You are on page 1of 22

DESI KURNIAWATI R0012020 B

LOCK OUT TAG OUT ( LOTO )
1. Pengertian a. LOTO (Log Out Tag Out) adalah gabungan anatara penerapan metode mekanis dan system peringatan tertulis (pemasanagn label) yang dipasang pada suatu peralatan sebagai peringatan kepada orang lainbahwa peralatan bersumber energy berbahaya dimaksud, sedang diisolasi dan tidak boleh dioperasikan selama gembok dan label terpasang pada peralatan tersebut. b. Prosedur keselamatan yang penting untuk melindungi pekerja dari cidera ketika bekerja dengan atau dekat circuit dan peralatan bertenaga antara lain tenaga listrik, hidrolik, mekanik. c. LOTO sangat berkaitan dengan safety khususnya ketika melakukan maintenance atau pekerjaan teknis lainnya. 2. Energi a. nergy meliputi energy kinetic dan potensial meliputi listrik, mekanik, hidraulik, pneumatic, kimia dan panas. b. !erenergi adalah berhubungan dengan suatu sumber atau mengandung energy sisa yang tersimpan c. "umber energy adalah setiap sumber listrik, mekanik, hidrolik, pneumatic, kimia, panas atau energy lain. d. #lat pengisolasi energy adalah alat mekanis yang secara fisik mencegah pemindahan atau pelepasan energy, termasuk tetapi tidak terbatas pada halhal berikut $ pemutus arus listik yang dioperasikan secara manual, slip buta%buntu, katup lurus, aktup blok dan setiap alat serupa yang digunakan untuk menggembok dan mengisolasi energy.pada alat pengisolasi energy

1

DESI KURNIAWATI R0012020 B

e. Penguncian adalah pemasangan gembok, sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan, untuk memastikan bahwa alat pengisolasi energy dan peralatan yang sedang dikendalikan tidak dapat dioperasikan hingga alat pengunci itu dilepas. f. #lat pengunci adalah suatu alat yang dapat mengunci, dapat berupa gembok dan anak kuncinya atau kunci kombinasi untuk menahan suatu alat pengisolasi energy pada posisi aman dan mencegah pelepasan energy pada mesin atau peralatan. g. Perawatan dan pemeliharaan adalah kegiatan di tempat kerja seperti pekerjaan konstruksi, pemasangan, penempatan, penyetelan, pemeriksaan, pemgubahan dan pemeliharaan dan%atau perbaiakan mesin atau peralatan. h. Pemasanagn label adalah memasang suatu label pada suatu peralatan pengisolasi energy untuk melarang orang mengoperasikan atau mengalirkan energy pada suatu peralatan yang sedang dirawat, dipelihara, diperbaiki, dimodifikasi atau dikontrol tanpa i&in. i. Label adalah suatu tanda peringatan yang jelas berupa label dan perlengkapannya yang dapat dipasangkan dengan kuat pada alat pengisolasi energy sehingga dapat menunjukkan bahwa alat pengisolasi energy dan peralatan yang sedang dikendalikan tidak boleh dioperasikan sampai label dilepaskan. j. 'emblok adlah memasang suatu alat guan mencegah gerakan energy, mesin, atau peralatan . S!"#er #a$a%a %ang &er'! tan(a &eringatan (etika melakukan ser)ice atau maintenance mesin, yang meliputi $ • • Proses instalasi "et up

2

. hidrolik. chemikal. pneumatic. karena proses pengeluaran isi tangki dapat menimbulkan tegangan listrik statis. P*ten+i #a$a%a . thermal.er-a (i in(!+tr% .ar"a+i a. ).ntuk tangki penyimpanan yanh berukuran besar harus dilengkapi dengan system grounding yang baik. !ahaya mekanis di lingkungan industry farmasi antara lain $ + + + + + + !ahaya kejatuhan benda asing !ahaya terkena bagian mesin yang bergerak !ahaya terkena uap atau cairan panas !ahaya bekerja di ruangan tertutup (ondisi udara dengan kelembaban udara terlalu rendah !ahay kebisingan b. padahal tingakat bahya yang ditimbulkan sangat besar bahkan bisa fatal.) !ahaya yang berasal dari sumber listrik -) !ahaya berasal dari bahaya elektrostatis lektrostatis adalah bahaya listrik yang jarang sekali disadari sehingga kurang diperhatikan. !ahaya listrik di lingkungan industry farmasi $ .DESI KURNIAWATI R0012020 B • • • Pengaturan *nspeksi 'odifikasi mesin atau peralatan !ukan hanya pekerjaan elektrikal tapi juga mencangkup pekerjaan lain seperti mekanikal. /emikian juga filter bag .

!ahaya ergonomis di lingkungan industry farmasi 1 2erakan yang alah. • . misalnya $ . karena proses pengeluaran isi tangki dapat menimbulkan tegangan listrik statik.ntuk mengangkat beban yang terlalu berat sebaiknya menggunakan lifter -) 'engangkat beban berat di atas -4 kg denagn punggung membungkuk dapat beresiko menimbulkan cidera pada punggung ) . d.) *nstalasi listrik yang tidak memenuhi standar -) (abel yang terkelupas 0) (ebocoran pipa steam atau utility yang merusak kabel atau panel listrik sehingga beresiko terhadap bahaya hubungan pendek atau bahaya terkena sengatan listrik !ahaya listrik di lingkungan industri farmasi dari bahaya elektro statik $ • lekto statis adalah bahaya yang jarang sekali disadari sehingga terkesan kurang diperhatikan.ntuk tangki penyimpanan yang berukuran besar harus dilengkapidengan system grounding yang baik.) . !ahaya listik ini pada umumnya disebabkan oleh $ . 3arus diberi tanda peringatan kepada operator tentang dasar+ dasar ergonomis. padahal tingkat bahaya yang ditimbulkan sangat besar bahkan bisa fatal.DESI KURNIAWATI R0012020 B yang tidak bagus pada mesin fluid bad dryer dapat berpotensi menimbulkan ledakan akibat elektrostatis.

Penempatan bahan+bahan ini harus dipastikan aman dan tidak terjadi kebocoran. e. Potensi bahaya radiasi di industry farmasi . !eberapa indusri farmasi ada yang memanfaatkan teknologi laser untuk system coding pada bahan kemas. 0) !ahaya terpapar bahan berbahaya 5) !ahaya menghirup atau menelan bahan berbahaya f. harus dipastiakn bahwa intensitas yang digunakan masih dalam batas aman.) "ystem pencahayaan yang kurang atau yang terlalu terang -) !ahaya sinar ultra)iolet pada passbo6 atau clean room 0) 7adiasi sinar laser. 5) 7adiasi pada proses pengelasan 4) 7adiasi sinar *7 (*nfra Ted). !eberapa mesin dilengkapi dengan system sensor yang menggunakan sinar infra merah. #sam kuat seperti peroksida pekat jika menetes di meja kayu palet atau tissue bisa menimbulkan terjadinya kebakaran. / . !ahaya akibat berinteraksi dengan bahan kimia di industry farmasi $ .DESI KURNIAWATI R0012020 B 0) Operator yang duduk terus menerus dengan posisi meja kerja terlalu rendah dalam jangka panjang dapat menyebabkan perubahan bentuk tulang punggung jadi bungkuk.) !ahay terkena bahan iritasi atau korosif -) !ahaya &at+&at oksidator kuat !ahan oksidator yang kuat sangat berbahaya karena selain bahan ini bersikap korosifjuga berpotensi menimbulakan ledakan atau kebakaran.

