LAPORAN PRAKTIKUM INDUSTRI TERNAK UNGGAS KUNJUNGAN PERUSAHAAN

Disusun oleh :

Fajar Eka Ramadhan 11/317673/PT/06151 Kelompok 19

Asisten : Pinang Wikandaru

LABORATORIUM ILMU TERNAK UNGGAS BAGIAN PRODUKSI TENAK UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA 2013

koordinatif. praktek kerja. management).pengembangan sumberdaya hayati dan lingkungan hidup baik pelajar. swasta.: UGM/33/2803/UM/01/37 tahun 1988 tentang Pembentukan Unit Sarana Penunjang Penelitian. tepat sasaran. penelitian. magang.S2 & S3) maupun peneliti. konsolidatif dan konstruktif) yang KNPI (kreatif. pengembangan universitas terbaik bidang sumber daya hayati dan lingkungan hidup di Asia Tenggara. normatif. Penelitian dan Pengembangan Pertanian atau Agricultural Training. produktif dan inovatif) perlu terus diupyakan. melalui kerja optimal (kerja keras. kerja cerdas. pemerintah dan seluruh stakeholder. tepat cara. tepat tempat. Misi dari KP4 yaitu Pemberdayaan 6M (man. mulai dari tempat kita dan mulai dengan yang ada) agar revitalisasi pertanian benar-benar mempunyai kenyamanan hidup yang berkelanjutan bagi petani dan seluruh kehidupan di bumi ini. mulai diri sendiri. LSM. praktikum. mulai dari yang sederhana. kerja sama) dengan cara 4K (komunikatif. machine. Sleman ini bergerak di bidang peternakan ayam broiler dan didirikan dan mempunyai visi yaitu Menjadi unsur penunjang pendidikan. Research and Development Station . MULAI MO-LIMO (mulai dari sekarang. pelatihan . tepat waktu. Kebun Pendidikan. KP4 menyediakan fasilitas pendidikan. mahasiswa (S1. tepat bentuk). money. method. yang SERBA TEPAT (tepat orang.Pendahuluan Visi dan Misi Perusahaan Teaching Farm Broiler KP4 UGM yang berlokasi di daerah Berbah. material. penelitian. Profil Perusahaan KP4 merupakan salah satu dari 5 Sub-Unit pada Unit Sarana Penunjang Penelitian di UGM berdasarkan SK Rektor UGM No.

yang secara operasional bertanggung jawab pada Rektor up. Lembaga. KP4-UGM secara operasional bertanggungjawab kepada Rektor up. Penelitian dan Pengembangan Pertanian UGM dengan singkatan yang sama (KP4 UGM).: 259/P/SK/HT/2004 tentang Organisasi dan Rincian Tugas Kantor Pimpinan Universitas. Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pertanian dan bidang Pendidikan. sedang pembinaannya dibawah Lembaga Penelitian UGM. Biro.(KP4/ATRD) Universitas Gadjah Mada seluas 35 hektar didirikan pada tahun 1975 dengan bantuan The Rockefeller Foundation. Berbah. Selanjutnya. Sleman. Struktur Organisasi Struktur organisasi yang dimiliki oleh Teaching Farm dari KP4 UGM yaitu sebagaiberikut: . Pembantu Rektor I. Direktorat. KP4 terdiri atas 2 bidang yaitu: bidang Pendidikan. Penelitian dan Pengembangan Hewan Ternak. Selanjutnya berdasarkan SK Rektor UGM No.: 0132/0/93 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Gadjah Mada. sesuai SK Mendikbud No. dan Unit Kerja di Lingkungan Universitas Gadjah Mada. berjarak sekitar 15 km dari kampus induk UGM.: 168/P/SK/HKTL/2003 telah diadakan Perubahan Nama dari Kebun Pendidikan.Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Penelitian dan Percobaan Pertanian UGM menjadi Kebun Pendidikan. KP4 UGM memiliki status sebagai Sub-Unit Sarana Penunjang Penelitian. Lokasi Lokasi Teaching Farm Broiler KP4 UGM terletak di Kalitirto. Berdasarkan SK Rektor UGM No.

KEPALA KP4 UGM SEKRETARIS KABID. INVENTARISASI SEKSI LABORATORIUM DAN RUMAH KACA KEUANGAN SEKSI PETERNAKAN DAN PERIKANAN SEKSI GUDANG PEMASARAN KEAMANAN TIM PENDUKUNG Gambar 1. Bagan Struktur Organisasi KP4 . TANAMAN PERTANIAN KABID. PETERNAKAN PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN BAGIAN TRIDARMA BAGIAN UMUM/ ADMINISTRASI & INVENTARIS SEKSI TANAMAN PERKEBUNAN/ KEHUTANAN HOLTIKULTURA SEKSI TANAMAN PANGAN DAN SAYURAN SEKSI PERLENGKAPAN SEKSI SEKRETARIAT DAN RUMAH TANGGA.

anak ayam diberi air gula atau biasa disebut sorbitol untuk menganti energi saat perjalanan ke KP4. Proses sanitasi sebelum DOC masuk kandang yaitu dilakukan 2 kali bersih kandang derngan penyemprotan formalin. yaitu kandang postal. kandang close dan kandang panggung dimana masing-masing terisi sekitar 5000 ekor DOC setiap kandang. Kandang terbagi menjadi 3 jenis.Ayam Broiler yang digunakan yaitu MB dari Tengeran. kandang postal tujuh buah.Bentuk kandang berupa kandang inclose satu buah. dan kandang panggung satu buah. yaitu atap kandang yang terdiri atas dua sisi dan tidak . Pemeliharaan DOC dimulai dari sebelum DOC dimasukkan kekandang. biasanya setiap 45 hari setelah mencapai bobot 3 sampai 4 kg. Tujuan dilakukannya pemeliharaan dengan sistem all in all out adalah untuk memudahkan dalam pemanenan. yakni terlebih dahulu dilakukan sanitasi agar kandang steril dan terhindar dari bibit-bibit penyakit.Pembahasan Manajemen Pemeliharaan Manajemen pemeliharaan yang dilakukan di Teaching Farm Broiler KP4 UGM ini cukup baik.Kandang in close dan kandang panggung atapnya berbentuk gable.000 ekor terbagi atas 8 kandang. Salatiga. Manajemen Perkandangan Populasi ayam broiler di Teaching Farm KP4 UGM terdiri dari 36. Umur saat ayam dipanen tergantung pada kepadatan kandang dan bobot.000 ekor ayam yang terbagi dalam delapan kandang. Maksudnya yaitu ayam masuk secara bersamaan dan keluarnya pun secara bersamasama. penyemprotan formalin lalu 1 hari menjelang pemasukan DOC dilakukan penyemprotan dengan desinfektan yaitu BKC. Jumlah populasi ayam pada Teaching Farm Broiler KP4 UGMsekitar 36.Sistem pemeliharaan pada peternakan ini adalah all in all out. setelah DOC berada didalam kandang. penaburan sekam.

Sedangkan pada kandang postal. Pada kandang Panggung yang mempunyai atap monitor. Selain itu. maka akan ada pengambilan litter dan diganti dengan litter yang baru. litternya tetap menggunakan sekam yang teralasi oleh jaring. Kandang Postal litternya berupa sekam. atapnya berbentuk monitor yaitu atap kandang yang terdiri atas dua sisi dan pada bagian puncaknya terdapat lubang. Kandang ayam in close menggunakan litter yang terbuat dari sekam padi. Populasi dalam kandang ini mencapai 4800 ekor dan panennya lebih bagus kandang close.Sekam yang digunakan selama satu periode yaitu sekitar 3000 sampai 3500 karung sekam. Menurut Zamrowi (2000). Jarak antar satu kandang dengan kandang lainnya sekitar 6 sampai 7 meter.ada lubang di puncaknya. sehingga menurunkan harga jual daging ayam sehingga dapat merugikan perusahaan. menutup pori-pori tanah. Mortalitas ayam broiler tertinggi terdapat pada kandang ayam yang berbentuk panggung. Kandang yang telah kosong juga mengalami fumigasi dengan cara menyemprotkan larutan formalin. serta membunuh larva dari tanah. ada dua sistem kandang yaitu kandang litter dan kandang panggung. atap bentuk monitor biasanya banyak dipakai pada bangunan yang luas. Kandang litter yaitu kandang dimana kaki ayam secara langsung berpijak di atas lantai atau tanah yang dilapisi dengan litter. sedangkan kandang panggung yaitu kandang yang lantainya . kaki ayam yang terjepit akan berwarna biru. Saat ayam telah dipanen.Temperatur dari kandang tersebut berkisar 30o sampai 32oC.Luas kandang dari kandang postal ini mencapai 4800 m2 dan kepadatannya mencapai 8 sampai 10 ekor/m2. Lantai kandang yang telah diambil litternya diberi taburan kapur yang bertujuan untuk membersihkan kandang .Kaki ayam terjepit selama berjam-jam hingga dapat menyebabkan kematian.Hal ini dikarenakan banyak kaki ayam yang terjepit pada lantai kandang panggung yang terbuat dari susunan bilah bamboo.

dibuat seperti panggung. diantaranya yaitu temperatur lingkungan. biayanya lebih murah dan kesehatan kandang lebih terjamin daripada sistem litter karena semua kotoran ayam dapat langsung jatuh ke bawah kolong. Sedangkan crumble merupakan pellet yang dipecah menjadi butiran-butiran kecil. 2005). Ransum ayam dapat dibedakan menjadi tiga bentuk yaitu: Mash. Kandang dapat dibuat seluruhnya dari bambu. Pakan yang digunakan berupa konsentrat BR. kesehatan ayam. Pemberian pakan disesuaikan dengan umur ayam. dan Crumble. Mash adalah campuran dari bahan-bahan pakan yang berbentuk tepung. sistem pemberian makanan pada ayam. umur 8 sampai 14 hari diberikan 3 sampai 5 kali sehari sedangkan umur diatas 20 hari diberikan sebanyak 2 kali sehari dan pemberian vitamin setiap pagi dan sore. misalnya . tingkat energi ransum yang diberikan. Pellet. jenis kelamin ayam dan genetik ayam (Rasyaf. pada umur 0 sampai 8 hari diberikan 5 sampai 8 kali sehari. Mash merupakan ransum yang terdiri atas bahan pakan yang telah digiling kemudian dicampur menjadi satu dengan kandungan nutrien sesuai dengan kebutuhannya. Pellet merupakan bentuk mash yang kemudian dibentuk dengan menekan dan memadatkan melalui lubang cetakan secara mekanis. Manajemen Pakan Kebutuhan pakan ayam broiler di Teaching Farm KP4 UGM bekerja sama dengan Japfa Comfeed. karena jika tidak akan menimbulkan ha-hal yang tidak diinginkan. Tempat pakan yang digunakan di kandang postal dan kandang panggung yaitu menggunakan round feeder banyaknya sekitar 10 kg dan 7 kg dan tempat minum di kandang postal menggunakan boil drinker secara otomatis. Manajemen Lingkungan Vaksinasi hanya dilakukan pada ayam-ayam yang sehat saja. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi konsumsi ransum pada ayam broiler.

