UJI KOMPETENSI KEBIDANAN III ASUHAN KEBIDANAN PADA NY “Y” PRIMIGRAVIDA UK 36 MINGGU DENGAN KEHAMILAN FISIOLOGIS DI STIKES YARSIS

OLEH: EVA ROESDIANA DEWI 250011062

PRODI DIII KEBIDANAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN YAYASAN RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA

LEMBAR PENGESAHAN

Asuhan Kebidanan pada Ny”T” Multigravida dengan persalinan fisiologis di BPS Bunda Surabaya. Laporan ini disusun saat mengikuti uji kompetensi di BPS Bunda Surabaya pada tanggal 17-21 Desember 2012.

Surabaya, Juni 2013 Mahasiswa

Eva Roesdiana Dewi 250011062

Mengetahui

Penguji I

Penguji II

(Fitria Dwi A, SST)

(Nurul Trianawati)

1. Uterus Pada akhir kehamilan berat uterus menjadi 1000 gram (normal 20 gram) dengan panjang 20 cm dan dinding 2. Ovarium Ovulasi terhenti. pada kehamilan 28 minggu fundus uterus terletak kira-kira 3 jari di atas pusat atau 1/3 jarak antara pusat ke prosesus xipoedeus. b. spermatozoa. serta terjadinya konsepsi dan nidasi (Depkes. Perubahan pada sistem reproduksi 1. Vagina dan Vulva Akibat hormone esterogen mengalami perubahan adanya hipervaskularisasi yang mengakibatkan vagina dan vulva tampak lebih merah dan kebiru-biruan (tanda chadwick). Pada kehamilan 36 minggu fundus uterus berada kira-kira 1 jari di bawah prosesus xipoedeus.BAB I LANDASAN TEORI 1. 2.1. Pada kehamilan 32 minggu fundus uterus terletak 1/2 pusat denga prosesus xipoedeus.5 cm. cairan vagina mulai meningkat dan lebih kental. 1993 : 30). pada 36 minggu adalah 30 cm. pada 32 minggu adalah 27 cm.1 Pengertian Kehamilan Kehamilan adalah suatu proses kehamilan yang akan terjadi apabila 4 aspek penting terpenuhi yaitu adanya ovum. Perubahan pada Payudara . Bila pertumbuhan janin normal. maka tinggi fundus uteri 28 minggu adalah 25 cm.1 Konsep Kehamilan 1.2 Perubahan Anatomi dan Fisiologi pada Trimester III a. 1. 3. fungsi pengeluaran hormon estrogen dan progesteron diambil oleh plasenta.

gerakan janin dan membesarnya uterus mengingatkan pada bayinya. c. estrogen. d. Perubahan pada Sistem Pencernaan Karena pengaruh estrogen. menunggu tanda-tanda persalinan. akibat tingginya tekanan darah yang kembali dari uterus. diafragma naik 4 cm. Perubahan pada Sistem Pernafasan (Respirasi) Elespansi diafragma dibatasi oleh pembesaran uterus. Sama halnya dengan pembuluh darah yang lain. 1. Pengaruh esterogen menimbulkan gerakan usus makin berkurang dapat menyebabkan sembelit. Sehingga ibu selalu . dan progesterone. Perubahan pada Sistem Urinarius Pada akhir kehamilan. muncul keluhan sering berkemih karena kepala janin turun ke pintu atas panggul. keadaan ini menyebabkan varises pada vena tungkai. desakan ini menyebabkan kandung kemih terus terasa penuh. perhatian ibu terfokus pada bayinya. daerah lambung terasa panas dan mual muntah. Akibat terjadinya hemodiaksi menyebabkan metabolisme air makin lancar sehingga pembentukan urin pun bertambah. f.Mengalami pertumbuhan dan perkembangan sebagai persiapan memberikan ASI pada laktasi. e.3 Perubahan Psikologi pada Trimester III Periode ini sering disebut periode menunggu dan waspada sebab pada saat itu ibu tidak sabar menunggu kalhiran bayinya. terdapat kecenderungan peningkatan tekanan darah. yaitu somamototropin. Perkembangan payudara tidak dapat dilepas dari pengaruh horman saat kehamilan. pengeluaran asam lambung meningkat hal ini yang menyebabkan pengeluaran air liur berlebihan (hipersaliva). Perubahan pada Sistem Kardiovaskuler Setelah kehamilan lebih dari 30 minggu. Kondisi ini menyebabkan ibu bernafas pendek dan saat terjadi pada 60% wanita hamil. vena tungkai juga mengalami distensi vena tungkai berpengaruh pada kehamilan lanjut karena terjadi obstruksi aliran balik vena.1.

