PROPOSAL KERJA PRAKTEK DI PT PINDAD

Disusun Oleh Ni Kadek Dewi Pradnyawati (110 1100!"#

$AK%LTAS REKA&ASA IND%STRI %NI'ERSITAS TELKO( )AND%N* 01!

Proposal Kerja Praktek

PROPOSAL KERJA PRAKTEK DIAJ%KAN KEPADA PT PINDAD I+ DASAR PE(IKIRAN Mahasiswa adalah aset bangsa yang sangat berharga bagi pembangunan, mengingat mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa yang nantinya diharapkan dapat membangun kehidupan bangsa ke arah yang lebih baik, sehingga pengembangan sumber daya manusia menjadi suatu kebutuhan yang mutlak harus dilakukan. Program pendidikan dan pelatihan yang menjadi salah satu usaha pengembangan sumber daya manusia tidak cukup hanya dilakukan dengan pendekatan-pendekatan empiris dan simulasi yang ada di media-media pendidikan formal, akan tetapi sangat memerlukan kontak langsung dengan lapangan yang secara nyata akan memberikan gambaran tentang hal-hal yang dihadapi di dunia industri. Isu besar dalam dunia pendidikan kita, khususnya jenjang perguruan tinggi, adalah menjadi lokomotif penggerak pembangunan yang didasarkan pada wawasan keunggulan bangsa yang dicirikan dari kemampuan profesionalisme seorang individu. Oleh karena itu, guna meningkatkan profesionalisme para generasi penerus bangsa perlu adanya pengenalan terhadap permasalahan yang ada di dunia kerja, salah satunya melalui seluas-luasnya kepada para erja Praktek. !niversitas "elkom untuk mendapatkan yang didirikan oleh #ayasan Pendidikan "elkom memberikan kesempatan mahasiswanya pengalaman dan wawasan kerja lebih baik dengan mengikuti program kerja praktek. Menyadari akan pentingnya hal ini, kami selaku mahasiswa !niversitas "elkom mengajukan proposal ini kepada P" Pindad agar dapat menerima kami untuk dapat melaksanakan program kerja praktek.

JURUSAN TEKNIK INDUSTRI – DEPARTEMEN REKAYASI INDUSTRI UNIVERSITAS TELKOM Jl. Telekomunikasi – Terusan ua! a"u an#un$ %&'()

$

Proposal Kerja Praktek

II+

(AKS%D DAN T%J%AN Maksud dan tujuan dilaksanakannya program kerja praktek diantaranya, yaitu% &. Menerapkan dan mengaplikasikan ilmu teoritis yang telah didapat di bangku kuliah ke dalam praktek yang sesungguhnya. $. Mendapatkan pengalaman tentang kerja teknis di lapangan yang sesungguhnya. '. Mengenal dan mempelajari tentang berbagai permasalahan yang sering terjadi di dunia kerja, dan kemudian dicari penyelesaiannya berdasarkan ilmu yang telah didapatkan di bangku kuliah. (. Menyiapkan tenaga kerja terdidik sesuai dengan harapan yang siap terjun ke dunia kerja nyata.

III+

LATAR )ELAKAN* (ASALA, "eknik industri sebagai suatu ilmu teknik yang berkenaan dengan perancangan, pengembangan, perbaikan, implementasi dan evaluasi sistem integral yang terdiri dari manusia, material, peralatan, dan energy. )al ini berdasarkan pengetahuan khusus dan keterampilan dalam matematika, fisika, dan ilmu sosial bersama dengan prinsip-prinsip dan metode analisis rekayasa dan perancangan untuk menentukan, memprediksi, dan mengevaluasi hasil yang akan diperoleh dari suatu sistem.
*unia Industri dan Perguruan "inggi merupakan satu kesatuan yang saling berkaitan. )ubungan tersebut sering disebut sebagai kemitraan.

+eorang mahasiswa yang sedang menuntut ilmu, khususnya mahasiswa jurusan "eknik Industri perlu memahami kondisi nyata yang ada di dunia industri. Perubahan teknologi dan percepatan informasi telah mempengaruhi aspek-aspek dalam proses produksi di perusahaan. *engan adanya peranan perguruan tinggi, sebagai resear*! an# #e+elo,men" diharapkan mampu menjawab tantangan dalam perubahan tersebut.

