Tips Cepat Belajar Gitar Otodidak

Sep 21st, 2008 | By admin | Category: Tips Gaya Hidup

Gitar merupakan alat musik yang paling populer diantara alat musik-alat musik yang lain, karena selain berharga terjangkau, gitar sangat mudah untuk dibawa dan fleksibel, baik sebagai salah satu komponen alat musik dari sebuah band, maupun untuk digunakan secara terpisah. Ada 2 tahap utama dalam mempelajari alat musik ini yaitu dengan pengenalan partitur nada dan pengenalan teknik memainkan. Kedua tahap ini dapat dilakukan melalui pendidikan formal ataupun pelatihan (short course). Namun keunikan alat musik ini adalah dapat pula dipelajari secara otodidak dengan mem-by pass tahap I (Pengenalan Partitur). Melly Goeslaw (Band Potlot) dan Paul McCartney (The Beatles) merupakan sebagian kecil musisi-musisi besar yang mampu berkreasi tanpa mengenal partitur nada. Berikut ini tips cepat belajar gitar otodidak: 1. Mengenal Jenis Musik. Pada tahap awal in, Anda hanya diharapkan dapat mengenal jenis musik terlebih dahulu. Baik itu jenis musik rock-balad, pop-balad maupun alternatif. Mengapa Balad dan alternatif, karena 2 jenis musik ini dominan menggunakan instrumen gitar dalam penyajiannya. Sehingga diharapkan anda lebih terfokus mengenal nada-nada yang dihasilkan instrumen gitar, karena berlatih dengan menggunakan lagu akan lebih cepat dibandingkan anda menghafal chord demi chord. Lagu-lagu balad yang sering digunakan oleh pemula dalam belajar gitar seperti Love of a Livetime (Fire House), Children Cry (White Lion) ataupun Love Of My Life (Extreme). Karena selain lagunya bagus, akan terdengar expert walau sebenarnya sederhana dalam memainkannya. 2. Memiliki Gitar. Memiliki gitar memang bukan merupakan hal yang wajib, namun sangat berpengaruh terhadap akselerasi Anda dalam menguasai instrumen ini. Ada beberapa jenis gitar yang perlu anda kenal yaitu : gitar nylon, string dan electric. Untuk tahap belajar, Anda lebih baik memilih gitar dengan tipe nylon, karena selain ringan dipetik, jari-jari tidak terlalu terluka (berkapal) ketika jari anda membuat chord. Gitar Nylon juga digunakan dasar untuk berlatih musik klasik, jadi bagi anda yang kemudian tertarik untuk menekuni gitar klasik, hal ini akan sangat menguntungkan 3. Mengenal Chord Dasar. Pada tahap ini, anda sudah mulai malakukan pengenalan awal teknik bermain gitar dengan mempelajari kunci-kunci dasar yang mudah diterapkan seperti Am, Em, G, C atau F. Setelah lancar menghafal dan berpindah dari satu chord ke chord yang lain, tingkatkan pemahaman chord anda dengan chord-chord lain yang lebih sulit. Berikut ini beberapa chord yang bisa anda pelajari:

Keterangan : Huruf di atas merupakan nama chord gitar. Garis vertikal merupakan senar gitar. Garsi horisontal merupakan fret (kolom) pada gitar. Titik bulat hitang angka 1=jari telunjuk, angka 2=jari tengah, angka 3=jari manis, angka 4=jari kelingking. Tanda silang menunjukan bahwa senar gitar tidak dipetik/dibunyikan 4. Mengenal Memetik dan Menggenjreng. Dua jenis cara memainkan gitar ini sebaiknya anda ketahui. Menggenjreng lebih mudah dibandingkan dengan memetik. Karena memetik membutuhkan koordinasi khusus antara tangan kanan dan tangan kiri anda. Mulailah dengan petikan teratur dari atas ke bawah, bawah ke atas dan kombinasi keduanya, dengan ketentuan satu senar satu jari.

5. Mempelajari Nada Sebuah Lagu. Yang dimaksud mempelajari nada adalah mencari chord untuk nada-nada pada lagu. Hal ini berguna untuk melatih filling anda terhadap suatu nada. Mekanisme yang paling sederhana adalah dengan memutar lagu berformat mp3/mp4 dengan Jet Audio atau Winamp. Dengan tools ini musik bisa dipelankan, dipause bahkan diputar balik, tanpa merusak pita seperti halnya kalau Anda menggunakan cassette. Untuk memudahakan pemahaman anda dalam mengenal lagu, ada Aturan dasar bakunya bahwa secara umum lagu hanya terdiri atas : Intro_01-Intro_02-Chorus-ReffIntro_02-Chorus-Reff-Melody-Reff. Dimana masing-masing bagian memiliki kumpulan chord yang sama. 6. Mencari Guru Gitar. Guru gitar yang dimaksud dapat berupa seseorang/teman yang lebih ahli dari anda ataupun video berlatih gitar. Hal ini akan memacu anda untuk bisa seperti guru anda bahkan melebihi. 7. Tekun. Kunci dari semuanya adalah tekun. Karena Steve Vai, salah seorang dewa gitar, pernah berkata, “untuk bermain dgn sangat cepat, mulailah dgn yg sangat lambat…“. Mekanisme yang perlu Anda lakukan hanyalah berlatih Fingering atau senam jari secara teratur, berlatih berpindah chord maupun berlatih melodi.

