PETUNJUK PELAKSANAAN PESERTA AJANG KREATIVITAS PASKIBRA (AKP) XI SMA SEDERAJAT TINGKAT JAWA TENGAH

KORPS PASKIBRAKA SMA NEGERI 5 SEMARANG TAHUN 2014

PETUNJUK PELAKSANAAN AJANG KREATIVITAS PASKIBRA XI SMA NEGERI 5 SEMARANG TAHUN 2014
A. KETENTUAN AKP XI 1. Ajang Kreativitas Paskibra (AKP) XI diselenggarakan 2 hari, pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 19 dan 20April2014. 2. Jumlah peserta SMA sederajat tiap pangkalan adalah 20 orang. 18 orang untuk mengikuti lomba Peraturan Baris Berbaris dan Lomba Formasi Pengibaran Bendera, satu orang putra dan satu orang putri untuk mengikuti lomba Putra Putri AKP XI. 3. Setiap kontingen mengirimkan dua orang pendamping resmi. 4. Kuota untuk SMA sederajat sebanyak 25kontingen. a. Kontingen luar kota Semarang sebanyak 7 pangkalan. b. Kontingen dalam kota Semarang sebanyak 18 pangkalan. 5. Penyerahandaftarpesertamelaluie-mailhumas.akpxi@gmail.com 6. Peserta harus benar – benar siswa dari sekolah yang bersangkutan. 7. Pakaian yang dikenakan adalah pakaian kebesaran kepaskibraan sekolah masing – masing atau pakaian OSIS (pakaian tidak mempengaruhi penilaian dewan juri). 8. Tidak diperkenankan mengirimkan lebih dari satu kontingen tiap pangkalan. 9. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat. 10. Peserta yang melanggar ketentuan dan peraturan dalam AKP XI akan dikenakan sanksi (sanksi dapat berupa denda, pengurangan nilai, diskualifikasi, atau sanksi di tempat). 11. Saran, kritik atau usulan hanya dapat disampaikan melalui pendamping resmi masing – masing kontingen. B. PERATURAN SELAMA AKP XI 1. 2. 3. 4. Seluruh peserta, pendamping peserta, dan supporter diwajibkan untuk menjaga kebersihan dan kerapian seluruh tempat yang digunakan dalam AKP XI. Dilarang membawa senjata tajam atau barang – barang lainnya yang dapat membahayakan diri sendiri ataupun orang lain. Dilarang merokok di wilayah SMA Negeri 5 Semarang dan diwajibkan untuk menjaga kebersihan basecamp yang di tempati termasuk faslitas didalamnya. Disarankan agar seluruh peserta, pendamping peserta, dan supporter tidak membawa benda – benda berharga, karena panitia tidak bertanggungjawab atas kehilangan ataupun kerusakan benda tersebut. Seluruh peserta, pendamping peserta, dan supporter dilarang untuk melakukan kecurangan ataupun usaha mengganggu peserta lain dalam pelaksanaan perlombaan. Dilarang memasuki ruang rekapitulasi nilai kecuali panitia dan pendamping resmi. Apabila cuaca tidak mendukung, maka perlombaan akan tetap dilaksanakan, mengingat waktu yang terbatas. Apabila terdapat keputusan panitia yang berkaitan dengan peserta dalam situasi yang mendesak, maka keputusan tersebut akan disampaikan kepada pendamping resmi untuk dapat dilaksanakan seperti keputusan – keputusan lain yang telah disepakati saat temu teknik. Kebijakan panitia dan dewan juri AKP XI tidak dapat diganggu gugat.

5. 6. 7. 8.

9.

