BERKAS SOAL

BIDANG STUDI : EKONOMI

MADRASAH ALIYAH SELEKSI TINGKAT KAPUPATEN/KOTA KOMPETISI SAINS MADRASAH NASIONAL 2013

NAMA
'q

:

ASAL SEKOLAH:

I(ABUPATEN/KOTA:

Petunjuk Umum

l.
2.

Silakan berdoa sebelum mengedakan soal, semua alatkomunikasi dimatikan.

Tuliskan identitas Anda (Nama, Asal Sekolah dan Kabupaten/tr(ota Sekolah)
secara lengkap pada setiap halaman dalam berkas soal dan lembar jawaban Anda.

3. Tes ini terdiri dari 50 soal. 4. Waktu yang diberikan 90 menit.
5.
Anda dilarang membawa dan menggunakan alat elekhonik apapun selama
ujian berlangsung.

6.

Anda hanya diperkenankan menggunakan alat tulis beserta kertas yang telah
disediakan.

7. Anda tidak
berlangsung.

diperkenankan berdiskusi dengan siapapun selama ujian

8. 9.

Beri tanda silang pada huruf yang Anda pilih sebagai jawaban yang Anda
anggap paling benar pada Lembar Jawaban yang telah disediakan.

Apabila Anda ingin mengubah jawaban Anda, lingkarilah huruf yang Anda jawab sebelumnya, lalu beri tanda silang pada huruf yang Anda pilih sebagai
jawaban yang Anda anggap paling benar.

10.

Anda akan mendapatkan 4 Poin untuk setiap jawaban yang benar, -l poin untuk setiap jawaban yang salah, dan 0 poin untuk pertanyaan yang tidak
terjawab. Berkas soal dikembalikan ke panitia.

1

l.

12.

Apabila ada hat-hal yang kurang jelas atau perlu ditanyakan, silakan langsung
bertanya kepada pengawas ujian.

Halaman 1 dari 20

E. Jumlah permintaan barang lebih banyak dari penawarannya. Bagaimana cara memprodulsi? c. karena kedua konsep tersebut pada dasarnya identik. kecuali: A. Bagaimana memanfaa. Ekonomi pedesaan Apakah mungkin keuntungan secara akuntansi bernilai positif pada saat keuntungan secara ekonomi bernilai negatif? A. bila total pendapatan dapat menutupi biaya kesempatan (opportunity cosl) namun tidak dapat menutupi biaya eksplisit. Bagaimana pemerintah melakukan intervensi terhadap pasar? D. Ekonomi normatif D. Tidak mungkin. D. Individu tidak bisa memecahkan persoalan B. Pernerintah tidak bisa menemukan solusi atas tiga persoalan utama dalam ekonomi. Mikro ekonomi B. Ekonomi positif E. D. Harapan dari semua pelaku ekonomi bahwa sistem ekonomi yang baik adalah suatu sistem yang bisa memutuskan hal-hal berikut. karena keuntungan secara ekonomi harus selalu lebih besar daripada keuntungan secara akrmtansi. Malao ekonomi C. B. Jumlah penawaran barang lebih banyak dari permintaannya. Tidak mungkin. atas tiga isu utama dalam ekonomi. C. bila total pendapatan dapat menutupi biaya eksplisit namun tidak dapat menutupi biaya kesemp atan (opporfitnity cost).NAMA ASAL SEKOLAH: &{r KABUPATEN/KOTA: Fenomena kelangkaan timbul dikarenakan oleh: A.MApRASAE ALTYAH Halaman 2 dari20 . Mungkin. Keinginan manusia yang selalu melebihi kebutuhan. SELEKSI KSM 2013 TINGKAT KAB/KOTA . Untuk siapa barang tersebut diproduksi? Teori tangan tak terlihat (invisible hand) dari Adam Smith berkaitan studi: dengan A.kan hak paten untuk memproduksi? E. Tidak mungkin. E. karene keuntungan secara ekonomi hanrs selalu lebih besar daripada keuntungan secara akuntansi. Mungkin. Produk tpa yang harus diproduksi? B. c.

