You are on page 1of 12

BAB II - KRITERIA DESAIN Pekerjaan “ Perencanaan Teknis (DED) Penyehatan Lingkungan Permukiman (PLP) Tahun 2007

2.1.

DESAIN SALURAN DRAINASE Saluran Drainase digunakan untuk menampung dan membuang air buangan dari daerah sekitarnya. Untuk mendapatkan manfaat, fungsi yang maksimal maka perhitungan dimensi saluran diusahakan menyesuaikan dengan kondisi lapangan dan kondisi kebutuhan. Dalam perencanaan saluran drainase ini aliran yang lewat diasumsikan sebagai aliran tetap (laminer), sehingga dapat dipakai rumus Strickler sebagai berikut : Saluran Persegi Panjang

V = K ⋅ R 3I
Q
A R= P
A = bh

2

1

2

Saluran Dimensi Segi Empat

!. "

(m3/det)
h

dimana :
( m)
(m 2 )

b

P = b + 2h

( m)

Saluran Trapesium dimana :s
R= A P ( m)
(m 2 )
2

h m b
( m)

1

A = ( b + mh ) h
P = b + 2h

(m

+1

2

)

dimana : Q ! " : Debit ban#ir rencana (m 3 / det) : $ecepatan aliran (m%det) : &uas potongan melintang aliran (m')
II - 1

Nota Perhitungan Desain

semak.abel ".race saluran dasar -engendapan dan penggerusan "danya hambatan sepan#ang saluran (pada belokkan) Ukuran dan bentuk saluran .esarnya debit air (kedalaman air) +aktor*faktor di atas dapat dipakai dalam menentukan koefisien Strickler untuk saluran yang akan direncanakan. +aktor*faktor yang berpengaruh di dalam menentukan harga koefisien Strickler adalah sebagai berikut : $ekasaran permukaan !egetasi disepan#ang saluran (rumput. maka penentuan harga koefisien Strickler sangat menentukan.BAB II . tetapi pertimbangan mengenai perawatan saluran di kemudian hari turut menentukan besarnya koefisien Strickler. /arga kekasaran Strickler Nota Perhitungan Desain II . Untuk lebih #elasnya dapat diperiksa pada .1 .KRITERIA DESAIN Pekerjaan “ Perencanaan Teknis (DED) Penyehatan Lingkungan Permukiman (PLP) Tahun 2007 ( b h S $ 2. dll) $etidak teraturan saluran . : )ari*#ari hidrolis (m) : &ebar dasar saluran (m) : $edalaman air (m) : $emiringan saluran : $oefisien Strickler m : $emiringan talud HARGA KOE ISIEN KEKASARAN STRI!KLER Untuk dapat menghasilkan dimensi saluran yang ideal dan sesuai dengan kebutuhan.2.

Ta"el ( Ke%epa$an Aliran un$u# Sal. berikut ini.eton Saluran permukaan -ada dua sisi -ada satu sisi Seluruh permukaan -ada dua sisi -ada satu sisi K 43 4'. -enentuan kecepatan saluran #uga harus dilihat terhadap kemungkinan ter#adinya loncatan air.KRITERIA DESAIN Pekerjaan “ Perencanaan Teknis (DED) Penyehatan Lingkungan Permukiman (PLP) Tahun 2007 Ta"el A.atu kali -asangan pada satu sisi -asangan pada satu sisi -asangan pada semua sisi -asangan . terutama pada saluran tanah dengan batuan yang tidak stabil.1 .&. Harga Ke#asaran S$ri%#ler Saluran .BAB II .abel . KE!EPATAN ALIRAN RATA'RATA ALIRAN $ecepatan air sangat berpengaruh pada stabilitas dari lapisan permukaan saluran.anah Ke$erangan Q 0 12 3 0 Q 0 12 10Q03 1 0 Q dan saluran tersier -asangan .3 42 53 4' 43 32 43 4' 42 62 32 43 2.atu $osong . Dan disa#ikan dalam . oleh sebab itu penentuan kecepatan aliran sangat besar pengaruhnya. II . Drainase (a)an K*ns$ru#si Nota Perhitungan Desain +ma.

22 4a%am Saluran Primer Se#un/er Tersier 92 :2 42 52 42 52 :2 42 52 '2 52 '2 52 '2 '2 13 '2 13 2.KRITERIA DESAIN Pekerjaan “ Perencanaan Teknis (DED) Penyehatan Lingkungan Permukiman (PLP) Tahun 2007 -m.eton $onstruksi 2.1.BAB II .anah keras -asangan batu kosong -asangan batu kali .22 1. selalu diperlukan berbagai bangunan pelengkap.32 '.1 . serta kemungkinan adanya debit air yang datang lebih besar dari perkiraan #uga untuk memberi ruang bebas pada aliran maka diperlukan ruang bebas dalam tinggi #agaan (free board) yang besarnya tergantung pada fungsi saluran.6.22 4. Ta"el ! Da3$ar 2agaan Air Saluran Drainase Uraian T5pe K*$a $ota raya $ota besar $ota sedang $ota kecil T5pe Daera) .ndustri%kom ersial -emukiman Sumber: Kriteria Perencanaan DPU Pengairan 1.anah . Untuk menghindari ter#adinya kesalahan dalam menentukan besarnya Nota Perhitungan Desain II . TINGGI 2AGAAN 7una men#aga terhadap loncatan air akibat bertambahnya kecepatan. disepan#ang #aringan yang direncanakan. $riteria tinggi #agaan dari $riteria D-U -engairan disa#ikan pada .22 5. (ANGUNAN PELENGKAP -ada perencanaan #aringan drainase./e$0 .abel 8.

62 2.ulat .ulat 2.63 Gambar 2. Gorong-gorong Terisi Penuh dan Pende Nota Perhitungan Desain II .ulat Sumber : Standar Perencanaan Irigasi (Desember 19 !) Segi 4 Segi 4 .1 .63 2.ulat 2. maka diperlukan perhitungan yang sesuai dengan #enis bangunannya.esarnya Debit (m5%det) : $oefisien debit tergantung bentuk gorong*gorong : &uas pipa (m') : -ercepatan 7ra<itasi ( 9.KRITERIA DESAIN Pekerjaan “ Perencanaan Teknis (DED) Penyehatan Lingkungan Permukiman (PLP) Tahun 2007 dimensi bangunan pelengkap tersebut. G*r*ng'g*r*ng (umus gorong*gorong : Terisi Penuh dan Pendek Q =U .1.=2 2.BAB II .92 Dasar le"i) Tinggi /ari Saluran Am"ang Sisi U Segi 4 . 2 g . K*e3isien De"i$ le7a$ G*r*ng'g*r*ng Dasar Da$a /engan Saluran Sisi U Segi U . A.D h $eterangan : Q U " g : .=1 m%det') Dh : -erbedaan tinggi energi (m) Ta"el D.

L I= V p2 K 2 .2. Gorong-gorong Terisi Penuh dan Pan!ang Nota Perhitungan Desain II .1 .KRITERIA DESAIN Pekerjaan “ Perencanaan Teknis (DED) Penyehatan Lingkungan Permukiman (PLP) Tahun 2007 Terisi Penu) /an Panjang $ehilangan masuk Dh = U masuk x (V p −Vs ) 2g 2 $ehilangan di gorong*gorong Dh = I .BAB II . & $ ( : $emiringan hidrolis gorong*gorong : -an#ang gorong*gorong : $oefisien aliran strickler : )ari*#ari hidrolis Gambar 2.R 4 3 $ehilangan keluar Dh = U keluar x (V p −Vs ) 2g 2 dimana : Dh : -erbedaan tinggi energi (m) U : $oefisien inflow%outflow tergantung bentuk !p : $ecepatan aliran dalam gorong*gorong (m%det) !s : $ecepatan aliran dalam saluran (m%det) .

A 2 g .Dh /p > '%5 /s Q = 0. Gorong-gorong Tida Terisi Penuh Nota Perhitungan Desain II .U 2 gDh dimana : /p : $edalam air dalam gorong*gorong (m) /s : $edalaman air didepan gorong*gorong (m) Q U " : Debit yang ahrus dilewatkan (m5%det) : $oefisien aliran : &uas aliran air (m') Dh : -erbedaan tinggi energi Gambar 2.KRITERIA DESAIN Pekerjaan “ Perencanaan Teknis (DED) Penyehatan Lingkungan Permukiman (PLP) Tahun 2007 Ti/a# Terisi Penu) Untuk : /p 0 '%5 /s Q =U .385.1 .BAB II .".

V2 2g dimana : 5  C =  b  4 3 −1 /f : $ehilangan tinggi (m) ! g S b : $ecepatan aliran (m%det) : percepatan gra<itasi : .KRITERIA DESAIN Pekerjaan “ Perencanaan Teknis (DED) Penyehatan Lingkungan Permukiman (PLP) Tahun 2007 Kisi'#isi pen5aring -ada tiap*tiap awal gorong*gorong akan dipasang kisi*kisi penyaring agar kotoran tidak masuk ke gorong*gorong.BAB II . $riteria Struktur saluran Nota Perhitungan Desain II .12 m 9.1 .ebal besi sisi (m) : )arak antara batang besi beton 2. PERHITUNGAN STRUKTUR $riteria struktur yang digunakan dalam perencanaan . $riteria muatan 5. $isi*kisi penyaring dibuat dari besi beton dengan diameter 12 cm.8. kisi tersebut dibuat miring dengan sudut 63 o dan arah besi beton dibuat <ertikal. $riteria bahan '.eknis Drainase ini meliputi : 1.=1 m%det' 2. $ehilangan energi dengan adanya kisi*kisi tersebut dihitung dengan rumus : Hf = C.