aat LOTO 1 . Ka&an LOTO (i'a.DESI KURNIAWATI R0012020 B 8) 7adiasi sinar 9. instalasi listrik atau fasilitas proses produksi yang seang diperbaiaki atau dalam perawatan.!a. direno)asi atau diganti. 0) #lat pengisolasi energy sedang diperbaiki atau sedang dibuatkan atau ditambahkan pada suatu peralatan 4. seperti pada posisi berikut $ .) 'esin % peralatan proses baru yang hendak dibeli dan dipasang -) Peralatan yang ada sedang dimodifikasi. !eberapa industry farmasi memiliki alat pendeteksi logam atau memonitor isi kemasan dengan peralatan yang menggunakan sinar 9. 0an. T!-!an LOTO 'elindungi orang+orang yang sedang bekerja atau berada di sekitar mesin. Pengg!naan LOTO Proses LOTO ini merupakan persyrataan minimum yang ditetapkan pada seluruh fasilitas apabila pegawai atau mitra kerjanya melakukan pekerjaan pada tempat kerja di mana pelepasan energy berbahaya sangat mungkin dapat terjadi. diperbaiki. /.nit atau alat kerja secara paralel oleh beberapa orang mekanik atau group dengan objek kerja yang berbeda. 2 .) 'encegah terlepasnya energiyang tersimpan secara tiba+tiba -) 'enghindari pengoperasian yang tidak terduga 0) 'encegah tidak terjadinya cidera pada pekerja atau kerusakan pada alat itu sendiri 2.an 5 . 3.) .

-. 2as 5. :enis energy yang berbahaya • R!ang Ling. di mana teknisi tidak terlihat 0) Pekerjaan tidak selesai dalam sekali waktu sehingga harus ditunda dan dilanjutkan lain waktu. "er)ice rutin yang tidak membahayakan orang lain. 3 . • Energi (a&at "e"#a$a%a. 1 . Listrik -.dara terkompresi 0. .! &a(a 1 . uap • LOTO ti(a.an (an "e"i'i. 0..DESI KURNIAWATI R0012020 B -) ..i #er"a8a" #ent!. Penggunaan LOTO pada sumber bahaya -. Penerapan LOTO di tempat kerja 0.!& $ . #lat yang berenergi tunggal dan cukup sekali isolasi untuk menon+ aktifkannya. Tenaga hidrolik 4.!& LOTO yaitu untuk ser)ise dan perawatan alat atau unit dimana ada potensi terlepasnya energy%start up secara tak terduga dan mencinderai pekerjaan. APLIKASI 6 PENERAPAN LOTO DI PERUSA7AAN • R!ang Ling. .. #er'a.nit yang dikerjakan memiliki dimensi besar % instalasi luar.nit yang tidak memiliki energy tersimpan.

#lat pengunci harus tidak dapat dibuat kecuali dengan alat pemasang logam. pemeliharaan. La#e' Label harus dibuat berwarna standar untuk menunjukan siapa yang memasangan. mekanik.ontoh yang termasuk mesin atau peralatan tetapi tidak terbatas pada pasokan listrik. 4 . . • "ituasi kerja dimana terjadi pelepasan energy atau start+up dapat terjadi termasuk pada konstruksi baru.hecklist Pemasangan dan Pelepasan (unci dan Label. 2embok dan anak kuncinya harus memiliki masing+masing orang. dan termal. Perang. . dan penyesuaian. tegangan tinggi. system kipas. hidrolik. • !entuk energy untuk dipertimbangkan meliputi listrik.. Pemasangan harus menandatanganinya. Perangkat (eras !antu Lainnya 5. #lat Pengunci 0. 2. dan laser. instalasi atau set+up peralatan. perbaikan dan pelayanan mesin dan peralatan.at Kera+ Bant! Lainn%a. boiler. • A'at (an Ba$an LOTO 1. mesin penggilingan. inspeksi. dan tidak berfungsi sebagai kunci master. Pemasangan harus memegang anak kuncinya. A'at Peng!n8i "esuatu yang dianjurkan untuk menggunakan alat pengunci yang standar. pneumatic. Label -. kimia. Label biasanya dibuat berbeda warna untuk menunjukan pekerja memahami derajat bahaya yang ada. ele)ator. mikroskop electron. • A'at (an Ba$an LOTO .DESI KURNIAWATI R0012020 B • .