Apabila suatu Negara tidak memiliki sumberdaya yang memiliki keunggulan komparatif (comparative advantage) dalam memproduksi produk apapun. Permintaan digambarkan dalary bentuk kurva dan unit permintaan direpresentasikan dalam bentuk titik-titik pada kurva. maka kurva kemungkinan produksi Qroduction possibility curve) Negara tersebut akan berbentuk: A. C. Unit permintaan berbanding terbalik dengan harga tetapi permintaan berbanding lurus dengan harga. C. Perrnintaan dan unit permintaan diilustrasikan pada kurva yang berbedaB. Unit permintaan digambarkan dalam bentuk kurva D. D.NAMA -tq ASAL SEKOLAH: KABUPATEN/KOTA: Perbedaan antara permintaan dengan unit permintaan dapat diilustrasikan sebagai berikut: A. B. Berupa garis lurus horizontal Berupa garis lurus yang miring ke bawah Berupa garis lurus yang miring ke atas 7 Perhatikan gambar dibawah ini: s40 GI &'30 €20 iro 0 10 20 30 Jumlah Bcbck 4a Merujuk pada gambar diatas. unit permintaan berhubungan langsung dengan harga meskipun hubungan permintaan berbanding terbalik deugan harga. Kurva I Kurva II Kurva III Kurva [V Tidak ada jawaban yang benar Halamau 3 dari 20 . dan permintaan dalam bentuk titik-titik pada kurva. D. E. E. Melambung ke dalam C. E. bila biaya kesempatan (opportunity cost) dalam memproduksi 10 ekor ayam adalah selalu sebesar g ekor bebek maka kurva kemungkinan produksi Qtroduction possibility curve) yang paling sesuai adalah: A. Melambung ke luar B.

C. Penurunan produktivitas orang dalam menulis buku cetak ekonomi menghasilkan harga buku pelajaran lain naik. Kenaikan produktivitas orang dalam menulis buku cetak ekonomi menghasilkan harga buku pelajaran lain turun.MADRASAH ALIYAH Halaman 4 dari 20 . Permintaan akan buatr ketimun suri menurun di bulan puasa dikarenakan suplainya berkurang di pasar. l0 Pada kondisi bagaimana hukum permintaan bisa berjalan dengan baik: A. setiap lienaikan harga bensin menyebabkan: A. Penurunan unit permintaan atas bensin dan faktor lain dianggap konstan. B. Penonton bioskop berkurang dikarenakan ber.rrra NAMA ASAL SEKOLAH: KABUPATEN/KOTA: 8 Perhatikan gambar dibawah ini: A 6 Y s d !l ta a AJ Itlakannn (a) B i\Iakanan (b) Berdasarkan gambar diatas.kurangnya kualitas film yang ditayangkan. C. Perubahan pada kurva penawaran bensin. Dari A-B ke C-D pada diagram A B. Penurunan unit permintaan atas bensin. Penonton bioskop bereaksi atas kenaikan harga tiket dengan mengurangi permintaan mereka akan menonton di bioskop. E.. SELEKSI KSM ?013 TINGKAT KAB/KOTA . B. Kenaikan permintaan unit permintaan atas bensin dan {hktor lain dianggap konstan. Kenaikan unit permintaan atas bensin. E. Dari X-Y ke X-Zpadadiagram B D. penemuan sumberdaya produksi yang hanya dapat dipergunakan untuk memproduksi senjata akan menyebabkan perubahan kemampuan produksi yang ditunjukkan oleh pergeseran kurva: A. Dari X-Zke X-Y pada diagram B Tidak adajawaban yang benar Menurut hukum permintaan. Dari C-D ke A-B pada diagram A C. D. E. D.