C. PERINGATAN PANITIA 1. Peserta, pendamping, dan suporter yang datang menggunakan kendaraan bermotor dapat memarkirkan kendaraannya di tempat yang telah ditentukan panitia. 2. Panitia tidak bertanggungjawab atas kehilangan atau kerusakan kendaraan bermotor yang dibawa peserta, pendamping, dan suporternya. 3. Seluruh peserta diharapkan agar menjaga kondisi fisik dan kami berharap agar obat – obatan pribadi dapat dibawa. 4. Untuk kelancaran kegiatan ini (khususnya bidang kesehatan) dimohon kerjasama yang baik dari seluruh peserta lomba. 5. Kami beritahukan bahwa dalam pelaksanaan lomba dimungkinkan terdapat gangguan – gangguan yang berasal dari pengeras suara lapangan. Maka dari itu kami mohon antisipasi peserta terhadap keadaan tersebut. D. PESERTA ASAL LUAR KOTA 1. Diberikan fasilitas ruang inap sederhana (berupa ruang kelas) bagi peserta AKP XI dari luar kota Semarang (setiap kontingen mendapat satu ruang inap) sehingga dapat menghindari keterlambatan kedatangan. Panitia tidak menanggung konsumsi pada peserta yang menginap selain Putra Putri AKP XI. Kelengkapan pribadi atau kontingen yang berkaitan dengan perencanaan menginap ditanggung oleh masing – masing peserta. Peserta dari luar kota yang akan menginap, wajib menkonfirmasi kepada contact person panitia AKP XI maksimal hari Senin, 14 April 2014. Sebelum dimulainya upacara pembukaan, peserta luar kota diwajibkan untuk membersihkan ruang inap yang nantinya akan dijadikan basecamp peserta.

2. 3. 4. 5.

E. PENDAFTARAN 1. Pendaftaran dilaksanakan secara online dan pengisian formulir. 2. Pendaftaran secara online dan formulir pendaftaran dapat diunduh melalui blog AKP XI (akp-sma5smg.blogspot.com) 3. Biaya pendaftaran GRATIS. 4. Persyaratan pendaftaran : a. Menyerahkan fotocopy kartu OSIS peserta (2 lembar). b. Menyerahkan foto berwarna 3x4 background biru (2 lembar). c. Menyerahkan uang jaminan mengikuti lomba sebesar Rp 250.000 dan dikembalikan pada saat upacara penutupan. Apabila tidak mengikuti lomba, uang jaminan akan hangus. d. Surat mandat dari Kepala Sekolah(satu lembar). e. Bersedia untuk memenuhi semua peraturan dan ketentuan dalam AKP XI. f. Melaksanakan daftar ulang. 5. Persyaratan pendaftaran dan print out formulir pendaftaran diserahkan kepada panitia AKP XI pada saat Technical Meetingpada hari Minggu, 23 Maret 2014 pukul 14.00 WIB. 6. Karenaterdapat perubahan kuota tingkat SMA sederajat, maka calon peserta dalam kota yang terdapat pada waiting list dimasukkan dalam daftar peserta AKP XI. 7. Penetapan nomor peserta dilaksanakan saat Technical Meeting pada hari Minggu, 23 Maret 2014.

F. DAFTAR ULANG 1. Daftar ulang untuk Putra Putri AKP XI dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 19 April 2014 pukul 06.30 WIB – 07.00 WIB. 2. Daftar ulang untuk mata lomba Peraturan Baris Berbaris dan Lomba Formasi Pengibaran Bendera dilaksanakan pada tanggal 20 April 2014 pukul 05.30 WIB – 06.15 WIB. 3. Daftar ulang dilaksanakan di depan Aula SMA Negeri 5 Semarang. 4. Peserta berhak menerima kartu tanda peserta, kartu tanda pendamping resmi, nomor peserta, kartu konsumsi, dan mendapatkan karcis tanda masuk pada saat daftar ulang hari Minggu, 20 April 2014. G. UPACARA PEMBUKAAN 1. Sebelum upacara pembukaan pukul 05.00 WIB, gerbang depan SMAN 5 Semarang akan ditutup. Dan yang diperkenankan masuk hanyalah peserta dan pendamping resmi. 2. Peserta lomba yang telah daftar ulang dapat meletakkan tas atau perlengkapan yang dibawa kontingen ke ruang kelas yang telah disediakan panitia (basecamp sesuai dengan nama pangkalan yang telah ditempel di masing – masing ruang kelas) 3. Seluruh pesertaAKP XI wajibmengikutiupacarapembukaandansudahsiappukul 06.00 WIB. 4. Pesertamulaimemasukilapanganupacarapada pukul 06.15 WIB. 5. Upacaradimulaipada pukul 07.00 WIB. 6. Kami beritahukan kepada seluruh peserta upacara pembukaan bahwa upacara akan dilaksanakan setelah kehadiran Inspektur Upacara. 7. Pada saat upacara pembukaan peserta diharuskan mengenakan seragam OSIS dan SMK menyesuaikan. 8. Kartu tanda peserta tidak dikenakan saat upacara pembukaan, namun dikenakan saat perlombaanhinggaacaraselesai. 9. Satu orang pendamping resmi peserta dapat menempatkan diri di tenda tamu undangan. 10. Peserta dan pendamping resmi tidak diperkenankan keluar masuk wilayah SMA Negeri 5 Semarang selama upacara pembukaan berlangsung. 11. Apabila terlambat mengikuti upacara pembukaan maka tidak diperbolehkan memasuki SMA Negeri 5 Semarang hingga upacara pembukaan selesai. H. HADIAH DAN FASILITAS 1. Lomba Peraturan Baris Berbaris (LPBB)  Piala Tetap Juara I PBB + uang pembinaan Rp 1.000.000, Piala Tetap Juara II PBB + uang pembinaan Rp 500.000, Piala Tetap Juara III PBB + uang pembinaan Rp 250.000,2. Lomba Formasi Pengibaran Bendera (LFPB) − Piala Tetap Juara I LFPB + uang pembinaan Rp 1.000.000,− Piala Tetap Juara II LFPB + uang pembinaan Rp 500.000,− Piala Tetap Juara III LFPB + uang pembinaan Rp 250.000,Pemilihan Putra – Putri AKP XI Tingkat SMA Sederajat  Piala Bergilir Putra AKP XI + uang pembinaan Rp 250.000, Piala Bergilir Putri AKP XI + uang pembinaan Rp 250.000,-

