You are on page 1of 3

Daya Dukung Tanah

sipil – Pondasi akan aman apabila :
 

Penurunan (settlement) tanah yang disebabkan oleh beban fondasi masih dalam batas yang diijinkan. Tidak terjadi keruntuhan geser pada tanah dasar fondas

A. Jenis-jenis keruntuhan menurut vesic :

baji tanah terbentuk tepat dan deformasi plastis tanah semakin nampak. Dengan penambahan beban. tanah dibawah fondasi turun yang diikuti oleh deformasi tanah arah lateral dan vertikal. General shear failure . fondasi gerakan tanah pada mengalami perubahan kedudukan dari elastis menjadi plastis dari tepi fondasi Gerakan tanah arah lateral menjadi semakin nyata diikuti oleh retakan lokal dan geseran tanah disekeliling tepi fondasi Dalam zona plastis. Deformasi diikuti oleh gerakan tanah keluar disertai penggelembungan tanah permukaan Tanah pendukung fondasi mengalami keruntuhan yang berbentuk lengkungan dan garis disebut bidang geser radial dan bidang geser linier Mekanisme keruntuhan berdasarkan hasil uji model :    Keruntuhan geser umum Keruntuhan geser lokal Keruntuhan penetrasi B. Mekanisme keruntuhan tanah 1. Beban yang diterapkan relatif kecil sehingga penurunan sebanding dgn beban yang diterapkan Tanah dalam kondisi keseimbangan elastis Massa tanah mengalami kompresi mengakibatkan kenaikan kuat geser tanah dan menambah kapasitas dukungnya Fase II     Penambahan beban selanjutnya. kuat geser tanah sepenuhnya berkembang untuk menahan beban yang bekerja Fase III    Kecepatan deformasi bertambah dengan penambahan beban.Fase I     Awal penerapan beban.

       Pada awal pembebanan linier setelah pembebanan non-linear. beban dinaikkan sehingga terjadi keruntuhan Kondisi kesetimbangan penuh terjadi penuh di atas surface failure Muka tanah disekitarnya naik Keruntuhan (slip) terjadi disatu sisi Fondasi miring Terjadi pada tanah dengan kompresibilitas rendah (padat dan kaku) Daya dukung ultimit (qult) bisa diamati dengan baik 2.Fondasi hanya menembus dan menekan kesamping sehingga tanah didekat fondasi menjadi mampat pada zona tepat didasar fondasi Penurunan fondasi bertambah secara linier dan tidak menghasilkan gerakan lateral menuju keruntuhan Bidang runtuh tidak terlihat sama sekali . Penetration failure     Keruntuhan geser tidak terjadi Akibat beban. Local shear failure      Terjadi desakkan besar dibawah fondasi (lokal) Failure surface tidak sampai kepermukaan (muka tanah hanya sedikit mengembang) Terjadi pada tanah dengan kompresibilitas tinggi (mudah mampat) Penurunan yang terjadi relatif besar Daya dukung ultimit sulit ditentukan dibatasi oleh settlement 3.