BERITA ACARA PRESENTASI PORTOFOLIO Pada hari ini tanggal : telah dipresentasikan portofolio oleh: Nama Peserta : Rizky

Lendl Prayogo Dengan judul/topik : Skizofrenia Hebefrenik Nama Pendamping : dr !ulyadi Nama "ahana: Nama Peserta Presentasi No ############# # ############# ############# ############# ###### No % &nindita No'iandhari ( )enny !ulia*an + ,rma &rnika De*i - Lastri S*astanita . Lukman Hidayat Dian Permata

$anda $angan

% ( + .

N Tanggal Presentasi: Tem&at Presentasi: RS!" Ar#a$inang%n O)yekti' Presentasi: /eilmuan /eterampilan Penyegaran $injauan Pustaka Diagnostik !anajemen !asalah 0stime*a Neonatus )ayi &nak Remaja De*asa Lansia )umil No./%lyadi Deskripsi: Pasien berjenis kelamin laki1laki berusia %2 tahun datang ke poliklinik ji*a bersama dengan ibunya Hasil heteroanamnesis dengan ibu pasien3 pasien sering berbi4ara sendiri dan terta*a sendiri sejak 5 bulan S!RS Pasien terkadang melepas pakaiannya dan bermain1main hujan seperti anak ke4il Pasien juga mengeluhkan dapat melihat jin yang sering menakut1nakutinya Pasien juga dapat mendengar suara nenek pasien yang telah meninggal ..Nama Peserta: Rizky Lendl Prayogo Nama Wa ana: RS!" Ar#a$inang%n To&ik: Skizo'renia (e)e'renik Tanggal *kas%s+: . tahun yang lalu Pasien merasa keturunan nabi dan merasa dapat menyembuhkan orang dengan ba4aan1ba4aan yang dibuatnya sendiri $ujuan: memahami dan mendiagnosis skizofrenia hebefrenik .Okto)er Nama Pasien: Tn. R/ 0.1222 Nama Pendam&ing: dr.

!.Ri*ayat keluarga: Ri*ayat keluhan serupa pada keluarga pasien :1.666 Nama klinik: Poliklinik Psikiatri $elp: $erdaftar sejak: "ata %tama %nt%k )a an disk%si: % Diagnosis/7ambaran /linis: Skizofrenia Hebefrenik ( Ri*ayat Pengobatan: Ri*ayat pengobatan sebelumnya ke dokter spesialis ji*a tidak ada Pasien hanya pernah diba*a berobat oleh orang tuanya ke 8orang pintar9 + Ri*ayat kesehatan/Penyakit: Psikiatri dan Tera&i : Pasien pernah diba*a berobat ke 8orang pintar9 /edik dan Tera&i : Ri*ayat keluhan serupa sebelumnya :1. . /asa 4anak 567 Ta %n : Pasien bertumbuh dan berkembang sesuai anak seusianya /asa 4anak 76./.Ba an )a asan: $injauan Pustaka Riset /asus &udit Cara mem)a as: Diskusi Presentasi dan diskusi ..mail Pos "ata &asien: Nama: N Nomor Registrasi: 2%. Prenatal dan Perinatal : Pasien lahir 4ukup bulan3 imunisasi lengkap3 &S0 eksklusif :?. Penyala g%naan 3at : $idak menggunakan N&P<& dan alkohol . .!. Ta %n : Pasien mendapatkan pendidikan di sekolah dan tidak memiliki masalah sosial /asa P%)ertas6Rema#a : Pasien memiliki masalah sosial dengan teman sebayanya di sekolah Pasien merasa teman1temannya merasa iri kepadanya dan menjauhinya @ Lain1lain: :diberi 4ontoh : P.R>&&N.R0/S&&N A0S0/3 P. Ri*ayat pekerjaan: Pasien berhenti sekolah ( tahun yang lalu karena merasa dijauhi oleh teman1temannya 5 /ondisi lingkungan sosial dan fisik :R=!&H3 L0N7/=N7&N3 P.R0/S&&N L&)BR&$BR0=! dan $&!)&H&N C&N7 &D&3 sesuai dengan A&S0L0$&S "&H&N&.