dan tidak hilang setelah istirahat. solusio plasenta. bayinya. 3. Keluarnya air ketuban sebelum waktunya KPD adalah apabila terjadi sebelum persalinan berlangsung yang disebabkan karena berkurangnya kekuatan membrane atau meningkatnya tekana intra uterin atau oleh kedua factor tersebut juga karena adanyaa infeksi yang dapat berasal dari vagina dan serrviks. persalinan 1. kelainan pada bayinya. dan infeksi saluran kemih. Perdarahan Pervaginam Pada kehamilan lanjut. takut akan kehidupan dirinya. Pada trimester III biasanya ibu merasa khawatir. banyak dan kadang-kadang tidak selalu disertai rasa nyeri. 6. kehamilan ektopik. nyeri hebat. menetap. Sakit Kepala Yang Hebat Sakit kepla yang hebat dan penglihatan kabur dapat menyebabkan gejala kehamilan ini disertai pre-eklamsi. 4. persalinan preterm. penyakit radang pelvis. hal ini bisa berarti apendiksitis. Demam Tinggi Ibu menderita demam yang tinggi dengan suhu > 380C dalam kehamilan merupakan suatu masalah. perdarahan yang tidak normal adalah merah. Demam tinggi dapat merupakan adanya infeksi suatu kehamilan. Nyeri Abdomen Yang Hebat Menunjukkan masalah yang mengancam jiwa. iritasi uterus.4 Tanda Bahaya pada Trimester III 1. kemungkinan plasenta previa atau solusio plasenta. cedera dan akan menghindari orang/hal/benda yang dianggapnya membahayakan bayinya.waspada untu melindung bayinya dari bahaya. Gerakan Janin Tidak Ada atau Kurang . 2. 5.1.

Anemia Anemia dalam kehamilan adalah kondisi ibu dengan keadaan HB dibawah 11 gr/dl pada trimester I dan III. 1. bayi harus bergerak paling sedikit 3 kali dalam 1 jam jika ibu berbaring atau beristirahat. Obstipasi .5 Ketidaknyaman yang Terjadi pada Trimester III dan Cara Mengatasinya 1.Ibu mulai merasakan gerakan janin mulai bulan ke-5 atau ke-6. Anemia ini disebabkan oleh defisiensi besi dan perdarahan akut bahkan tak jarang keduanya saling berkaitan. Haemoroid Penyebab:  Pelebaran vena dari anus  Henoroid dapat bertambah besar dalam kehamilan karena adanya kongesti darah dalam rongga panggul  Relaksasi dari otot halus pada bowel.1. 7. beberapa ibu dapat merasakan gerakan ini lebih awal. memperbesar konstipasi dan tertahannya gumpalan Penanganan  Hindari konstipasi  Beri rendam duduk hangat/dingin  Bila mungkin gunakan jari untuk memasukkan kembali hemoroid ke dalam anus dengan pelan-pelan  Bersihkan anus dengan hati-hati sesudah defekasi  Olesi jelly ke dalam rektum sesudah defekasi  Usahakan BAB yang teratur  Beri kompres dingin kalau perlu  Ajarkan klien tidur dengan posisi knee chest 15 menit/hari  Ajarkan kegel exercise untuk mengutamakan perineum dan mencegah hemoroid  Konsul ke dokter sebelum menggunakan obat hemoroid 2.

absorbsi meningkat air meningkat. Saat kehamilan bertambah besar Ibu hamil akan mengalami rasa sulit menahan air seni. Sering kencing Penyebabnya adalah tekanan rahim terhadap kandung kemih yang membatasi kemampuan kandung kemih untuk menyimpan air seni. agar istirahat tidak terganggu  Kegel exercise oot pubis  Bila ada keluhansaat BAK periksa ke dokter 4. Penanganan:  Berikan minum ± 6 gelas sehari  Diet mengandung tinggi serat  Exercise ringan  Tidak boleh memberikan obat-obat yang mengandung laxatif  Berikan penjelasan keadaan yang sedang dialami 3. Selain itu letak kandung kemih yang bersebelahan dengan rahim membuat kapasitasnya berkurang.Kesulitan BAB yang dialami oleh ibu hamil. Inilah keluhan yang paling sering dialami. organ-organ lain terdesak dan terdorong ke atas. Akibatnya. pengeringan dari penekana uterus terhadap kolon dan rektum. faeces. Kadang kala penyebabnya kecenderungan ibu hamil yang minum lebih banyak. Penanganan:  Kurangi minum waktu akan tidur. Walaupun repot harus bolak-balik ke kamar kecil jangan pernah untuk mengurangi porsi minum. Cerna berkurang. Itulah salah satu sebab ibu hamil sering buang air kecil. ginjal lebih banyak pula memproduksi air seni. terjadi . Gangguan pernapasan Ketika rahim membesar dan membesar dan menempati makin banyak rongga perut. Ini menyebabkan orang sulit bernapas ketika mengeluarkan tenaga sedikit saja. Kateron lebih lama di usus. Adanya janin membuat tekanan pada kandung kemih. disebabkan oleh otot tractus digestivus menurun akibat pengaruh hormon progesteron yang mengakibatkan motilitas sel.

Mengangkat tangan dan pelan-pelan melemaskan dan meluruskan jari-jari dapat membantu mengatasi hal ini. Banyak wanita cenderung merespons hal ini dengan cara melakukan hiperventilasi. hal ini tidak cukup untuk mengompensasi elevasi diafragma sehingga terjadi penurunan kapasitas residu fungsional dan volume udara residual. Peningkatan kadar oksigen dapatmenguntungkan janin. Mengajarkan wanita cara meredakan sesak nafas sebagai faktor penyebab 5. ini mulai reda. Jika terjadi bengkak besar yang tidak hilang setelah istirahat malam. Wanita dapat mengalami efek progesteron ini pada awal trimester ke dua. menurunkan perasaan atau kesadaran tentang kesulitan bernapas atau sesak napas. Menjelaskan dasar fisiologis masalah tersebut b. Hal ini ditambah tekanan pada diafragma. Cara-cara penanganan dapat dilakukan seperti berikut : a.Menjelang akhir. c. Sesak nafas merupakan ketidaknyamanan terbesar yang dialami pada trimester ke tiga. jari-jari kembali normal. periksakan ke dokter. Makin siang. Peningkatan aktivitas metabolik yang terjadi selama kehamilan meningkatkan peningkatan kadar karbondioksida. mungkin terdapat bengkak di sekitar pergelangan kaki yang hilang saat istirahat malam. Kaki dan Jari Bengkak Menjelang sore. Mendorong wanita untuk secara sadar mengatur kecepatan dan kedalaman pernapasannya pada kisaran normal saat ia menyadari ia sedang mengalami hoperventilasi. ketika kepala bayi mulai masuk ke panggul. 6. Meski mengalami diameter transversal pada rangka iga. Selama periode ini. Peningkatan jumlah progesteron selama kehamilan diduga memengaruhi langsung pusat pernapasan untuk menurunkan kadar karnondioksida dan meningktakan kadar oksigen. Jari-jari mungkin bengkak dan kebas di pagi hari. uterus telah mengalami pembesaran hingga mengalami elevasi kurang lebih 4 cm selama kehamilan. Nyeri punggung bawah (Nyeri Pinggang) .

