You are on page 1of 5

.3 Etiologi Penyebab tersering dari meningitis adalah mikroorganisme seperti bakteri, virus, parasit dan jamur.

Mikroorganisme ini menginfeksi darah dan likuor serebrospinal. Meningitis juga dapat disebabkan oleh penyebab non-infeksi, seperti pada penyakit AIDS, keganasan, diabetes mellitus, cedera fisik atau obat – obatan tertentu yang dapat melemahkan sistem imun (imunosupresif).5 Meningitis dapat terjadi karena terinfeksi oleh virus, bakteri, jamur maupun parasit : Virus : Meningitis virus umumnya tidak terlalu berat dan dapat sembuh secara alami tanpa pengobatan spesifik. Kasus meningitis virus di Amerika serikat terutama selama musim panas disebabkan oleh enterovirus; walaupun hanya beberapa kasus saja yang berkembang menjadi meningitis. Infeksi virus lain yang dapat menyebabkan meningitis, yakni :
 

Virus Mumps Virus Herpes, termasuk Epstein-Barr virus, herpes simplexs, varicella-zoster, Measles, and Influenza

 

Virus yang menyebar melalui nyamuk dan serangga lainnya (Arboviruses) Kasus lain yang agak jarang yakni LCMV (lymphocytic choriomeningitis virus), disebarkan melalui tikus.5

Bakteri : Salah satu penyebab utama meningitis bakteri pada anak-anak dan orang dewasa muda

di Amerika Serikat adalah bakteri Neisseria meningitidis. Meningitis disebabkan oleh bakteri ini dikenal sebagai penyakit meningokokus. Bakteri penyebab meningitis juga bervariasi menurut kelompok umur.5 Selama usia bulan pertama, bakteri yang menyebabkan meningitis pada bayi normal merefleksikan flora ibu atau lingkungan bayi tersebut (yaitu, Streptococcus group B, basili enterik gram negatif, dan Listeria monocytogenes). Meningitis pada kelompok ini kadang -kadang dapat karena Haemophilus influenzae dan patogen lain ditemukan pada penderita yang lebih tua. Meningitis bakteri pada anak usia 2 bulan – 12 tahun biasanya karena H. influenzae tipe B, Streptococcus pneumoniae, atau Neisseria meningitidis. Penyakit yang disebabkan oleh H.influenzae tipe B dapat terjadi segala umur namun seringkali terjadi sebelum usia 2 tahun.

dan Mycobacterium tuberculosis dapat juga mengakibatkan meningitis. Treponema pallidum. Risk and/or Predisposing Factor Age 0-4 weeks Bacterial Pathogen Streptococcus agalactiae (group B streptococci) E coli K1 Listeria monocytogenes Age 4-12 weeks S agalactiae E coli H influenzae S pneumoniae N meningitides Age 3 months to 18 years N meningitidis S pneumoniae H influenza Age 18-50 years S pneumoniae N meningitidis H influenza Age older than 50 years S pneumoniae N meningitidis L monocytogenes Aerobic gram-negative bacilli Immunocompromised state S pneumoniae N meningitidis L monocytogenes Aerobic gram-negative bacilli Intracranial manipulation.Klebsiella. Enterobacter. including neurosurgery Staphylococcus aureus Coagulase-negative staphylococci Aerobic gram-negative bacilli. Citrobacter diversus merupakan penyebab abses otak yang penting. including P aeruginosa Basilar skull fracture S pneumoniae H influenzae Group A streptococci CSF shunts Coagulase-negative staphylococci . Pseudomonas.

