You are on page 1of 6

Information Technology Valuation

Tugas Personal ke-1

Disusun Oleh : Nama Mahasiswa Nomor In!uk Mahasiswa Tanggal Penger'aan Tugas : Benny !hetya : 1"#1$%$#&" : #% Desem(er $#1)

usiness perspective. selan utnya kita dapat membandingkan dengan rata-rata industri. / Increasing 0evenue. -rom . activity effectiveness .usiness %rocesses perspective / Increasing $ffectiveness and efficiency of process supported by an IT .Tugas Personal ke-1 Pertemuan 1 1. -rom . . yang merupakan cabang ilmu dari IT Management yang banyak digunakan dalam menilai sebuah proyek IT untuk men ustifikasi layakkah sebuah proyek IT diteruskan. bukan karena secara teknis dapat dibuat dan diterapkan tetapi menyangkut manfaat atau kontribusi positif yang lebih luas bagi organisasi. cash-inflo1 . Value of IT or 'IT Value( is derived from investment for IT resources and using it)s to gain the *uantifiable benefits + . I# "epartment. dengan pesaing atau perusahaan terkemuka lainya. !ebih luas IT Valuation dapat digunakan untuk mengukur seberapa besar value suatu grup aplikasi IT. bahkan untuk mengukur seberapa besar peran strategis IT kita.yang dapat digunakan mana emen dalam menilai kiner a &nit IT. IT Valuation. dengan tu uan untuk melakukan tindakan-tindakan korektif ataupun improvement terhadap kiner a dalam pencapaian target-target yang telah ditetapkan. 7etika kita mengetahui adanya kesen angan antara target-target yang ditentukan dengan hasil pengukuran. / Increasing #atisfactions / 2ost saving. mengindikasikan adanya kebutuhan untuk melakukan perbaikan atau koreksi-koreksi dari kelemahan-kelemahan atau kekurangan. yang akhirnya dapat digunakan . -rom IT 3supply4 perspective / $fficiency and effectiveness resources used to running the system5IT 6. Jelaskan yang dimaksud dengan IT-Value? Jawab IT value merupakan sesuatu yang dapat digunakan untuk menentukan seberapa besar manfaat atau kontribusi dari sebuah proyek IT. Value dari IT dapat dipahami sebagai nilai tambah bisnis yang berasal dari penerapan IT. yang biasanya dikelola oleh satu unit ker a organisasi seperti IT "epartment. $"% "epartment dll. untuk melakukan improvemen dalam standar-standar dan pengeloaan IT. -rom 2ustomers %erspective.agaimana mengukur Value atau benefit dari IT? Jawab #eberapun sulitnya nilai IT harus dapat diukur agar dapat digunakan untuk mengetahui seberapa efektif dan efisienkah penggunaan dan pengelolaan IT kita.

sementara untuk biaya operasional dari tracking 8ccounting system yang ada. o peningkatan arus-masuk uang kas / #udut pandang pelanggan perusahaan. secara hirakhis peran tersebut dapat dibedakan dalam + . dalam membantu menyesaikan masalahmasalah perusahaan.eningkatkan efektivitas proses-proses bisnis o . .erapa besar investasi relatif mudah dihitung. melalui perannya masing-masing secara maksimal. . di rancang dan di alankan berdasarkan atas kebutuhan perusahaan untuk membantu atau mendukung upaya-upaya penyelesaian masalah yang dihadapi. melibatkan dua besaran yaitu sebarapa besar investasi IT dan sebarapa besar manfaat yang didapatkan dari investasi tersebut. "engan demikian suatu aplikasi IT. diharapkan akan membantu penyelasaian masalah-masalah. . 9amun beberapa pakar telah mengembangkan model yang lebih representatif guna mengukur value atau benefit dari IT. maka manfaat TI.sebagai umpan balik dalam penetapan strategi dan sasaransasaran strategis bisnis dengan mengoptimalkan peran IT.anfaat atau benefit yang dapat diperoleh perusahaan dari penerapan IT. dimana setiap proyek berbeda-beda manfaatnya. dengan memanfaatkan peran dari IT itu sendiri. karena ada manfaat langsung dan ada pula manfaat tidak langsung yang intangible. manfaat aplikasi IT o %eningkatan kepuasan pelanggan o %enghematan biaya perolehan barang o $ffektivitas aktivitas-aktivitas pelanggan sehubungan dengan upaya memperoleh barang dan asa.anfaat yang diperoleh dari aplikasi IT diturunkan dari kemampuan-kemampuan atau IT. Jelaskan hirarki dan peran atau roles dari IT bagi perusahaan. . :. #isi yang sulit diukur adalah manfaat-manfaat dari penerapan IT tersebut. secara umum? Jawab . dari individual %ro ect-8ccounting.anfaat atau benefit yang didapatkan perusahaan dalam mengaplikasikan IT. dapat dibedakan berdasarkan pada sudut pandang siapa-siapa yang memanfaatkan ata perpektif+ / #udut pandang bisnis5usaha yang lebih luas. "asar pengukuran nilai IT. ika diperlukan untuk dihitung. • "ari sudut pandang proses-proses bisnis5usaha. penggunaan IT bermanfaat untuk o .iasanya suatu proyek aplikasi IT. dibedakan dalam o peningkatan pendapatan dari penerapan IT. manfaatnya adalah o $fektivitas dan efisiensi sumberdaya IT yang digunakan untuk mengembangkan dan men alankan aplikasi IT.eningkatkan efisiensi 1aktu dan sumberdaya proses bisnis • "ari sudut pandang penyedia IT.

