You are on page 1of 27

SOAL BIMBEL UKDI BATCH 2 PARU 1.

pasien laki-laki usia 30 tahun datang dengan keluhan nafas terasa sesak sejak 3 jam yang lalu. Dari foto thorak PA didapatkan hiperlusen tanpa tanpa corakan vaskuler di hemithorak D. diagnose yang tepat: a. pneumothorak b. efusi pleura c. asma d. emfisema e. pneumoni 2. pasien laki-laki mengeluh batuk 3 minggu, keringat dingin pada malam hari. Badan terasa agak panas, dari pemeriksaan thorak didapatkan gambaran snow strom. Diagnose yang tepat: a. TB paru b. TB nummular c. Bronkiektasis d. Ca. paru e. bronchitis 3. wanita 32 tahun didiagnosa TBC dengan BTA (+). Wanita tersebut menyusui. Edukasi penatalaksanaan yang tepat: a. tidak memberikan OAT karena berbahaya untuk bayi b. tidak memberikan OAT karena bias melewati asi c. memberikan OAT dengan profilaksis INH d. memberikan OAT dengan profilaksis rifampisin e. tetap memberikan OAT tanpa profilaksis INH dan rifampisin 4. Pasien perempuan 7 tahun datang dengan keluhan sesak nafas. Sesak nafas ini sejak 2 tahun yang lalu. Dalam 1 bulan ini kumat 5 kali. Biasanya membaik denganterapi inhalasi. N=110, RR=40, Tax=37,2C, sianosis +, retraksi dada +, wheezing +. Termasuk dalam asma jenis apa? a. Asma serangan ringan periodic jarang b. Asma serangan ringan periodic sering c. Asma serangan berat periodic sering d. Asma serangan berat periodic jarang e. Status asmatiku

5. Pasien 4 tahun perempuan datang ke UGD dengan keluhan sesak dan belum mendapat terapi. Pasien sesak kumat-kumatan sejak 1 tahun ini. Sesak muncul saat menghisap debu atau memakan buah. Dalam 1 tahun ini sudah 5x serangan. TD=110/70, N=80, RR=40, Tx=36,2C., retraksi dada+, wheezing+. Terapi apa yang perlu diberikan? a. Salbutamol b. Budenisiol c. Fluticonazole d. Terbutalin e. Iprotium bromiade 6. Pasien datang usia prodktif ke RS, dengan hasil pemeriksaan berdasarkan anamnesis, pemeriksaan, laboratorium, fotothorax dan BTA(+) terdiagnosis TB Paru, pasien sedang menyusui 2 bulanDokter ingin merencanakan terapi TB. Seharusnya: A. Tidak menyusui karena resiko bayi tertular TB B. Tidak menyusui karena obat TB ikt didalam ASI. C. Tetap menyusui dengan Bayi diberi profilaxis INH D. Tetap menyusui dengan Bayi diberi profilaxis Rimfapisin E. Tetap menyusui karena TB tidak berbahaya. 7. laki – laki 45 tahun ke puskesmas dengan keluhan nyeri hebat pada lutut kanan dan bengkak muncul mendadak. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tanda – tanda keradangan pada lutut dan bengkak, nyeri gerak, dan nyeri sentuh pada kaki kanan. Saat ini pasien sedang menjalani pengobatan OAT aktif. Hasil laboratorium : asam urat 11mg/dL Obat apa yang menyebabkan keluhan pasien di atas? a. Isoniazid b. Etambutol c. Rifampicin d. Pirazinamid e. Streptomisin 8. laki – laki berusia 55 tahun datang dengan keluhan batuk berdahak kuning sejak 3 minggu yang lalu. Penuunan berat badan, demam tidak tinggi, pemeriksaan fisik didapatkan suara bronkial dan rhonki basah di paru kanan. Pemeriksaan BTA (+). Pasien telah menjalani pengobatan TB, sekarang pasien mengeluh kencing merah Manakah obat TB yang menyebabkan kencing merah? a. Kanamisin b. Isoniazid

perempuan usia 4 tahun sesak sejak 4 jam yang lalu. terapinya adalah A. Pneumonia Lobaris . tidak ada demam. Ibunya kawatir karena nenek pasien yang merawat batuk darah selama 3 minggu dan sudah didiagnosis positif TBC. 1 tahun 5x serangan Penanganan pada pasien ini adalah a. pemberian Obat batuk 12. meneruskan OAT & antasida b. kambuh – kambuhan sejak 1 tahun. Ipratroprium 10. belum pernah diberi obat sebelumnya. pemberian Imunosupportif E. Pada PF ditemukan suara redup di paru kanan dan suara nafas menurun. seorang perempan usia 24 th datang ke PKM dengan keluhan mual disertai muntah dengan mata kuning sejak 1 minggu yang lalu. Fisik BB=18.meneruskan OAT & omperazole d. Sebelumnya pasien sering batuk setiap bulannya terutama pada malam hari dan saat makan coklat. Anak 3 thn datang dengan ibunya ke puskesmas dengan keluhan batuk selama 3 minggu ini.mengehentikan OAT sementara e. Terbutalin d. seorang laki-laki usia 60 thn datang ke UGD dengan keluhan sesak dan nyeri dada kanan sejak 3 hari yang lalu. Timbul bila ada debu. Pasien sedang menjalani terapi jangka panjang untuk penyakit paru-paru. pemberian profilaksis sekunder C. Budesonide c. Px juga mengalami batuk berdahak sejak 1 bulan yg lalu. Apa dx px tsb? a. Batuk terutama pada malam hari atau dini hari. Salbutamol b.c. Wh (-). RR = 30x. Apa yang harus disarankan oleh dr. tes tuberkulin 15 mm.meneruskan OAT & hepatoprotektan c. d. Pada PF didapatkan nyeri epigastrium tanpa hepatomegali dan ikterik pada sclera. Rh(-). TBC b. pemberian terapi OAT D. Pirazinamid Streptomisin Rifampisin 9.? a.5 kg.menghentikan OAT selamanya 11. pemberian profilaksis primer B. e.