ND. Penam&ilan : Pasien berjenis kelamin laki1laki berusia %2 tahun dengan penampilan sesuai dengan usia $inggi badan sekitar %5D 4m3 berkulit sa*o matang3 rambut be*arna hitam lurus potongan pendek dan rapi Pera*atan dan kerapihan diri 4ukup3 pasien memakai kaos berkerah ber*arna hitam dengan 4elana panjang berbahan denim dan beralas kaki sepatu sandal ber*arna hitam 7.!P&$ : )aik 1 "&/$= : )aik 6 4onsentrasi : )aik 6 /emori 1 >&N7/& P. Eir4umstantiality :1.N7&H : )aik 1 >&N7/& P&N>&N7 : )aik3 6 Pengeta %an : Sesuai taraf pendidikan 6 Ber&ikir A)strak : )aik3 pasien dapat menyebutkan persamaan dan perbedaan antara garam dan gula -. Depersonalization :?. Perilak% : Pasien kooperatif dalam menja*ab pertanyaan yang diajukan oleh pemeriksa3 ja*aban sesuai dengan pertanyaan yang diajukan pemeriksa Pasien menja*ab semua pertanyaan yang diajukan oleh pemeriksa 9. 4ontak dan Ra&&ort : &dekuat dan 7ood Repport :.N.3 Derealization :1.Pemeriksaan stat%s mental . 4esadaran : Eompos mentis 1. Sensori%m 6 Per atian : Eukup baik 6 Orientasi 1 BR&N7 : )aik 1 $.3 Alight of idea :1. Bent%k 6 Isi <. Perse&si 0./ : )aik 1 >&N7/& !. Emosi : Halusinasi auditorik :?.. : "aham /ebesaran :?. 4esan !m%m : Sakit sedang 8. Pikiran 6 Proses . .3 $angentiality :1.3 0lusion :1. : &sosiasi longgar :1.3 Halusinasi 'isual :?.

utimik : Sesuai : Pasien tidak merasa memiliki masalah keji*aan : Pasien dapat mengambil keputusan yang tepat PA : $$F : dalam batas normal /epala : konjungti'a tidak anemis 3 sklera tidak ikterik3 $horaG : )entuk H 7erak simetris >antung : )unyi >antung 0100 !urni Reguler Paru : Rh 1/1 "h1/1 &bdomen : datar3 lembut3 )= :?. Pertim)angan Pemeriksaan Fisik : . Wa$asan .6 /ood 6 A'ek . Skizo'renia (e)e'renik. &ksis 00 : )elum dapat ditentukan &ksis 000 : $idak ditemukan kelainan &ksis 0F : .kstremitas : akral hangat3 4rtI( detik "iagnosis Aksis I : )erdasarkan ri*ayat perjalanan penyakit3 pasien tidak pernah menderita penyakit yang se4ara fisiologis mengganggu fungsi otak dan juga ditemukan adanya ri*ayat penggunaan zat psikoaktif $idak pernah trauma kepala3 demam tinggi atau kejang sebelumnya Hal ini dapat menjadi dasar untuk menyingkirkan diagnosis gangguan mental organik dan penggunaan zat psikoaktif Dari anamnesa dan pemeriksaan didapatkan pasien bah*a pasien mengalami gangguan isi pikir berupa *aham kebesaran Pasien juga mengalami gangguan persepsi berupa halusinasi auditorik dan 'isual /edua gangguan tersebut sudah berlangsung lebih dari % bulan Pasien mengalami regresi sehingga bertingkah seperti anak ke4il Pasien memiliki tilikan yang buruk terhadap penyakitnya )erdasarkan kriteria diagnostik menurut PPD7> 000 pada ikhtisar penemuan bermakna pasien dapat digolongkan dalam F85. Insig t ... normal .5..