Tips Mendeteksi Hubungan Asmara Bermasalah
Jul 29th, 2009 | By admin | Category: Tips Hubungan

Entah mengapa, akhir-akhir ini Anda merasa ada yang salah dalam hubungan asmara Anda dengannya. Coba kenali tanda-tanda perubahan itu. Jangan-jangan tanpa disadari, hubungan Anda dalam status ’siaga satu’. Berikut ini Tips mendeteksi tanda-tanda hubungan Asmara Anda tengah bermasalah: 1. Kurang Perhatian. Ekspresi cinta -baik ucapan maupun tindakan- bisa jadi indokator keseriusan menjalani hubungan. Dia mulai mahal mengatakan kata-kata cinta, padahal biasanya dia begitu murah mengumbarnya. Perhatiannya tak seintens dulu. Ia mengaku sibuk, terlalu sibuk untuk memperhatikan Anda. Anehnya dia masih peduli terhadap teman-temannya. Ehm, ibarat lampu lalu lintas sepertinya hubungan Anda mulai memasuki zona kuning. 2. Kurang Waktu. Si dia banyak melakukan aktifitas di luar tanpa melibatkan Anda. Untuk menghidari bosan, Anda pun mencari aktifitas baru. Alhasil, Anda dan dia sibuk dengan kegiatan masing-masing. Hanya sedikit waktu yang tersisa untuk melakukan aktifitas bersama. Hubungan pun menjadi hambar. Tak ada lagi greget yang membuat Anda berdua saling kangen. 3. Cat & Dog. Waktu baru jadian dan cinta masih menggebu, perbedaan dan ketidakcocokan terasa tak berarti. Anda dan dia tidal terlalu mempermasalahkan kebiasaan buruk masing-masing atau hal-hal tidak prinsip lainnya. Namun, ketika cinta mulai memudar, hal-hal seperti itu menjadi emicu pertengkaran. Anda dan dia akan mulai sering berbantahan bahkan untuk hal sepele. Tanpa Anda dan dia sadari, ini berpotensi merusak hubungan Anda berdua.

4. Menjadi Defensif. Akibat sering bertengkar, lama-lama Anda dan dia mulai bersikap defensif. Setiap kali salah satu memberikan masukkan, rasanya seperti mendengar kritikan pedas yang membuat telinga dan hati panas dan berakhir dengan pertengkaran. Akhirnya setiap kali ada masalah, Anda berdua cenderung menghindarinya. Masalah pun bertumpuk dan menjadi bom waktu yang bisa meledak sewaktu-waktu. 5. ‘Amnesia’. Kesibukan dan rutinitas masing-masing sering membuat Anda dan dia lupa waktu. Akibatnya, banyak momen spesial yang terlewatkan. Jangankan anniversary alias hari jadian Anda berdua, hari ulang tahuna Anda atau dia pun menjadi tak penting lagi untuk dirayakan. Untuk membuat hubungan tetap ‘menyala’, mengingat dan merayakan momen-momen spesialitu penting. Hal sepele seperti ini kadang luput dari perhatian. 6. No More Surprise. Tak ada momen spesial, berarti tak ada pula surprise yang diberikan. Padahal memberi kejutan adalah salah satu cara membuat hubungan Anda dan dia menjadi lebih menyenangkan. 7. Ingkar Janji. Ini juga salah satu tanda bahwa hubungan bermasalah. Mungkin karena pertengkaran kecil sering berkobar, ia lebih suka menghindar. Bukannya ia tidak mau bertemu Anda. Hanya saja, ia malas jika setiap kali bertemu malah ribut. Hal inilah yang membuat dia mencari-cari alasan untuk membatalkan kencan dengan Anda. Anda pun melihatnya sebagai pengingkaran janji. 8. Tanpa Cemburu. Karena lebih sering pergi sendiri-sendiri, akhirnya rasa memiliki pun mulai berkurang. Biasanya ini akan dibarengi dengan berkurangnya rasa cemburu. Jika suatu saat Anda pergi dengan seorang lawan jenis Anda, mungkin ia tidak akan memperlihatkan rasa cemburunya. Bahkan dia tak protes ketika Anda memilih pergi dengan teman-teman Anda di hari kencan mingguan. 9. Mempertanyakan Hubungan. Jika pada suatu titik dia tidak lagi nyaman dengan hubungan ini, dia pasti akan mulai mempertanyakannya. Sebagai pancingan, mungkin dia akan bertanya lebih dulu apakah Anda masih menikmati hubungan ini. Apakah Anda masih merasakan getar-getar cinta seperti pada saat awal pacaran dan lain sebagainya. Jika pertanyaan-pertanyaan ini sudah mulai muncul dari mulutnya, ini sudah merupakan red alert buat Anda. Jika ingin terus berlanjut, carilah penyelesaian bersama. Namun jika tidak, siapkan mental untuk menyudahinya.