asma bronkiale persisten ringan c. terapi TB kat 2 e. asma bronkiale persisten ringan c. asma bronkiale persisten sedang d.c. Pneumonia d. Pemeriksaan fisik wheezing ekspiratoar basal bilateral. Diagnosa yang paling tepat? a. Pada pemeriksaan BTA masih +. Sebelumnya pasien mengalami keluhan serupa. terapi sisipan INH dan inj streptomisin selama 2 bln d. Pemeriksaan fisik wheezing ekspiratoar basal bilateral. apa tindakan lanjutan yang akan dilakukan a. yang kambuh 2-3x dalam seminggu dan kambuh pada malam hari 2-3x/bulan. Terutama saat terpapar asap motor dan cuaca dingin. asma bronkiale persisten berat . Asma 15. terapi sisipan INH dan Rifampisin selama 1bln c. disertai batuk berdahak warna putih kental banyak. Efusi pleura c.Bronkiektasis 13. Terutama saat terpapar asap motor dan cuaca dingin. Sebelumnya pasien mengalami keluhan serupa. Diagnosa yang paling tepat? a. asma bronkiale persisten berat e. ulangi Tx TB kat 1 selama 6bulan b. Emfisema e. datang untuk kontrol ke PKM setelah pengobatan TB selama 6bulan. seorang pria 24 tahun datang ke PKM dengan keluhan utama sesak. rujuk karena merupakan kasus kronis 14. laki-laki 40th. Kadar IgE meningkat. Kadar IgE meningkat. asma bronkiale intermitten b. disertai batuk berdahak warna putih kental banyak. Ayah pasien ada riwayat alergi telur. Apakah diagnosa pada kasus ini? a. pneumothorax b. laki-laki 30 tahun datang dengan keluhan sesak nafas sejak 3 jam yang lalu. status asmatikus 16. Efusi pleura e. PPOK d. seorang pria 24 tahun datang ke PKM dengan keluhan utama sesak. asma bronkiale intermitten b. yang kambuh 2-3x dalam seminggu dan kambuh pada malam hari 2-3x/bulan. asma bronkiale persisten sedang d. Dari pemeriksaan foto thorax PA didapatkan gambaran hiperlusen tanpa gambaran vaskuler di hemithorax dextra. Ayah pasien ada riwayat alergi telur.

Tata laksana pada pasien? a. nyeri sentuh (+). nyeri gerak (+). Jenis obat yang menyebabkan gangguan di atas: a. Selama 6 bulan ini pasien menjalani pengobatan TB dan mendapatkan obat kombinasi TB. Antibiotik spektrum luas d. INH b. Inhalasi bronkodilator kerja singkat e. BTA 2x (+). PF: tanda radang (+). Obat apa yang menyebabkan kelainan pada pasien ini? a. batuk berdahak lebih dari 2 minggu. Sesak napas dialami bersama dengan mengi dan batuk. Laki-laki 22 tahun datang dengan keluhan sesak nafas. kelainan BAK (-). semakin bertambah bila miring ke kiri dan berkurang bila miring ke kanan. Etambuthol c. Pada pemeriksaan didapatkan kadar hormon HCG (+). Pirazinamid d. status asmatikus 17. Seorang wanita 25 tahun datang dengan keluhan utama sesak napas sejak 30 menit yang lalu. Wanita hamil 24 minggu. . Injeksi metilxantin d. Etambutol 19. pria 45th. Inhalasi bronkodilator kerja panjang 20. Apa penanganan awal yang tepat ? a. demam (-). Injeksi steroid b. Inhalasi steroid c. Rifampisin c. diawali dengan nyeri dada kanan ketika menarik nafas panjang. Foto thorax menunjukkan lesi infiltrat. Isoniazid b. Hasil uric acid 11mg/dl. sesak napas sering dialami. Batuk (-). Streptomicin e. Seorang perempuan berusia 30 tahun datang dengan keluhan terlambat haid. Px pengguna OAT aktif. Streptomisin d. terutama jika terpapar debu dan dingin.e. Sesak nafas semakin bertambah. 1 bulan terakhir sesak sudah dialami 3x dalam seminggu. 2RHZE/4R3H3 c. Rifampisin 18. ke PKM nyeri hebat pada lutut kanan. Pirazinamid e. muncul tiba2 dan bengkak sejak 2 hari yll. Inh dan rifampisin b. Pasien menggunakan pil KB dan efektif sejak 3 tahun yang lalu. Obat TB diberikan setelah melahirkan 21.

Sudah pernah diobati tapi kambuh lagi. Pasien hamil 18 minggu. Pada pemeriksaan fisik TD: 120/80mmHg. Aminofilin d. Bronkiektasis e. Bronchitis akut Seorang wanita usia 28 thn datang dengan keluhan sesak nafas. sebelumnya pasien mengaku 2 hari yang lalu demam. Penderita sudah meminum obat warung. Diagnosa: A. Kanker paru Seorang laki-laki usia 65 tahun dating ke puskesmas dengan keluhan batuk dan sesak nafas. Pemeriksaan fisik: RR 24 x/i. Emfisema Paru D. mulai sela iga III ke bawah. Px foto rontgen thorax: hiperinflasi dada. Riwayat merokok 30 pak/thn. pada pemeriksaan fisik RR 30x/menit. wheezing (+). Dari anamnesis didapatkan bahwa penderita mengeluhkan batuk produktif sudah 2 bulan. Diagnosis untuk penderita tersebut yang tepat adalah? a. Pneumothoraks B. Metilprednisolon Seorang perempuan dating dengan keluhan sesak nafas. 25. Salbutamol e. Bronchitis d.22. Keluhan dirasa semakin memberat jika lari dan disertai batuk berdahak yang sulit dikeluarkan. Efusi Pleura C. Atelektasis E. Efusi pleura c. dan batuk berkurang namun kambuh lagi. berat badan turun dan sering demam dan berkeringat keringat malam hari. sela iga melebar. Pleuritis Seorang perempuan 54th. Pneumonia b. Dahak banyak sekali dan berbau busuk. 24. Teofilin b. Nafsu makan penderita juga kurang. px spirometri . Tuberculosis c. Apa obat kontraindikasi pada kasus diatas? a. Pleuritis b. batuk sangat produktif. Diagnosis? a. 23. Epinefrin c. datang dg keluhan sesak nafas yg semakin meningkat. hemithoraks kanan lebih cembung. tertinggal. Efusi pleura e. T: 39°C auskultasi terdapat ronkhi basah pada basal kanan-kiri. Bronkopneumonia d. eksperium diperpanjang. N: 88x/mnt. RR: 20x/mnt. perkusi dullness.