3.

4. 5. 6. 7. 8. 9. 10.

Piala Tetap VARIASI FORMASI TERBAIK Piala Bergilir PEMBAWA BAKI TERBAIK + uang pembinaan Rp 50.000,Piala Bergilir DANTON TERBAIK + uang pembinaan Rp 100.000,Piala Bergilir PENGIBAR TERBAIK + uang pembinaan Rp 150.000,Piala Bergilir KONTINGEN TERBAIK + uang pembinaanRp 500.000,Piala Bergilir JUARA UMUM + uang pembinaan Rp 1.500.000,Piagam Kejuaraan khusus bagi pemenang (setiap kejuaraan mendapat piagam). Fasilitas :  Ruang inap bagi peserta luar kota Semarang.  Basecamp untuk setiap kontingen.  Konsumsi untuk peserta dan pendamping (berupa snack, dibagikan pada pukul 12.00-13.00 WIB).

I. LOMBA PERATURAN BARIS BERBARIS (LPBB) 1. 2. 3. 4. Berpedoman pada SKEP. MENHANKAM/PANGAB NO.611/X/1985. Peserta terdiri dari 17 orang sebagai pasukan dan satu orang sebagai danton. Lapangan berbentuk lingkaran dengan diameter 16 meter. Dewan juriSMA sederajat sebanyak 3 orang, terdiri dari : a. Satu orang dari KODAM IV DIPONEGORO b. Satu orang dari BRIMOB POLDA JAWA TENGAH c. Satu orang dari TNI AL Peserta melaksanakan PBB terlebih dahulu dilanjutkan dengan variasi dan formasi. Daftar aba – aba dan bentuk lapangan terlampir. Pelaksanaan aba – aba disampaikan secara berurutan sesuai materi dalam juklak yang telah diberikan. Di dalam variasi atau formasinya terdapat kalimat teriakan motto Jawa Tengah yaitu “PRASETYA ULAH SAKTI BHAKTI PRAJA” dan terdapat unsur drama musikal. Waktu persiapan di Daerah Persiapan 3 menit sebelum tim didepannya selesai. Waktu yang diberikan maksimal 13 menit mencakup LPBB dan variasi formasi. Waktu dan penilaian dimulai setelah danton selesai laporan awal, lalu balik kanan. Ditandai dengan satu kali peluit panjang. Dua menit sebelum waktu habis akan dibunyikan 2 kali peluit pendek. Waktu dan penilaian dihentikan setelah danton selesai laporan akhir, lalu balik kanan. Ditandai dengan satu kali peluit panjang. Panggilan peserta dilaksanakan 3 kali, apabila belum hadir di lapangan akan diberikan pengurangan nilai sebesar 200 poin dan diberi kesempatan untuk melaksanakan PBB di urutan terakhir. Apabila melebihi batas waktu akan diberikan pengurangan nilai sebesar 100 poin per menit. Apabila menginjak atau melebihi garis batas lapangan akan mendapatkan pengurangan nilai 100 poin tiap peristiwa. Satu orang pendamping resmi mendampingi timer sebagai saksi waktu dan tidak diperbolehkan mendampingi saat di Daerah Persiapan. Sistem penilaian terbuka, pendamping resmi diberikan lembar scan hasil nilai dewan juri setelah selesai tampil di ruang scanning.