Tips Memaksimalkan Hasil Foto Melalui Efek Dinamis
Nov 15th, 2008 | By admin | Category: Tips Gaya Hidup, Tips Usaha

Bagi Anda yang bukan berprofesi sebagai fotografer profesional atau Anda yang tidak memiliki skill fotografi tingkat lanjut atau mungkin Anda yang hanya memiliki kamera digital tipe pocket, namun ingin memiliki hasil foto yang dramatis maka tips berikut ini akan menjawab kebutuhan Anda. Melakukan 3 langkah cepat melalui program Adobe Photoshop tentunya lebih sederhana dibandingkan dengan kursus fotografi lanjut (tentunya disertai dengan jam terbang praktek) atau membeli kamera DSLR (Digital Single Lens Reflect). Gambar 1, seorang biker dengan background gerbong kereta diam

di atas, diambil dengan menggunakan kamera digital mode standard, sedang gambar 2, dengan foreground seorang biker dan background berupa kereta yang sedang melaku di atas, merupakan hasil pengolahan dengan program Adobe Photoshop, yang setara dengan pengambilan menggunakan kamera DSLR dengan kecepatan(Shutter)=1/15 ; diafragma (Apperture)=F4.5; ISO=200. Berikut ini Tips-nya: 1. Buka file foto Anda, melalui Menu File–>Open 2. Seleksi seluruh gambar gerbong menggunakan magnetic lasso tool. Kombinasikan dengan Marquee Tool (rectangle/elliptical) dengan mode Add To Selection/Subtract From Selection untuk merapikannya 3. Setelah selesai melakukan pross seleksi, Anda masuk ke Menu Filter–>Blur–>Motion Blur. Ubah Angle = 9 (searah dengan kemiringan gerbang kereta) dan Distance = 220. Kini Anda telah memiliki Hasil Foto Sederhana Kamera Digital dengan kualitas profesional

Tips Mudah Memilih Permainan Asah Otak
Jun 18th, 2009 | By admin | Category: Tips Gaya Hidup, Tips Kesehatan

Seiring dengan bertambahnya usia Anda, kinerja otak Anda sedikit demi sedikit akan mengalami penurunan, yang pada muaranya nanti Anda mungkin akan mudah lupa dan mulai pikun di usia senja. Untuk terus menjaga kinerja otak dan melatih otak Anda agar tidak jadi pelupa, Anda perlu melakukan sedikit ‘terapi’ pada otak melalui mekanisme ‘asah otak’. Permainan asah otak, diyakini sebagian orang mampu menjaga otak kita tetap mampu bekerja maksimal karena selalu terlatih secara teratur. Anda bisa mendapatkan keuntungannya saat ini -saat Anda aktif bekerja- maupun ketika Anda sudah pensiun dan berusia lanjut nanti. Berikut ini Tips memilih permainan sederhana Asah otak: 1. Teka Teki Silang (TTS). Kotak-kotak hitam putih ini juga dikenal sebagai latihan aerobik mental. Ingin gaya hidup sehat? Jadikan mengisi TTS merupakan bagian turinitas Anda. Otak Anda akan tetap ‘muda’ dan Anda akan terhindar dari risiko Alzheimer maupun sebuah fenmena yang dikenal sebagai “penuaan otak”. 2. Kubus Rubik. Menuntaskan permainan Kubus Rubik menuntut sejumlah kemampuan kognitif otak Anda. Memahami arah bisa membantu seesorang mempelajari pola untuk memecahkankubus tersebut. Mempreaktekkan gerakan-gerakan pemecahan kubus berulang-ulang selama jangka waktu tertentu juga meningkatkan otot memori. Setiap berhasil menyelesaikan Kubus Rubik, otak Anda akan mencoba mengenali solusi cepat yang nantinya akan membantu mempercepat usaha-usaha Anda di masa depan dalam menyelesaikan masalah. 3. Sudoku. Sejak diperkenalkan pada 2005, permainan asah otak negeri sakura ini langsung populer di saentero dunia, sampai-samai ia dijuluki “teka-teki abad ini”. Dengan menyusun angka 1-9 dan tingkat kesulitan yang beragam, sudoku menuntut

kecerdasan logika ketimbang sekedar kemampuan berhitung. Tak heran, permainan ini dikabarkan bisa memperlambat kepikunan dan alzheimer.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful