You are on page 1of 4

POLITIK DINASTI Belakangan ini isu politik dinasti kembali menguat sejak Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang

dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Operasi tersebut terkait penangkapan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar terkait Pemilukada Kabupaten ebak! Banten yang melibatkan kerabat "ubernur Banten #atu Atut $hosiyah. %ari sana kemudian terungkap ada sekitar &' kepala daerah di seluruh (ndonesia yang melakukan praktik politik dinasti. %emikian in)o dari Menteri %alam *egeri "ama+an ,au-i. .jung dari pembahasan di media adalah pemikiran untuk membatasi keterlibatan anggota keluarga dalam politik dan untuk mengembalikan lagi )ungsi %P#% dalam memilih kepala daerah sehingga kepala daerah tidak lagi dipilih langsung. Mari kita cek penggunaan istilah dinasti politik dan apakah dinasti politik itu baik atau buruk bagi demokrasi dan pembangunan negeri. Buah apel jatuh tak jauh dari pohonnya! pepatah tersebut tepat digunakan untuk menyebut para kandidat pemilu yang terpilih dan memiliki hubungan dekat kekeluargaan dengan elit politik yang pernah menjabat kekuasaan di kursi pemerintahan. *egara (ndonesia yang berasas demokrasi! )enomena tersebut beken dengan istilah politik dinasti. /ebuah +acana serius dalam kancah perpolitikan di (ndonesia untuk dijadikan bahan diskusi bersama. /ecara har)iah! dinasti berarti kekuasaan yang dipegang secara turun temurun dalam satu garis keturunan atau kerabat dekat. *amun politik dinasti disini yaitu sebuah dinasti dalam konteks negara dengan sistem demokrasi. %emokrasi tetapi dinasti! sebenarnya apa yang salah dengan %emokrasi di *egara kita0 (stilah dinasti politik atau politik dinasti dimengerti sebagai praktik membangun kekuasaan yang menggurita oleh sejumlah orang yang masih memiliki kaitan kekerabatan. %alam kasus Atut! istilah tadi bahkan distempel konotasi buruk! yakni kekuasaan kekerabatan yang cenderung korupti) dan melambatkan pencapaian kesejahteraan masyarakat. /ecara riil! dampak dinasti politik sangat tergantung dari konteks sejarah negara masingmasing dan relasi sosial yang berkembang bersamaan dengan tumbuhnya dinasti politik. Poitik %inasti adalah satu realita yang tak terbantahkan ! dan tidak bisa dihindari apapun bentuk Pemerintahan satu *egara. Bahkan Amerika serikat yang dijadikan contoh *egara Paling %emokratis dan yang telah mengeterapkan system demokrasi ratusan tahun tidak terhindar dari Politik %inasti. /eperti dilansir banyak media %inasti Bush dan Kennedy merupakan dinasti yang mentradisi dalam Politik %inasti di Amerika /erikat.

ain hal dengan yang kontra! menilai bah+a politik dinasti telah mencederai sistem demokrasi (ndonesia sendiri. Mayoritas penduduk (ndonesia yang relati) masih rendah dalam pendidikan politik! cenderung )anatis dalam memilih para +akilnya.3 /ebuah strategi politik untuk mempertahankan kekuasaan atau status 4uo dengan cara me+ariskan kepada orang lain yang masih memiliki hubungan keluarga. Bisa dikatakan dengan re-im kekuasaan politik yang dijalankan secara turun2temurun oleh salah satu keluarga atau kerabat dekat. 5ntah! pengajuan kandidat pemilu atas inisita) parpol atau incumbent sendiri yang sebenarnya masih ingin berkuasa. *umpang Popularitas . Akhirnya! pilihan jatuh pada keluarga terdekatnya! baik suami! istri! anak! menantu atau kerabat lainnya. /ebuah re-im yang terbentuk dengan latar belakang concern yang sangat tinggi antara anggota keluarga terhadap perpolitikan. Menilai politik dinasti dapat dilihat dari berbagai perspekti). Bagaimana tidak! seseorang yang sedang memiliki kekuasaan pasti ingin mempertahankan kekuasaannya +alaupun dengan berbagai cara. karena di sebuah negara demokrasi yang seharusnya demokrasi! telah terjadi suatu bentuk demokrasi yang di politisasi sehingga seolah2olah demokrasi berjalan demokratis. Pihak yang pro! mengangkat demokrasi bah+a semua +arga negara berhak untuk memilih dan dipilih tak terkecuali terpaut darah dengan orang yang sedang atau pernah menjabat kursi kekuasaan. %an melihat )akta yang ada! orang2orang yang menduduki kursi kekuasaan kebanyakan mereka memiliki hubungan kekeluargaan! hal itu menunjukkan adanya politik dinasti yang dinilai menjadi satu bentuk nepotisme yang harus diberantas. Faktor Internal Tak bisa dipungkiri! )aktor internal m enjadi penyebab utama terjadinya praktik politik dinasti ini.1Akan tetapi! berbeda halnya dengan yang terjadi di (ndonesia! praktik politik dinasti terpilih bukan karena kualitas sang kandidat! namun hanya numpang popularitas dari nama elit terdahulunya. Kemudian )anatisme tersebut diman)aatkan oleh parpol yang berasumsi bah+a )anatisme pemilih terhadap incumbent jauh lebih besar dan dapat dialihkan dengan mudah kepada sosok kerabat dekatnya! hal itu memang )akta kebanyakan yang terjadi di lapangan. %an ironisnya banyak dari mereka ujung2ujungnya hanya orientasi materi belaka! bahkan ada yang korupsi. *amun! regulasi dan kepatutan biasanya menghalangi langkah incumbent untuk mencalonkan atau dicalonkan kembali.