sepatu tumit tinggi tidak stabil dan memperberat masalah pada pusat gravitasi dan lordosis 5. Untuk istirahat atau tidur. mengangkat beban. Lengkung ini kemudian akan meregangkan otot punggung dan menimbulkan rasa sakit atau nyeri. Cara untuk mengatasi ketidaknyamanan ini antara lain: 1. Kompres hangat (jangan terlalu panas) pada punggung (contoh bantalan pemanas.2. mandi air hangat.2 Konsep ANC (Ante Natal Care) 2. Hindari membungkuk berlebihan. 2. dan berjalan tanpa istirahat 4. duduk di bawah siraman air hangat) 7. Nyeri punggung bawah biasanya akan meningkat intensitasnya seiring pertambahan usia kehamilan karena nyeri ini merupakan akibat pergeseran pusat gravitasi wanita tersebut dan postur tubuhnya. Gunakan sepatu bertumit rendah. Jika masalah bertambah parah. Postur tubuh yang baik 2. Jika wanita tersebut tidak memberi perhatian penuh terhadap postur tubuhnya maka ia akan berjalan dengan ayunan tubuh kebelakang akibat peningkatan lordosis. pergunakan penyokong penyokong abdomen eksternal dianjurkan (contoh korset maternal atau belly band yangelastic) 6. Pijatan/ usapan pada punggung 9. Kompres es pada punggung 8.Nyeri punggung bawah (Nyeri pinggang) merupakan nyeri punggung yang terjadi pada area lumbosakral. Perubahan-perubahan ini disebabkan oleh berat uterus yang membesar. Mekanik tubuh yang tepat saat mengangkat beban 3. gunakan kasur yang menyokong atau gunakan bantal dibawah punggung untuk meluruskan punggung dan meringankan tarikan dan regangan.1 Pengertian .

Manuaba. persalinan dan nifas.Pemeriksaan ante natal care adalah pemeriksaan selama kehamilan yang dilakukan untuk mengetahui keadaan kesehatan ibu baik secara fisik maupun mental sehingga dapat melampaui persalinan. sehingga didapatkan ibu dan anak yang sehat. Tujuan Umum Menyiapkan seoptimal mungkin fisik dan mental ibu dan anak selama dalam kehamilan. masa nifas dan persiapan ASI secara normal. 2. Mengenali dan menangani penyulit-penyulit yang mungkin dijumpai dalam kehamilan. c. Perawatan ante natal care sangat diperlukan untuk tiap wanita hamil. nifas dan laktasi. karena keadaan itu banyak mempengaruhi kelangsungan kehamilan dan pertumbuhan jika dalam kandungan (IBG. d. persalinan. Menurunkan angka kematian dan kesakitan ibu dan anak. persalinan dan nifas. 1998 : 47) .2 Tujuan Asuhan Kebidanan pada Ibu Hamil 1. kehamilan. Ante natal care adalah perawatan yang diberikan kepada ibu selama hamil. 2. Mengenali dan mengobati penyakit-penyakit yang mungkin diderita sedini mungkin. 1998). (Rustam M. b.2. Tujuan Khusus a. Memberikan nasehat-nasehat tentang cara hidup sehari-hari dan keluarga berencana.

1998. 1998. . Manuaba. Jakarta : YBPSP. Ilmu Kebidanan.Buku Ajar Keperawatan Maternitas Edisi 4. Prawirohardjo. Sinopsis Obstetri Jilid I. Mochtar. Asuhan Kebidanan pada Ibu Hamil dalam Kontek Keluarga.2004. 1993. Ilmu Kebidanan Penyakit Kandungan dan Keluarga Berencana.DAFTAR PUSTAKA Bobak. 2002. Rustam.Jakarta:ECG Depkes RI. Sarwono. Jakarta : Depkes RI. Jakarta : EGC. IBG. Jakarta : EGC.

Identitas Nama Ibu Umur Agama : Ny “Y” : 20 tahun : Islam Nama Suami : Tn “B” Umur Agama Pendidikan Pekerjaan : 26 tahun : Islam : SMP : Swasta Pendidikan : SMA Pekerjaan : IRT Suku/Bangsa: Jawa/Indonesia Alamat : Surabaya Suku/Bangsa : Jawa/Indonesia Alamat : Surabaya 2. Status Perkawinan Kawin ke :1 Kawin ke Lama kawin :1 : 1 tahun Lama kawin : 1tahun Umur kawin : 19 tahun Umur kawin : 25 tahun 3. Riwayat Kebidanan a. PENGKAJIAN : 11-6-2013 : Stikes Yarsis Jam : 10.00 WIB A. Data Subyektif 1. Riwayat Haid Menarche : 12 tahun Siklus/Lama : 28 hari/± 7 hari Banyaknya : 2-3 kotek/hari Dismenorrhea : hari 1-2 siklus haid .TINJAUAN KASUS Tanggal Pengkajian Tempat I. Keluhan Utama Ibu ingin memeriksakan kehamilan anaknya yang pertama dengan usia kehamilan 9 bulan 4.

sayur) Minum 8-9 gelas/hari(air putih. Fe. calc TM III : 3x di BPS dengan keluhan sering sakit pinggang Terapi: Bcomplex. Riwayat Kehamilan Sekarang 1. HIV. Fe. Riwayat Kesehatan Keluarga Dalam keluarga ibu tidak ada yang menderita penyakit menular (TBC. calc TM II : 2x di BPS dengan tidak ada keluhan Terapi: Bcomplex. Pola Kebiasaan Sehari-hari a.teh) b.Hepatitis) menurun (asma. lauk. sayur) Minum 5-6 gelas/hari (air putih. persalinan dan nifas yang lalu Kawin Kehamilan Persalinan ke 1 Ke UK Jenis H Pnlg A Tmpt Pylt M I Nifas Sex BBL H L I ASI M ASI Pylt N I KB c. Pola Nutrisi Sebelum hamil : Makan 3x sehari 1 porsi habis (nasi. ANC : TM I : 2x di BPS dengan tidak ada keluhan Terapi: Bcomplex. hipertensi) 6.Flour Albus HPHT : kadang-kadang : 27-9-2012 TP: 4-7-2013 b. Riwayat kehamilan. hipertensi) 7. Fe. Riwayat Kesehatan yang Lalu Ibu tidak pernah menderita penyakit menular (TBC. teh) Saat hamil : Makan 3x sehari 1 porsi habis (nasi. Ibu mengatakan ini kehamilan yang pertama dengan usia kehamilan 9 bulan 2. calc 5. HIV. lauk. Hepatitis) menurun (asma. DM) dan menahun (jantung. Pola Eliminasi . DM) dan menahun ( jantung.

mengepel. tidak ada keluhan) Saat hamil : BAK : 6-7x/hari (kuning. memasak. Pola Istirahat Sebelum hamil : Siang : tidak pernah karena ibu bekerja Malam: 7-8 jam Saat hamil : Siang : 1 jam Malam: 7-8 jam (sering terbangun untuk BAK) e.Sebelum hamil : BAK : 4-5x/hari (kuning. Pola Personal Hygiene Sebelum hamil : Mandi 2x/hari. tidak ada keluhan) c. ganti celana dalam 2x/hari Saat hamil : Mandi 2x/hari. Pola Aktivitas Sebelum hamil : Ibu melakukan pekerjaan rumah tangga seperti mencuci. jernih. tidak ada keluhan) BAB : 1x/hari (kuning. memasak. keramas 3x/minggu ganti baju 1x/hari. ganti celana dalam tiap kali basah f. keramas 3x/minggu ganti baju 2x/hari. Riwayat Sosial Budaya Di dalam keluarga ibu tidak ada kebiasaan pijat perut dan juga tidak ada minum jamu-jamuan 9. gosok gigi 2x/hari. Riwayat Psikososial dan Spiritual . Pola Seksual Sebelum hamil Saat hamil : tidak ada keluhan : tidak ada keluhan 8. lembek. tidak ada keluhan) BAB : 1x/hari (kuning. jernih. lembek. mengepel d. gosok gigi 2x/hari. dan bekerja sebagai karyawan pabrik Saat hamil : Ibu melakukan pekerjaan rumah tangga seperti mencuci.