U 52. adapun mutu dan acuan yang digunakan : ?utu : U'4.atu kali .esi beton yang digunakan disesuaikan dengan yang ada di pasaran.eton (a$u Kali Saluran drainase yang terbuat dari pasangan batu kali tidak diperkenankan menerima tegangan tekan yang lebih dari = kg%cm' (e$*n Untuk beton digunakan sebagai berikut : . φ'' (mm) 4ua$an $riteria adalah : Untuk muatan mati sesuai -?.esi .BAB II .1 muatan yang digunakan dalam perhitungan perencanaan .23 m untuk konstruksi yang berhubungan dengan air dan 2. φ1'. U5' Ukuran : φ=. φ1:.KRITERIA DESAIN Pekerjaan “ Perencanaan Teknis (DED) Penyehatan Lingkungan Permukiman (PLP) Tahun 2007 4. Untuk lapisan aus ditutup dengan pasir aspal minimal setebal 2.angunan -en#elasan secara terperinci mengenai kriteria tersebut adalah sebagai berikut : (a)an )enis bahan konstruksi yang digunakan dalam peker#aan drainase meliputi : o o o .1' m dan ketebalan selimut beton 2. $riteria Struktur .25 m untuk konstruksi yang tidak berhubungan dengan air. φ12.eton untuk lining : $''3 : $163 .eton . (esi (e$*n .eton untuk konstruksi .2' m.eton penutup dengan ketebalan minimum 2. 1995 Untuk muatan ber#alan sesuai dengan spesifikasi dan standar .ndonesia untuk #alan dan #embatan tahun 1962 Nota Perhitungan Desain II .

.222 $g%m' setiap kedalaman 4 m S$ru#$ur Saluran Saluran drainase pada tempat*tempat tertentu perlu talud saluran yang terbuat dari pasangan batu kali dan beton.7orong*gorong dapat dibentuk bulat atau segi empat .Diameter gorong*gorong minimal :2 cm agar dapat dibersihkan dengan kayu%bambu . S$ru#$ur G*r*ng'g*r*ng .Untuk gorong*gorong yang relatif pan#ang diameter minimal adalah =2 cm supaya dapat dimasuki orang untuk pemeliharaannya. Saluran pasangan beton dapat diker#akan dengan ' (dua) cara yaitu cetak ditempat dan pracetak ketebalan minimum = cm.KRITERIA DESAIN Pekerjaan “ Perencanaan Teknis (DED) Penyehatan Lingkungan Permukiman (PLP) Tahun 2007 Untuk tekanan air ditetapkan sebesar 12. +ungsi dari talud adalah untuk : .1 .-enutup minimum pada penyeberangan #alan adalah 1 m . G*r*ng'g*r*ng Terisi Penu) /an Pen/e# talud sehingga tidak membahayakan lingkungan Nota Perhitungan Desain II .mencegah erosi akibat kecepatan air yang besar .kestabilan sekitarnya. .eberapa tipe pembuatan tebing saluran adalah sebagai berikut : 1.atasan yang digunakan dalam perencanaan gorong*gorong adalah : .1a.-enutup pada penyeberangan #alan diusahakan selebar #alan atau dapat ditin#au pada fungsi #alan tersebut pada #angka pan#ang perlu diperhatikan pembebanannya.BAB II . Saluran pasangan batu ketebalan minimum '3 cm dengan kedalaman pondasi sesuai dengan hasil penyelidikan tanah.32 m . Gam"ar 2.-enutup minimum pada penyeberangan desa adalah 2. '.

6. G*r*ng'g*r*ng Ti/a# Terisi Penu) Nota Perhitungan Desain II .1 .BAB II .1".KRITERIA DESAIN Pekerjaan “ Perencanaan Teknis (DED) Penyehatan Lingkungan Permukiman (PLP) Tahun 2007 Gam"ar 2. G*r*ng'g*r*ng Terisi Penu) /an Pen/e# Gam"ar 2.

KRITERIA DESAIN Pekerjaan “ Perencanaan Teknis (DED) Penyehatan Lingkungan Permukiman (PLP) Tahun 2007 Nota Perhitungan Desain II .BAB II .1 .