You are on page 1of 7

OSN Matematika SMA 6 Malang

ALJABAR :
AKAR-AKAR DARI SUATU PERSAMAAN : Jumlah dan hasil kali akar. jika dan adalah akar-akar dari dan Contoh 1: Diketahui a dan b adalah akar-akar dari =… Jawab: Soal ini bisa didekati dengan berbagai cara, namun sekarang kita gunakan apa yang sedang kita pelajari. Karena a merupakan akar-akar, maka kita bisa mendapatkan :

, maka hubungan antar akar :

, maka tentukan nilai dari:

.

dari sini kita bisa memperoleh bentuk:
 

dan

(senada dengan b, karena dia juga merupakan akar dari persamaan). kita peroleh :
  

dan

Sekarang, kita masuk ke pembahasan soal:

= = = =

….cocokan dengan bentuk-bentuk diatas

…merupakan perkalian akar, sehingga:

Contoh 2: Jika a dan b adalah akar-akar dari Jawab:

, maka tentukan nilai dari

, dan Mari kita olah dulu, untuk menghasilkan bentuk pangkat 1002 Coba kita kalikan dengan a …cocok dengan bentuk yang kita olah di awal

1

Pemisalan Menyederhanakan/memecah masalah menjadi serpihan-serpihan kecil yang lebih sederhana. jika dan adalah akar-akar dari : . Sekarang akan saya tunjukan keampuhan cara pemisalan: . maka carilah persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya dan . Jika . 3. buktikan x+y=0 7. memiliki akar-akar a. tentukanlah nilai 2. . carilah nilai dari . adalah akar-akar persamaan dari . sekilas soal ini membingungkan. kerena akan berhadapan dengan bilangan berpangkat rasional yang agak ”ngeselin” karena melibatkan 3 suku dan harus dipangkatkan 3.OSN Matematika SMA 6 Malang Karena 1002= 3 x 334. saya munculkan bentuk . maka: karena a dan b simetris. Jika Jawab: Bagi pemula. Carilah akar-akar riil dari 6. Tekniknya sederhana: misalkan saja dengan suatu varibel tertentu Dalam soal latihan pada postingan saya sebelumnya ”variasi soal bentuk kuadrat”.b dan c. . Tentukan akar-akar riil yang memenuhi: I. dan . Yang ditanyakan soal bisa saya tulis : Sehingga langkah awal. Jika 5. Persamaan . berapakah satu-satunya akar riil dari ? 4. sehingga memudahkan kita dalam mengerjakannya. maka nilai : . Satu-satunya akar riil dari adalah 1999. sehingga: Mari berlatih: 1. carilah nilai dari . maka . saya memisalkan Sehingga kita mendapatkan dan 2 sebagai . Untuk menghindari bentuk akar pangkat tiga atau pangkat rasional. ada soal sederhana tapi bagus/relevan dengan pembahasan kita sekarang.

kemudian saya jadi teringat pada rumus seperti panjang salah satu sisi segitiga siku-siku (kita misalkan P). dengan panjang hipotenusa (sisi miring) = 3 . sekarang kita masukan ke dalam pengerjaan kita: 3 . sekarang tinggal kita ganti kembali P dengan nilai sebenarnya. dan sisi lainnya adalah x. Saya melihat x >0. Jika kita gambar: dari gambar ini kita mendapatkan: dan . jadi gak rumit kan?. Berfikir keluar jalur Tentukan nilai x yang memenuhi Jawab: kita stop dulu disini. nah lho? .OSN Matematika SMA 6 Malang Maka: Gimana. dan soal ini memuat bentuk phytagoras. sehingga : II.

tak mungkin. Contoh 1: Jika diketahui hitunglah nilai x … Jawab : bagi pemula. sehingga jawabannya adalah Ayo berlatih: Jika dan adalah akar-akar riil dari : (x-1) (x-2) (x-3) (x-4) = 3. Nah ternyata dengan menyadari hal itu. karena x di ruas kiri. karena negatif. soal ini pasti terasa aneh. . maka tentukanlah VARIASI SOAL BENTUK KUADRAT Berbagai variasi soal yang merupakan ciri khas soal kompetisi. bisa dimasukan lagi ke ruas kanan.jadi persamaan kuadrat biasa . maka yang terjadi adalah soal menjadi lebih panjang ke bawah.OSN Matematika SMA 6 Malang …. tul gak ?. kita tidak tahu ujung soal sampai kemana. berarti soal juga bisa lebih kita sederhanakan ke atas dong. ada pengulangan yang terus menerus. Kalau x kita ganti/masukan ke soal. dan itu berarti terjadi iterasi (pengulangan) yang tak berakhir. so… menjadi : 4 . Dan soal yang kita lihat merupakan penyederhanaan/ wakil dari soal sebenarnya. Yang memungkinkan adalah p=1 karena positif. Sehingga untuk : atau .

