Setelah melalui proses pemahaman dan penelaahan terhadap Kerangka Acuan Kerja serta setelah melalui proses penjelasan

oleh panitia lelang maka berikut ini akan disampaikan beberapa hal mengenai tanggapan terhadap Kerangka Acuan Kerja oleh PT. DUTA DEWATA KONSULTAN dengan maksud untuk menyamakan persepsi untuk kesempurnaan dan menjadikan preseden baik atau nilai tambah bagi konsultan. Adapun tanggapan konsultan terhadap pekerjaan ini adalah sebagai berikut : D.1. TANGGAPAN DAN SARAN TERHADAP KERANGKA ACUAN KERJA (KAK)
1. Tanggapan dan Saran Secara Umum Terhadap KAK

Dalam pelaksanaan pekerjaan ini, konsultan akan tetap berpedoman pada lingkup pekerjaan sesuai dengan Kerangka Acuan Kerja/Term Of Reference (KAK) pekerjaan tersebut. Secara umum Kerangka Acuan Kerja yang ada telah memberikan gambaran yang cukup jelas mengenai tujuan dan sasaran kegiatan, batasan dan lingkup pekerjaan, dan apa saja yang harus dilakukan oleh konsultan dalam melaksanakan pekerjaan ini serta output/keluaran yang harus dihasilkan pada akhir kegiatan ini nantinya. Beberapa masalah yang belum jelas dan belum dimengerti telah diajukan pada waktu penjelasan pekerjaan/Aanwijzing dan sudah dijawab langsung oleh pemilik pekerjaan serta jawaban atas penjelasan tersebut juga disajikan dalam bentuk berita acara penjelasan pekerjaan. Jadi pada umumnya konsultan telah mengerti betul apa yang menjadi tugas dari konsultan dan tentunya tidak tertutup kemungkinan akan meminta penjelasan lagi kepada pemberi kerja dikemudian hari apabila pada waktu pelaksanaan timbul masalah yang sebelumnya tidak atau belum muncul.

1|P age

maka Konsultan menanggapi bahwa untuk kegiatan pembahasan. mengingat tahapan kegiatan pembahasan sangat penting bagi konsultan dalam menyusun jadwal pekerjaa dan jadwal penggunaan keuangan. Tanggapan Terhadap Lingkup Pekerjaan Konsultan PT. mengingat ada sedikit ketidakcocokan antara subtansi yang termuat dalam KAK yaitu : antara bagian tahapan kegiatan dengan bagian matriks jadwal pekerjaan serta dengan substansi yang termuat dalam RAB. dan sasaran dari pekerjaan yang diharapkan bisa tercapai dengan tepat waktu.2. Dalam KAK bagian tahapan kegiatan disebutkan bahwa setelah melaksanakan kegiatan FGD – 2 dilanjutkan dengan kegiatan Pelaksanaan Rapat Pembahasan Laporan Draft Akhir sampai dengan kegiatan terakhir yaitu Pelaksanaan Rapat Pembahasan Akhir. sehingga Konsultan 2|P age . Namun setelah mempelajari. Untuk substansi yang termuat dalam RAB sesuai dengan apa yang tertera dalam KAK bagian tahapan kegiatan. disebutkan bahwa setelah melaksanakan kegiatan FGD – 2. Sedangkan dalam bagian matriks jadwal pekerjaan. Konsultan akan tetap berpegang pada apa yang termuat dalam KAK bagian tahapan kegiatan yang sinkron dengan apa yang termuat dalam RAB. Namun ada hal yang perlu ditegaskan kembali mengenai kegiatan pembahasan. Kabupaten Gianyar ini akan tercapai jika memahami dengan seksama terhadap apa yang dimaksud di dalam Kerangka Acuan Kerja. sampai dengan kegiatan terakhir yaitu Pelaksanaan Rapat Pembahasan Akhir. dilanjutkan dengan kegiatan Kolokium dan/atau Review RTBL di Pusat. Dengan demikian keseluruhan lingkup pekerjaan yang masuk didalamnya bisa terlaksana sepenuhnya dengan baik. Dan konsultan cukup memahami apa yang disajikan dalam KAK. Jenis-jenis kegiatan yang harus dilaksanakan dalam studi ini telah dijabarkan secara rinci dalam KAK. maupun penjelasan-penjelasan yang disampaikan dalam rapat penjelasan yang telah dilakukan. Hal ini menimbulkan kerancuan. DUTA DEWATA KONSULTAN menyadari bahwa keberhasilan pelaksanaan pekerjaan Penyusunan Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan Kawasan Sukawati Kecamatan Sukawati.

Untuk mengantisipasi padatnya kegiatan yang harus dilakukan oleh konsultan. dengan dukungan dari berbagai pihak yang terkait dengan pekerjaan ini. Jadwal Personil dan Jadwal Penggunaan Alat harus sangat hati-hati dan harus konsekuen dengan Jadwal masing-masing. Tanggapan Terhadap Waktu Kegiatan Dalam Kerangka Acuan Kerja telah ditetapkan bahwa jangka waktu pelaksanaan pekerjaan Penyusunan Penyusunan Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan Kawasan Sukawati Kecamatan Sukawati. 3. Kabupaten Gianyar ini adalah 8 (delapan) bulan atau 240 (dua ratus empat puluh) hari kalender memang terlihat cukup memadai dengan volume pekerjaan yang meliputi kajian semua aspek baik teknis. Selain itu Konsultan menanggapi bahwa sebenarnya item pekerjaan yang tercantum dalam KAK cukup banyak dan cukup luas. Konsultan akan berusaha memanfaatkan sebaik mungkin waktu yang disediakan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan kualitas seperti yang diharapkan. 3|P age . lingkungan dan ekonomi. Akan tetapi dengan pengalaman konsultan dengan dalam penanganan dan dukungan tenaga ahli yang cukup berpengalaman dalam bidangnya.dapat menyusun jadwal pelaksanaan pekerjaan yang sinkron pula dengan jadwal penggunaan keuangan. sehingga dalam pelaksanaan pekerjaan nantinya konsultan akan lebih cermat dalam menentukan metode pelaksanaan agar semua item kegiatan yang harus terlaksana tidak ada yang terlewatkan atau item pekerjaan yang tumpang tindih. maka dalam penyusunan Bagan Alir dan Jadwal Pelaksanaan. Dengan demikian keluaran yang diharapkan dari pelaksanaan studi ini dapat tercapai sesuai dengan alokasi waktu. biaya dan mutu pekerjaan. Apabila ada kegiatan yang mundur maka semua kegiatan yang telah disusun tidak akan berjalan sesuai dengan jadwal pelaksanaan pekerjaan yang telah disusun. agar tidak terdapat kegiatan yang mundur. maka konsultan dalam hal ini akan menerapkan strategi penanganan pekerjaan secara terprogram dan terkoordinasi.

2.  Peminjaman referensi yang ada pada proyek. Untuk kelancaran pelaksanaan pekerjaan ini. Konsultan menanggapi bahwa kebutuhan akan fasilitas dan peralatan yang disediakan oleh pihak pemrakarsa pekerjaan sangat erat hubungannya dengan kelancaran pekerjaan. 4|P age . maupun kualifikasi pendidikan. bersertifikat sebagai Tenaga Ahli yang dikeluarkan Asosiasi Keahlian atau Badan/Lembaga yang berwenang serta memiliki pengalaman sesuai bidang keahlian untuk menangani pekerjaan sejenis. baik mengenai jenis keahlian. menurut Konsultan telah sesuai dengan lingkup kegiatan yang dituntut dalam studi ini. serta pengalaman personil. Tanggapan dan Saran Terhadap Personil/Fasilitas Pendukung dari PPK Uraian mengenai Tenaga Ahli seperti yang disyaratkan dalam KAK.  Pemberian informasi mengenai ketentuan yang berkaitan dengan pekerjaan Kewajiban Konsultan.D. pihak proyek telah menyediakan fasilitas meliputi :  Pemberian surat pengantar untuk operasional maupun koordinasi dan dukungan dengan instansi terkait. Dalam hal ini konsultan akan mengusulkan Tenaga Ahli dengan pendidikan (S1) sesuai bidang keahliannya. sehingga tidak ada kendala peralatan dan fasilitas yang dihadapi oleh pelaksana pekerjaan pada saat pelaksanaan nantinya.