Pada pasien ditemukan fraktur femur kanan terbuka dengan perdarahan ± 1500 ml. batuk. Diagnosis yang mungkin…. basah. ↓ CD56 + sel NK Seorang pasien berumur 55 tahun. Pneumonitis d. Pemeriksaan BTA e. tanpa demam. pada foto rontgen didapatkan infiltrat pada paru kanan. Pemeriksaan KOH d. Pasien juga mengeluarkan darah. Pemeriksaan fisik TD 70/40 mmHg. Long acting anti colinergic inhaler C. Akral dingin. Pada pemeriksaan fisik didapatkan suhu 39oC. Pneumonia masyarakat c. tdk berubah setelah diberi bronkodilator. 29. Pneumonia interstitialis e. Asidosis respiratorik . pucat. ↓ CD4 + sel T B. Bronchitis kronik serak sekitar 2 bulan yll. ↓ CD20 + sel B C. Home nebulizer B. Pd px sputum BTA (+). Pemeriksaan darah rutin b. Pemeriksaan gram c. Apakah gangguan keseimbangan asam basa yang mungkin ditemui apabila syok tidak diatasi? a. Pasien tinggal bersama kakaknya yang menderita TBC. HR 140 x/menit. a. Terapi jangka panjang dg steroid D. maupun sesak. masuk RS dengan cerebrovaskular attack.26. Asidosis metabolik b. Dari hasil pemeriksaan darah didapatkan leukosit 26000/mm3. Ro gambaran TB. Apa yg menyebabkan keadaan penyakitnya meluas? A. Antibiotik profilaksis E. Setelah 5 hari kemudian pasien menjadi demam dan disertai batuk berdahak kekuningan. Foto thoraks AP dan lateral Seorang pria 20 tahun datang diantar polisi ke IGD post KLL. RR 28 x/menit. 28. ↓ neutrofil D. 27. Pneumonia nosokomial b. Pemeriksaan yang dugunakan untuk mendiagnosis adalah…. FEV1/FVC<70%. ↓ limfosit E. Intervensi apakah yg mungkin diberikan utk mempertahankan kelangsungan hidup? A. Berhenti merokok Laki2 30th dg HIV datang dg keluhan batuk berdahak kadang berdarah. a.

Pneumonia lingkungan C. Trombosit b. Asidosis metabolik & respiratorik Seorang laki-laki 65 tahun masuk RS 4 hari karena batuk berdahak. nyeri dirasakan di dada. Bronkopneumoni B. Alkalosis metabolik d. TB D. sebelumnya sudah pernah mendapat obat paket namun hanya diminum selama 1 bulan . Bronchitis c. EPEC b. Diagnosis? A. Bronkopneumonia E. Riwayat sering memar bila terbentur (+). Terdapat ronki kasar di kedua paru bagian parakardia. Asma bronkial Seorang laki-laki. 2HRZES/4HR c. 31.30. Bronkiolitis C. Sela darah apa yang mengalami kelainan a. 33. darah (-) a. Pneumonia nosokomial Seorang laki-laki dirawat di RS karena sakit. Bronkiektasis b. 32. A. a. 2HRZE/4HR b. 35. TB E. Eritrosit c. 5 hari kemudian. Pneumonia nosokomial B. EIEC Honey coombs appearance khas pada penyakit apa? a. orang tersebut batuk dahak kehijauan. Alkalosis respiratorik e. Pneumonia lobaris Perdarahan gusi (+). Pneumonia lobaris D. neutrofil Penyebab diare cair. ETEC c. 4HRZ/2 HR . lender (-). datang dengan keluhan batuk lama. Leukosit d. 34. c.

dibawa oleh ibunya ke puskesmas. Efusi pleura b. Gagal jantung c. Ibunya mendapat pengobatan paket 6 bulan. datang dengan hasil pemeriksaan rontgent thoraks berupa sarang lebah . Pirazinamid d. Asma bronkial 37.36. Seorang penderita asma sudah sejak 10 tahun yll. Pemeriksaan Apa yang akan dilakukan pada anak ini a. Gejala malam >2x/ minggu kategori asma pada pasien ini adalah a. Asma persisten derajat sedang d. Uji tuberkulin 39. Bronkokiektasis c. Pneumonia . maka diagnosis yang paling tepat untuk pasien ini adalah a. Asma persisten derajat berat e. Pleuritis b. Seorang laki-laki berusia 58 tahun mengeluh nyeri pada dada yang menjara ke dagu dan lengan kiri setelah makan siang. INH c. Asma intermitten b. Refluks esophageal d. redup pada perkusi a. Status asmatikus 41. Streptomisin 40. Obat TB manakah yang dapat menyebabkan keluhan tersebut. Seorang perempuan umur 3 tahun. batuk (+). a. Angina pektoris 38. Asma persisten derajat ringan c. Rifampisin b. Bronchitis b. suara napas menurun. Pasien dengan keluhan sesak napas. Etambutol e. berkurang bila berubah posisi. Seorang wanita umur 30 tahun datang ke poli Mata RS mengeluh lensa kontak yang digunakan berubah warna menjadi orange. Nyeri kurang lebih 5 menit dan hilang saat istirahat. Diagnosis? a. Keluhan sesak selama ini >2-3x/minggu. Seorang laki-laki keluhan batuk berdahak dengan dahak berwana putih kental. Pasien mengaku saat ini sedang mengkonsumsi obat TB. Pasien datang ke RS karena sesak yang semakin kambuh. Nyeri ysng sama juga dirasakan kurang lebih 1 minggu yang lalu. Ulkus peptikum c.

TB paru kambuh (relaps) c. pasien memiliki riwayat TB 3 tahun yang lalu dan dikatakan telah sembuh. OAT kategori 1 b. edema pulmonum 45. OAT kategori 3 46. Dari pemeriksaan fisik dada didapatkan auskultasi pekak dan suara nafas menurun. pasien memiliki riwayat TB 3 tahun yang lalu dan dikatakan telah sembuh. Seorang laki-laki mengeluhkan gejala TB sejak 2 minggu yang lalu dari pemeriksaan ditemukan BTA SPS (+). Ro dada menggambarkan adanya pendataran sudut costophrenicus. apa yang harus dilakukan pada pasien ini??? a. Edema pulmonum 42. keringat malam. PZA dan rimpaficin distop sedangkan yang lain diteruskan c. Ro thoraks d.d. Diagnosanya adalah : a. Seorang laki-laki mengeluhkan gejala TB sejak 2 minggu yang lalu dari pemeriksaan ditemukan BTA SPS (+). OAT kategori 2 c. lemas. Seorang pasien dengan keluhan batuk > 2 minggu. Diagnosis yang paling tepat untuk pasien ini adalah: a. TB paru . sekarang sudah menajlani pengobatan selama 6 minggu dan pada pemeriksaan didapat tiba-tiba kuning pada sclera. TB paru kasus baru b. Terapi langsung kategori 1 b. datang ke RS dan dari hasil pemeriksaan BTA (+/-/-) apa yang harus dilakukan untuk menegakakn diagnosis TB: a. nafsu makan menurun. Pemeriksaan ulang BTA c. INH distop b. Sesak kadang disertai dengan batuk berdahak putih kental dan kadang nyeri pada dada. Pleuritis e. 1 tahun yang lalu pasien menderita TB kembali namun tidak meminum obat sampai tuntas. Seorang laki-laki 45 tahun datang ke RS dengan keluhan sesak yang semakin memberat. TB Putus obat e. Obat batuk + vitamin 43. sekarang sudah menjalanio pengobatan TB. TB Gagal pengobatan d. Pengobatan TB yang paling tepat untuk pasien ini adalah a. 1 tahun yang lalu pasien menderita TB kembali namun tidak meminum obat sampai tuntas. Semua obat distop dan diteruskan jika sudah tidak ada keluhan 44. Seorang laki-laki + menderita TB.

