontrol penyakit. kelarutan gas. Pe$#aki! akiba! )era$-a$ ara)i! Para)i! 5r')!a/ea (Nerocilla S . Dluktuasi suhu. racun.insang akan berwarna coklat. na%su makan ikan turun drastis dan ikan cenderung berenang di permukaan air.

merendam ikan dalam larutan acri%la)in . ?enghilangkan parasit secara mekanis menggunakan pinset 7777777 Eerocilla ?erendam ikan dengan larutan %ormalin /* ppm selama satu "am ?erendam ikan dalam air tawar selama +7. c.+ 3 /+ menit b% Para)i! Fla!"or( (Pla!#hel(#$!he)) Jenis cacing !Pla!#hel(i$!he)# yang sering menyerang ikan kerapu adalah Diplectenum Sp. b. &arasit ini menyerang pada kulit ikan sehingga ter"adi necrotic pada kulit ikan yang akan memudahkan serangan penyakit sekunder seperti bakteri dan "amur. ?erendam ikan dengan . 'ila sudah ter"adi luka. *% ?erendam ikan dalam larutan %ormalin . e"ala yang nampak pada ikan kerapu yang terserang parasit ini adalah penurunan na%su makan. d. Spesies yang termasuk skin monogenic trematodes adalah Benedenia sp. Ski$ Mo$o-e$i/ 3re(a!o&e) Skin monogenic trematodes sering disebut "uga skin %lukes. Ckan cenderung menggosok7 gosokkan tubuhnya ke dinding "aring.* 3 /* menit. berenang dipermukaan air dengan dengan tutup insang terbuka. Akibat serangan parasit ini adalah kerusakan pada insang hingga berwarna pucat serta kerusakan pada sisik ikan kerapu !terkelupas#. 7 0 ppm selama / "am ?erendam ikan dalam air tawar selama .+* ppm larutan &eroksida ! H/8/# selama . ?erendam ikan dalam larutan %ormalin /+ ppm F malachite green *. &arasit ini menyerang ikan kerapu pada bagian insang serta organ dalam seperti usus dan gonade.+ 3 0* menit dan diulangi selama 0 hari berturut7turut.**7. c. &engendalian parasit ini adalah dengan ( a. b.+* ppm selama .paya pengendalian "enis parasit ini yang bisa dilakukan adalah ( a. d..&arasit Lepeophtheirus dan Caligus terutama menyerang ikan kerapu lewat insang dan kulit.+ menit. Apabila 8 . warna tubuh pucat serta produksi lendir yang berlebihan.+ ppm selama / "am. .

. b.+* ppm peroksida selama .* 3 .* ppm selama .+76+ menit dan diulangi selama 0 hari berturut7turut. &a$ I/h!h#o) ori&o)i) yang disebabkan oleh "amur Ichtyosporidium Sp. 7% Pe$#aki! akiba! 8a('r (. ?erendam ikan dalam larutan %ormalin +* ppm F acri%la)in .paya pengendalian yang dapat dilakukan adalah dengan merendam ikan dalam larutan methylene blue *. "am. ?erendam ikan dalam larutan %ormalin . yaitu Sa role-$ia)i) yang disebabkan oleh "amur Saprolegnia Sp. . ppm selama . e"ala yang ditun"ukkan oleh adanya serangan kedua "enis penyakit ini adalah kelesuan pada ikan. .% Pe$#aki! akiba! ro!o6oa Ada dua macam penyakit yang disebabkan oleh proto@oa yaitu Cryptocarioniasis &a$ Brooklynelliasis. sisik mudah lepas. Serangan saprolegniasis ditandai dengan perubahan warna kulit men"adi putih keabu7 abuan....+ menit. peningkatan produksi lendir dan pembusukan sirip. Cryptocarryoniasis disebabkan oleh Cryptocaryon irritans. sedangkan tanda adanya serangan ichtyosporidosis ditandai dengan dengan luka berlubang pada kepala. mata akan men"adi putih keruh dan dapat menyebabkan kebutaan pada ikan. d.+ ppm. sedangkan brooklynelliasis disebabkan Brooklynella Sp. 9 .paya pengendalian yang dilakukan adalah dengan ( a. perdarahan pada kulit !hae(ora-e#. ?erendam ikan dalam larutan %ormalin /+ ppm F malachite green *.'$-i) Jamur dapat menyebabkan sakit apabila tumbuh pada suatu organisme. e.+ ppm selama 0* menit. ?erendam ikan dalam larutam malachite green *. c.+ menit atau dengan . Ada dua macam penyakit ikan kerapu yang disebabkan oleh "amur.** ppm selama . 'ila ge"ala masih ringan dilakukan perendaman dalam air tawar selama . "am.parasit ini menyerang pada mata. mata buram. &encegahan serangan parasit ini adalah dengan perendaman air tawar selama .+ 3 /+ menit.