.D (asil Pem)ela#aran: . menurut PPD7> 0003 didapatkan 7&A pasien saat ini : :561. yait% ge#ala sedang * modarate += disa)ilitas sedang dalam '%ngsi sosial dan &eker#aan Tata Laksana /edikamentosa : 1 Haloperidol ( G %D mg 1 $riheksifenidil ( G ( mg Non /edikamentosa * Sosiotera&i + : 1 !emberikan penjelasan pada pasien dan keluarga yang bersifat komunikatif3 edukatif dan informatif tentang keadaan pasien sehingga pasien dapat menjaga kepatuhan minum obat3 mengerti tentang gangguan yang dideritanya sehingga dapat menjaga kepatuhan minum obat3 mengerti tentang gangguan yang dideritanya3 dan juga menyadari bah*a ada kemungkinan bah*a keluhan1keluhan yang dideritanya didasari oleh faktor psikologis dan dapat men4ari bantuan psikiatri pada saat pasien membutuhkannya 1 !engembalikan pasien pada fungsi optimal terutama dalam kehidupan sosioekonomi3 minimal pasien dapat mengendalikan emosi dan melakukan akti'itas sehari1hari dengan baik "a'tar P%staka: *di)eri >onto = /E/A4AI SISTE/ (AR?AR"=?ANCO!?ER= ata% /E"IA ELE4TRONI4+ % Syamsulhadi dan Lumbantobing Skizofrenia A/ =0 >akarta: (DD@ (51+( /aplan3 Harold 0 3 Sado4k3 )enjamin > 3 dan 7rebb3 >a4k & Sinopsis Psikiatri3 >ilid 0 )inarupa &ksara $angerang: (D%D 5JJ1@D(3 @(D1 @(@3 @+@1@-D + !aslim3 Rusdi Diagnosis 7angguan >i*a Rujukan Ringkas dari PPD7>1 000 A/ =nika &tmajaya >akarta:(DD% -53 . "iagnosis Skizo'renia (e)e'renik 8.$erdapat masalah pada lingkungan teman kerjaannya di kantor3 pasien merasa teman kantornya iri dengan dirinya &ksis F : Penilaian kemampuan penyesuaian menggunakan skala Global Assessment Of Functioning :7&A. Pengo)atan Skizo'renia (e)e'renik .

S%)yekti' : (eteroanamnesis *i)% &asien+ Pasien seringkali terlihat berbi4ara dan terta*a sendiri sejak 5 bulan S!RS Pasien juga seringkali nertingkah seperti anak ke4il Pasien beberapa kali melepas pakaiannya dan bermain hujan1hujanan Pasien terkadang dapat diajak berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar3 namun terkadang pasien tidak nyambung saat diajak berbi4ara dan tidak dapat memahami isi pembi4araan yang dikatakan orang lain kepadanya A%toanamnesis Pasien mengeluhkan teman1temannya menjauhi pasien karena merasa iri padanya karena pasien memiliki kekuatan khusus Pasien merasa dapat menyembuhkan penyakit orang1orang di sekitarnya dengan menggunakan ba4aan1ba4aan yang dibuatnya sendiri Pasien juga merasa keturunan nabi Pasien juga merasa dapt melihat jin yang terkadang menakut1nakuti dirinya Pasien juga merasa dapat berkomunikasi dan mendengar suara nenek pasien yang telah meninggal O)yekti' : &ksis 0 : F 85.... Skizo'renia (e)e'renik &ksis 00 : )elum dapat ditentukan &ksis 000 : $idak ditemukan kelainan &ksis 0F : $erdapat masalah pada lingkungan teman1teman sekolahnya yang merasa iri kepadanya &ksis F : .