47. INH b. Seorang laki-laki usia 40 th dengan gejala TB didiagnosis TB dan mendapatkan pengobatan 6 bulan OAT. PZA c. Saat ini pasien mengeluhkan kencing berwarna kemerahan sejak minum oAT. Etambuthol dan PZA 48. Mendapatkan pengobatan TB. INH b. PZA dan rimpaficin c. Obat TB apakah yang tidak dianjurkan agar anak yang dilahirkan tidak mengalami gangguan pendengaran: a. Seorang laki-laki 54 th mengeluhkan gejala TB dan kemudian didiangosis TB. Menyusui dilanjutkan c. INH dan streptomisin b. PZA c. Rimpaficin 50. Bagaimanakah tindakan yang tepat dilakukan terhadap anaknya: a. OAT kategori 2 c. Seorang ibu yang sedang menyusui menderita TB. OAT kategori 3 d. Etambuthol e. Streptomisin d. OAT kategori 1 b. Streptomisin d. Menyusui dilanjutkan dan anak diberikan prohilaksis TB d. Streptomycin dan rimpaficin d. Rimpaficin 49. Profilaksis TB e. INH dan etambuthol e. Etambuthol e. Tidak perlu profilaksi TB 51. Seorang wanita hamil menderita TB dan mendapatkan terapi TB. Obat OAT apakah yang dapat menyebabkan gejala tersebut : a. - . Terapi yang tepat untuk pasien ini adalah sebagai berikut: a. sedang menjalani pengobatan TB. Seorang laki-laki usia 80 th mengeluhkan gejala Tb dan dari hasil pemeriksaan ditemukan BTA (-) dan dari pemeriksaan rontgent ditemukan gambaran khas TB. Beberapa hari kemudian mengeluhkan pandangan/pengelihatan berkurang. Obat OAT apakah yang memberikan efek tersebut : a. Stop menyusui karena dapat menularkan b.

2HRZES/4HRZ 56. Regimen TB yang diberikan adalah. Hematothorax b.+. Pasien TB mengeluh nyeri sendi. gerak nafas cuping hidung dan retraksi supraclavikular. (pokoknya da kriteria mayor minornya). terjadi juga penurunan berat badan pada pasien. 2HRZES/HRZE/5H3R3E3 c. Pirazinamid 55. INH c. Dari hasil pemeriksaan dahak SPS (+. Ctr <50% d. demam pada malam hari dan keringat malam. Obat profilaksis TB yang digunakan pada anak adalah a. Pasien diketahui pernah menderita TB 8 tahun yang lalu dan telah menjalani pengobatan selama 6 bulan. Pasien laki usia 65 tahun datang ke igd dengan keluhan sesak sejak 1 hari yang lalu. perkusi hipersonor. a. Cylothorax . Batswing c. Mediastinum sempit 54. Pneumothorax ventil e. Etambutol d.-). Gambaran radiologis yang mungkin dapat dilihat adalah: a. Streptomisin e. Seorang laki-laki mengeluh mengalami batuk sejak 3 minggu yang lalu. Mengeluh nyeri dada sebelah kiri. Pasien tampak sangat sesak RR 37x/m. 2HRZE/4HR b. Rimpaficin 53. Apa diagnosis dari kasus diatas? a. Rifampisin b. terjadi pembengkakan pada sendi tangan dan kaki. Obat TB apa yang menyebabkan kondisi tersebut. PZA c. a. Streptomisin d. Fluidohematothorax c. gerak nafas kiri tertinggal. INH b.52. pasien sering terbangun pada malam hari karena sesaknya. Pasien laki-laki usia 20 tahun dibawa ke UGD pleh sopir angkot karena kecelakaan. Etambuthol e. Honey comb app b. Pneumothorax tertutup d.

sklera ikteriknegatif. hepatosplenomegali (-). Hentikan OAT selamanya Seorang pasien laki-laki usia 60 tahun. mengalami batuk lama dan mendapat terapi OAT sampai sekarang. Empyema e. anemia konjungtiva. Beri OAT + hepatopro. Obat kategori II dan injeksi sttrepto 2 bulan d. selama 6 bulan diterapi OAT.9. PGK Stadium V Seorang laki-laki 24 tahun datang ke IGD dengan keluhan nafas sesak tiba-tiba. Tindakan dokter kemudian ? a. Efusi pleura b. Kultur kepekaan kategori I . PGK Stadium III d. kemudian setelah 6 bulan pengobatan selesai. Pemeriksaan fisik didapatkan TD 170/100 mmHg. LFG 21. b. Hentikan OAT sementara e. ureum 230. BTA (+). Penyakit ? a.6. Disisipi rifampisin dan isoniazid 1 bulan c. Pneumothorax d. SOPT Seorang perempuan usia 24 tahun datang ke praktek diberi terapi OAT. Pemeriksaan fisik paru I : Asimetri paru kanan lebih cembung P : gerakan dada kanan tertinggal P : hipersonor paru kanan A : bunyi pernafasan menurun paru kanan Komplikasi apa yang mngkin terjadi ? a. kreatinin 10. pemeriksaan lab Hb 8. Pneumonia c. Diberi obat yang sama/diulang selama 6 bulan b. nyeri epigastrik (+). GDS 89. PGK Stadium IV e. pernafasan bronkovesikuler. muntah. Beri OAT + obat muntah c. 59. 58. PGK Stadium II c. Keluhan disertai kencing berkurang. Apa yang sebaiknya dilakukan ? a. edema tungkai. muntah dan lemas.. Seorang wanita usia 56 tahun datang ke poliklinik RS dengan keluhan mual. PGK Stadium I b. shifting dulness. ronkhi basah di kedua lapangan paru. JVP 5+2cm. Beri OAT + obat antasida d.57. Riwayat kencing manis 10 tahun yang lalu dan tidak berobat teratur. 60. ada keluhan mual..