Pemeriksaan Fisik Umum a. tidak ada polip. terdapat Payudara : Simetris. tidak ada ketombe. Inspeksi Kepala : rambut bersih. tidak ada secret Mulut : mukosa bibir lembab. ada hiperpigmentasi pembesaran kelenjar montsgomerry . konjungtiva merah muda. tidak ada stomatitis. Data Obyektif 1. tidak rontok. Keadaan Umum Kesadaran Postur Tubuh Cara Berjalan Tinggi Badan BB sebelum hamil BB selama hamil : Baik : Composmentis : Lordosis : Biasa : 160 cm : 55 kg : 70 kg Kenaikan selama hamil 15 kg LILA b. Tanda-tanda Vital TD N S RR : 120/70 mmHg : 84x/menit : 36.9 0C : 20x/menit : 27 cm 2. Ibu selalu berdoa agar kehamilannya sampai proses persalinan berjalan lancar. sclera tidak ikterus Hidung : tidak ada PCH.Ibu mengatakan sangat senang dengan kehamilan yang pertama ini. tidak ada caries gigi Telinga : tidak ada serumen dan purulen Dada : tidak ada tarikan intercostae areola mammae. tidak ada benjolan abnormal Muka Mata : tidak pucat. tidak oedem : Palpebra tidak oedem. Pemeriksaan Fisik Khusus a. B.

keras (punggung) dan bagian kanan teraba bagian-bagian kecil janin (jari) Leopold III : Bagian terendah presentasi teraba bulat. tidak oedem. Palpasi Kepala : tidak ada benjolan Leher : tidak ada pembesaran kelenjar tiroid dan bendungan vena jugularis Ketiak : tidak ada pembesaran kelenjar limfe Payudara : tidak ada benjolan. datar. tidak oedem. terdapat striea albican dan livide. melenting (kepala) dan dapat digoyangkan . Auskultasi Dada : Tidak terdengar bunyi wheezing dan ronchi DJJ d. keras. Perkusi Refleks Patella +/+ 3. terdapat linea alba dan nigra Genitalia : tidak ada varises. Pemerikasaan Panggul Luar Distansia Spinarum Distansia Cristrum Cojugata Externa Lingkar Panggul : 23 cm : 28 cm : 23 cm : 93 cm (N: 23-26 cm) (N: 26-29 cm) (N: 18-20 cm) (N: 80-90 cm) : 128x/menit terdengar jelas dan teraur di punctum maksimum : (31-12) x 155 = 2945 gram . tidak melenting (bokong) Leopold II : Bagian kiri perut ibu teraba panjang. konsistensi kenyal Abdomen : Leopold I : TFU 3 jari bawah px (31cm) pada fundus teraba bulat.Abdomen: tidak ada bekas luka operasi. tidak ada nyeri tekan. tidak ada condiloma akuminata dan talata Anus : tidak ada hemoroid Ekstremitas : simetris. lunak. pergerakan aktif b. kepala belum masuk PAP Leopold IV : Tidak dilakukan TBJ c.

5 cm) Kesimpulan: GI P00000 UK 36 minggu. tunggal.BB sebelum hamil : 55 kg BB selama hamil : 70 kg Kenaikan BB TB LILA .Auskultasi DJJ DJJ 128x/menit terdengar jelas dan teratur pada daerah punctum maksimum diperut ibu sebelah kiri Masalah: Tidak ada Kebutuhan: HE tentang: : 15 kg : 160 cm : 27 cm .IDENTIFIKASI DIAGNOSA. DAN KEBUTUHAN Dx: GI P00000 UK 36 minggu dengan kehamilan fisiologis Do: Ibu ingin memeriksakan kehamilannya yang pertama dengan usia kehamilan 9 bulan Ds: . letkep TBJ: 2945 gram . kesan jalan lahir normal.Tanda-tanda Vital TD N S RR : 120/70 mmHg : 84x/menit : 36. MASALAH. Pemeriksaan Penunjang Tidak dilakukan : 11 cm (N: 10. letak kepala. intrauterine. keadaan umum ibu dan janin baik II.5-11. puki.Keadaan umu ibu dan janin baik .Distansia Tuberum 4.Palpasi abdomen TFU 3 jari bawah px (31 cm).9 0C : 20x/menit . hidup.

