You are on page 1of 2

SOAL-SOAL LATIHAN BIOKIMIA

Soal : 1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan : a. Nukleotida dan nukleosida b. Sebutkan komponen-komponen dari asam nukleat c. DNA dan RNA a. Arah sintesis DNA antiparalel b. Tulang punggung RNA dan DNA yang berbentuk fosfodiester (nilai 20) 2. Uraikan dengan jelas dan sistematis bagaimana terjadinya langkah-langkah biosintesis protein pada sel prokariotik? (nilai 30) 3. Hitunglah berapa bagian Vmaks yang akan dicapai pada konsentrasi substrat 0,5 KM, 2 KM, dan 10 KM. (nilai 20) 4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan : a. Enzim, kofaktor dan koenzim b. Metaloenzim, holoenzim dan zimogen c. Gugus prostetik. (nilai 10) 5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan : a. Retikulum endoplasmik dan Mitokondria b. Sebutkan persamaan dan perbedaan sel prokariotik dan eukariotik (berikan masing-masing contohnya.) (nilai 20)
6.Telur yang disimpan di dalam lemari es untuk 4-6 minggu tidak mengalami kerusakan. Sebaliknya, kuning telur yang dipisahkan dari putih telurnya cepat sekali rusak bahkan pada suhu lemari es. (nilai 20) a. Apakah yang menyebabkan terjadinya kerusakan? b. Bagaimana anda dapat menerangkan bahwa adanya putih telur membantu mencegah rusaknya kuning telur. c. Apakah keuntungan hayati, dari hal di atas yang dapat digunakan untuk melindungi burung.

7. Meskipun memungkinkan bagi kita memasukkan cadangan vitamin A dan vitamin D untuk beberapa minggu sekaligus, tetapi vitamin B kompleks harus diberikan lebih sering. Mengapa? (nilai 20) 8. Uraikan apa yang saudara ketahui mengenai : a. Tiamin b. Riboflavin c. Asam pantotenat. (nilai 10) 9. Apa yang saudara ketahui tentang : a. Nukleotida dan nukleosida b. Sebutkan komponen-komponen dari asam nukleat c. DNA dan RNA d. Arah sintesis DNA antiparalel

Selamat belajar tetap semangat sambil terus berdoa. Apa yang saudara ketahui tentang : Enzim.e. Gambarkan rumus struktur dari senyawa Adenosin 5’-monofosfat (AMP) dengan senyawa pasangan komplementernya. . Tulang punggung RNA dan DNA yang berbentuk fosfodiester f. Hal ini ditandai jika anda sudah mampu menjawab dengan benar berarti cara balajar anda sudah benar. Jangan terpaku pada soal ini saja pelajari seluruh materi dan gunakan soal ini untuk latihan dan barometer apakah anda sudah memahami materi yang dipelajari atau belum. (nilai 15) 11. (nilai 30) 10. semoga berhasil. Jangan sekali-kali hanya menghafal jawaban soal ini karena belum tentu soal ini yang keluar di ujian nanti. holoenzim dan zimogen Gugus prostetik. kofaktor dan koenzim Metaloenzim.