KEGIATAN 4 A.

TOPIK : Misteri Kancing Baju

B. TUJUAN : Menerapkan keterampilan proses untuk menyelidiki isi dari toples C. ALAT DAN BAHAN 1. Toples dibungkus plastik kresek hitam 2. Kancing baju dengan segala ukuran D. C ARA KERJA
mengocok isi toples dan menerka macam ukuran dan jumlah kancing baju

menuliskan jawaban masing-masing anggota kelompok tentang macam ukuran dan jumlah kancing baju

membuka isi toples

menghitung macam ukuran kancing serta jumlah kancing baju serta menjawab pertanyaan, "Apakah jawaban kalian menyimpang atau mendekati kenyataan? Mengapa demikian?"

Membuat grafik balok jumlah masing-masing kancing baju

melihat grafik dan mencatat jumlah masing-masing ukuran

menghitung total jumlah kancing baju

melakukan pengukuran untuk memperoleh informasi kancing dengan jumlah paling banyak dan paling sedikit

membuat pengelompokkan (dengan dasar tertentu) untuk setiap langkah terus menerus hingga tidak dapat lagi membuat kelompok yang lebih kecil

dan temuan atau kesimpulan . tergayut). kemudian menjauhkannya dari atas meja dari ketinggian 30 cm dan menjelaskan bagaimana suara yang ditimbulkan meraba semua kancing dan merasakan bagaimana rasanya meletakkan kancing baju terbesar secara berjejer (berdampingan) dan bersinggungan di atas garis yang disediakan di petunjuk praktikum dan menghitung berapa kancing baju yang dibutuhkan agar garis tertutup mengukur panjang garis tersebut dengan cara menghitung berapa jumlaj kancing baju yang diperlukan mengukur panjang garis dengan penggaris mengukur panjang diameter kancing dengan penggaris dan menyamakan hasil pengukuran debgan kancing dalam cm membuat kegiatan eksperimen lain .mencatat hasil pemisahan atau pengelompokkan dalam bentuk skema mengambil sebuah kancing paling besar. definisi operasional variabel (variabel eksperimen. hipotesis. yang dapat dapat dikembangkan dengan alat dan bahan yang sama (kancing baju dan toples) dengan format eksperimen masalah. kontrol. rancangan eksperimen.

kancing sedang ± 5 buah Keterangan Prediksi salah 2 Chairunisa Kancing besar ± 30 buah. Hal ini tentu saja tidak menghasilkan data yang valid. kancing sedang ± 5 buah Prediksi salah 3 Diska Kancing besar ± 25 buah. kancing sedang ± 2 buah Prediksi salah Setelah toples dibuka. 30 25 20 15 10 5 0 kancing 1 kancing 2 kancing 3 kancing 4  kancing 1 diameter 1. HASIL PENGAMATAN DAN PEMBAHASAN No 1 Nama Findhi Prediksi Kancing besar ± 35 buah.2 cm . Sebuah observasi yang menghasilkan data yang valid akan menggunakan lebih dari 1 indera.E. data yang diperoleh : Kancing 1-2-3-4 Prediksi jawaban dari praktikan semua menyimpang karena kegiatan observasi yang dilakukan hannya menggunakan satu indera yakni indera pendengaran.

4 cm kancing 3 diameter 1.0 cm Total hitung jumlah kancing baju : Kancing 1 + Kacing 2 + Kancing 3 + Kancing 4 = 99 buah kancing   Kancing paling sedikit adalah kancing 4 Kancing paling sedikit adalah kancing 3 PENGELOMPOKKAN BERDASAR WARNA kancing baju kancing 1 (27 buah) kancing 2 (23 buah) kancing 3 (21 buah) kancing 4 (28 buah) warna coklat tua (5 buah) warna putih susu (8 buah) warna biru muda (15 buah) PENGELOMPOKKAN BERDASAR JUMLAH LUBANG .6 cm kancing 4 diameter 2.   kancing 2 diameter 1.

licin. cekung HASIL PERABAAN DATA PELETAKAN KANCING PADA GARIS  Diperluka 4 kancing besar untuk menutup garis . terdapat cekungan. permukaan tidak rata 2 3 4 Kancing 2 Kancing 3 Kancing 4 Coklat tua Biru tua Coklat tua Putih susu Biru muda Cekung. permukaan tidak rata Halus. permukaan tidak rata Halus. cekung. licin. licin. cekung. permukaan tidak rata Halus. halus.berlubang dua kancing baju berlubang 4 27 buah 72 buah DATA PENJATUHAN KANCING TERBESAR NO 1 2 3 KANCING TERBESAR Warna Putih Susu Warna Coklat Tua Warna Biru muda SUARA Klotak Klotak Klotak TINGKAT SUARA +++ ++ + DATA PERABAAN KANCING NO UKURAN KANCING 1 Kancing 1 WARNA KANCING Merah Halus. mengkilap. tidak begitu licin. licin. cekung Halus.

Tantaraaa caleg no.  Setiap kancing beriameter 2cm sehingga panjang garis jika dihitung dari banyak kancing adalah 2cm x 4 = 8cm Pengukuran garis dengan penggaris menunjukkan angka 8 cm EKSPERIMEN LAIN Eksperimen lain yang dapat digunakan yaitu dengan cara menggunakan indera peraba saja. 40 buah kancing berukuran besar berwana kuning dengan tekstur kasar.13 KELOMPOK 1 : FINDHIRA RETIYANI DISKA ALFIONITA D. CHAIRUNISA D. Mata naracoba ditutup hingga tidak bisa melihat kemudian naracoba meraba toples tersebut selama 1 menit dan disuruh memprediksi isi toples tersebut Nyot. dan 15 buah kancing berukuran sedang berwarna pink. hehe.T 11317244011 11317244014 11317244015 . warna dan tekstur dengan jumlah total kancing baju 120 buah dimasukkan ke dalam toples Di dalam toples tersebut terdapat 30 buah kancing berwarna merah dengan ukuran kecil. 20 buah kancing berwarna hijau muda berukuran sedang. Langkah-langkah yang dapat dilakukan dengan eksperimen ini yaitu: Kancing baju yang berbeda ukuran. 15 buah kancing berwarna putih susu dengan ukuran besar. tolong tambahin yang eksperimen lainnya ini kamu lengkapin pake gambar kancing bajunya yee. Thank you.