Pemeriksaan BTA -/-/-. Tracherol 62. Px minum obat asma saat sesak nafas. Pasien laki-laki usia 23 tahun datang ke IRD dengan keluhan sesak nafas sejak 2 hari yang lalu disertai batuk. Diberikan terapi OAT kategori 2 selama 2 bulan e.e. sering mengeluarkan keringat pada malam hari. berat badan turun BMI 17.5. Syndroma Schwarte 63. . Pengulangan pemeriksaan BTA d. Obat yang paling tepat untuk pasien di atas / a. Laki-laki 50 tahun menderita batuk >3 minggu. PPOK e. Pasien mengeluhkan batuk dahak kental berwarna putih. Uji tuberkulin 64. datang ke praktek Dokter Keluarga dengan keluhan batuk yang tidak sembuh-sembuh sejak 2 bulan yang lalu. Sputum BTA e. TD 110/70 mmHg. Tensi 110/ 80 mmHg. Diberikan terapi amoksisilin selama 1-2 minggu c. Apakah terapi yang paling tepat ? a. Pasien juga mengeluhkan nafsu makan menurun . demam ringan. Pemeriksaan rontgent thorax d. b. Pemeriksaan CT scan thorax b. Diberikan terapi OAT kategori 1 selama 6 bulan b. RR 53x/menit. Pada pemeriksaan fisik didapatkan pernafasan cuping hidung dan retraksi dinding dada (+) Kemungkinan diagnosa ? a. Formerol c. . suara dasar bronkial dan ronkhi basah pada seluruh lapang paru. pilek dan panas tinggi. Seorang perempuan umur 54 tahun. Rujuk ke dokter spesialis 61. . Sesak nafas sering kambuh. Pemeriksaan penunjang yang diperlukan a. suhu 39oC. Efusi pleura b. wheezing (+) penuh seluruh lapangan paru. Nadi 110x/menit. Uji tuberculin . Nadi 90x/menit. Pada pemeriksaan fisik didapatkan suara ronki basah halus pada kedua apeks paru. Seorang wanita 33 tahun sesak nafas dan dibawa ke IGD. badan lemas. Bronkiolitis c. Bronkopneumonia d. Terbutalin d. Darah lengkap c.

BB 50 Kg. Jenis OAT apakah yang dapat menyebabkan keadaan pasien ini? a. BTA (-). mengeluh nyeri dan bengkak pada ibu jari kanan dan kiri. Penurunan aspirasi intrapulmonal c. Rifampisin 1x 450. INH 1x400. Pemeriksaan thorax : ronkhi basah apex paru kanan dan kiri. Wanita 45 tahun. hiperemi. Laki-laki 54 tahun datang dengan keluhan batuk 3 minggu. INH 1x400. Rifampisin 1x 450. Rifampisin 1x 450. Seorang pasien wanita datang umur ? datang dengan keluhan sesak. Tujuannya untuk ? a. Terapi pada bulan pertama? a. pirazinamid 1x1500 d. dada kanan lebih terlihat bisa berkembang dari dada kiri kemudian dokter memutuskan melakukan penusukan needle. INH 1x400. berat badan dirasakan turun. pemeriksaan apa yang diusulkan untuk kasus ini? a. kadar asam urat serum 9 mg/ml. Pasien laki-laki usia 45 tahun datang dengan keluhan batuk sejak 2 bulan yang lalu disertai demam terutama saat malam hari. Streptomisin 68. Foto thorax d. INH 1x400. Pasien adalah seorang penderita TBC paru yang sedang menjalani terapi di Puskesmas sudah 4 bulan. panas tidak tinggi. Tinggi badan 170 cm. BTA ulang e. Rifampisin 1x 450.65. Setahun lalu BTA dinyatakan kembali positif lalu pasien mendapatkan OAT kategori 2 namun pasien kembali dengan hasil pemeriksaan BTA +. Rifampisin b. BMI 18. Tidak pernah minum at batuk sebelumnya. ethambutol 1x1500. ethambutol 1x1500 c. Ethambutol e. Kultur tes kepekaan OAT b. Peningkatan aspirasi intrapulmonal b. Pada foto thorax didapatkan lesi minimal apex paru kanan dan kiri. Pada pemeriksaan fisik TTV dalam batas normal. CT scan thorax . Pirazinamid d. kalor. Isoniazid c. Penurunan aspirasi intrathorakal 67. siprofloxasin 2x500 e. Dari pemeriksaan sendi ibu jari kaki didapatkan oedema. INH 1x400 b. Serologi sputum c. Rifampisin 1x 450. dari anamnesa riwayat penyakit dahulu pasien didiagnosa TBC paru dan dinyatakan telah sembuh. pirazinamid 1x1500 66. Penurunan aspirasi intrapleura e. Peningkatan aspirasi intrapleura d.

etambutol c. 70. Saat ini didapatkan suara ronki basah pada lapang paru kanan pengobatan OAT? a. Serologi sputum c. Rifampisin. 2RHZES+4R3H3 d. Foto thorax d. INH b. HRE/5H3R3 . seorang laki2 26 th dating dengan keluhan batuk berdahak campur darah sejak 6 hari lalu. Seorang laki-laki usia 50 tahun datang ke praktek umum dengan keluhan batuk dahak warna kuning kental. ehambutol.69. pirazinamid. Rifampsin. Apakah kombinasi terapi yang paling tepat untuk px tersebut? a. Demam tidak tinggi dirasakan terutama saat sore hari. INH pirazinamid e. Pengobatan untuk 2bulan apa? a. badan terasa lemas dan sering berkeringat dimalam hari. 2RHZES e. Wanita 50 th mengeluh batuk sejak 4 minggu keluar dahak kuning. 2HRZES/1RHZE/4H3R3 b. 3 th yang lalu didiagnosis TB dan sudah dinyatakan sembuh. Pemeriksaan yang dianjurkan? a. streptomisin. Pasien laki-laki umr 45 th sakt batuk sejak 2 bln. px didiagnosa TB paru dan belum pernah minu obat sebelumnya. INH. 2RHZES+RHZE+5RH 72. INH. Rifampisin. Rifampisin. Rifampisin. BTA ulang e. HRZE/4H3R3 e. 1 tahun yang lalu pasien didiagnosa TBC Paru dan pengobatannya dinyatakan telah tuntas kemudian kambuh diberi obat lini ke 2 dan setelah akhir pengobatan BTA tetap +. tidak pernah diobati sebelumnya. Di pmx thorak ditemukan lesi dan ronki bash pada apex paru kaanan dan kiri. 2HRZE+RH b. 2H2R2Z2E2/4H3R3 d. TB=170. Kultur tes kepekaan OAT b. 2RHSE+4R3H3 c. 2HR/4H3R3 c. streptomisin d. batuk disertai dengan terutama malam hari bb=50kg. CT scan 71. INH. Keluhan ini sudah dirasakan sejak 2 bulan lalu.