E.i . Mensubtitusi daging sapi dengan dagrng ayam. I B. SELEKSI KSM 20lJ TINGKAT KAB/KOTA . C.m D. D. Kapasitas konsumen memanfaatkan produk subtitusi. Kemampwm pasar menyeimbangkan unit permintaan dan unit penawaran.. Kapasitas pemerintah menetapkan harga. Kapasitas pemasok mensubtitusi barang material produksinya.ii Kurntltrr Apabila kuantitas barang yang diminta oleh konsumen sama untuk setiap tingkat harga. 13 Jika harga daging ayam naik dan harga daging sapr tetap maka konsumen akan berlaku: A. maka kurva permintaan (demand) akan sama dengan gambar: A.NAMA ASAI SEKOLAH: KABUPATEN/KOTA: . B. Menanrbah pembelian daging ayam. Mensubtitusi daging ayam dengan daging sapi. ira 11 Perhatikan gambar dibawah ini: . B. E. D. Tidak ada jawaban yang benar 12 Penjelasan mengenai hukum permintaan melibatkan: A. Mengurangi pembelian daging sapi dan dagrng ayarn. II c. Kapasitas bank sentral menetapkan suku bunga.MApRASAH ALTYAH Halaman 5 dari 20 . C. Menambah pembelian daging sapi dan daging ayam. IV E.

NAMA : ASAL SEKOLAH: I(ABUPATEN/KOTA: 14 Perhatikan gambar dibawah ini: Kuantitrs Kuantitas Merujuk paca gambar diatas.s 0 Ilena$tran 200 400 Kuantitas 600 Merujuk pada grafik diatas. 2. 1.500 D.. pengaruh dari pengurangan pajak penjualan terhadap kurva permintaan (demand) konsumen? A. Tidak ada jawaban yang benar 15 Perhatikan gambar dibawah ini: t0 6 7. 2. Panah A Panah B Panah C Panalr D E. D. surplus yang diterima oleh konsumen adalah sebesar: A.MADRASAH ALIYAH Halamau 6 dari 20 . 500 B. tanda panah manakah yang paling menggambarlof. apabira pasar sedang dalam kesetimbangan ekuilibrium.000 c. B.500 SELEKSI KSM 2013 TINGKAT KAB/KOTA-.000 E. C. 1.3 t0 dg z.

000 2.urrtuto* pajak tersebut si.000 dan Rp. Elastis sempurna E. khj E.600 2.2. B. Unit elastis C.200? Tabel aia A. Apakah tipe elastisitas permintaan yang tepat untuk harga diantara Rp. A.. Tidak dapat ditentukan Halaman 7 darj20 I .2A0 2. Tidak elastis D.800 ll0 100 90 60 7o kolom permintaan. bhif 17 Perhatikan tabel dibawah ini: 4?.2.NAMA ASAL SEKOLAH: I(ABUPATEN/KOTA: 16 Perhatikan grafft dibawah ini: ln GI B8 - L ql Penawcrm Diasumsikan bahwa pada mulanya pasar berada pada kondisi ekuilibrium pada titik j' Pemberlakuan pajak terhadap setiap unit barang yang diprodulai membuat kurva penawaran (suppry) bergeser dari s0 rce Kerugian masyarakat (deadweight digambarkan oleh area: ross) yang diakibatkan oleh p. Elastis B. cdjh deii c.800 Permintaan (r'nig 130 120 2.g" (Ruplah) 1.400 2.600 1. hji D.

4.E.000..000 unit perminggu.- SELEKSI KSM 2OI3 TINGKAT KAB/KOTA.000.4.000.4. Saat ini terdapat 5 orang pekerja. Apabila biaya tetap pabrik tersebut adalah Rp.750.NAMA ASAL SEKOLAH: KABUPATEN/KOTA: l8 Perhatikan tabel dibawah ini: Harga Barang A (Ribu Rp. Rerata total biaya aJalah sebesar Rp. Total Pendapatan adalah Rp. dan C tidak dapat ditentukan 19 Diasumsikan bahwa satu-satunya fakto:'produksi dalam suatu pabrik adalah tenaga kerja.B. Setiap pekerja bekerja selama 40 jam per minggu dan digaji Rp. Barang A dan B bersifat Komplementer dan Barang A dan C bersifat Substitusi D.000.000. kecuali: A. maka: A.D.per jam.5 2 40 20 0 96 94 92 l5 20 25 2.) Permintaan Barang A (Unit) 80 60 Permintaan Barang B (Unit) 100 98 Permintaan Barang C (Unit) 5 10 I 1.5 3 Pernyataan dibawah ini salah.000.000.000. B. Barang A dan c bersifat Komplementer sedangkan Barang A dan B bersifat Substitusi C. MADRASAH ALIYAH Halaman 8 dari 20 .7.000. Keterkaitan antara Barang A.. Total Biaya adalah sebesar Rp. Barang A dan B bersifat Substitusi dan Barang A dan C bersifat Substitusi E.16. Rerata Biaya Tetap adalah sebesar Rp.per minggu dan total barang yang diproduksi adalah 4.000. Total Biaya Variabel adalah sebesar Rp.C. Barang A dan B bersifat Komplementer sedangkan Barang A dan C bersifat Substitusi B.15.000.

Tidak ekonomis C. Produk marjinal (Marginal productl Mp) berada pada titik tertinggi C. Raa-rata Produk (Average product / Ap) berada pada titik terendah E. pada titik A kondisi yang tojadi adalatr: A.NAMA ASAL SEKOLAH: I(ABUPATEN/KOTA: 20 Perhatikan grafik dibawah ini. nnka: A.'' 22 23 24 Merujuk pada grafik diatas. Produk marjinal (Marginal product / Mp) bernilai nol D. MADRASAH ALIYAH Halaman 9 dari 20 .". 48. Titik minimum untuk produksi yang me.Titik minimum untuk produksi yang mmguntungkan secara ekonomis berada pada level produksi (kuantitas) lg D. 64 62 660 a rr E! 858 Isa *52 50 48 56 15 16 17 18 llu"ff. Produksi barang pada level produksi (kuantitas) menguntungkan secara ekonomis berapapun akan E. apabila produsen menginginkan harga jual senilai Rp.-. Rata-rata Produk (Average product /Ap) berada pada titik tertinggi SELEKSI KSM 2OI3 TINGKAT KAB/KOTA.000.nguntungkan secara ekonomis berada pada level produksi (kuantitas) 2l bagi peiruahaan untuk meinproduksi barang pada level produksi (hmntitas) berapapun 2l Perhatikan erafik dibawah iai: TP flotrl koduk) Jumlah Tcnrga KerJr Merujuk pada grafik diatas yang menggambarkan grafik rotal produk. Produksi barang pada level produksi (kuantitas) 24 akan menguntungkan secara ekonomis B. Proftrk marjinal (Marginar Froduct lMp) berada pada titik terendah B.

Area FABE E. C' Perusahaan bisa menggunakan kombinasi bahan material untuk D. Area 0Q*AF B. Semua bahan material adalah biaya tetap. Area EBCD .NAMA : ASAL SEKOLAH: I(ABUPATEN/KOTA: 22 Perhatikan giafik dibawah ini: D E Keterangen: MC: biaya yang muncul dari F ATC: Biaya rerata total (av*age total cost) AVC: Biaya rerata variabel (average vaiable cost) perubahan unit produksi atas harga(marginol cost) o* Kuandtes Total Biaya Variabel (Total variable cost sejumlah Q* ditunjukkan oleh: A. Semua bahan material adalah biaya variabel. produksi 24 Perhatikan grafik berikut: Halaman f0 dari 20 . sesuai dengan keinginan mereka. Area 0Q''BE C. Beberapa bahan material adalah biaya telp. B. Perusarraan bisa memilih strategi kemungkinan produksi. Area 0Q*CD D. E.TVC) untuk memproduksi barang 23 Dalam produlcsi jangkapendek: A.

C.) dan harBa (pncry) 6 300 S00 9001000 D: kurya 5xrmintoan Kuantltar Keuutungan )ang diperoleh oleh penrsaheen pada stnrktur pasar monopolistik adalah sebesax: A.- SELEKSI KSM20I3 TINGKATKAB/KOTA -MADRASAEALIYAII Halaman lt dari 20 . Memproduksi Ql dan mengalami kerugian.000. Rp.D. Ditutup. 120. Memproduksi Ql dalam janeka pendek tetapi ditutup pada jangka panjang.000. B.000. Rp. dari faktor unit {qunarrfi.45.C. maka perusahaan akLt: A. l. Q2 dan mengalarni impas.E. Rp..NAMA ii : ASAL SEKOLAH: KABUPATEN/KOTA: Keterengan: 6t 6t MC: biaya yang muncul dari perubahan unit produksi atas E tr 6 H laI f b! harya(marginal cost) ATC: Biaya r€rata total (average total cost) AVC: Biaya rerata variabel (av e ra ge vari abl e c os t) Jika harga pada stnrktur pasar persaingan sempurna bsrada dibawatr Pl. 25 Perhatikan gambar dibawatr ini: 6 L B! 4.o. hsrya ( mrgri'ra/ c.B. 150.tt) AIC: Biayarerata total (rrlemge kilal cost) illR: nrrugina/ revenfie adalah perubnhan pcndapatan akibat pembahan Rp.l00 l(elcrrnEan: *lC: biap yung munrul dlri gmbahan unit produksi uat Ep. 0. 15. Memproduksi E. Rp. Rp. Rp. Rp. Mernproduksi D. Rp.000. Q3 dan mengalami keuntungan.

Mendapatkan keuntungan secara ekonomi 28 Perhatikan gambar dibawah ini: il h l(rltrangan: MC: biuya yang muncul dui penrhahan unit pnxluksi atus harpg ( nlorgrira/ crr. Mendapatkan keuntungan normal B. Memiliki insentif untuk masuk maupun keluar dari pasar D. C. D.MADRASAH ALIYAH Halaman 12 dari 20 . Q2 dan mengalami kerugian. B. gT L c A'lC: Binya rerata total \aventgc nnl utst) AVC: tsiuya rerats vuriabcl {nr<r'nge r.NAMA : ASAL SEKOLAH: KABUPATEN/KOTA: Harga yang dibebankan oleh perusahaan monopoli sama dengan: A. kondisi pasar persaingan sempurna Qterfect competition) menyatakan bahwa tidak ada satupun perusahaan yang: A. Melalarkan produksi pada level produksi (kuantitas) dimana harga yang berlaku sarna dengan rata-rata biaya total jangka panjang (Long-ntn Average Total Cost / LMTq C.ordnr5le c'ns r) . Q4 dan mengalami kerugian E. Mendapatkan keuntungan secara akuntansi E. Q3 dan mengalami ke'tntungan. maka perusahaan akan memproduksi sebesar? A. D. Pendapatan rata-rata. Biaya yang muncul dari perubahan unit produksi atas harga (marginal cost) E. C. Q3 dan mengalami impas. Pendapatan yang terjadi akibat perubahan faktor harga Qnarginal revenue) jumlah produksi dan B. SELEKSI KSM2OI3 TINGKATKAB/KOTA .r{) '. Biaya total rata-rata. Q4 dan mengalami keuntungan. g f. Harga pasar. Dalam jang&a panjang (long-run). ql Q2 Q3 Cl4 Kurntitas Apabila harga pasar adalah P4 seperti yang ditunjukkan pada grafik diatas.

