You are on page 1of 7

LATIHAN SOAL TES CPNS

Soal CPNS Kebijakan Pemerintah + PEMBAHASAN
1. Jumlah kursi anggota DPR di masing-masing daerah pemilihan ditetapkan oleh…. a. Komisi Pemilihan Umum b. Panitia Pemilihan Indonesia c. Presiden d. Dewan Perwakilan Rakyat e. Majelis Perwakilan Rakyat Pembahasan: a. Komisi Pemilihan Umum Komisi Pemilihan Umum merupakan lembaga yang berwenang untuk menetapkan jumlah kursi anggota DPR di masing-masing daerah. 2. Pemisahan kekuasan antara eksekutif dan yudikatif bertujuan untuk…. a. memudahkan pengawasan terhadap lembaga peradilan b. meningkatkan efektivitas penyelenggaraan peradilan c. mewujudkan lembaga pengadilan yang mandiri d. meningkatkan kehormatan dan kesejahteraan anggota dewan e. memperlancar penyelenggaraan administrasi kehakiman Pembahasan: c. mewujudkan lembaga pengadilan yang mandiri Kebijakan pemerintah untuk memisahkan kekuasaan antara eksekutif dan yudikatif bertujuan untuk mewujudkan lembaga pengadilan yang mandiri. 3. Di dalam peraturan pemerintah disebutkan bahwa rentangan usia untuk menjadi pegawai negeri adalah…. a. paling rendah 20 tahun dan paling tinggi 40 tahun b. paling rendah 19 tahun dan paling tinggi 39 tahun c. paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 40 tahun d. paling rendah 17 tahun dan paling tinggi 45 tahun e. paling rendah 16 tahun dan paling tinggi 40 tahun Pembahasan: c. paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 40 tahun Di dalam peraturan pemerintah disebutkan bahwa rentangan usia untuk menjadi pegawai negeri adalah paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 40 tahun. 4. Bagi pegawai negeri sipil yang berkeinginan untuk menjadi anggota partai politik, pemerintah telah mengaturnya dalam… a. PP RI No. 12 tahun 1999 jo No. 5 Tahun 1999 b. PP RI No. 30 tahun 1999 c. PP RI No. 8 tahun 1999 jo No. 5 Tahun 1999 d. PP RI No. 29 tahun 1999 e. PP RI No. 13 tahun 1999 Pembahasan:

a. PP RI No. 12 tahun 1999 jo No. 5 Tahun 1999 Pemerintah telah mengatur mengenai PNS yang berkeinginan menjadi anggota partai politik dalam PP RI No. 12 tahun 1999 jo No. 5 Tahun 1999. 5. Undang-undang No. 22 tahun 1999 berisi tentang… a. Kurikulum inti pendidikan tinggi b. Pendidikan TInggi c. Pendidikan Naional d. Pendidikan dasar e. Pemerintahan daerah Pembahasan: e. Pemerintahan daerah Undang-undang No. 22 tahun 1999 berisi tentang Pemerintahan daerah. 6. Yang dimaksud dengan pembinaan pegawai negeri sipil adalah sebagai berikut, kecuali…. a. pemutasian b. pengangkatan c. pendidikan d. pemberhentian e. pemindahan Pembahasan: d. pemberhentian Pembinaan pegawai negeri sipil dilakukan dengan jalan pengangkatan, pendidikan, pemutasian, dan pemindahan. Jadi, yang bukan merupakan bentuk pembinaan terhadap pegawai negeri sipil adalah pemberhentian. 7. Sesuai pasal 18 PP No. 28 Tahun 1990, yang dimaksud dengan penilaian pada pendidikan dasar mencakup hal-hal sebagai berikut, kecuali…. a. kegiatan dan kemajuan belajar siswa b. satuan pendidikan sebagai satu keseluruhan c. guru dan tenaga kependidikan lainnya d. kegiatan guru dalam memberi nilai e. pelaksanaan kurikulum Pembahasan: d. kegiatan guru dalam memberi nilai Kegiatan guru dalam memberi nilai tidak terdapat di dalam pasal 18 PP No. 28 Tahun 1990. 8. Dengan terbitnya UU No. 26 Tahun 1999, maka UU No. 11/PNPS/1963 tentang subversi sudah tidak berlaku dan secara resmi dicabut. Dicabutnya UU Subversi ini dikarenakan…. a. bertentangan dengan HAM b. Presiden menghendaki c. terjadinya berbagai tindak kejahatan d. adanya tuntutan dari Kontras e. atas usul hak inisiatif DPR

Pembahasan: a. bertentangan dengan HAM Dicabutnya UU No. 11/PNPS/1963 tentang Subversi dikarenakan bertentangan dengan HAM. 9. Batas usia pensiun bagi pegawai negeri sipil dapat diperpanjang hingga usia 60 tahun apabila yang bersangkutan menjabat jabatan-jabatan sebagai berikut, kecuali…. a. Guru Taman Kanak-Kanak, SD, dan Pendidikan Agama b. Guru yang ditetapkan secara penuh pada SD c. Guru yang ditetapkan secara penuh pada SLTP d. Guru yang ditetapkan secara penuh pada SLTA e. pengawas SLPT dan SLTA Pembahasan: e. pengawas SLPT dan SLTA Batas usia pensiun bagi pegawai negeri sipil dapat diperpanjang hingga usia 60 tahun apabila yang bersangkutan menjabat jabatan-jabatan sebagai berikut. a. Guru Taman Kanak-Kanak, SD, dan Pendidikan Agama b. Guru yang ditetapkan secara penuh pada SD c. Guru yang ditetapkan secara penuh pada SLTP d. Guru yang ditetapkan secara penuh pada SLTA 10. Kurikulum sekolah selain yang berlaku secara nasional terdapat pula kurikulum yang disesuaikan dengan tuntutan dan kondisi daerah yang disebut…. a. kurikulum daerah b. kurikulum terpadu c. muatan lokal d. bahasa daerah e. unsur daerah Pembahasan: c. muatan lokal Kurikulum sekolah selain yang berlaku secara nasional terdapat pula kurikulum yang disesuaikan dengan tuntutan dan kondisi daerah yang disebut muatan lokal. Soal Nomor 11 s/d 30 tersedia di SITUS LATIHAN SOAL Klik di SINI untuk Registrasi dan Download Versi Lengkapnya.

SITUS LATIHAN SOAL MENYEDIAKAN RIBUAN CONTOH SOAL CPNS LENGKAP DENGAN PEMBAHASAN, MULAI DARI ANTONIM, SINONIM, PADANAN KATA, MATEMATIKA, HITUNGAN DERET/BERPOLA, BAHASA INDONESIA, BAHASA INGGRIS, TATA NEGARA, SEJARAH, LOGIKA, KEBIJAKAN PEMERINTAH, PANCASILA, HINGGA PENGETAHUAN UMUM.
PADA SITUS LATIHAN SOAL JUGA TERDAPAT SOFTWARE LATIHAN SOAL CPNS, AGAR ANDA DAPAT BERLATIH SECARA MANDIRI MENGGUNAKAN KOMPUTER DAN DAPAT MERASAKAN PENGALAMAN UJIAN CPNS CAT (COMPUTER ASSISTED TEST)/ TES YANG MENGGUNAKAN KOMPUTER SEBAGAI MEDIANYA.

SEKILAS TENTANG SOFTWARE LATIHAN SOAL CPNS
1. Di dalam software disediakan berbagai materi tes CPNS berikut dengan kunci jawaban dan pembahasannya. 2. Materi tes meliputi : Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Tes Padanan Kata, Sinonim, Antonim, sejarah, tata negara, kebijakan pemerintah, Pancasila, Pengetahuan Umum, dan lain sebagainya. 3. Pada saat menggunakan software, kita akan benar-benar terasa sedang mengikuti ujian CPNS dengan menggunakan Komputer. 4. Penggunaan software mudah. Pertama pilih materi yang ingin kita kerjakan. Tunggu beberapa saat, kemudian akan muncul soal-soal tes yang harus dikerjakan. Biasanya soalnya berbentuk pilihan ganda, jadi kita tinggal jawab dengan memilih opsi2 yang tersedia. Jika kita memilih salah satu opsi, Software akan merespon dengan menyatakan jawaban kita BENAR atau SALAH dan hal ini bersamaan dengan munculnya pembahasan dari soal yang kita jawab.

5. Setelah selesai mengerjakan soal, diakhir sesi akan ada RESULT apakah kita LULUS atau TIDAK ikut simulasi CPNS. KELULUSAN ditentukan oleh Skor yang Anda peroleh dibandingkan dengan nilai PASSING GRADE yang ada. 6. Pada saat megerjakan soal, software juga akan menghitung mundur waktu yang kita habiskan. Jika waktu pengerjaan soal kita sudah mencapai batas standar yang ditetapkan, maka sistem akan otomatis menutup layar, mau kita selesai ataupun tidak. JADI HARUS PINTAR2 MENGALOKASIKAN WAKTU.

UNTUK REGISTRASI DAN DOWNLOAD SOFTWARE, Silakan Klik DI SINI

SCREENSHOT SOFTWARE LATIHAN SOAL CPNS

TAMPILAN SAAT MENGERJAKAN SOAL TAMPILAN PILIH MATERI

RESPON SOFTWARE KETIKA JAWABAN DIPILIH

RESULT ATAU HASIL BERUPA LULUS ATAU TIDAK LULUS

REVIEW JAWABAN YANG DISERTAI KUNCI JAWABAN

GEBYAR BONUS !!!

DAPATKAN RIBUAN CONTOH SOAL CPNS, SOFTWARE LATIHAN SOAL CPNS, DAN GEBYAR BONUS DI ATAS HANYA DI

SITUS LATIHAN SOAL

“Kesalahan Terbesar Orang yang Gagal adalah Terlalu Banyak Berpikir dan Tidak Segera Melakukan Tindakan” -SitusLatihanSoal

MORE INFO???

CONTACT:

Sata Aswel Putra, S.Pd, S.Kom Email: aswel.legion@gmail.com Pin BB: 27A8C163 HP: 083180346692