batuk mengeluarkan dahak kental berwarna putih diserta berat badan menurun. CT scan thorak e. Pasien tidak merokok. OS keluhan sesak nafas. BTA b.73. Memberikan OAT sesi I selama 2 bulan e.Asma Intermiten b.Bronkitis akut d. Kultur sputum c. Riwayat perokok 2 bungkus perhari sejak 10th yang lalu. Alkalosis respirator e. Seorang pria usia 40 th datang ke PKM dengan fraktur femur dextra terbuka dengan perdarahan banyak. tanpa demam.20th. …… 75.TB c. untuk diagnosa pasti diperlukan pemeriksaan a.Pneumonia communicans b. keseimbangan asam basa apa yang terganggu jika shock tidak diatasi? a. PF : TD 130/80 mmHg N 20x/mnt RR 48x/mnt S 40.5 pada pemeriksaaan fisik didapatkan auskultasi bronchial dan ronki basah. Memberikan antibiotic selama 1-2 th c. Perkusi paru pekak dan bunyi nafas (lupa).Bronkitis Kronik e. Dalam seminggu terjadi 3-4x serangan dan sering terbangun terutama pada waktu tidur. Seorang pasien laki2 55th. Apa diagnosis yang paling tepat? a. Pada lobus kiri bawah didapatkan infiltrate. Memberikan OAT sesi I selama 6 bulam b. datng dengan keluhan sesak nafas.PPOK 77. Pasien juga sering bersin-bersin terutama pagi hari. demam tinggi. Mengulang sputum BTA d. Serangan muncul ± 2-3x/bulan. Diagnosa? a.2. batuk berdahak. Uji mantoux 74. mengeluh batuk 3 minggu tidak demam tinggi. Terdapat ronki basah pada kedua apex paru. Asidosis respirator c.Asma Persisten Ringan . dahak berwarna kuning kental. Batuk kadang-kadang tanpa dahak. Asidosis metabolic b. menggigil. BMI 17. Asidosis metabolic dan respirator 76. SPS/BTA -/-/a. Alkalosis metabolic d. Seorang laki-laki. Seorang wanita 45 th dating ke UGD dengan keluhan batuk lama sejak 2 bulan. sering keringat dingin tidak nafsu makan. Foto rontgen d.

Diagnosis? a.Bronkitis Kronik d. Kasus TB.Teruskan obat dan observasi 79. Pasien sudah diberikan lini pertama OAT selama 3 bulan namun tidak ada perbaikan.2RHZE/4RH b.2RHZES/5R3H3E3 e.Asma Persisten Sedang d. pasien juga mengeluh keringat pada malam hari.Menaikan dosis OAT 81. N 80x/mnt. Seorang laki-laki. Batuk 1 minggu.Hentikan semua jenis OAT e.Pemeriksaan uji resistensi e. Saat pemeriksaan fisik diidapatkan sclera ikterik. datang untuk control pengobatan TB.2RHZES/RHZE/5R3H3E3 82.LED 80.Pemeriksaan sputum SPS d.Eritrosit d.Trombosit b. TD 120/80 mmHg. datang dengan keluhan batuk berulang yang hilang timbul sejak 6 bulan terakhir. Pasien belum pernah mendapatkan penobatan TB sebelumnya. Batuk berdahak sudah dikeluhkan selama 5 bulan. pada pemeriksaan radiologis ditemukan gambaran Honey Comb Appearance. Pria 30 tahun datang dengan keluhan batuk berdahak disertai dengan darah selam 6 hari.2RHZES/4RH c.Limfosit c.Asma c. Pemeriksaan laboratorium yang diharapkan ↑↑ pada TB ? a. Tindakan selanjutnya yang paling tepat? a.Leukosit e. lesu. Langkah selanjutnya yang dilakukan? a. Sudah di tes hasilnya TBC +.Bronkiektasis . suhu afebris. 30th.2RHZE/43H3 d.Menambah atau 2 jenis OAT c.Hentikan INH saja b. lemah.Bronkitis Akut e. Pada pewarnaan gram di dapatkan BTA +.Hentikan Pirazinamid saja d.Hentikan Rifampisin saja c. Seorang wanita 48th.Bronkitis kronik 78. RR 20x mnt. Bagaimana pengobatan awal TB utk pasien? a. dahag kuning kental.Asma Persisten Berat e.TB b.c.Foto thorax b.

Rifampisin dan Isoniazid b.Akhir pengobatan bulan III c. Apapenanganannya? a. Pasien dalam pengobatan lini II Tb.Akhir pengobatan bulan V e. kemudian dilakukan pemeriksaan sputum BTA dan hasilnya (+). Ibu tersebut diketahui sedang menyusui bayinya.Meneruskan obat TB sampai tuntas c.Menhentikan obat TB selama 2 bulan. lanjutkan setelah bayi berhenti menyusui 86.Pirazinamid dan Rifampisin c. nyeri dada (+). oleh dokter didiagnosis sebagai TB paru.Memberikan obat TB sampai tuntas dan pemberian INH terhadap bayi d. 60 tahun datang dengan keluhan sasak saat beraktifitas. …… 87.Pirazinamid dan Ethambutol 85.. kapan periksa kembali Sputum BTA? a. Apa diagnosis yg tepat untuk kasus di atas ? a. ia sedang menjalani pengobatan TB. Seorang pria.Menghentikan Pirazinamid dan Rifampisin e.Pirazinamid dan Isoniazid d. d. Pasien seorang penderita TB. pada PF ditemukan mata kuning. Sisipan INH danrifampisinselama 1 bulan c. pengobatankategori II d.83. mengulangkembalipengobatan TB 6 bulan b.Akhir pengobatan bulan VI 84. Obat yang menyebabkan komplikasi tersebut? a. Pasien selesai berobat TB selama 6 bulan. TB paru b. pengobatankategori III e.Akhir pengobatan bulan IV d.Akhir pengobatan bulan I b. Pada perkusi didapatkan pekak dan suara napas menghilang. Seorang ibu mengeluh batuk batuk sejak 3 minggu yang lalu. Efusi pleura e. Bronkopneumoni c.Ethambutol dan Streptomisin e.Menghentikan semua obat TB karena toksik bagi bayi b. ……. Sesak tidak hilang saat istirahat. pengobatankategori IV . Bagaimana dengan pengobatan TB ibu tersebut a.