45. Total produksi jasa dan barang suatu pada periode satu tahun tertentu disebut dengan: A. Kebijakan penentuan harga produk. Hubrmgan harga minyak dengan bhtu bara. D. D.E. 9. 31 Produk b€rsih nasional. Produk domestik nasional. Persaingan antara perusahaan oligopoli. Perubahan nilai pembayaran jaminan sosial yang diterima D.91. C. Manakah diantara hal-hal berikut yang tidak masuk perhitungan formula pDB (Produk Domestik BrutoX A..B.- SELEKSI KSM 2OI3 TINGKAT KAB/KOTA . Rp. MADRASAH ALIYAH Halaman 13 dari 20 . Komisi yang ditoima oleh seorang penjual oleh masyarakat F'. Psmbangunan infrastruktur yang dilakukan oleh pemerintah 32 sebuah bank di Indonesia dikenakan giro wajib minimum (GwM) oleh Bank Indonesia sebesar 10%.C.000.000. Nasabatr menyimpan uanguya di bank tersebut dalam benhrk deposito sebesar Rp.. 100.000.D.000.000. Rp.000.d KABUPATEN/KOTA: : 29 Diantara hal-hal berikut. Rp. 10.000. Dengan mempertimbankan variabel GWM dan deposito nasabatr.-. E. Peningkatan jumlah persediaan perusahaan C. Rp. Produk domestik bruto.{ ".000. berapa jumlah laedit yang bisa disalurkan oleh bank? A. C. Produksi per kapita.000. E. B.000. Produk nasional kotor. mana yang merupakan studi yang berkaitan dengan makro ekonomi: A.90. Rp.000.000. Jasa yang dihasilkan oleh pembantu rumah tangga B.NAMA ASAL SEKOLAH: . Inflasi. Pilihan-pilihan individu terkait dengan motif 30 ekonomi. B.

Perhatikan gralik berikut untuk menjawab pertanyaan nomor 35.KSM 2013 TINGKAT KAB/KOTA . B. Rp.ntn Aggregate Supplfl SAS : Kurva penswaran keseluruhan dalam jangka pendek (S hort-run A ggr e gat e Supp M AD: Kurva Permintaan keseluruhan (A ggregate Demand) Y : PDB (Real Output) P : Tingkat harya (Price Level) Mengacu kepada gambar diatas. 3.5 Atas informasi tabel diatas. D. 36.l triliun.NAMA : ASAL SEKOIITH: KABUPATEN/KOTA: 33 Perhatikan tabel dibawah ini: Dalam Triliun Rupiah PDB Belanja Pemerintah Trensfer untuk pembaysren Ekspor 5 1 0.0 triliun. C. Rp. Kurangi pengeluaran pemerintah.MADRASAH ALIYAH Halaman 14 dari 20 I- . Rp. D. Turunkan subsidi.l triliun.7. E. E.6 triliun. Rp. berapa total penjumlahan dari investasi dan konsumsi? A. SELEKSI. Rp.2 0. 6. C.9 triliun. 3. sebutkan kebijakan yang paling tepat untuk persoalan ekonomi yang terdapatpaca titik D agar kondisi ekonomi kembali pada potensinya yang paling optimal? A. Tidak ada perubahan pada pajak dan pengeluaran pemerintah.4 Impor 0. Naikkan pajak. B. Turunkan pajak. dan 372 Keterangan: LAS : Pernrmbuhan ekonomi yang paling optimaVideal (Lo ng.4.

C. E. B. B. MADRASAH ALIYAII Halaman 15 dari 20 . B. C. AE * 1500. C. A. C.000 Peugeluaran @upiah) 500 t. Y=500+0.833 Buatlah persamaaa fungsi pengeluaran dengan menggunakan data pada tabel diatas! Ketcrengen: AE: Pengeluaran keseluruhan (a ggr e ga t e *p enditur e) Y :PDB A. C. Tidak ada jawaban yang benar 36 Tetap mengacu pada gambar diatas. E.NAMA r? : ASAL SEKOLAH: I(ABUPATEN/KOTA: { li 35 Masih berdasarkan gambar diatas. D. E. D.500 1.667Y. AE = 0. B.500 2. kebijakan memotong pengeluaran pemerintah lebih tepat ditujukan pada titik: A. AE = 500 SELEKSI KSM 2013 TINCIGT KAB/KOT.667AE D. D. kebijakan ekspansi secara fiskal paling layak dikenakanpada ekonomi ketika di titik: A. B. Tidak adajawaban yang 37 benar Perhatikan tabel berikut ini: Pendepatan @upiah) 0 1. AE:500 + 0.667Y. D.000 1.A .t67 1. E.

B. maka tingkat suku bunga yang sebenarnya akan menjadi: A. 7 triliun.MADRASAE ALIYAH Halaman 15 dari 20 . Apabila suatu tingkat inflasi diprediksi lebih besar dari nol. Kenaika. C. Besar ekspor sama dengan besar impor B. dan Belanja pemerintah sebesar Rp. E. Apabila diketahui bahwa PDB suatu Negara sebesar Rp. 1.5 tiliun.4 triliun. 2.r pengeluaran pemerintah.. surplus ekspor tidak dapat diketahui E. C. Kenaikanan pengeluaran yang tidak dipengaruhi perubahan pendapatan (auto no mous exp enditure s). Positif. I(enaikan subsidi pemerintah. Besar ekspor melebihi impor C.1 triliun. 38 Perhatikan grafik berikut ini: d ca d qr al Pcndapaten Riil Apakah makna bergesernya kurva pengeluaran agregat (aggregate expenditure I AE) dari garis AEO ke garis AEI? A. B. D. Sama dengan suku bunga nominal. Penurunan nilai ekspor bersih. maka: A. Penurunan pajak. 3. berdasarkan informasi diatas Defisit ekspor tidak dapat diketahui berdasarkan informasi diatas SELEKSI KSM 2OI3 TINGKATKAB/KOTA .NAMA ASAL SEKOLAH: "i! I(ABUPATEN/KOTA: 1 '. E. Konsumsi sebesar Rp. D. Besar impor melebihi ekspor D. Negatif. lnvesasi sebesar Rp. t€bih besar dari suku bunga nominal. Lebih kecil dari suku bunga nominal.

000.000 D. 25. 10.000.000.000.000.rktivitas tenaga kerja C.000.000. Rp. titik keseimbangan pendapatan akan berada pada besaran: Keterangan: AB: Pongelruren keseluruhan (aggregate *pendlureJ Y :PDB A.000 + 0. E. Rp. 8. diasumsikan bahwa kondisi ekonomi pada mulanya berada pada titik B. Berdasarkan persamaan tersebut.000 E. Qo Output Rtil Men{uk pada grafik diatas. Mata uang Negara terapresiasi D.KAB/KOTA .000. Pergeseran dari titik B menjadi titik C akan terjadi apabila: A.. Peningkatan produktifitas tanaga kerja tidek sebesar kenaikan upatr Pemerintah meningkatkan penawaran nqnl (money supply) prod. Rp.NAMA ASALSEKOLAH: I(ABUPATEN/KOTA: a ii* . 28.000.75y.000 c.i c x ha E Fr {a ly\ keseluruhan dalam jangka pendek (Shon-run Aggregate StppW AD : Kurva Permintaan kescluruhan (aggre ga te demand) Y: PDB (realoutput) P : Tingkat harga Qrice level) Q. Rp.i Keterangan: LAS : Pertumbuhan ekonomi yang paling optimaVideal (Lo ng.000."$ 4l Perhatikan kurva dibawah ini: o ET L H :i 'li . 20. Rp. Kenaikan upah tidak sebesar peningkatan Tidak ada jawaban yang benar Misalkan diketahui bahwa AE = 7. MADRASAII ALIYAH Halaman 17 dari 20 I .run Aggre ga t e Supp SAS : Kurva penawanrn 6t t.000 SELEKSI KSM 2OI3 TINGI(AT.000 B.000. B.000.

35. D. 15.dalasr bentuk simpanan dan Rp.000. Mengalami penurunan impor dan kondisi ekonomi mernburuk. AEOkeAE3 D. Mengalami peningkatan impor dan kondisi ekonomi membaik. AEI ke AE3 B. 100.000..MADRASAH ALIYAH Halaman 18 dari 20 . Rp. Tidak akan mengalami perubahan apapun..000. Rp. nilai maksimum yang dapat ditambahkan oleh bank ke dalam penawaran uang adalah sebesar: A.E. C. SELEKSI KSM 2013 TINGKATKABiKOTA .Pada akhir tatnrn 1990-an.dalam bentuk cadangan. AEI ke AE2 C.675.000. sedangkan giro wajib minimum (GwM) adalah 20% dan masyarakat diasumsikan tidak menyimpan uang datam bentuk kas. Rp.000. B. Rp. Mengalami penunrnan ekspor dan kondisi ekonomi memburuk. Pendapatnn Riil Efek dari optimisme dalam melihat prospek bisnis yang bagus pada kurva pengeluaran keselunrhan (aggregate expenditure pergeseran: / AP) digambarkan oleh A. 175.000.000.000.B.000.000.500. 75. Eropa akan: A.000.000.NAMA ASAL SEKOLAH: KABUPATEN/KOTA: 43 Perhatikan Erafik dibawah ini: & I'l d E q. AEOkeAEl Misalkan sistern perbankan memiliki Rp.C. Sebagai efek dari kondisi tersebut. AE3keAEO E.000. E.- D. nilai mata uang Euro terdepresiasi sebesar 15% terhadap Dollar Amerika Serikat. Mengalami peningkatan ekspor dan kondisi ekonomi membaik.000. Rp.

MN)RASArr ALIYAH flalamnn 19 dari 20 . Eksternalitas ekonomi. B. Tim Koordinasi Penetapan Sasaran. E. C. Tingkat pajak. Dewan Gubernur Bank Indonesia B. Presiden Indonesia C. Kernaikan tingkat inflasi di Amerika Serikat tingkat suku bunga di Amerika SErikat C. Presiden Indonesia dan MpR E. Aset finansial E. D. Kewajiban riil B. Presiden Indonesia dan DpR D. Kebijakan kontratcsi moneter 47 Suku bunga adalah harga yang dikenakan A. SELEKSI KSM 2013 TINGI(AT I(AB/KOTA . Ekuitas atas penggunaani Mayoritas keputusan yang terkait dengan kebijakan moneter dilakukan oleh: A. Aset riil C.naikan B. Pemantauan dan Pengendalian Inflasi CTPD Kebijakan Moneter berdampak langsung terhadap: A.NAMA { l : ASAL SEKOLAH: KABUPATEN/KOTA: 46 Perhatikan erafik dibawah ini: Pergeseran oleh: larva permintaan dari Dl ke D2 paling tidak mungkin disebabkan A. Kebijakan ekspansi moneter E. Suku bunga laedit. Kewajiban finansial D. Kebijakan elcspansi fiskal D. Hukum bisnis. Ke. Biaya sosial.

Neraca keuangan pemerintah D.:- ."r . Neracaperdagangan E. B. khsususnyra dibagian: A.NAMA : ASATSEKOI. C. Neraca keuangan swasta. Halaman 20 dari 20 . Neracaketrangan dan modal.{H: I(ABUPATEN/KOTA: Pe6edaan sntara nilai ekspor dan nilai impor terekam pada Neraca pembayaran. Neraca fiansaksi berjalan.