menurut PPD7> 0003 didapatkan 7&A pasien saat ini : :561. Halusinasi +.3 dalam perasaan dirinya dan hubungannya dengan dunia luar serta dalam hal tingkah laku !enurut DS!10F3 adapun klasifikasi untuk skizofenia ada .3 simpleks3 residual dan depresi pas4a skizofrenia 8. Assessment : Skizofrenia adalah gangguan mental atau kelompok gangguan yang ditandai oleh keka4auan dalam bentuk dan isi pikiran :4ontohnya delusi atau halusinasi. Eatatan: Hanya satu gejala kriteria & yang diperlukan jika *aham adalah ka4au atau halusinasi terdiri dari suara yang terus1menerus mengomentari perilaku atau pikiran pasien atau dua lebih suara yang saling ber4akap14akap satu sama lainnya . -. "aham (. yait% ge#ala sedang * modarate += disa)ilitas sedang dalam '%ngsi sosial dan &eker#aan 8. @e#ala dan "iagnosis $erlebih dahulu akan dibahas mengenai penegakan diagnosa skizofrenia &dapun menurut DS!10F sebagai berikut: & 7ejala /arakteristik: dua :atau lebih.Penilaian kemampuan penyesuaian menggunakan skala Global Assessment Of Functioning :7&A.: %.3 dalam mood :4ontohnya afek yang tidak sesuai..3 katatonik3 tidak tergolongkan dan residual =ntuk istilah skizofrenia simpleks dalam DS!10F adalah gangguan deterioratif sederhana Sedangkan menurut Pedoman Penggolongan dan Diagnosis 7angguan >i*a :PPD7>. berikut3 masing1masing ditemukan untuk bagian *aktu yang bermakna selama periode % bulan :atau kurang jika diobati dengan berhasil. yakni subtipe paranoid3 terdisorganisasi :hebefrenik. di 0ndonesia yang ke1000 skizofrenia dibagi ke dalam 5 subtipe yaitu katatonik3 paranoid3 hebefrenik3 tak terin4i :undifferentiated. Perilaku terdisorganisasi atau katatonik yang jelas . )i4ara terdisorganisasi :misalnya sering menyimpang atau inkoherensi. 7ejala negatif yaitu pendataran afektif3 alogia3 atau tidak ada kemauan :a'olition..

M dan K8thought broadcasting9 L isi pikirannya tersiar keluar sehingga orang lain atau umum mengetahuinyaM b. atau isi pikirannya diambil keluar oleh sesuatu dari luar dirinya :withdrawal. tidak ada episode depresif berat3 manik atau 4ampuran yang telah terjadi bersama1sama gejala fase aktif atau :(. dan isi pikiran ulangan *alaupun . K 8thought eco9 L isi pikiran dirinya sendiri yang berulang atau bergema dalam kepalanya :tidak keras. K 8delusion of control9 L *aham tentang dirinya dikendalikan oleh suatu kekuatan tertentu dari luar3 atau K 8delusion of influence9 L *aham tentang dirinya dipengaruhi oleh suatu kekuatan tertentu dari luar K 8delusion of passivity9 L *aham tentang dirinya tidak berdaya dan pasrah terhadap suatu kekuatan dari luarM :tentang 8dirinya9 se4ara jelas a.) Disfungsi sosial/pekerjaan: untuk bagian *aktu yang bermakna sejak onset gangguan3 satu atau lebih fungsi utama seperti pekerjaan3 hubungan interpersonal3 atau pera*atan diri3 adalah jelas di ba*ah tingkat yang di4apai sebelum onset :atau jika onset pada masa anak1anak atau remaja3 kegagalan untuk men4apai tingkat pen4apaian interpersonal3 akademik3 atau pekerjaan yang diharapkan. jika episode mood telah terjadi selama gejala fase aktif3 durasi totalnya relatif singkat dibandingkan durasi periode aktif dan residual . dan mungkin termasuk gejala prodormal atau residual D Penyingkiran gangguan skizoafektif atau gangguan mood: gangguan skizoafektif atau gangguan mood dengan 4iri psikotik telah disingkirkan karena: :%. E Durasi: tanda gangguan terus1menerus menetap selama sekurangnya 5 bulan Pada 5 bulan tersebut3 harus termasuk % bulan fase aktif :yang memperlihatkan gejala kriteria &.: isinya sama tapi kualitasnya berbeda K8thought insertion or withdrawal9 L isi pikiran yang asing dari luar masuk ke dalam pikirannya : insertion. di 0ndonesia yang ke1000 sebagai berikut: • Harus ada sedikitnya satu gejala berikut ini yang amat jelas :dan biasanya dua gejala atau lebih bila gejala1gejala itu kurang jelas. Penyingkiran zat/kondisi medis umum A Hubungan dengan gangguan perkembangan per'asif + Sedangkan menurut Pedoman Penggolongan dan Diagnosis 7angguan >i*a :PPD7>.