5. 6. 7.
8.

9. 10. 11. 12. 13. 14.

15. 16. 17. 18.

J. LOMBA FORMASI PENGIBARAN BENDERA (LFPB) 1. 2. Dilaksanakan oleh kontingen SMA sederajat. Aturan yang digunakan adalah Tata Upacara Sekolah.

3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10.

11. 12. 13. 14. 15.

16. 17. 18. 19. 20. 21.

22. 23. 24.

25. 26.

Jumlah peserta 18 orang termasuk danton dan pembawa baki. Tinggi tiang bendera yang digunakan +14 meter. Ukuran bendera 180 cm x 230 cm. Lapangan berbentuk lingkaran dengan diameter 16 meter. Jarak garis tepi lapangan dengan tiang bendera 2 meter. Bentuk lapangan terlampir. Nomor peserta dikenakan oleh danton. Dewan juri LFPB SMA sederajat sebanyak 3 orang, yang terdiri dari : a. Satu orang dari KODAM IV DIPONEGORO b. Satu orang dari BRIMOB POLDA JAWA TENGAH c. Satu orang dari TNI AL Bendera diturunkan oleh panitia dan dikembalikan di meja panitia. Bendera telah berada dalam pasukan pengibar, dan pelipatan bendera diserahkan kepada peserta. Aba – aba penghormatan bendera diberikan oleh danton. Rekaman lagu kebangsaan yang digunakan berasal dari panitia dalam bentuk mp3 dengandurasi 1 menit 47 detik. Persiapan. Dua nomor undi sebelum tampil akan dipanggil satu kali melalui pengeras suara untuk duduk di tenda tunggu. Selanjutnya siap dipanggil memasuki Daerah Persiapan. Waktu persiapan di Daerah Persiapan adalah 5 menit, dihitung 5 menit setelah peserta sebelumnya sedang tampil. Waktu yang diberikan saat pelaksanaan adalah 10 menit. Waktu dan penilaian dimulai setelah hentakan kaki saf pertama memasuki lapangan, ditandai dengan satu kali peluit panjang. Dua menit sebelum waktu habis akan dibunyikan 2 kali peluit pendek. Waktu dan penilaian dihentikan setelah hentakan kaki saf terakhir meninggalkan lapangan, ditandai dengan satu kali peluit panjang. Apabila peserta belum hadir di lapangan pada batas waktu maksimal yang diberikan, maka akan diberikan pengurangan nilai sebesar 200 poin dan diberi kesempatan untuk melaksanakan LFPB di urutan terakhir. Melebihi batas waktu akan mendapatkan pengurangan nilai 30 poinpermenit, baik melebihi waktu persiapan maupun waktu pelaksanaan. Apabila menginjak atau melebihi garis batas lapangan akan mendapatkan pengurangan nilai 100 poin tiap peristiwa. Pendamping resmimaksimal 2 orang. Satu orang pendamping resmi untuk memutar lagu Indonesia Raya didampingi oleh panitia dan satu orang pendamping resmi mendampingi timer sebagai saksi waktu. Sistem penilaian terbuka, pendamping resmi diberikan lembar scan hasil nilai dewan juri setelah selesai tampil di ruang scanning. Aspek penilaian terlampir.

K. PEMILIHAN PUTRA PUTRI AKP XI TINGKAT SMA SEDERAJAT 1. 2. 3. 4. Pemilihan Putra Putri AKP XI tingkat SMA sederajat merupakan perlombaan yang bersifat perseorangan bukan berdasarkan pangkalan. Peserta pemilihan Putra Putri AKP XI menjalani karantina selama 2 hari pada tanggal 19 April 2014 s/d 20 April 2014. Sistem perlombaan adalah sistem akumulasi (nilai tiap tahap diakumulasikan). Untuk tahap final nilai tidak diakumulasikan dan tidak mempengaruhi Juara Umum.

5. 6. 7.

Setiap pangkalan diwakilkan oleh satu orang putra dan satu orang putri. Peserta berasal dari kelas X. Pemilihan Putra Putri AKP XI tingkat SMA sederajat dibagi menjadi 4 tahapan, yaitu: A. PENDAHULUAN 1. Dilaksanakan melalui teknologi internet. 2. Peserta mengirim e-mail ke humas.akpxi@gmail.com. Isi e-mail adalah data diri yang meliputi :  Nama lengkap  Nomor ponsel  Nama panggilan  Nomor telp sekolah  Nama sekolah / kota  Alamat email  Alamat rumah  Username twitter  Nomor telp rumah  Nama facebook 3. Data tersebut diatas dapat dikirim mulai hari Rabu, 12Maret 2014s/d hari Rabu, 19 Maret 2014 selambat–lambatnya pukul 16.00 WIB. 4. Setelah peserta mengirimkan data singkat tersebut diatas, panitia akanmengirim e-mail balasan. 5. Setelah peserta mengirim email, akan dimulai tugas – tugas online yang akan diumumkan melalui grup facebook pada tanggal 24 Maret – 18 April 2014. B. TAHAP I BAGIAN 1 (KUIS) 1. Dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 April 2014. 2. Pelaksanaan di ruang Lab. Komputer A, B, dan C SMAN 5 Semarang. 3. Kuis dengan media komputer. 4. Pada tahap I bagian 1 peserta mengenakan seragam OSIS lengkap tanpa badge dan lokasi sekolah. 5. Materi yang diujikan dalam bentuk pilihan ganda. 6. Waktu untuk mengerjakan maksimal 60 menit. 7. Jumlah soal sebanyak 100 buah, terdiridari :  30 soal tentang PengetahuanUmum  25 soal tentang Pengetahuan Kepaskibraan  15 soal tentang Bahasa Inggris  15 soal tentang MatematikaDasar  15 soal tentang IPA Dasar C. TAHAP I BAGIAN 2 (PARADE) 1. Dilaksanakan ada hari Sabtu, 19 April 2014. 2. Pelaksanaan di halaman SMANegeri 5 Semarang. 3. Pada tahap I bagian 2 peserta mengenakan seragam OSIS lengkap tanpa badge dan lokasi sekolah. 4. Aspek penilaian terlampir. D. TAHAP II BAGIAN 1 (KESENIAN) 1. Dilaksanakan pada hari Minggu, 20 April 2014. 2. Dimulai pukul 08.30 WIB. 3. Pelaksanaan di ruang kelas SMANegeri 5 Semarang. 4. Ketentuan kesenian : Seni tari atau nembang. 5. Tembang yang dibawakan adalah tembang macapat atau gambang Semarang.

6. Peserta yang akan menampilkan seni tari menyiapkan softfile pengiring tari dan diserahkan kepada panitia AKP XI saat daftar ulang pemilihan Putra Putri AKP XI hari Sabtu, 19 April 2014. 7. Peserta menampilkan bakat seni maksimal 5 menit. 8. Apabila waktu melebihi 5 menit maka Dewan Juri akan memberhentikan penampilan peserta (tidak ada pengurangan nilai jika melebihi batas waktu). 9. Peserta mengenakan atasan kaos putih berkerah lengan panjang dan bawahan OSIS. 10. Peserta diperkenankan menggunakan alat pendukung. 11. Aspek penilaian terlampir. E. TAHAP II BAGIAN 2 (NEWS READING) 1. Dilaksanakan pada hari Minggu, 20 April 2014. 2. Pelaksanaan di ruang kelas SMANegeri 5 Semarang. 3. Peserta membacakan teks berita yang telah disediakan panitia. 4. Stasiun TV dan acara ditentukan panitia. 5. Teks berita yang dibacakan diundi pada saat pelaksanaan. 6. Pilihan berita terdiri dari : kecelakaan lalu lintas, korupsi, bencana alam, dan lomba paskibra tingkat Jawa Tengah yang diadakan oleh Paskibra SMA Negeri 5 Semarang. 7. Peserta diberikan waktu untuk memahami teks berita maksimal 3 menit. 8. Peserta diberikan waktu untuk membacakan teks berita tersebut maksimal 5 menit. 9. Apabila waktu melebihi 5 menit maka Dewan Juri akan memberhentikan penampilan peserta (tidak ada pengurangan nilai jika melebihi batas waktu). 10. Aspek penilaian terlampir.  Dalam tahap I dan tahap II nilai akan diakumulasikan dan akan ditetapkan 3 putra dan 3 putri AKP XI SMA sederajat untuk mengikuti tahap final.  Jumlah nilai dalam tahap I dan tahap II akan mempengaruhi juara umum. F. TAHAP III (FINAL) 1. Dilaksanakan pada hari Minggu, 20 April 2014. 2. Pelaksanaan di podium SMANegeri 5 Semarang. 3. Materi yang disampaikan dalam bentuk pertanyaan dan jawaban lisan. 4. Jawaban yang disampaikan peserta harus dijelaskan dan harus memiliki keterkaitan dengan pertanyaan yang telah diberikan oleh dewan juri. 5. Aspek penilaian terlampir. 6. Dewan juri dimungkinkan memberi perintah yang bersifat praktik untuk mengetahui potensi peserta final, misalnya berbahasa Inggris, berbahasa daerah/Jawa, menyanyi, puisi, pidato, orasi, berceramah, dan lain sebagainya.  Dalam tahap final akan ditetapkan satu putra dan satu putri sebagai pemenang Putra Putri AKP XI SMA sederajat.

ASPEK PENILAIAN LOMBA PERATURAN BARIS – BERBARIS SMA SEDERAJAT AJANG KREATIVITAS PASKIBRA XI SMA NEGERI 5 SEMARANG

I. GERAKAN DI TEMPAT No. Aspek Skor Maksimal 50 50 50 50 50 50 50 50 50 50 50

1. Sikap Sempurna 2. Istirahat Parade 3. Hormat 4. Setengah Lengan Lencang Kanan 5. Lencang Kiri 6. Lencang Depan 7. Hitung Berbanjar 8. Balik Kanan 9. Langkah ke Belakang 10. Jalan Ditempat 11. Hadap Serong Kanan Henti  Jumlah nilai aspek I = 550. II. GERAKAN BERHENTI DAN BERJALAN No. Aspek

1. Langkah Lari 2. Belok Kanan/Kiri  Jumlah nilai aspek II = 200. III. GERAKAN BERJALAN KE BERJALAN No. Aspek

Skor Maksimal 100 100

1. Tiap-tiap Banjar Dua kali Belok Kanan/Kiri 2. Langkah Lari ke Langkah Biasa 3. Langkah Biasa ke Langkah Perlahan 4. Hormat Kanan 5. Melintang Kanan/Kiri Maju  Jumlah nilai aspek III = 500. IV. GERAKAN BERJALAN KE BERHENTI No. Aspek

Skor Maksimal 100 100 100 100 100

1. Hadap Serong Kiri Henti 2. Haluan Kanan/Kiri Henti  Jumlah nilai aspek IV = 300.

Nilai Maksimal 150 150

V. GERAKAN VARIASI No. Aspek Nilai Maksimal 100 100 100 100 100

1. Kerapian Gerakan 2. Tingkat Kesulitan Gerakan 3. Kekompakan Pasukan 4. Penguasaan Lapangan 5. Kreatifitas Yel – yel  Jumlah nilai aspek V = 500. VI. GERAKAN FORMASI No. Aspek

1. Kerapian Gerakan 2. Tingkat Kesulitan Gerakan 3. Kekompakan Pasukan 4. Penguasaan Lapangan 5. Kreatifitas Yel – yel  Jumlah nilai aspek VI = 500.

Skor Maksimal 100 100 100 100 100

VII. ASPEK DANTON No. Aspek Skor Maksimal 50 50 50 50

1. Keruntunan Aba – aba 2. Ketegasan dan Penampilan 3. Suara /Vocal 4. Penguasaan Lapangan  Jumlah nilai aspek VII = 200.

VIII. ASPEK PASUKAN No. Aspek Skormaksimal 50 50 50

1. Kerapian Pakaian 2. Kekompakan Pasukan 3. Tempo Gerakan  Jumlah nilai aspek VII = 150.

ASPEK PENILAIAN LOMBA FORMASI PENGIBARAN BENDERA SMA SEDERAJAT AJANG KREATIVITAS PASKIBRA XI SMA NEGERI 5 SEMARANG

I. UNSUR FORMASI PENGIBARAN No. 1. 2. 3. Aspek Teknik PBB FormasiSebelumPengibaran FormasiSetelah Pengibaran Jumlah nilai aspek I II. UNSUR PENGIBARAN BENDERA NO 1. 2. 3. ASPEK PenguasaanTeknik KeserempakanGerak Ketepatan Bendera Jumlah nilai aspek II III. UNSUR PEMBAWA BENDERA NO 1. 2. ASPEK Performance PenguasaanTeknik Jumlah nilai aspek III IV. UNSUR PASUKAN NO 1. 2. 3. ASPEK Penampilan Semangat / Kekompakan Tempo Gerakan Jumlah nilai aspek IV V. UNSUR DANTON NO 1. 2. 3. ASPEK Suara/ Vokal Penampilan dan Ketegasan PenguasaanLapangan Jumlah nilai aspek V Skormaksimal 50 50 50 150 Skormaksimal 50 50 50 150 Skormaksimal 100 100 200 Skormaksimal 100 100 100 300 Skormaksimal 100 100 100 300