bag. biaya overhead 3listrik. dsb. ga i personil. !ebih luas IT Valuation dapat digunakan untuk mengukur seberapa besar value suatu grup aplikasi IT. 2ontoh biaya operasi diantaranya pera1atan hard1are 3ada biaya penyusutan uga4. dsb. Tapi ika membuat sistem sendiri agak sedikit rumit. men adi lebih efektif dan efisien $fektivitas dan efisiensi operasional < peran untuk mendukung operasional bisnis dalam pencapaian produktivitas yang tinggi dan efisiensi kegiatan operasional. =. • .yang dapat digunakan mana emen dalam menilai kiner a &nit IT. $"% "epartment dll. &mumnya berupa biaya honor konsultan dan administrasi proses implementasi. A.iaya %royek.am atau per-hari. pera1atan soft1are.%0. dihitung per.iaya instalasi aringan komunikasi • . programmer.. • . pencapaian sasaran-sasaran bisnis dan pengendalian bisnis Integrasi proses bisnis < yaitu peran untuk menghubungkan. akomodasi.erikan contoh elemen-elemen biaya yang diperlukan untuk mengimplementasikan sebuah sistem informasi 3aplikasi #I4.• • • • • #trategis < peran IT untuk mendukung strategi bisnis. dsb. pengumpulan data. e>%rocurement dll? Jawab • . Jika menyerahkan ke pihak ketiga lebih mudah menentukan nilainya berdasarkan desain sistem yang dia ukan. 1eb designer. bukan karena secara teknis dapat dibuat dan diterapkan tetapi menyangkut manfaat atau kontribusi positif yang lebih luas bagi organisasi. . • . mensinergikan proses-proses untuk pencapaian sasaran-sasaran bisnis $fektivitas dan efisiensi proses bisnis < peran IT untuk mendukung reka ulang proses bisnis atau . seperti sistem-pengga ian. frontliner. #eperti biaya analis. yang biasanya dikelola oleh satu unit ker a organisasi seperti IT "epartment. dengan tu uan untuk melakukan tindakan- . dokumentasi. bag. telepon4.iaya training ditu ukan untuk mereka yang akan menggunakan aplikasi tersebut seperti administrator. keuangan.umum. I# "epartment. $fectivitas mana emen < peran dalam mendukung proses pengambilan keputusan mana emen.iaya @perasi dan %era1atan.iaya aplikasi sistem informasi. rapat.iaya training. 8pa tu uan utama dari IT valuation atau measurement? Jawab untuk men ustifikasi layakkah sebuah proyek IT diteruskan. .

aringan dan asa konsultasi yang ditu ukan untuk digunakan dalam 1aktu lebih dari satu tahun dikenal sebagai investasi IT. 7ategori pengeluaran dana untuk IT. Jelaskan bagaimana menghitung Investasi IT? Jawab %egeluaran dana untuk membeli barang dengan tu uan untuk digunakan memperoleh hasil dalam angka yang pan ang tersebut dikenal dengan investasi. .enghitung pengeluaran untuk investai IT. B. C. setiap investasi pasti mengharapkan pendapatan atau keuntungan yang yang lebih besar ketimbang disimpan dalam deposito. relatif mudah dari pengeluaran untuk menyelesaikan proyek. .engapa kita mempela ari IT Valuation? Jelaskan? Jawab • 7ita dapat mengukur seberapa besar investasi dari setiap aktivitas yang kita lakukan. yang tercakup dalam proyek pengembangan dan implementasi IT. 7ita bisa mengetahui hal-hal yang efektif maupun efisien untuk diterapkan pada investasi IT. pelatihan teknis dll. termasuk pengadaan perangkat dan konsultan.tindakan korektif ataupun improvement terhadap kiner a dalam pencapaian target-target yang telah ditetapkan. atau bahkan disimpan tunai. . "ari sudut pandang bisnis. %engeluaran dana untuk membeli perangkat IT. dapat dibedakan yaitu investasi yang umumnya hanya sekali dikeluarkan yaitu pada proyek pengembangan sampai dengan diimplementasikan.sehingga kita nantinya dapat membuat perencanaan untuk hal-hal yang perlu diterapkan • • • 7ita dapat menggetrahui bagaimana cara-cara untuk mengelola biaya operasi IT. "engan melakukan investasi tersebut maka kita dapat nantinya mengukur seberapa keuntungan dari investasi yang sudah kita lakukan. tidak terkecuali investasi di bidang IT.

D.:-6=... #chneider ans.are J. J . 36E1E4. pp.inus @nline !earning. termasuk didalamnya biaya infrastruktur. #udir1an. "an bagaimana menghitung biaya operasional IT yang biasanya dilakukan untuk tahunan? Jawab #etelah dioperasikan perusahaan akan mengeluarkan dana setiap bulan. Introduction to IT Valuation.. et all.%te. Forld #ientific %ublishing 2o. biaya alat kantor dan biaya sumber daya manusia. 36E1:4. Information Technology Investment. Jadi perusahaan menghitung biaya-biaya yang digunakan untuk operasional IT yaitu biaya infrastruktur. ED "esember 6E1: %ukul 1D.enny 8dhetya . "aftar %ustaka + 1. #ingapore. Jakarta+ .EE Jakarta. -orum "iskusi . ED "esember 6E1: . alat kantor dan sumberdaya manusia. !td. :. .inus &niversity 6. yang sering dikenal dengan biaya operasional IT.