tidak *ajar :inaproriate. dan inkoherens .1(. Diagnosis hebefrenik untuk pertama kali hanya ditegakkan pada usia remaja atau de*asa muda :onset biasanya %.3 terta*a menyerigai3 :grima4es.3 namun tidak harus demikian untuk memastikan bah*a gambaran yang khas berikut ini d. atau sikap tinggi hati :lofty manner. atau perasaan puas diri :self1satisfied. 4. atau K>enis suara halusinasi lain yang berasal dari salah satu bagian tubuh pasien d. /epribadian premorbid menunjukan pemalu dan senang menyendiri :solitary.merujuk ke pergerakan tubuh/anggota gerak atau pikiran3 tindakan atau penginderaan khusus.M K 8delusion perception9 L pengalaman indera*i yang tak *ajar3 yang bermakna sangat khas bagi dirinya3 biasanya bersifat mistik atau mukjizatM 4. !emenuhi kriteria umum diagnosis skizofrenia b. "aham1*aham menetap lainnya yang menurut budaya setempat dianggap tidak *ajar dan sesuatu yang mustahil3 misalnya perihal keyakinan agama atau politik tertentu3 atau kekuatan dan kemampuan di atas manusia biasa Pedoman diagnosis skizofrenia hebefrenik: a. Halusinasi auditorik: KSuara halusinasi yang berkomentar se4ara terus1menerus terhadap perilkau pasien3 atau K!endiskusikan perihal pasien diantara mereka sendiri :diantara berbagai suara yang berbi4ara.3 manneri*me3 mengibuli se4ara bersenda gurau :pranks.3 keluhan hipokondriakal0 dan ungkapan dan ungkapan kata yang diulang1ulang :reiterated phrases. =ntuk meyakinkan umumnya diperlukan pengamatan kontinu selama ( atau + bulan lamanya3 untuk memastikan bah*a gambaran yang khas berikut ini memang benar bertahan :perilaku yang tidak bertanggung ja*ab dan tidak dapat diramalkan3 serta manerisme3 ada ke4enderungan untuk menyendiri :solitaris.3 dan proses pikir yang mengalamu disorganisasi dan pembi4araan yang tak menentu :rambling. tahun. dan perilaku menunjukan hampa tujuan dan hampa perasaan &fek pasien yang dangkal :shallo*.3 senyum1senyum sendiri :self absorbed smiling.3 sering disertai oleh 4ekikikan :gigling.

Plan : "iagnosis: A (D % Skizofrenia Hebefrenik Pengo)atan: /edikamentosa : 1 Haloperidol ( G %D mg 1 $riheksifenidil ( G ( mg Non /edikamentosa * Sosiotera&i + : 1 !emberikan penjelasan pada pasien dan keluarga yang bersifat komunikatif3 edukatif dan informatif tentang keadaan pasien sehingga pasien dapat menjaga kepatuhan minum obat3 mengerti tentang gangguan yang dideritanya sehingga dapat menjaga kepatuhan minum obat3 mengerti tentang gangguan yang dideritanya3 dan juga menyadari bah*a ada kemungkinan bah*a keluhan1keluhan yang dideritanya didasari oleh faktor psikologis dan dapat men4ari bantuan psikiatri pada saat pasien membutuhkannya . dan yang bertujuan :determnation. fleeting and fragmentaty delusion and hallu4inations3 dorongan kehendak :dri'e. &danya suatu preokupasi yang dangkal3 dan bersifat dibuat1buar terhadap agama3 filsafat3 dan tema abstrak lainnya3 makin mempersukar orang memahami jalan pikirannya 7.e. hilang serta sasaran ditinggalkan3 sehingga prilaku tanpa tujuan :aimless. $ujuan aimless tdan tampa maksud :empty of puspose. 7angguan afektif dan dorongan kehendak3 serta gangguan proses pikir biasanya menonjol3 halusinasi dan *aham biasanya ada tapi tidak menonjol . dan tanpa maksud :empty of purpose.

1 !engembalikan pasien pada fungsi optimal terutama dalam kehidupan sosioekonomi3 minimal pasien dapat mengendalikan emosi dan melakukan akti'itas sehari1hari dengan baik .