ASPEK PENILAIAN PEMILIHAN PUTRA PUTRI AKP XI SMA SEDERAJAT SMA NEGERI 5 SEMARANG

ASPEK PENILAIAN TAHAP PENDAHULUAN Skor maksimal untuk tahap pendahuluan = 100 ASPEK PENILAIAN TAHAP I BAGIAN 1 (KUIS) Skor maksimal untuk kuis = 100 ASPEK PENILAIAN TAHAP I BAGIAN 1 (PARADE) No Aspekpenilaian Skormaksimal 1 Kemampuan PBB 100 2 Postur Tubuh 100 3 Penampilan 100 Jumlah 300 ASPEK PENILAIAN TAHAP I BAGIAN 2 (KESENIAN) SENI TARI No Aspekpenilaian Skormaksimal 1 Tingkat Kesulitan 100 2 Keindahan dan Keharmonisan 100 3 Alat pendukung 100 4 Pengetahuan tentang seni 200 Jumlah 500 NEMBANG No 1 2 3 4

Aspekpenilaian Intonasi Artikulasi Vokal dan penghayatan Pengetahuan tentang seni Jumlah

Skormaksimal 100 100 100 200 500

ASPEK PENILAIAN TAHAP II (NEWS READING) No Aspekpenilaian 1 Pembukaan dan Penutup 2 Penampilan 3 Kelancaran menyampaikan 4 Bahasa dan Intonasi 5 Saran dar berita yang dibaca Jumlah

Skormaksimal 100 100 100 100 100 500

ASPEK PENILAIAN TAHAP III (FINAL) No Aspekpenilaian 1 Bakatdankeahlian 2 Kemampuanberbahasa 3 Bobotjawaban 4 Sikap Jumlah

Skormaksimal 100 100 200 100 500

NILAI AKHIR MATA LOMBA AKP XI SMA SEDERAJAT AJANG KREATIVITAS PASKIBRA XI SMA NEGERI 5 SEMARANG

 LOMBA PERATURAN BARIS – BERBARIS Jumlah skor aspek I+II+III+IV+V+VI+VII+VIII = 2900

 VARIASI FORMASI TERBAIK Jumlah skor aspek V+VI = 1000

 LOMBA FORMASI PENGIBARAN BENDERA Jumlah skor aspek I+II+III+IV+V = 1100

 DANTON TERBAIK Jumlah skor aspek VII pada LPBB + skor aspek LFPB = 400

 PEMBAWA BAKI TERBAIK Jumlah skor aspek III = 200

 PENGIBAR TERBAIK Jumlah skor aspek II = 300

 PUTRA/PUTRI AKP XI Jumlah skor tahap yang diakumulasikan = 1500

 FINAL PUTRA/PUTRI AKP XI Jumlah skor tahap II = 500

 JUARA UMUM + + 29 11 + × 25% = 225 30

BENTUK LAPANGAN LOMBA PERATURAN BARIS – BERBARIS SMA SEDERAJAT AJANG KREATIVITAS PASKIBRA XI SMA NEGERI 5 SEMARANG

3,5 m JURI II

DK
7m

JURI I

DIAMETER LAPANGAN 16 METER

JURI III

7m

DP

3,5 m

Keterangan : = Hakim Garis = Timer = Saksi Timer

BENTUK LAPANGAN LOMBA FORMASI PENGIBARAN BENDERA SMA SEDERAJAT AJANG KREATIVITAS PASKIBRA XI SMA NEGERI 5 SEMARANG

3,5 m

DK
JURI I

7m

2m

DIAMETER LAPANGAN 16 METER

JURI III

JURI II

DP

7m

3,5 m

Keterangan : = Hakim Garis = Timer = Saksi Timer = Tiang Bendera