maka berapakah x jadi : (a – b) = 1 (a + b) = 2003 + 2a = 2004 a = 1002 sehingga b = 1001 5 . jika kita kalikan kedua ruas dengan x (untuk menghilangkan penyebut). ternyata kita mendapat persamaan kuadrat biasa. dimana A jumlah dari nilai mutlak semua akar-akar persamaan : jawab : Senada dengan contoh 1.OSN Matematika SMA 6 Malang . Tentukan nilai . soal bisa kita sederhanakan menjadi : Ingat rumus abc (rumus kuadratis) dan bernilai positif sehingga bernilai negatif sehingga jadi A = = = Sehingga Contoh 3 : (Olimpiade tingkat Kota 2003-3) Jika a dan b bilangan bulat sehingga (ingat bahwa 2003 adalah bilangan prima) Jawab : . atau Nilai x = -1 tidak mungkin sehingga nilai x adalah 3 Contoh 2:.

biasakan mulai sekarang jangan keder dulu ama bentuk soal yang aneh. maka bentuk tersebut menjadi: 6 . maka buktikan akar yang lain adalah Soal 3 : Jika Jawaban1. Ayo berlatih : Soal 1: Tentukan nilai x yang memenuhi : Soal 2 : Jika salah satu akar dari adalah : . . ternyata setelah di coba-coba.OSN Matematika SMA 6 Malang jadi : Tiga contoh di atas adalah soal kompetisi. menjadi:  KUADRATKAN LAGI (pilih plus karena x tidak boleh negatif) Jawaban 2 : Perhatikan bahwa Dengan demikian: . ternyata soal bisa menjadi lebih sederhana dan mudah untuk dipecahlan. konsep yang dipake tetep sama dengan yang kita pelajari di kelas. Konsep inilah yang digunakan dalam mengerjakan soal gila ini: menyederhanakan bentuk ini: Dengan formula di atas. meskipun bentuk awalnya menyeramkan. karena umumnya setelah kita utak-atik. Kuadratkan kedua ruas: . Tentukanlah nilai dari :  Pindahkan ruas:  Eliminasi jawaban nol (bagi dengan x). So.

502 Khusus untuk b = 1. carilah nilai dari 101 * 100. kita memilik (a + 1) * b – (a – 1) * b = 4a dan b * a = –(a * b) Jika 1 * 0 = 1. 99 99 * b – 97 * b = 4. Untuk setiap bilangan bulat a dan b. 98 98 * b – 96 * b = 4 . 502 – 1 Untuk b = 100. Pembahasan Soal ini menuntut keberanian untuk mencoba mengeksplorasi pada operasi *.. maka 101 * 100 = 4.1 Jadi.50. 96 96 * b – 94 * b = 4 .51 – 100 * 1 = 4.50 (51 – 50) + 1 = 201 7 .. Salah satu caranya adalah dengan menetapkan bilangan bulat b. maka 100 * 1 = 4 . 101 * b – 1 * b = 4 . didapat bahwa: Jawab 3 : Soal Contoh 1.50. Jawab : 12 Soal Contoh 2 : Misalkan a * b adalah bilangan bulat untuk setiap bilangan bulat a dan b.22*b–0*b=4.OSN Matematika SMA 6 Malang Ingat bentuk persamaan kuadrat di mana c merupakan . 3*b–1*b=4. 51 100 * b – 0 * b = 4 .. 97 97 * b – 95 * b = 4. 50 . maka: Dengan kali sekawan. .51 – 4.502 + 1 = 4.100 100 * b – 98 * b = 4 . 95 . Kemudian perhatikan bahwa 101 * b – 99 * b = 4. .