dan untuk operator. (egagalan untuk menghentikan peraltan -. electrical. Pegawai berwenang termasuk tetapi tidak terbatas kepada petugas listrik. atau instrument.e8e'a. pemeliharaan.!ning: 9arna $i-a!: 9arna &!ti$: 9arna "era$ "!(a. yellow tape. pelindung sirkuit pengendali.aan .'i+t Pe"a+angan (an Pe'e&a+an K!n8i (an La#e' . skillet. c.ontoh dari perangkat ini antara lain seperti penghalang. mekanik atau orang yang bertanggung jawab dalam penerapan prosedur penguncian dan pemasangan label.. flense+buta. LOTO dibagi dalam beberapa warna dengan tujuan untuk membedakan peruntukkan pekerjaan yang sedang dilakukan.a+i Warna LOTO Terdapat berbagai macam warna untuk mengidentifikasi LOTO. Petugas yang mengunci % memblok % memasang label pada mesin. barricade. atau modifikasi pada peralatan tersebut.hecklist pemasangan kunci dan label harus diisi dan pelepasan kunci dan label harus diisi oleh pegawai berwenang. . seperti perbaikan peralatan oleh mekanik.er-a #er. seperti penyelia pemeliharaan. mandor%penyelia pelaksanaan pekerjaan. pekerjaan confined space. • Pega9ai #er9enang a. fasilitas proses produksi atau peralatan listrikuntuk melakukan perbaikan. • I(enti. . • / &en%e#a# !ta"a ter-a(in%a . ). b.i. C$e8. Pegawai berwenang dan operator mungkin saja orang yang sama apabila tugs operator juga termasuk melaksanakan pekerjaan itu. (lasifikasi warna bisa disesuaikan oleh masing+msing peraturan keselamatan kesehatan kerja perusahaan.DESI KURNIAWATI R0012020 B . !eberapa warna pada LOTO adalah 9arna #ir!: 9arna "era$: 9arna . (egagalan untuk memutus aliran energy dari sumbernya. rantai.enaan (engan LOTO .

(egagalan untuk menghilangkan sumber energy 5. Peralatan % mesin yang telah diperbaiki dapat digunakan kembali.DESI KURNIAWATI R0012020 B 0. "ecara tidak sengaja mengoperasikan kembli peralatan yang sedang diperbaiki. 'emberitahu dan memperingatkan operator atau pekerja yang terpengaruh atau berkenaan dengan mesin%peralatan bahwa peralatan akan diputuskan sambungannya dari sumber arus. • Pr*+e(!r Pe"a+angan LOTO . 'emasang lockoutdan Tagout 8. Pindahkan peralatan kerja dan pangaman. • Pr*+e(!r Pe'e&a+an LOTO . -. Tidak membersihkan area kerja sebelum mengopersikan kembali perlatan yang telah diperbaiki. Pastikan peralatan telah aman untuk diopersikan kembali -. 5. mematikan mesin atau perlatan. 0. Persiapan untuk memutuskan sambungan. =erifikasi kembali bahwa energy telah dimatikan. 3idupkan energy <. !eritahu semua pekerjan yang berhubungan dengan perlatan bahwa peralatan akan segera dioperasikan kembali. 10 .. 4. #mankan semua pekerja yang berhubungan jauh dari peralatan%mesin 5. 'engisolasikan perlatan 4. 8. Lepaskan atau buang energy yang tersisa jika ada <.ntuk mesin yang dikendalikan dengan system otomatis program computer maka harus dimatikan secara manual sebagai tanda untuk mengkomunkasikan bahaya pada operator atau orang yang dapat mengoperasikan mesin dari tempat lain. Lepaskan LOTO oleh orang yang memasangnya.. . Peralatan dimatikan%diputuskan sambungannya dari sumber arus. 0. 4.