DJJ normal (120-160x/menit) .Gerakan janin teraba Intervensi: 1. INTERVENSI Dx: GI P00000 UK 36 minggu dengan kehamilan fisiologis Tujuan: Setelah dilakukan asuhan kebidanan diharapkan ibu mengerti penjelasan petugas dan diharapkan bu dan janin dalam keadaan sehat dan tidak terjadi komplikasi selama kehamilan dan persalinan Kriteria: *Untuk ibu .Keadaan umum ibu baik . Pola istirahat ibu hamil 3. Nutrisi ibu hamil 2.TTV dalam batas normal: TD : 110/90-120/80 mmHg S N : 36.1. ANTISIPASI MASALAH POTENSIAL Tidak ada IV. Anjurkan ibu untuk mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang .50C : 80-100x/menit RR : 18-24x/menit *Untuk janin . IDENTIFIKASI KEBUTUHAN SEGERA Tidak ada V. Jelaskan hasil pemeriksaan kepada ibu R/ Meningkatkan pengetahuan ibu tentang kondisinya saat ini 2. Tanda-tanda persalinan III. Tanda bahaya kehamilan trimester 3 4.Letak kepala .Keadaan umum janin baik .5-37.

10 : Menganjurkan ibu untuk mengonsusmsi makanan yang bergizi seimbang makan sayur-sayuran hijau. IMPLEMENTASI Tanggal: 11 juni 2013 Dx: GI P00000 UK 36 minggu dengan kehamilan fisiologis Jam 10. mengurangi aktifitas yang berat dan menimbulkan capek. Berikan HE tentang tanda bahaya kehamilan R/ Dengan mengetahui tanda bahaya kehamilan ibu dapat dengan segera minta pertolongan petugas kesehatan 5. lalu duduk dan bangun Jam 10.00 WIB TFU: 3 jari bawah px (31cm) DJJ: (11-10-11)x4= 128x/menit Jam 10.20 : Menganjurkan ibu untuk istirahata yang cukup.90C : 84x/menit : 20x/menit Jam : 10. serta minum susu dan mengonsumsi buahbuahan untuk memenuhi gizi gizi ibu dan janin Jam 10. Jika bangun dari posisi tidur terlentang sebaiknya jangan langsung bangun.00 : Menjelaskan hasil pemeriksaan kepada ibu TTV: TD S Nadi RR : 120/70 mmHg : 36. miring kanan/kiri dulu. Berikan HE tentang tanda-tanda persalinan dan bantu merencanakannya R/ Ibu dapat segera meminta pertolongan untuk persalinan pada petugas kesehatan dan persiapan persalinan dilakukan sedini mungkin 6. Berikan HE tentang pola istirahat yang cukup R/ Relaksasi otot uterus dan melancarkan metabolisme tubuh 4. istirahat yang cukup di siang dan malam hari.R/ Asupan nutrisi seimbang dapat menguatkan daya tahan tubuh serta memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan janin 3. Lakukan pendokumentasian R/ Sebagai tanda bukti telah dilakukan suhan kebidanan VI.30 : Memberikan HE tentang tanda bahaya kehamilan seperti: . ikan laut yang banyak mengandung protein.

Nyeri perutbagian bawah Jam 10. tunggal.40 : Memberikan HE tentang tanda-tanda persalinan yaitu keluar lendir bercampur darah.90C : 84x/menit : 20x/menit TFU: 3 jari bawah px (31cm) DJJ: (11-10-11)x4= 128x/menit .Sakit kepala yang menetap .Jam . his semakin kuat dan sering Membantu ibu untuk merencanakan persalian mulai dari dana.Perdarahan pervaginam .50 : Melakukan pendokumentasian .Tanggal . EVALUASI Tanggal: 11 juni 2013 Jam : 11. kesan jalan lahir normal.Gerakan janin tidak teraba . tempat donor.00 WIB Dx : GI P00000 UK 36 minggu. ketuban pecah..keluar cairan dari jalan lahir . transportasi.Hasil pemeriksaan TTV: TD S Nadi RR : 120/70 mmHg : 36. hidup.Nama Petugas VII. intrauterine. letak kepala. keadaan umum ibu dan janin baik S : Ibu mengatakan telah memahami penjelasan petugas dan bersedia melaksanakan anjuran petugas kesehatan O : Keadaan umum ibu baik Ibu mengerti dengan penjelasan petugas A P : GI P00000 UK 36 minggu dengan kehamilan fisiologis : Anjurkan ibu untuk kontrol ulang 2 minggu lagi atau jika ada keluhan . dan pengambil keputusan Jam 10.