+ gram5 . e. Girus ini menyerang secara meluas se"ak tahu .+ ppm selama 6 "am. .99:. c.&i)ebabka$ oleh :ir') &enyakit )irus yang menyerang pada kerapu adalah GEE !Giral Eecrotic Eer)eus# yang disebabkan oleh noda)irus.** ppm selama .% Pe$#aki! #a$. .i$ ro! &i)ea)e).* menit.paya penyembuhan swim blader syndome adalah dengan mengeluarkan udara dalam perut ikan dengan menggunakan "arum suntik. -ar)a yang terserang mula7mula tenggelam di dasar bak kemudian akan mengapung di permukaan air dengan kondisi perut menggembung. 9% Pe$#aki! #a$. yaitu S"i( bla&er )#$&ro(e !ikan kerapu tidak bisa berenang dengan baik 5 posisi terbalik dan disertai perut kembung# dan "elek. 'ila ge"ala masih ringan dapat dilakukan perendaman dalam air tawar selama + 3 . ?erendam ikan dengan acri%la)in .* 7/* hari. . b. ?encampur Dura@olidone atau 8>ytetracyclin dalam pakan dengan dosis /. $eteksi GEE dapat dilakukan dengan menggunakan metode &CH. Caranya adalah dengan memasukkan "arum suntik dalam perut lewat dekat anus o e#e !mata bengkak 5 menon"ol#. menit. Girus ini menyebabkan kematian massal pada "u)enil5 lar)a. ?erendam ikan dengan sulphonamide +* ppm selama 6 "am.4% Pe$#aki! akiba! )era$-a$ bak!eri Akibat serangan bakteri yang ditimbulkan bila menyerang ikan kerapu adalah kerusakan pada sirip. sehingga serangan bakteri ini sering disebut "uga dengan ba/!erial . %. &enyakit ini sering muncul bila kualitas air media 10 . ?erendam ikan dengan chloramphenicol +* ppm selama / "am. management kualitas air dan menggunakan induk yang bebas )irus. ?erendam ikan dalam larutan Eitro%ura@one .** kg pakan selama /* hari atau /+ 3 <+ mg5kg berat badan ikan selama .paya pengendalian yang bisa dilakukan bila ikan kerapu terserang penyakit ini adalah dengan ( a. d.bel'( &ike!ah'i e$#ebab$#a Ada dua macam penyakit yang belum diketahui penyebabnya yang sering menyerang ikan kerapu. &encegahannya dengan sanitasi lingkungan.

/% 3ek$ik Pa$e$ Teknik pemanenan yang dilakukan pada usaha budidaya ikan kerapu di karamba "aring apung meliputiI &anen total. -uka bekas pemasukan "arum suntik segera diolesi dengan obat merah !betadine#.*** gram5ekor dan merupakan ukuran yang mempunyai nilai "ual tinggi. upaya penyembuhan adalah dengan memisahkan ikan yang sakit dan dilakukan karantina sambil memperbaiki mutu kualitas air media pemeliharaan. Sebelum dilakukan pemanenan terlebih dahulu dilakukan grading ukuran ikan sesuai permintaan pasar. +% Pro&'k Ika$ 2i&' &roduk hidup merupakan ikan7ikan kerapu yang dipelihara dalam karamba "aring apung di"ual atau dipanen dalam kondisi hidup. sehingga dapat mengurangi stres ikan pada saat pemanenan. b% Perala!a$ Pa$e$ &eralatan yang dipergunakan pada saat pemanenan meliputi I Scoop net. timbangan. a% <ak!' Pa$e$ =aktu pemanenan ikan biasanya ditentukan oleh ukuran permintaan pasar. teknik panen serta pengelolaan pasca panen. perahu. Sedangkan bila ikan kerapu terserang popeye. bak transportasi dan peralatan aerasi. selan"utnya ikan7ikan yang sudah siap ditimbang 11 . semua ikan yang dipelihara dipanen karena ukuran ikan memenuhi persyaratan berat. ikan belum memenuhi persyaratan berat atau ukuran ikan ber)ariasi. &anen sebaiknya dilakukan pagi hari atau sore hari. . peralatan panen.kuran super biasanya berukuran +**7.sambil dilakukan pengurutan perut secara perlahan7lahan sampai gelembung udara keluar dari perut ikan dan perut kempes. keran"ang basket. 0I% PANEN DAN PENANGANAN PAS5A PANEN 'eberapa hal yang perlu diperhatikan untuk men"aga kualitas ikan kerapu yang dibudidayakan di karamba "aring apung antara lain I penentuan waktu panen. &anen sebagian. alat tulis.

ni)ersitas 'rawi"aya. 12 . ?. Temu . ?. DAF3AR PUS3AKA ?urd"ani.... ?alang Jani -estari E. ?.kemudian ikan dimasukkan kedalam bak penampungan yang sudah dilengkapi dengan peralatan aerasi. . 'udidaya Ckan Kerapu $alam Karamba Jaring Apung. Selan"utnya ikan siap dibawa ketempat tu"uan. . /**. &roblematiaka &engembangan 'udidaya Ckan.. &engelolaan -ingkungan dan &engendalian Hama &enyakit &ada 'udidaya Ckan Kerapu . &engembangan 'udidaya Ckan -aut di Cndonesia. &enyediaan 'enih dan &asar -uar Eegeri. 'udidaya Ckan 'ersirip di Cndonesia. *% Pro&'k Ika$ Se-ar &emanenan produk ikan segar relati% sama dengan produk ikan hidup. /**. Jani -estari E. 'alai 'udidaya Air &ayau Situbondo. &ermasalahan &enyakit dan Kualitas Air &ada Karamba Jaring Apung di Kabupaten Situbondo.. ?..saha &erikanan 'udidaya ''&'A& Jepara. Abdul Hahman.. /**. -oka 'udidaya Air &ayau Situbondo ?urd"ani. Kiner"a 'udidaya Ckan Kerapu Sistem Karamba Jaring Apung . hanya sa"a ikan yang siap dipanen dimasukkan kedalam bo> kayu atau cool bo> yang telah dipersiapkan dan siap dibawa ketempat tu"uan. Jakarta Seminar ?urd"ani. dkk. ?urd"ani.untuk mengetahui produksi usaha pembesaran. dkk.. Semiloka Easional Dakultas &erikanan .999.999. dkk. 'alai 'udidaya Air &ayau Situbondo. /**.