. et. Pencelupan kaki (deeping) sebelum masuk masuk ke dalam kandang. serta menghindarkan stress pada ayam. Setiap vaksin hanya mampu menimbulkan kekebalan tubuh khusus terhadap penyakit tertentu (Suprijatna. lingkungan yang bersih.Mencipakan suasana tenang di kandang maupun lingkingan sekitar kandang.Pinjam-meminjam alat kandang sebaiknya kebutuhan. sisa makanan dibersihkan.kematian ayam. Vaksinasi dapat didefinisikan sebagai suatu kegiatan memasukkan suatu bibit penyakit (mikroorganisme) tertentu yang sudah dilemahkan ke dalam tubuh ternak dalam rangka menumbuhkan kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit tertentu.Orang asing sebaiknya dicegah masuk ke dalam areal peternakan. serta membersihkan alas kandang. 2005). selain dengan vaksinasi juga dilakukan tata laksana pengelolaan yang baik seperti tindakan higienis dan sanitasi secara teratur. Selama pemeliharaan juga dilakukan pencegahan penyakit. ventilasi bersih. pinsip biosecurity antara lain menciptakan suasana yang bersih di dalam kandang maupun lingkungan kandang. 2004). Teaching Farm broiler KP4 melakukan vaksinasi yang berupa vaksin Gumboro dan ND (New Castle Disease) pada umur 1 hari dan hari ke-14.Menurut Sudarmono (2003). Vaksin adalah suatu produk yang mengandung sejumlah organisme (bibit penyakit) tertentu yan dilemahkan. Biosecurity yang dilakukan dalam praktikum antara lain penyemprotan dengan desinfektan apabila akan masuk ke dalam kandang. dihindari. Sanitasi yang dilakukan adalah dengan cara pembersihan kandang secara rutin Sanitasi adalah Program yang dijalankan di suatu kawasan peternakan yang bertujuan untuk menjaga terjadinya perpindahan bibit penyakit menular sehingga ternak yang dipelihara terbebas dari infeksi penyakit serta selalu dalam kondisi sehat (Fadilah. membersihkan tempat pakan dan minum.al. Tempat pakan dan minum dibersihkan dengan dengan air bersih terutama lumut yang menempel pada tempat minum. dan ransum yang diberikan sesuai dengan .

Ayam dapat di panen di KP4 UGM ini jika berat badannya sekitar 1 sampai 1.Hal ini bertujuan agar memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.Selama proses pemeliharaan sistem ventilasi juga harus diperhatikan. Ayam yang telah memasuki usia panen. biasanya sudah dipesan atau sudah diambil oleh pedagang. yakni tiga hari sebelum menetas di mana mulai berfungsinya paru-paru sebagai organ pernafasan. udara yang diambil juga udara panas Pemanasan yang tidak merata atau terlalu panas akan membuat DOC tetas prematur. Pada saat itu. DOC yang terlalu lama di penetasan akan mengalami dehidrasi.Mesin setter dibersihkan 3 bulan sekali. Imbasnya. Jika tidak. kaki kering dan selanjutnya memengaruhi keseragaman dan pertumbuhan di level budidaya.8 sampai lebih dari 3 kg ke luar kota seperti Jakarta.Harga ayam per kilonya di setiap daerah berbeda-beda. dsb. Faktor yang lain adalah memperhatikan titik krusial dalam penetasan. dimana di daerah satu dan daerah lain. sirkulasi udara dan fluktuasi suhu di dalam hatchery harus benar-benar terkontrol dengan baik. jarak waktu pull chick juga lebih panjang. Ayam yang telah dipanen biasanya dipasarkan tidak hanya ke satu daerah tapi ke beberapa daerah di sekitar lokasi farm. .6 kg dipasarkan ke daerah lokal dan 1. Semarang. Kipas penarik udara dari luar harus dipastikan bekerja normal. Pemasaran Masa panen ayam dilakukan setelah ayam berumur empat minggu.

.

Saran untuk praktikum industri unggas agar bisa lebih maksimal perlunya koordinasi dengan pihak perusahaan supaya dalam pengamatan maupun survey data yang diperoleh lebih valid dan akurat. .Kritik dan Saran Karyawan di KP4 perlu dibekali pelatihan agar meningkatkan soft skill dan keterampilan yang maksimal serta fasilitas yang perlu ditingkatkan guna memperoleh hasil panen yang maksimal dan angka mortalitas turun.

Jakarta Rasyaf. Ilmu Dasar Ternak Unggas. Kanisius. Aneka Penyakit pada Ayam dan Cara Mengatasinya. . dan P.. 2005. Agustin. PT. Jakarta Sudarmono. Pedoman Pemeliharaan Ras Ayam Petelur. 2003. Umiyati. E. Penebar Swadaya.. Edisi ke-8. Zamrowi M dan Herman Chan. Jakarta. M.. 2004. Citra Harta Prima. 2005. Penebar Swadaya.Daftar Pustaka Fadilah. R. A. Agromedia Pustaka. Jakarta. Pemeliharaan dan Cara Pembibitan Ayam Petelur. dan Ruhyat. Suprijatna. K. Beternak Ayam Petelur.Yogyakarta. 2000.

Related Interests