B!'. Tentu beberapa contoh diatas tidak bisa kita sandingkan jika dibandingkan dengan praktik demokrasi di (ndonesia. %an ironisnya banyak dari mereka ujung2ujungnya hanya orientasi materi belaka! bahkan ada yang korupsi.(6ighlightC Metro tA) Apresiasi pada Mendagri Kasus2kasus yang sangat merugikan rakyat ini seharusnya tidak terjadi! Karena itu! dibutuhkan kader2kader bangsa yang benar2benar mempunyai komitmen untuk mengabdi. Begitu pula Perdana Mentri di (ndia turun temurun dikuasai keluarga "andhi. Berbeda halnya dengan yang terjadi di (ndonesia! praktik politik dinasti terpilih bukan karena kualitas sang kandidat! namun hanya numpangpopularitas dari nama elit terdahulunya. ucunya lagi! akibat kekosongan jabatan ditinggalkannya karena harus menjalani penahanan! jabatan kekuasaan pimpinan %P#% >a+a Tengah beralih pada tokoh lain yang pernah berstatus napi korupsi. B!?& miliar. Amino "ondohutomo /emarang ketika yang bersangkutan mangkir dari sidang kasus korupsi 8? . 6emat penulis! menanggulangi dampak negati) politik dinasti maka dalam rekrutmen kader harus diberlakukan sistem meritokrasi (merit system)! mengelola .ndang2.ndang Pemilukada yang didalamnya berisi mengenai pembatasan politik dinasti. miliar rupiah di Pengadilan *egeri Pur+orejo. Tragis! sebagaimana kasus2kasus di beberapa daerah misalnya. %an terbukti selama masa kepemimpinannya memiliki komitmen dan mampu memba+a kemajuan untuk negaranya. Kita patut memberikan apresiasi ketika Mendagri melakukan terobosan dengan menyusun #ancangan . /ebuah perbedaan kualitas yang jauh. Kasus Ketua %P#% >a+a Tengah *onakti)! yang diAonis <!& tahun penjara terkait korupsi dana KA/ %aerah Kabupaten Kendal <==.ebruari <==9! pejabat tersebut akhirnya diAonis 8: bulan penjara terkait kasus korupsi buku perpustakaan dengan kerugian #p. /ebagaimana kita lihat! pemimpin negara ayah dan anak! "eorge 6erbert 7alker Bush (89:92899.) dan "eorge 7alker Bush (<==82<==9) atau >ohn Adams (8?9?28:=8) dan putranya >ohn @uicncy Adams (8:<&28:<9). senilai #p. /urat Keterangan 1tak +aras3 dikeluarkan #/> %r.Memang pelik! negara yang menjadi kiblat demokrasi seperti Amerika dijadikan sebagai landasan betapa politik dinasti itu +ajar dan sah2sah saja. %i amerika /erikat! terpilihnya pemimpin yang notabene dari keturunan! biasanya karena memang benar2benar berkualitas dan mumpuni sehingga menjadi pilihan rakyat. (a dinyatakan terbukti turut korupsi berkelanjutan bersama Bupati Kendal periode <===2<==& yang tidak lain adalah saudara kandungnya.

/ekaranglah saatnya transisi kepemimpinan bangsa melalui sistem merit! karena jika tidak akan terjadi proses kemunduran dalam regenerasi. %engan demikian! siapapun yang nanti suatu saaat terpilih untuk menduduki kursi pemerintahan benar2benar bisa diandalkan kualitas! kapabilitas! dan rasa tanggungja+ab dalam mengemban amanah.sumber daya manusia atas dasar prestasi. . >adi! siapapun memiliki kesempatan untuk me+akili rakyat dengan pertimbangan prestasi. /istem ini sangat )air bagi sebuah negara demokrasi seperti (ndonesia ini.ntuk itu! parpol harus membenahi sistem rekrutmen dan kaderisasi. 7allahu aDlam bi al2/ha+ab. Parpol tidak perlu tidak pandang bulu dalam perkaderan dengan memprioritaskan kader yang mempunyai kapabilitas! kredibilitas dan pantas dijadikan pemimpin. .