mucormycosis (phycomycosis) dan nocardiosis. Kelompok ini tidak menginfeksi orang normal. Kelompok kedua adalah kelompok jamur apportunistik. candidiasis. Dapat juga pada anak yang imunokompeten. Berikut beberapa patogen jamur :5 Common Fungal Pathogens Yeast forms Candica Albicans Crytococcus neoformans Dimorphic Forms Blastomyces dermatidis Coccidioides immitis Histoplasma capsulatum Mold forms Aspergillus Tabel 3. Cryptococcus neoformans dan Coccidioides immitis adalah penyebab utama meningitis jamur pada anak imunokompeten. Secara alamiah. Jamur patogenik adalah beberapa jenis spesies yang dapat menginfeksi manusia normal setelah inhalasi atau inflantasi spora. Infeksi jamur pada susunan saraf pusat dapat menyebabkan meningitis akut. penyakit yang melemahkan. subakut dan kronik. Bakteri penyebab tersering menurut umur dan faktor predisposisi 2 Jamur: Jamur yang menginfeksi manusia terdieri dari 2 kelompok yaitu. Jamur patogenik menyebabkan histiplasmosis. Penyakit yang termasuk disini adalah aspergilosis. cryptococcosis. blastomycosis. jamur patogenik dan opportunistik. Biasanya sering pada anak dengan imunosupresif terutama anak dengan leukemia dan asidosis. coccidiodomycosis dan paracoccidiodomycosis. Candida sering pada anak dengan imunosupresi dengan penggunaan antibiotik multiple. Patogen Jamur yang Sering .S aureus Aerobic gram-negative bacilli Propionibacterium acnes Tabel 2. resipien transplant dan neonatus kritis yang menggunakan kateter vaskular dalam waktu lama. manusia dengan penyakit kronis atau keadaan gangguan imunitas lainnya lebih rentan terserang infeksi jamur dibandingkan manusia normal.

dan Ureaplasma. Meningitis oleh karena Mycobacterium Tuberculosis jarang. Virus lain yang lebih jarang seperti virus Epstein-Barr . Listeria. Toxoplasma.meningitidis dan S. HHV-6. penyakit yang disebabkan oleh H. HSV. dan virus influenza A dan B. Mycoplasma pneumonia juga dapat menyebabkan meningitis yang berat dan meningoencephalitis pada grup usia ini. Pada host yang immunocompromised.Coli ( Klebsiella. 0 – 3 bulan : Pada grup usia ini meningitis dapat disebabkan oleh semua agen termasuk bakteri. E. b. Meningitis virus pada grup ini tersering disebabkan oleh enterovirus. namun harus dipertimbangkan pada daerah dengan prevalensi tuberculosis yang tinggi dan jika didapatkan anamnesis. influenza tipe B masih dapat dipertimbangkan pada meningitis yang terjadi pada anak kurang dari 2 tahun yang belum mendapat imunisasi atau imunisasi yang tidak lengkap. virus rabies. H. Enterobacter). . nontypeable H. dan arbovirus. virus lymphocytic choriomeningitis.influenza. jamur. streptococcus lain. virus. jamur. Bakteri penyebab yang tersering seperti Streptococcus grup B.Pneumoniae. enterovirus dan Cytomegalovirus. LCS dan laboratorium yang mendukung diagnosis Tuberkulosis.influenza tipe B telah menurun. 5 tahun – dewasa Bakteri yang tersering menyebabkan meningitis pada grup usia ini seperti N. Mycoplasma. Bakteri penyebab tersering meningitis pada grup usia ini belakangan seperti N. bakteri usus selain E. tuberculosis dan HIV. 3 bulan – 5 tahun Sejak vaksin conjugate HIB menjadi vaksinasi rutin di Amerika Serikat. Serratia spesies.pneumoniae. Virus yang sering seperti Herpes simplekx virus (HSV). Virus yang sering pada grup usia ini seperti enterovirus. herpes virus. c.meningitidis dam S.Coli. Human Herpesvirus-6 (HHV-6). harus juga dipertimbangkan oleh pathogen lain seperti Cryptococcus. meningitis yang terjadi selain dapat disebabkan oleh pathogen seperti di atas. gejala klinis.Mikroorganisme yang sering menyebabkan meningitis berdasarkan usia :3 a. jamur. dan bakteri anaerob.

Tabel 4. Etiologi Meningitis pada Anak .