Paling tidak satu anggota harus memasang. Pekerja berada dalam posisi aman untuk menghidupkan mesin . 4. Pastikan semua energy tersimpan telah terlepas atau kunci dengan aman. -. harus dikoordinasi dengan bagian safety ( 3" ) sebelum melakukan perawatan.ti. tangki penyimpan atau per tergulung. • nergy tersimpan memiliki bentuk mata pisau atau beban yang dinaikkan. 0.e. :ika lockout tidak dapat dipasang. . • nergy tersimpan terkunci dengan baik. #pakah kunci bias dipasang> Pastikan bahwa peralatan yang akan diperbaiki dapat dikunci dilepaskan energinya. <. tersimpan dalam kapasitor. tekanan tersisa dari gas atau cairan.ontrol diletakkan dengan tepat untuk mulai dan mesin siap dipakai sama bahayanya sehingga penting untuk memastikan bahwa sumber energy dan energy yang tersimpan 11 . (etika banyak bagian maintance yang terlibat. Lockout%tagout ke semua titik penguncian.DESI KURNIAWATI R0012020 B • Pr*gra" Ke+e'a"atan Peng!n8ian %ang E. *kuti prosedur perawatan di perusahaan ?.. Tentukan siapa yang akan memasang lockout%tagout. Lockout%tagout masing+masing. Tentukan urutan penguncian 5. Tentukan sumber energy mana yang harus dikunci. 8. Lockout harus selalu dipasang jika memungkinkan. selalu pastikan bahwa $ o o o o "emua alat keselamatan sudah kembali normal Personil maintance telah selesai dan peralatan telah diletakkan dengan benar. Pastikan setiap anggota memasang. "ebelum melepas kunci%tag dan menggunakan mesin kembali. listrik.

• 7ATI<7ATI ==== "ebuah peralatan dapat ditenagai oleh berbagai sumber seperti $  Listrik  2as  !eban terangkat "umber+sumber energy tersebut dapat mengandung energy sisa dan satu sumber saja yang tidak dikunci dengan benar masih berbahaya. + "ebelum memulai perawatan  kontak super)isor manager keselamatan atau orang yang berwenang untuk detail prosedur dan kebijakan. + #dalah penting untuk mengikuti prosedur dan kebijakan lockout%tagout yang dibuat oleh organisasi%perusahaan.DESI KURNIAWATI R0012020 B @.  "esuai dengan panduan lockout%tagout. . pemimpin tim harus menjadi orang terakhir yang membuat kuncinya.C. 3anya yang memasang lockout%tagout yang seharusnya melepasnya. .. 3#AB# orang yang memasang lockout%tagout yang seharusnya melepasnya.  (eselamatan  tanggung jawab setiap orang  "emua karyawan dari kontraktor eksternal harus memliki pemahaman dasar mengenai kebijakan dan prosedur lockout%tagout. 12 ..  "angat penting menyediakan pelatihan dan pendidikan yang memadai dan terus menerus khusus untuk tempat kerja. :ika terdapat anggota sebuah tim perwatan yang bekerja pada peralatan dengan titik kunci ganda. Pelatihan dan pendidikan karyawan terus menerus. *kuti posedur yang telah ditetapkan perusahaan untuk membuka dan melepas tag pada titik penguncian dan mengembalikan mesin pada posisi perbaikan. • Pastikan tidak ada yang mencoba menyalakan mesin dalam langkah tersebut.

