You are on page 1of 8

MACAM-MACAM ALAT UKUR

1. Alat Ukur Panjang


Alat-alat ukur panjang meliputi mistar, jangka sorong, dan mikrometer skrup.Berikut masing-masing alat ukur tersebut & penjelasannya.
A. Mistar/Penggaris

Mistar, atau yang lebih dikenal dengan sebutan penggaris adalah alat yang digunakan untuk mengukur barang yang berukuran sedang & berukuran besar. Mistar ini dapat mengukur dengan ketelitian hingga 1 mm. B. Jangka Sorong

Jangka sorong adalah alat yang digunakan untuk mengukur diameter, dimensi luar suatu benda, dan dimensi dalam suatu benda. Jangka sorong memiliki 2 bagian, yaitu rahang tetap yang fungsinya sebagai tempat skala tetap yang tidak dapat digerakkan letaknya, dan rahang sorong yang fungsinya sebagai tempat skala nonius dan dapat digeser-geser letaknya untuk menyesuaikan dan mengukur benda. Jangka sorong ini dapat mengukur dengan ketelitian hingga ,1 mm. C. Mikrometer Skrup

Mikrometer skrup adalah alat yang digunakan untuk mengukur ketebalan benda yang tipis, panjang benda yang ke!il, dan dimensi luar benda yang ke!il. Mikrometer skrup memiliki " bagian, yaitu selubung utama yang fungsinya sebagai tempat skala utama yang akan menunjukkan berapa hasil pengukuran dan bagian ini sifatnya tetap dan tidak dapat digeser-geser, lalu selubung luar yang fungsinya sebagai skala nonius yang dapat diputar-putar untuk menggerakkan selubung ulir supaya dapat menyesuaikan dengan benda yang diukur, dan selubung ulir yang fungsinya sebagai bagian

yang dapat digerakkan dengan !ara memutar-mutar selubung luar sehingga dapat menyesuaikan dengan bentuk benda yang diukur. Mikrometer skrup ini dapat mengukur dengan ketelitian hingga , 1 mm.

2. Alat Ukur Massa


#anya ada satu jenis alat ukur massa, yaitu nera!a. Meski begitu, sebenarnya nera!a jenisnya berma!am-ma!am. Berikut penjelasannya. A. Neraca $era!a, atau yang lebih dikenal dengan sebutan timbangan adalah alat yang digunakan untuk mengukur massa suatu benda. Ada beberapa jenis nera!a, yaitu% Neraca Pasar, yaitu nera!a yang biasa digunakan di pasar-pasar tradisional, bentuknya seperti pada gambar di samping. &ara pemakaian nera!a ini yaitu dengan meletakkan benda yang akan ditimbang di bagian yang berbentuk mirip baskom, lalu di bagian sebelahnya yang datar diletakkan bandul nera!a yang hampir seimbang dengan bobot benda, selanjutnya lengan nera!a akan bergerak dan hasil pengukuran dapat diketahui.

Neraca Dua engan, yaitu nera!a yang biasanya terdapat di laboratorium, bentuknya seperti pada gambar di samping. &ara pemakaian nera!a ini hampir sama dengan !ara pemakaian nera!a pasar, bedanya bandul nera!a yang terdapat pada nera!a pasar dapat digantikan dengan barang lain.

Neraca !iga engan, yaitu nera!a yang juga biasanya terdapat di laboratorium, bentuknya seperti pada gambar di samping. &ara pemakaian nera!a ini yaitu dengan !ara menggeser ketiga penunjuk ke sisi paling kiri 'skalanya menjadi nol(, kemudian letakkan benda yang akan diukur pada bagian kiri yang terdapat tempat untuk benda yang akan diukur, lalu geser ketiga penunjuk ke kanan hingga mun!ul keseimbangan, dan hasil pengukuran dapat diketahui.

Neraca "amar Man#i, adalah nera!a yang biasa digunakan untuk mengukur berat badan, bentuknya seperti pada gambar di samping. $era!a ini biasanya terdapat di klinik, rumah sakit, rumah, atau mungkin di tempat-tempat lain yang memiliki nera!a ini. &ara pemakaian nera!a ini yaitu dengan !ara kita naik ke atas nera!a ini, selanjutnya jarum yang terdapat di nera!a akan menunjukkan berapa hasil pengukuran berat badan kita.

$. Alat Ukur %aktu


Alat-alat ukur )aktu misalnya stop)at!h & jam atom. Berikut penjelasannya. A. Stop&atc'

*top)at!h adalah alat ukur )aktu yang biasanya digunakan untuk mengukur )aktu yang !epat, misalnya mengukur )aktu pembalap saat sedang balapan. Ada 2 jenis stop)at!h, yaitu stop)at!h analog & stop)at!h digital. *top)at!h analog memiliki ketelitian hingga ,1 sekon, sedangkan stop)at!h digital memiliki ketelitian hingga , 1 sekon, bahkan ada yang hingga , 1 sekon. Misalnya saja ada pembalap yang pada jarak 1 m )aktunya bila diukur dengan menggunakan stop)at!h hasilnya +,+ sekon, tapi bila diukur dengan stop)at!h digital hasilnya +,++ sekon, bahkan mungkin +,+++ sekon. Bentuk stop)at!h analog dapat dilihat pada gambar sebelah kiri, sedangkan gambar stop)at!h digital dapat dilihat pada gambar sebelah kanan.

B. Jam Atom

Jam atom merupakan alat ukur )aktu yang menggunakan standar frekuensi resonansi atom sebagai penghitungnya. &ara kerja jam atom ini yaitu dengan !ara mengisikan atom !esium-1"" kedalam jam atom, kemudian akan mun!ul getaran dari atom !esium-1"" tiap sekon. ,an perlu diketahui, satu sekon adalah selang )aktu yang diperlukan oleh atom !esium-1"" untuk melakukan +.1+2.-"1... getaran. ,an sampai saat ini jam atom dianggap sebagai alat ukur )aktu paling teliti. ,an diperkirakan jam atom hanya akan melakukan kesalahan 1 sekon dalam )aktu 1 juta tahun.

(. Alat Ukur "ecepatan


Alat ukur ke!epatan misalnya speedometer. Berikut penjelasannya. A. Spee#ometer *peedometer adalah alat pengukur ke!epatan kendaraan darat, yang merupakan perlengkapan standar setiap kendaraan yang beroperasi di jalan. Bentuknya seperti pada gambar di samping. *peedometer berfungsi agar pengemudi mengetahui ke!epatan kendaraan yang dijalankannya dan dijadikan informasi utama untuk mengendalikan ke!epatan dika)asan/jalan agar tidak terlalu lambat atau terlalu !epat, bisa mengatur )aktu perjalanan dan mengendalikan ke!epatan dijalan yang ke!epatannya dibatasi. Ada beberapa jenis sensor pengukuran ke!epatan, berikut penjelasannya. Mekanis, adalah perangkat pengukur ke!epatan yang dihubungkan langsung dengan roda depan ataupun transmisi dengan menggunakan suatu kabel yang ikut berputar saat kendaraan bergerak, gerakan berputar ini kemudian dirubah untuk menggerakkan jaruk ke!epatan. )lektronik, adalah pengukur ke!epatan yang bekerja atas dasar sensor yang ditempatkan di poros penggerak kendaraan yang medeteksi jumlah putaran poros untuk selanjutnya data dikirim ke speedometer dengan prinsip arus Eddy yang menggerakkan jarum ke!epatan ataupun menunjukkan ke!epatan se!ara digital.

*PS, adalah perangkat pengukur ke!epatan yang menggunakan perubahan data posisi koordinat bumi yang diperoleh dari satelit 01* yang diolah oleh prosesor menjadi informasi ke!epatan
http://gudangsampah.blogspot.com/2011/05/macam-macam-alat-ukur.html. sandy

JANGKA SORONG
1. DESKRIPSI ALAT Sejarah Alat Penemunya adalah vernier caliper Caliper awal yang telah ditemukan di Yunani Giglio karam dekat pantai Italia. Kapalmenemukan tanggal pada abad 6. BC. Sepotong kayu yang udah tetap !itur dan yg dpt bergerak rahang. "e kipun #arang menemukan$ caliper tetap digunakan oleh Yunani dan%oma.Pada #aman dina ti &an '()( BC * (() +,-$ orang Cina #uga menggunakan caliper ge er$yang mereka yang terbuat dari tembaga dan diproduk i etiap alat dengan pra a ti padahari$ bulan$ dan tahun ini telah dibuat ' e uai dengan nama dan Cina era mereka kalender lunar-..ernier caliper yang modern$ untuk membaca ebuah thou andth inch$ telah #adian oleh+merican Yu u! %. Brown pada /01/. Brown Sharpe 2ya dan dire mikan benar pre i i peru ahaan manu!aktur di +merika Serikat. Itu adalah pertama prakti untuk pengukurantepat yang dapat di#ual dengan harga dalam #angkauan machini t bia a. Definisi Jangka sorong +dalah alat ukur yang ketelitiannya dapat mencapai eper eratu milimeter . 3erdiri dari dua bagian$ bagian diam dan bagian bergerak. Pembacaan ha il pengukuran angat bergantung pada keahlian dan ketelitian pengguna maupun alat.Sebagian keluaran terbaru udah dilengkapi dengan di play digital. Pada ver i analog$umumnya tingkat ketelitian adalah ).)1mm untuk #angka orang dibawah 4)cm dan ).)/untuk yang diata 4)cm. 2. GAM AR ALAT !. AGIA" ALAT DA" #$"GSI"%A 5angka orong adalah alat yang digunakan untuk mengukur diameter$ dimen i luar uatu benda$ dan dimen i dalam uatu benda. 5angka orong memiliki ( bagian$ yaitu rahang tetap yang !ung inya ebagai tempat kala tetap yang tidak dapat digerakkan letaknya$ dan rahang orong yang !ung inya ebagai tempat kala noniu dan dapat dige er*ge er letaknya untuk

menye uaikan dan mengukur benda. 5angka orong ini dapat mengukur dengan ketelitian hingga )$/ mm. &. 'ARA PE"GG$"AA" Kegunaan #angka orong adalah6 untuk mengukur uatu benda dari i i luar dengan cara diapit7 untuk mengukur i i dalam uatu benda yang bia anya berupa lubang 'pada pipa$maupun lainnya- dengan cara diulur untuk mengukur kedalamanan celah8lubang pada uatu benda dengan cara9menancapkan8menu Jangka sorong adalah alat ukur yang ketelitiannya dapat mencapai eper eratu milimeter. 3erdiri dari dua bagian$ bagian diam dan bagian bergerak. Pembacaan ha il pengukuran angat bergantung pada keahlian dan ketelitian pengguna maupun alat. Sebagian keluaran terbaru udah dilengkapi dengan bacaan digital. Pada ver i analog$ umumnya tingkat ketelitian adalah ).)1mm untuk #angka orang dibawah 4)cm dan ).)/ untuk yang diata 4)cm. ,an #angka orong merupakan uatu alat pengukuran yang cepat dan relati! teliti untuk mengukur diameter dalam$ luar dan dalam uatu tabung$ yang memiliki bentuk eperti gambar / di bawah ini. +dapun (engg)naan jangka ter ebut$ adalah ebagai berikut 6 : Mengukur Diameter Luar Benda Cara mengukur diameter$ lebar atau ketebalan benda6Putarlah pengunci ke kiri$ buka rahang$ ma ukkan benda ke rahang bawah #angka orong$ ge er rahang agar rahang tepat pada benda$ putar pengunci ke kanan. ~ Mengukur Diameter Dalam Benda Cara mengukur diameter bagian dalam ebuah pipa atau tabung 6 Putarlah pengunci ke kiri$ ma ukkan rahang ata ke dalam benda $ ge er agar rahang tepat pada benda$ putar pengunci ke kanan. : Mengukur Kedalaman Benda Cara mengukur kedalaman benda 6 Putarlah pengunci ke kiri$ buka rahang orong hingga u#ung lancip menyentuh da ar tabung$ putar pengunci ke kanan. Cara pembacaan skala jangka sorong yaitu 6 "ula*mula perhatikan kala noniu yang berimpit dengan alah atu kala utama. &itunglah berapa kala hingga ke angka nol. Pada gambar$ kala noniu yang berimpit dengan kala utama adalah ; kala. +rtinya angka ter ebut )$; mm.ukkan9 bagian pengukur. Bagian pengukur tidak terlihat padagambar karena berada di i i pemegang.<munya bahan #angka orong terbuat dari be i tainle dan ukuran haru e uai dengan ukuran tandard yang dii yaratkan. ,alam bangunan umumnya #angka orong adalah alat yang angat penting dipergunakan dalam pengukuran diameter be i. 'ara Pe*akaian Jangka Sorong Man)al + <ntuk pengukuran diameter be i dapat dilakukan dengan cara ebagai berikut 6

/. 3empatkan be i pada bagian u#ung alat #angka orong

(. =akukan perge eran kala ge er hingga diameter be i udah tepat ber inggungan dikedua i i bagian ukur #angka orong. 4. Kuncikan alat pengunci pada kala ge er. ;. <ntuk mendapatkan nilai diameter be i dapat dilihat ebagai beikut. =ihat angka di kala diam dimana tepat dikiri angka nol kala ge er 'titik +-. Kemudian lihat angka di kala ge er dimana tepat gari ber inggungan dengan gari di kala diam 'titik B-. 1. "aka nilai dimeter be i adalah + > ').)/ ? B-.
http://abang-sahar.blogspot.com/2012/07/jangka-sorong.html. By sahar

'ara 'e(at a,a Alat $k)r JA"GKA S-R-"G


Kirimkan Ini lewat @mailBlog3hi ABerbagi ke 3witterBerbagi ke Bacebook
2rang-orang yang berke!impung dengan bidang teknik mesin tentu tidak asing lagi dengan namanya alat ukur 3 Jangka Sorong 3 . $amun ketika sudah menggunakan alat ukur ini, tidak sedikit yang masih kesulitan !ara menggunakan dan memba!a hasil ukur dari proses pengukuran sebuah benda kerja. 4ntuk pertama kali kita harus mengenali dan mengetahui bentuk serta fungsi alat ukur jangka sorong itu sendiri, silakan perhatikan gambar bagian-bagian jangka sorong diba)ah ini %

Jangka sorong mempunyai kemampuan untuk mengukur benda kerja sebagai berikut % 1. 2. ". Mengukur benda kerja bagian luar, seperti % kubus, persegi panjang, benda bulat, dll. Mengukur benda kerja bagian dalam, seperti % diameter dalam pipa Mengukur kedalaman, seperti % kedalaman alur kampas rem !akram

5. Mengukur ketinggian benda bertingkat, seperti % ketebalan kampas rem !akram *etelah kita mengenal alat ukur jangka sorong dan fungsinya sekarang berlanjut !ara !epat memba!a hasil ukurnya, perhatikan gambar diba)ah ini %

1enjelasan langkah memba!a hasil ukur pada 0br.1 dengan ketelitian , 6mm% 1. #itung jumlah ruas pada garis )arna biru '*kala 4tama( tepat sebelum angka nol pada ruas garis )arna merah '*kala 7ernier(, hasilnya 8 + ruas 2. 9uliskan angka tertera pada ruas garis )arna merah sebelum garis merah yang sejajar dengan garis )arna biru, hasilnya 8 1 ". Jika ada selisih lebih dari angka tertera pada garis yang sejajar langsung masukkan angka (

5.

*ehingga hasil akhirnya adalah

+,1(mm

1erhatikan 0ambar hasil ukur jangka sorong ketelitian , 2mm diba)ah ini dan !obalah berikan penjelasan langkahnya seperti pada 0br.1 %

http://mansurweb.blogspot.com/2012/01/cara-cepat-baca-has l-ukur-jangka.html
1osted by % mansur)eb : 9M date % 1/10/2012