PPOK b. Seorang perempuan berusia 28 tahun dating dengan keluhan batuk darah sejak 1 hari yang lalu. Penatalaksanan pada pasien ini adalah a. dari pemeriksaan fisik didapatkan ekspirasi memanjang… a.Seorang pria msk RS dengan keluhan sesak. Sekarang pasien mendapatkan terapi OAT.Pasien mengatakan sudah mengalami batuk sejak 6 bulan yang lalu. Hb 8 gr/dl. Pertrusis b. Pasien juga mengalami demam yang tidak terlalu tinggi. 92. …… 90. PPOK c. Bronkitis kronik . padahal pasien sudah mengganti softlensnya. Pyrazinamid d. 2RHZES. OBat apa yang dapat menyebabkan keluhan tersebut ? a. Seorang wanita datang dengan keluhan warna softlensnya berubah menjadi warna orange. Streptomisin 91. 2RHZ dan 6RH c. 2RHZES dan 4R3H3 89.Diagnosis ? a. TB Paru c. yang apabila batuk suaranya semakin melengking……. Asma bronchial d. Asma bronchial c. 2 HRZE dan 4R3H3 b. Diagnosis ? a. 1RHZE dan 5RHE d. Rifampisin b. 2RHZE dan 4RHZ e.Pasien belum pernah mendapatkan pengobatan TB. Bronkiektasis d. …. Pasien bekerja sebagai juru parkir. memiliki riwayat merokok.Pasien masuk dengan keluhan batuk. Bronkitis kronik b.Hasilpemeriksaan sputum BTA SPS (+) pada 3 kali pemeriksaan. Asma bronchial e. Etambutol e. Seoarang pria masuk RS dengan keluhan sesak. Dari pemeriksaan fisis tidak ditemukan kelainan.88. INH c.

) INH b. Apakah diagnosisnya ? a.kaku kuduk +.) Meningitis virus e....5C. dan didapatkan retraksi intercosta. Tuberkulosis 93. Seorang wanita masuk UGD dengan keluhan sesak. masuk dengan keluhan batuk berdahak yang sangat banyak………. Asma persisten berat serangan berat e…….Terapi inhalasi yang dapat diberikan pada pasien asma… a.) Serebritis d. Keluhan ini sudah sering dialami. S 37C. Seorang laki-laki.Pada foto thorax didapatkan gambaran …. Dari pemeriksaan fisik didapatkan TD 100/70. Terbutalin b. . suhu 37. Pasien 25th. Bronkiektasis…… c..Asma persisten ringan serangan berat c.) Pirazinamid e. pd pemeriksaan LCS ditemukan xantochrome. 95. d. Bronkiektasis honey comb appearance 96. Diagnosis pasien tersebut adalah … a.) . Salbutamol c.) Streptomicin c. reflek kernig + . e.. demam 2hri namun sudah tidak demam lalu dua hari kemudian kepala pusing. N 120x/I. Asma persisten ringan serangan ringan b. b.) Rifampicin d. dan airbronchogram. Bronkiektasis …. Asma persisten berat serangan ringan d.) Meningitis bakteri b.. Bronkiektasis …. Serangan muncul 5 kali dalam 1 bulan. Bronkiektasis ….) Meningoencepalitis TB c. Obat TBC apa yg menyebabkan mata kuning ? a. RR 33 x/i. Diagnosis pasien tersebut adalah … a. Efusi pleura e. Ambroxol d Ipraprotium 94.) Etambutol 97.d.

) Rongent paru b.) Tes tuberkulin c. udara dingin. Laki 55 thn sesak sejak 2 bulan terakhir memburuk 3 hari yang lalu.) Tiazolidindion d. gula darah menjadi 122 mg/dl.) Streptomisin 101.) Pirazinamid d. Pemeriksaan lanjutan apa yg dubutuhkan ? a. Riwayat sesak hilang timbul sejak umur 5 tahun.) Isoniazid e. dan aktivitas.) Rimfapicin c.) Kultur 99. Saat di IGD ditemukan tanda-tanda hipoglikemi.) Metformin b.) Asma bronchial d. Satu tahun yg lalu pernah begitu dan ke dokter sudah sembuh. Obat-obat DM yang sering menimbulkan kondisi ini adalah ? a. berwarna hijau. a) TB b) Pneumonia . Ro : deviasi trakea ke kanan.) Cek sputm bta d. GDS 35 mg/dl. PF : hipersonor.) Ethambutol b. Pemeriksaan fisik dalam batas normal. OAT gangguan optik a. Sesak biasanya terjadi setelah terkena debu. Pasien seorang laki-laki berusia 80 th ditemukan oleh keluarganya dalam keadaan kebingungan. demam satu minggu.) Pneumonia c. Diagnose apa yang tepat? a.) Bronkitis 100. Sesak disertai bunyi “ngik ngik” serta disertai batuk. Setelah diberi bolus dekstrosa kondisi pasien membaik.) Sulfonilurea c. penurunan berat badan. Wanita 35 tahun datang degan sesak napas.) Ct scan e.) Midglitol e.) PPOK e. berdahak. paru kanan tertinggal. Pasien batuk batuk. Pemeriksaan neurologik normal kembali.) TB b.) Insulin 102.98.

) Oasteoartritis b. dan sendi interphalang tidak dapat digerakan. demam. KU : tampak sesak napas. Kelluhan ini sudah dirasakan selama 5 tahun. Pasien laki2 35 tahun. TD 150/90. Ditemukan antibodi dsdna. Nadi dbn. Auskultasi: suara napas melemah pada kedua toraks bawah.) Terbutalin c. RR 24x/menit.) Aminophilin b. Ro : pendataran sudut recessus costodiafragmatica. 37. sering keringat pada malam hari. ada tanda2 radang. HR 88x.) Atelektasis b. Laki2 minum OAT 4 bln. Keluhan didahului batuk berdahak. Sekarang jempol kakinya bengkak. 25x. 65th sesak napas 1minggu disertai batuk produktif putih.) Hematotoraks d. TD 140/90.) Efusi pleura . Urat 17.) Reumathoid artritis c. Diagnosa ? a.) Teofilin e.kambuhan sejak 4 bulan lalu. As.5.) Salbutamol d. Wanita. Pemerikksaan fisik ditemukan jari2 kaku. Pasien wanita 45 tahun datang dengan keluhan kaku pada jari2 tangan selama 3 hari.) Ankylosing artritis e.) Adrenalin 105. Obat yang membuat kelainan tersebut ? a) INH b) Rimfapisin c) Etambuto d) Pirazinamid e) Streptomisin 104. Batuk kambuh . datang dengan keluuhan sesak napas 1 hari yang lalu. Diagnosa?? a.c) Atelektasis d) Pneumothorax e) Fibrokistik 103.) Pneumotoraks c. Pemeriksaan kedua lapang paru whezzing (+). Terapi? a. Pasien sudah sering merasakan sesak napas.) Osteomielitis 106.) Gout d.

) Ct scan e.. dan aktivitas. udara dingin.) Pyotoraks 107. Apakah diagnosisnya ? a. demam tidak terlalu tinggi.) Pyrazinamid d. BMI 17.5C.) INH b. demam satu minggu. demam 2hri namun sudah tidak demam lalu dua hari kemudian kepala pusing.) Kanamisin 108. Setelah minum obat BAK menjadi merah. Satu tahun yg lalu pernah begitu dan ke dokter sudah sembuh. Obat TBC apa yg menyebabkan mata kuning ? a. Obat apa yang diminum oleh pasien ? a. Riwayat sesak hilang timbul sejak umur 5 tahun.e.) Tes tuberkulin c. Laki.) Meningitis bakteri b.) Streptomicin c. pd pemeriksaan LCS ditemukan xantochrome.) Rifampisin c. Sesak disertai bunyi “ngik ngik” serta disertai batuk.) Rifampicin d.) Serebritis d. suhu 37. Sesak biasanya terjadi setelah terkena debu. berdahak. 110.) Streptomisin e.) Cek sputm bta d.5.) Meningitis virus e. Batuk berdahak kuning. Diagnose apa yang tepat? .) Meningoencepalitis TB c. reflek kernig + . Suara napas bronkial terdengar rhonki basar di paru kanan basal.) INH b. Pasien batuk batuk.) Etambutol 109.. berwarna hijau. Pemeriksaan lanjutan apa yg dubutuhkan ? a.) Pirazinamid e. batuk 3 minggu. Penurunan BB.) Kultur 111.) Rongent paru b. 53th.) .kaku kuduk +. penurunan berat badan. Wanita 35 tahun datang degan sesak napas. BTA +. Pasien 25th.

RR 24x/menit. Ro : deviasi trakea ke kanan. ada tanda2 radang.) Pirazinamid e.) Ethambutol b.) Terbutalin c.) TB b. .) Rimfapisin c.) Pneumonia c. OAT gangguan optik a. Sekarang jempol kakinya bengkak. Terapi? a. Keluhan didahului batuk berdahak.) Atelektasis d.) Asma bronchial d. Laki 55 thn sesak sejak 2 bulan terakhir memburuk 3 hari yang lalu. Wanita. Obat yang membuat kelainan tersebut ? a.) Fibrokistik 114. Batuk kambuh .) PPOK e.) Etambuto d. Laki2 minum OAT 4 bln.) Aminophilin b.kambuhan sejak 4 bulan lalu.) INH b. 65th sesak napas 1minggu disertai batuk produktif putih. Pasien laki2 35 tahun.) Salbutamol d. KU : tampak sesak napas.) Isoniazid e.) TB b.) Streptomisin 115. Nadi dbn. PF : hipersonor.) Pneumonia c.) Pneumothorax e. datang dengan keluuhan sesak napas 1 hari yang lalu. Urat 17.) Adrenalin 116.) Teofilin e. demam. Pasien sudah sering merasakan sesak napas. sering keringat pada malam hari.a.) Bronkitis 112. TD 140/90.) Rimfapicin c. Pemeriksaan kedua lapang paru whezzing (+). paru kanan tertinggal.) Streptomisin 113. a.) Pirazinamid d. As.

TD 150/100mmhg.) Streptomisin e.000. Cr 3. disertai penurunan berat badan. RR 24x/mnt.) Pyotoraks 117. Pada PF: terdapat ronkhi kasar di basal paru. Terapi apa yg dapat diberikan ? a. Pemeriksaan fisik didapatkan wheezing +/+.5. Hasil lab: Hb 10gr/dl.) Rifampisin c. TD 150/90. Setelah minum obat BAK menjadi merah. batuk 3 minggu. 37. BMI 17. HR 88x.) Hematotoraks d. Suara napas bronkial terdengar rhonki basar di paru kanan basal.) Rifampisin-Pirazinamid-Ethambutol d. BTA +.) Rifampisin-Isoniazid-Pirazinamid b.) Rifampisin-Isoniazid-Ethambutol c. Obat apa yang diminum oleh pasien ? a. 53th. L 15. Sebelumnya pasien sudah batuk kebih dari 2 minggu.) Pneumonia . Laki.5. T 300.Auskultasi: suara napas melemah pada kedua toraks bawah. Kemungkinan diagnosa ? a. Ro : pendataran sudut recessus costodiafragmatica.) Bronkiolitis c.2.) Asma bronkial b.) Rifampisin-Isoniazid-Streptomisin e.) Emfisema e. Pria umur 50 tahun datang dengan keluhan batuk darah sejak 2 hari yang lalu.) Pneumotoraks c. Seorang bayi 8b ulan dibawa ke IGD dengan sesak napas.) Efusi pleura e. 25x. GDS 150. Ur 200. Sputum BTA (+).) Rifampisin-Ethambutol-Streptomisin 119.) INH b. Penurunan BB.) Pyrazinamid d. S 36.) Kanamisin 118. RR 100x/mnt.) Atelektasis b.) Bronkitis d. demam tidak terlalu tinggi. Batuk berdahak kuning. Diagnosa ? a.000.

Terapi ? a. Ventilasi c. sudah 5th.120. Obat TB yang tidak boleh digunakan pada ibu hamil karena efek ototoksik ? a.) Albuminuria .) E e.) Antipsikotik d. Pasien 50 th penderita penyakit gula.) Bronkitis kronik c.) S 121. Pemeriksaan BTA saat ini negatif. Pasien laki .) OAT Tipe 3 e. Pemeriksaan apa yang paling tepat? a.) Bronkiolitis 122.) Pneumonia d.) Bronkiektasis e.) Z d. Terapi simtompatik 123. demam sejak 3 hari lalu. batuk berdahak dan pilek.) OAT Tipe 1 b. Ingin mengetahui komplikasi ke ginjal. Diagnosa penyakit ini ? a.) Sosialisasi dengan penderita TB lain b.) Antidepresan e.laki usia 35 th datang dengan keluhan batuk. auskultasi vesikuler mengeras. 2 tahun lalu pernah menjalani pengobatan TB paru selama 6 bulan . Pada pemeriksaan fisik di hemithorax kanan didapatkan perkusi sonor.) OAT Tipe 2 d. Seminggu ini malas melakukan aktivitas dan mengurung diri karena sedih tidak sembuh – sembuh . Pasien pria 35 tahun.) H c. OAT + Quinolon c. Terapi kelompok 124. Ro thorax didapatkan hipervaskularisasi.) Ureum b. Seorang pria usiaa 32th .) Bronkitis akut b.) Proteinuria d.sedang menjalani pengobatan TB 1th. rutin minum obat gula. dan sudah dinyatakan sembuh. mengalami batuk sejak 2 bulan terakhir .) R b.) Kreatinin c. Pilihan pengobatannya ? a.