Tanggung :awab  • S!&er>i+*r a. (ebijakan menerapkan persyaratan kerja minimum untuk mengendalikan potensi kondisi+kondisi berbahaya. c. '*8. Lockout%tagout pada piranti pemutus energy%tenaga dan bila tidak matikan mesin atau perlengkapan untuk mencegah pengaliran tenagaatau hidupnya mesinyang tidak terduga.et% a. 1 . Kar%a9an a. pemeliharaan. 'emberikan pedoman berkenaan dengan pemberlakuan lockout%tagout kepada seluruh karyawan yang teribat dalam suatu proses pekerjaan. • 3arus menjaga kewaspadaan disegala aspek kebijakan lockout%tagout 'emastikan bahwa semua karyawan dibawah pengawasannya memahami semua persyaratan untuk menaati peraturan.DESI KURNIAWATI R0012020 B • Pr*+e(!r !nt!. ataupun kegiatan lainnya yang terkait. b. Sa. 'elakukan pemeriksaan berkala. terjadinya pelucutan listrik selama operasi. • 'enjaga keaspadaan semua aspek kebijakan lockout%tagout dan harus mematuhi semua prosedur.*!t6tag*!t Tujuan  semua karyawan akan dilindungi dari cedera yang diakibatkan oleh hidupnya tenaga atau hidupnya mesin atau perlengkapan lainnya secara tidak sengaja. perbaikan. • Penera&an LOTO "afetee /onut  mengunci ball )al)e dengan berbagai diameter $ mencegah akses dan diputarnya gagang.

(an S!"#er Energi nergi$ (emampuan untuk melakukan usaha. -. nergi terbagi menjadi $ .DESI KURNIAWATI R0012020 B I0PLE0ENTASI LOTO PROGRA0 DAN PROSEDUR LOTO • Bent!. 1) . 5.. • nergi Dlamable nergi 7adiasi nergi Listrik nergi (imia nergi Potensial nergi (inetik nergi Panas ?eni+ Pera'atan Ker-a #er(a+a. 0.. 4. Peralatan bersumber energy tunggal $ /i isolasi dan di control dengan satu gembok atau label tunggal -. Peralatan bersumber energy jamak $ /i isolasi dan control dengan lebih dari satu gembok atau label E meyakinkan sumber energy tidak memiliki potensi terhimpun kembali. <. 8.an +!"#er energi #e+erta &e"a+angan '*t*n%a1 .

ti. -. /i gunakan untuk mengamankan perlatan kerja alat tersebut pada posisi FoffG. e. alat control jenis saklar lainnya • D!a -eni+ a'at &engi+*'a+i energ%1 . kabel penghenti darurat. 0. FclosedG atau FAetralG !ila alat tersebut di gembok atau di beri label E mencegah tidak satupun peralatan yang secara tiba+tiba hidup.: #i'a1 .. d. -. f.e. c. saklar selector.. • Pengg!naan Pe'a#e'an 1/ . Pemutus arus saklar pemutus pintu luncur atau pintu dorong (erai (atup saluran Pengahalang dan setiap alat untuk mengisolasi energi E tidak termasuk $ tombol saklar listrik.DESI KURNIAWATI R0012020 B • A'at Pengi+*'a+i Energi $ alat mekanis yang secara fisik mencegah perpindahan atau pembebasan energy ?eni+ @ -eni+ a'at &engi+*'a+i energi 1 a. dapat di gembok tidak dapat di gembok E label • A'at &engi+*'a+i energi e. b.

4.. 0.. Label hanya merupakan satu bagian dari keseluruhan program pengendalian enrgi 8. label tidak boleh di lepas kecuali oleh orang yang memasangnya Label harus legible dan mudah di mengerti oleh seluruh tenaga kerja Label dan perlengakapan yang menyertai E harus di buat dari bahan yang tahan terhadapkondisi lingkungan di tempat kerja. label harus diikatkan secara kuat dan aman terhadap perlengkapan pengisolasian energy E label tiak dapat di pisahkan% di robek selama masih di gunaan Peralatan kerja yang tidak mempunyai perlengkapan penggembokan E kabel. 0. -. 3arus sesuai dengan standar yang berlaku Perlu di lakukan training pada seluruh pekerja yang terkait dengan implementasi pelabelan. pelabelanE tanda peringatan perlengakapan pengisolasian energi..ait (engan i"&'e"enta+i &e'a#e'an1 . -. 5.DESI KURNIAWATI R0012020 B . tali atau rantai di gunakan untuk mengunci katup • Per'eng. • Training ter. 12 .a&an (an Pera'atan L*t* . -. tidak menyediakan pengaman secara fisik. label *ndi)idu alat gembok pengunci Perlengkapan dan peralatan Loto lainnya.

0. -.. 0. /okumentasi prosedur pengendalian energy Program penyelenggaraan training bagi tenaga kerja *nspeksi penggunaan prosedur secara periodic • Pr*+e(!r &engen(a'ian energi 1 . 1 Warna 7i-a! 7ita" 0era$ Bir! Putih • Pengg!naan Operasi Pemeliharaan (onstruksi *nstrument Listrik Pengen(a'ian energi (Pi$a.DESI KURNIAWATI R0012020 B C*nt*$ K*(e Warna Ge"#*.e"#ang. "ana-e"en) 1 .. Perlu di kembangkan.an: "i+a'n%a 1 . Program pengendalian energi Prosedur pengendalian energi • Persyaratan loto E menganjurkan pihak manajemen mengadakan program pengendalian energy di perusahaanya. -. meliputi $ . /igunakan kapanpun untuk mengendalikan energi berbahaya saat melakukan kegiatan perbaikan dan atau perawatan mesin dan peralatan kerja atau pekerjaan+pekerjaan lain yang sejenis • Pr*+e(!r 0ini"!" %ang $ar!+ (i . Perlu di dokumentasikan.. "tatement atau pernyataan tentang bagaimana prosedur akan di gunakan 13 . -..

5. Preparation of shutdown H persiapan untuk mematikan eIuipment shutdown H mematikan mesin dan peralatan kerja eIuipment isolation H Pengisolasian mesin dan peralatan kerja dari sumber energy 5. Persyaratan khusus untuk pengetesan mesin dan peralatan kerja untuk menetukan dan membuktikan efekti)itas penggembokan.. Langkah+ langkah penugasan penempatan yang aman. • Lang.DESI KURNIAWATI R0012020 B -. Langkah+langkah prosedural yang di perlukan untuk mematikan.an &a(a &r*+e(!r LOTO 1 . 0.ontol of stored energy H Pengendalian energy yang tersimpan =erifying isolation of eIuipment H Pembuktian pengisolasian mesin dan peralatan kerja sebelum dilakukan kegiatan perbaikan dan perawatan 14 . Tenaga kerja yang diberi wewenang dan tanggung jawab harus memberitahukan kepada tenaga kerja yang terkena dampak sebelum perlengkapan LOTO di lakukan dan setelah melepas LOTO dari mesin dan peralatan. pemindahan dan transfer perlengkapan Loto dan orang+orang yang bertanggung jawab terhadap prosedur LOTO. 8.a$ !ta"a i"&'e"enta+i %ang $ar!+ (i-a'an. -. pelbelan dan cara pengendalian energy lainnya 4. mengisolasi. . #ppaling LOTO de)ices H penggembokan dan pelabelan pada perlengkapan pengisolasian energy 4. 0. memblok dan menjamin keamanan mesin dan peralatan kerja.

Periksa area kerja Periksa area sekitar mesin dan area kerja 'eyakinkan kembali bahwa penggembokan dan pelabelan hanya boleh dilepas oleh pekerja yang memasangnya 1. hal yang harus di obser)asi$ . In+&. 0.er-a a.+i &eri*(i8 'enginspeksi masing+masing proseur secara periodic sekurang+kurangnya . Training tenaga kerja *nspeksi periodic Pelepasan peralatan LOTO Persyaratan keselamatan LOTO tambahan Training tenaga . -. ?. . . Pe'e&a+an &era'atan LOTO Tindakan yang harus dilakukan pekerja yang berwenang sebelum peralatana LOTO dilepas atau dipindahkan dan energy dilirkan kembali ke mesin atau peralatan kerja . #uthori&ed mployees $ pekerja yang berwenang dan bertanggung jawab #ffected mployees $ pekerja yang mungkin terkena dampak Other mployees $ tenaga kerja lain 2.DESI KURNIAWATI R0012020 B <. • Lakukan pekerjaan perbaikan atau perawatan 7emo)ing LOTO H Pelepasan gembok dan label Pr*gra" (an &r*+e(!r LOTO . satu tahun sekali untuk menjamin prosedur pengendalian energy dilaksanakan dengan baik dan pekerja familier dengan tanggung jawabnya sesuai prosedur yang telah ditetapkan. 0. 1.. c.. -. b. 5.

Pengge"#*.an a("ini+tra+i administrasi • Penerapan penggembokan administrasi bila pada kenyataannya situasi menjadi berbahaya akibat pelepasan energy. Per+%aratan Pera'atan . 5. -. "esuai standar H penggembokan dan pelabelan sesuai dengan standar umum ( sandar warna.DESI KURNIAWATI R0012020 B 5. • /apat diidentifikasi Pengetesan mesin dan peralatan kerja Pelepasan gembok dan label yang ditinggal pemiliknya Pemindahan LOTO pada waktu pertukaran jam kerja bergilir LOTO group Perlu ibedakan antara penggembokan LOTO dengan penggembokan /. kuat -. "ubstansial H peralatan LOTO substansial terhadap upaya minimalisasi insiden secara dini 5. Lama pemakaian H tahan terhadap kondisi lingkungan kerja setempat.bentuk atau ukuran). maka perlu diterapkan prosedur LOTO • LOTO GROUP 20 . Per+%aratan Ke+e'a"atan LOTO ta"#a$an 1 2. !eritahu pekerja yang mungkin terkena dampak setelah pelepasan LOTO dan sebelum menghidupkan mesin atau peralatan kerja ).. 0.. pelabelan format ukuran dan tulisan 0. . perlengkapan pelabelan tahan korosi.

21 .. departemen atau group lainnya -. teknisi. teknisi. + 'etode yang harus diperhatikan $ .DESI KURNIAWATI R0012020 B + /igunakan bila $ pada peralatan gembok. Pekerja yang diberi wewenang harus mengikuti langkah+langkah normal yang ada dalam prosedur LOTO umum atau LOTO tambahan sesuai perlatan atau mesin tertentu • LOTO Gr*!&6 Tag*!t + 'etode untuk memberikan keamaman tingkat tinggi pada karyawan ketika beberapa karyawan berwenang harus bekerja sama untuk melakukan maintenance atau melakukan perbaikan pada sebuah peralatan. + !agian penting dari proses ini adalah untuk menunjukkkan seorang karyawan yang bertanggung jawab tunggal yang bertanggung jawab atas LOTO dan bertanggung jawab untuk prosedur LOTO keseluruhan. "etiap tenaga kerja yang diberi wewenang harus memasang penggembokan indi)idunya pada alat penggembokan group kotak gembok group sesuai mekanisme 4. dan departemen dan lainnya yang terlibat yaitu tanggung jawab pada kepala LOTO yang ditunjuk untuk mengkoorinasikan pekerja dan memastikan kelangsungannya perlindungan kepada tenaga kerja 5. :ika lebih dari . pengisolasian energy dapat dipasang Pada saat perbaikan dan atau perawatan mesin dan perawatan kerja dilakukan oleh tim kerja. team . Tanggung jawab utama penggembokan group pada seorang tenaga kerja yang diberi wewenang yang mewakili sejumlah pekerja yang bekerja dengan perlindungan alat penggembokan 0.

22 . untuk memastikan bahwa peralatan tersebut tidak dapat melepas energy sampai setiap karyawan telah menyelesikan pekerjaan dan dilokasi yang aman.DESI KURNIAWATI R0012020 B + "etiap karyawan yang ditunjuk juga harus menerapkan gembok sendiri untuk titik+titik isolasi pada mesin .