JURUSAN TEKNIK INDUSTRI – DEPARTEMEN REKAYASI INDUSTRI UNIVERSITAS TELKOM Jl. Telekomunikasi – Terusan ua! a"u an#un$ %&'()

'

Proposal Kerja Praktek +ehingga ,er-orman*e industri sebagai partner akan meningkat. *isinilah link an# ma"*! pola kemitraan yang perlu dibangun untuk meningkatkan mutu dan produktivitas pada Industri serta Perguruan "inggi. Melalui erja Praktek di perusahaan, mahasiswa diharapkan

mampu menemukan permasalahan,yang kemudian akan dianalisa dan dicari solusi yang tepat. *engan terjun langsung dan menemukan realita permasalahan yang ada, mahasiswa dilatih agar dapat memecahkan permasalahan sesuai dengan yang telah didapatkan di bangku kuliah.

I'+

KAJIAN TEORI Produksi dalam sebuah organisasi pabrik merupakan inti yang paling dalam, spesifik serta berbeda dengan bidang fungsional seperti keuangan, personalia, dan lain lain ,gaspers-, $..$/. +istem Produksi merupakan kata yang sudah tidak asing di dunia industri. +istem produksi terdiri dua kata yaitu sistem dan produksi. *efinisi kata sistem adalah sekelompok elemen yang terintregasi untuk mencapai suatu tujuan tertentu, sedangkan definisi kata produksi adalah aktivitas untuk menghasilkan barang dan atau jasa. +istem produksi memiliki komponen struktural dan fungsional yang berperan penting dalam menunjuang kontinuitas operasioanl sistem produksi. omponen struktural yang membentuk sistem produksi terdiri dari bahan baku ,material/, mesin, dan peralatan, tenaga kerja, modal, informasi, dan lain-lain. +edangkan komponen fungsional terdiri dari% Perencanaan, pengendalian, koordinasi, yang kesemuanya berkait dengan manajemen dan organisasi. esimpulan yang didapat adalah sistem produksi merupakan keseluruhan proses atau kegiatan operasional yang dimulai ketika muncul or#er dari bagian marke"in$, kemudian perencanaan produksi disusun oleh bagian PPI0 ,Pro#u*"ion Plannin$ an# In+en"or. /on"rol/ sampai dengan selesainya order tersebut dibagian produksi dan siap untuk dikirim ke

JURUSAN TEKNIK INDUSTRI – DEPARTEMEN REKAYASI INDUSTRI UNIVERSITAS TELKOM Jl. Telekomunikasi – Terusan ua! a"u an#un$ %&'()

(

Proposal Kerja Praktek customer. 1dapun elemen 2 elemen utama dalam sistem produksi adalah input, proses output, serta adanya mekanisme umpan balik untuk pengendalian sistem produksi itu agar mampu melakukan *on"inous im,ro+emen". +uatu proses dalam sistem produksi dapat didefinisikan sebagai integrasi dari input, yaitu% "enaga kerja, material, informasi metode kerja, dan mesin atau peralatan dalam suatu lingkungan guna menghasilkan nilai tambah bagi produk, agar dapat dijual dnegan harga yang kompetitif dipasar. Proses itu mengubah input menjadi output melalui sejumlah langkah yang terorganisasi ,3aspers-, $..$/. 1gar suatu sistem produksi dapat berjalan dengan baik maka perlu adanya perencanaan ,Planning/ yang baik pula. "ujuan utama dari proses perencanaan adalah menyeimbangkan antara supply dan permintaan ,demand/. +upply menunjukkan dalam sistem. '+ LIN*K%P KERJA PRAKTEK Menimbang peminatan yang diambil oleh pemohon adalah pada bidang +istem Produksi, maka besar harapan untuk dapat ditempatkan pada bidang yang berhubungan dengan +istem Produksi. 5erikut adalah bidang yang ingin dipelajari selama kerja praktek. Priorit y & $ ' ( 6 8 Needs Pengenelanan unit yang menangani perencanaan dan pengendalian produksi Mengetahui penyusunan perencanaan kapasitas masing-masing mesin Perencanaan jumlah produksi per hari dan per bulan dalam satu tahun Mengetahui aliran proses produksi 7umlah permintaan per bulan Mengetahui permasalahan yang terjadi selama proses produksi 6 kemampuan untuk memproduksi barang4jasa untuk memenuhi permintaan dengan tergantung pada sumber daya yang dimiliki

'i+ )idan- &an- Di.inati

JURUSAN TEKNIK INDUSTRI – DEPARTEMEN REKAYASI INDUSTRI UNIVERSITAS TELKOM Jl. Telekomunikasi – Terusan ua! a"u an#un$ %&'()

Proposal Kerja Praktek 9 : ; Penerapan anban +ystem pada proses produksi Mengetahui "o"al ,ro#u*"i+e mana$emen" Mengetahui line 0alan*in$

'ii+ (et/de Pelaksanaan
"ahapan-tahapan yang digunakan dalam pelaksanaan kerja praktek ini adalah sebagai berikut% &. Pelaksanaan erja Praktek akan dibagi dalam beberapa tahapan kegiatan antara lain%

Pengarahan pelaksanaan erja Praktek oleh dosen pembimbing. Pelaksanaan kegiatan erja Praktek di lapangan ,perusahaan/. Pembuatan laporan erja Praktek beserta bimbingan laporan. Penyerahan laporan erja Praktek di perusahaan. $. Pada proses pelaksanaan erja Praktek di lapangan pihak perusahaan mempunyai wewenang penuh terhadap proses pendidikan mahasiswa, terutama penyerapan pengetahuan aplikatif di perusahaan. '. +etelah laporan Praktek. (. Penilaian erja Praktek terdiri dari dua unsur, yaitu penilaian dari pihak erja Praktek dilaksanakan dan pihak instansi atau perusahaan dimana seorang dosen penguji. 'I+ <aktu "empat 0AKT% DAN TE(PAT Pelaksanaan praktek akan dilaksanakan pada% % $8 Mei 2 && 7uli $.&( % P" Pindad erja Praktek di lapangan selesai mahasiswa wajib membuat erja Praktek yang dibimbing oleh dosen pembimbing erja

7urusan "eknik Industri !niversitas "elkom, yang akan dilakukan oleh

Pelaksanaan kerja praktek sesuai dengan kebijaksanaan dari P" Pindad dengan menyesuaikan tanggal yang telah tercantum diatas.

JURUSAN TEKNIK INDUSTRI – DEPARTEMEN REKAYASI INDUSTRI UNIVERSITAS TELKOM Jl. Telekomunikasi – Terusan ua! a"u an#un$ %&'()

8

Proposal Kerja Praktek

'II+ =ama =IM onsentrasi Program +tudi >akultas !niversitas "empat4"gl. @ahir 7enis elamin 1lamat 1sal 1lamat "inggal

DATA DIRI PELAKSANA % =i adek *ewi Pradnyawati % &&.$&&..(9 % +istem Produksi % "eknik Industri % ?ekayasa Industri % !niversitas "elkom % 7akarta, ; 7uli &;;' % Perempuan % 0iledug Indah II A';4&:, "angerang. % 7alan +ukabirus =o. (9 0, *ayeuh 5andung. olot,

'III+ AKO(ODASI DAN PERLEN*KAPAN KERJA PRAKTEK etentuan mengenai akomodasi, tunjangan, pemberangkatan dan kedatangan mahasiswa serta kebutuhan mahasiswa selama kerja praktek selanjutnya diatur sesuai kebijakaan dari pihak P" Pindad. I1+ LAPORAN +emua hasil kerja praktek akan disajikan dalam bentuk laporan tertulis yang disusun secara sistematis dan teratur sesuai dengan acuan dan kode etik tulisan ilmiah. 1+ PEN%T%P *engan diberikannya kesempatan kepada mahasiswa untuk melaksanakan kerja praktek akan lebih mengenalkan dan mendekatkan mahasiswa dengan lingkungan kerja yang sebenarnya, dengan demikian keterkaitan
JURUSAN TEKNIK INDUSTRI – DEPARTEMEN REKAYASI INDUSTRI UNIVERSITAS TELKOM Jl. Telekomunikasi – Terusan ua! a"u an#un$ %&'()

9

Proposal Kerja Praktek antara lembaga Perguruan "inggi dengan kebutuhan tenaga kerja akan semakin dapat diantisipasi. esempatan yang diberikan oleh pihak P" Pindad, tentunya akan dimanfaatkan seoptimal mungkin oleh mahasiswa kerja praktek yang hasilnya akan disusun dalam bentuk laporan kerja praktek yang terbaik bagi P" Pindad. *emikianlah proposal ini dibuat sebagai kerangka acuan untuk berbagai pihak yang berkepentingan. )al-hal lain yang belum tercantum dalam proposal ini akan diatur kemudian atas kesepakatan pihak yang bersangkutan. ami yang mengajukan proposal ini mohon maaf yang sebesar-besarnya atas segala kekurangan dan mengucapkan terima kasih atas perhatian yang telah diberikan. +emoga akan selalu terjamin kerjasama yang baik menguntungkan antara lembaga Perguruan "inggi dalam hal ini !niversitas "elkom dengan pihak P" Pindad.

JURUSAN TEKNIK INDUSTRI – DEPARTEMEN REKAYASI INDUSTRI UNIVERSITAS TELKOM Jl. Telekomunikasi – Terusan ua! a"u an#un$ %&'()

: