You are on page 1of 9

DOKUMEN NEGARA SANGAT RAHASIA

1

E - 55
MATA PELAJARAN

Mata Pelajaran Jenjang Program Studi

: BIOLOGI : SMA/MA : IPA PELAKSANAAN

Hari/Tanggal Jam

: : PETUNJUK UMUM

1. Isikan identitas Anda ke dalam lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) yang terssedia dengan menggunakan pensil 2B sesuai petunjuk di LJUN. 2. Hitamkan bulatan di depan nama mata ujian pada LJUN 3. Tersedia waktu 120 menit untuk mengerjakan paket tes tersebut. 4. Jumlah soal sebanyak 40 butir, pada setiap butir terdapat 5 (lima) pilihan jawaban 5. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawabnya. 6. Laporkan kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap. 7. Tidak diizinkan menggunakan kalkulator, HP, table matematika atau alat bantu hitung lainnya. 8. Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian. 9. Lembar soal boleh dicorat-coret untuk mengerjakan hitungan.

PILIHAN GANDA 1. Perhatikan beberapa tahapan pembelahan sel secara mitosis!

Urutan tahapan yang benar adalah .... A. 1 – 2 – 3 – 4 C. 3 – 4 – 1 – 2 B. 2 – 3 – 4 – 1 D. 4 – 1 – 2 – 3

E. 4 – 3 – 2 – 1

2. Pada semangka bentuk buah bulat (B) dominan terhadap lonjong (b), sedangkan warna hijau (H) dominan terhadap warna bergaris-garis. Semangka bentuk buah bulat warna hijau bergenotip heterozigot mengadakan penyerbukan sendiri dan menghasilkan 320 batang keturunan. Berapa banyak keturunan yang bentuk buah bulat bergaris-garis ? A. 180 C. 120 E. 20 B. 160 D. 60

D – 5/UJICOBA UN/BIOLOGI/2013

delesi dan translokasi B. X Y dan X* X* 5. Thiobacillus ferroxidan secara aerob D – 5/UJICOBA UN/BIOLOGI/2013 . gandum memperlihatkan fenotip putih.55 3.. 3 : 1 : 12 B. 1 dan 2 B. 3 dan 5 Berdasarkan gambar di atas 8. maka akan dihasilkan gandum hitam. hidrogen. kehidupan pertama terjadi di daratan C.. lemak dan karbohidrat dilakukan melalui proses fermentasi oleh … A. X* Y dan X X B. energi listrik diperlukan untuk membentuk makhluk hidup E. teori abiogenesis adalah benar B. Pada gandum gen H (hitam) epistasis terhadap gen K (kuning). 12 : 3 : 1 D. A.. Apabila kedua gen H dan K tidak muncul. X Y dan X* X C. inversi dan katenasi 6. Peristiwa pembentukan biogas dari limbah rumah tangga yang mengandung protein. 3 dan 4 E. kuning dan putih dengan rasio …. duplikasi dan inversi E. Stanley Miller menggunakan campuran gas metana. Bila gandum hitam (HHkk) disilangkan dengan gandum kuning (hhKK). mutasi buatan C. X* Y dan X* X D. kemudian F1-nya disilangkan sesamanya. 9 : 4 : 3 E. Dari hasil percobaan tersebut. Perhatikan gambar alat-alat gerak pada hewan di bawah ini yang merupakan homologi alat-alat tubuh adalah nomor. senyawa organik dapat terbentuk pada kondisi abiotik 7.. A. A. delesi dan duplikasi C. X* Y dan X* X* E. rekayasa genetika E. transplantasi nukleus 9. duplikasi dan katenasi D. Miller membuktikan bahwa … A. 9 : 3 : 4 4... A. Pemuliaan tanaman untuk mendapatkan bibit unggul dengan cara memindahkan gen tertentu dari suatu spesies lain dengan perantaraan mikroorganisme dikenal sebagai … A.. 12 : 1 : 3 C. Perhatikan diagram mutasi berikut! Mutasi kromosom yang terjadi adalah . amonia dan air dalam percobaannya.DOKUMEN NEGARA SANGAT RAHASIA 2 E . 1 dan 3 C. Eschericia coli secara anaerob B. radiasi induksi B.. makhluk hidup pertama ada di udara D.. Perhatikan peta silsilah (pedigree) berikut ! Genotip Parental A dan B adalah .. 2 dan 3 D. kultur jaringan D.

menyerang sel-sel darah putih limfosit T sehingga kekebalan menurun 13.. menghalangi pembentukan sel-sel darah putih pada sumsum tulang D.... prokariotik dan berbiak secara seksual D – 5/UJICOBA UN/BIOLOGI/2013 . mengatasi pemberantasan hama yang tahan terhadap pestisida B. mendapatkan bibit unggul produksi tinggi tahan terhadap hama C. 3 dan 4 D. mengefektikan lahan pertanian dengan metode tumpang sari 12.. Hal ini disebabkan karena HIV . Perhatikan gambar berikut! Jamur yang berperan untuk membuat kecap. 1 dan 2 E. eukariotik dan dapat berfotosintesis B.55 C. hilangnya daya dukung lingkungan B. 2 dan 3 C. prokariotik dan autotrof D. Untuk memenuhi kebutuhan pangan bagi penduduk yang jumlahnya semakin meningkat. menghambat pembentukan antibodi pada pembuluh limfa B. Virus HIV adalah virus penyebab AIDS yang dapat mengakibatkan kematian bila penderita terserang kuman penyakit. Dengan munculnya berbagai organisme unggul atau transgenik yang begitu cepat. peran ilmu genetika sangat diperlukan untuk . A. biaya rehabilitasi hutan meningkat C. bersel banyak. A... 4 dan 3 B. mengembangbiakan tanaman secara cepat dengan kultur jaringan E. A.DOKUMEN NEGARA SANGAT RAHASIA 3 E . 1 dan 5 14. A. bersel banyak. 2. .. tempe dan antibiotik pinisilin berturut-turut adalah . organisme resisten terhadap penyakit 11. menghancurkan semua antigen yang terdapat pada sel darah merah E. erosi plasma nutfah E. A. 3. 1. Methanobacterium omelianskii secara anaerob E.. mengahancurkan sel-sel darah putih yang bersifat fagosit pemakan kuman C. Ciri-ciri berikut ini yang digunakan untuk mengelompokkan makhluk hidup kedalam golongan tumbuhan adalah . memperoleh cara yang tepat dalam pemilihan jenis pupuk tanaman D. dipastikan akan muncul dampak negatif yang mungkin timbul yaitu …. Implikasi bioteknologi bagi kehidupan manusia umumnya bermanfaat dalam mening katkan kesejahteraan masyarakat. memiliki dinding sel dari selulosa. memiliki plastida.. 5. kerusakan ekosistem D.. eukariotik dan hidup autotrof C.. 4. Escheichia coli secara aerob 10. Bacillus thuringiensis secara aerob D.

3 dan 5 E. A.batang berbulu berbentuk rhizoma . 2 dan 3 C. 4 dan 5 D – 5/UJICOBA UN/BIOLOGI/2013 . 4 dan 5 B. melindungi satwa-satwa yang endemik agar tidak menyebar ke daerah lain 16. mengembangbiakan hewan-hewan tertentu yang hampir punah C. A... membiarkan kehidupan satwa tertentu dengan tujuan untuk penelitian D. Saat dewasa memiliki diafragma 5... batang dan daun untuk fotosintesis 15. Suhu tubuh tetap tidak berubah 3. lumut daun C. berspora 17. 1. Suatu tumbuhan yang ditemukan dalam hutan memiliki ciri-ciri : .55 E.. Telur berkulit lunak tidak bercangkang 4. Jantung terdiri dari 2 atrium dan 1 ventrikel E. A. fragmentasi 18. 2. Perkembangbiakan cacing Planaria! Perkembangbiakan aseksual ini disebut ... sporulasi D. lumut hati D.generasi sporofit lebih dominan dari gametofit .. Pemerintah menetapkan suatu areal menjadi suaka margasatwa bertujuan untuk . 3.. regenerasi B. melindungi hewan-hewan tertentu yang hampir punah B. tubuh terdiri dari akar.DOKUMEN NEGARA SANGAT RAHASIA 4 E . partenogenesis C. 1. melindungi habitat hewan tertentu dari kerusakan lingkungan E.pada daun terdapat sporangium yang dilindungi indusium Dari ciri-ciri tersebut tumbuhan ini dikelompokkan kedalam tumbuhan . 1. Kulit tidak bersisik 2.. berkeping satu B.daun muda menggulung .berakar serabut . paku E.. 2 dan 4 D. Berikut ciri-ciri beberapa hewan Vertebrata: 1. A.. ototomi Hewan yang tergolong kedalam kelas Amphibia memiliki ciri-ciri khas.

DOKUMEN NEGARA SANGAT RAHASIA 5 E .. A.. A.. serigala C. senyawa CO2 yang diserap tumbuhan melalui fotosintesis untuk dirubah menjadi karbon organik C. unsur C yang diserap tumbuhan melalui fotosintesis untuk dirubah menjadi karbon organik B. senyawa CO2 yang diserap tumbuhan melalui fotosintesis untuk dirubah menjadi karbon anorganik E. burung elang Label X adalah . senyawa karbon organik yang diserap tumbuhan melalui respirasi untuk dirombah menjadi senyawa karbon anorganik 21. Penggunaan bahan bakar fosil untuk kendaraan bermotor dan mesin industri secara terus menerus akan dapat menyebabkan terjadinya efek rumah kaca karena . Daur unsur karbon E. A.... tumbuhan D. belalang B..55 19. Organisme yang menduduki taraf tropi IV adalah . unsur C yang diserap tumbuhan melalui fotosintesis untuk dirubah menjadi karbon anorganik D.. lapisan oksigen di udara menurun sehingga radiasi panas matahari tidak terhalang sampai ke bumi D – 5/UJICOBA UN/BIOLOGI/2013 . Jaring-jaring makanan pada suatu ekosistem. jumlah gas sulfur di udara meningkat sehingga mencegah radiasi panas mesin terhambat B. harimau 20...

. kadar CFCs di udara meningkat sehingga intensitas cahaya matahari ke bumi tidak terhalang E. daun dan buah. mencegah pengeluaran air yang berlebihan dari batang dan daun D – 5/UJICOBA UN/BIOLOGI/2013 . sebagai pelindung jaringan-jaringan yang ada di bawahnya D.55 C.. daerahnya dibatasi oleh membran semipermeabel C.. sebagai penguat pada batang muda yang sedang tumbuh dan tangkai daun E.. A. luar sel hipotonis dan dalam sel isotonis 23. luar sel hipotonis dan dalam sel hipertonis D. A. luar sel hipertonis dan dalam sel hipotonis E. Perhatikan gambar sel! Organel yang berlabel X adalah .. lisosom berfungsi untuk menghancurkan benda asing 24. Fungsi jaringan ini diantaranya adalah ... nukleus berfungsi mengatur semua aktifitas sel E. tersedia energi ATP di dalam sel B. menjadi sel-sel sekresi dan tempat penyimpanan cadangan makanan C.. kadar CO2 meningkat sehingga menghalangi radiasi panas bumi dari matahari ke angkasa luas D.. batang. golgi komplek berfungsi untuk sekresi sel C.DOKUMEN NEGARA SANGAT RAHASIA 6 E . Perhatikan diagram berikut! Molekul H2O dapat berpindah dari luar sel ke dalam sel karena . mengangkut air dan mineral yang diperlukan dari akar ke daun B. mitokondria berfungsi untuk respirasi sel B. A. menurunnya kadar NOx di udara menyebabkan intensitas cahaya matahari tidak terhalang sampai ke bumi 22. retikulum endoplasma berfungsi untuk sintesis protein D. Pada tumbuhan jaringan parenkim terdapat pada akar.

5 D – 5/UJICOBA UN/BIOLOGI/2013 . Otot antartulang rusuk dalam berkontraksi Ekspirasi D. A. 3 kontraksi dan 2 relaksasi E.. Penyebabnya adalah.. Otot sekat rongga dada berkontraksi Ekspirasi C. sebab otot bilik kiri berfungsi untuk . A. Perhatikan gambar sel neuron! Bagian yang berfungsi untuk meneruskan impuls saraf ke badan sel saraf adalah bernomor . 1 relaksasi dan 2 kontraksi B. Otot dinding perut berkontraksi Inspirasi E. Bilik kiri jantung memiliki otot yang lebih tebal dibanding dengan otot bilik kanan atau serambi jantung.DOKUMEN NEGARA SANGAT RAHASIA 7 E . A. A.. memompa darah menuju ke daerah kepala E. 2 C. menerima darah dari paru-paru C. glukosa dan asam amino E. gangguan absorbsi pada tubula kontorti akibat kekurangan hormon ADH E. manakah yang benar menunjukkan mekanisme pernapasan dada dan fasenya Pernapasan dada fase A. 3 D. sukrosa dan fruktosa C. Otot antartulang rusuk luar berkontaksi Ekspirasi B. 1 B. maka dapat diketahui orang itu menderita penyakit diabetes insipidus. zat pati dan vitamin 28. Otot antartulang rusuk luar berkontraksi Inspirasi 29. memompa darah menuju paru-paru D.. Pada tabel berikut ini. kelemahan otot sfinkter saluran kemih akibat kekurangan hormon adrenalin 30. 4 E.. menerima darah dari seluruh tubuh B.. gangguan augmentasi pada tubula kolektiva akibat kelebihan albumin C.. Perhatikan gambar lengan berikut! Pada saat lengan dibengkokkan seperti gambar maka ….. memompa darah menuju seluruh tubuh 27. protein dan lemak D. A. 2 relaksasi dan 3 kontraksi C. Jonjot usus halus berfungsi memperluas bidang penyerapan sari makanan. 2 kontraksi dan 3 relaksasi D.. Berikut zat yang diserap oleh jonjot usus halus antara lain ..55 25. Bila seseorang urinenya meningkat 20 hingga 30 kali lipat tetapi urine tidak mengandung glukosa. asam amino dan lemak B. 4 relaksasi dan 1 kontraksi 26.. gangguan filtrasi pada glomerulus akibat terinfeksi kuman penyakit D.. kadar glukosa darah meningkat akibat kekurangan hormon insulin B.

.. menghambat produksi hormon estrogen dan progesteron C..6 Remang2 1. hormon estrogen dan progesteron 32.5 remang 3 Terang 0.55 31.. pertumbuhan berbanding lurus dengan kenaikan intensitas cahaya B. glikogen. dekarboksilasi. menyusun berbagai substrat C.2 2. membantu makrofag untuk mengahncurkan antigen E. pertumbuhan tidak memerlukan cahaya 34.5 3 Dari data pada tabel. daur Krebs dan transpor elektron D – 5/UJICOBA UN/BIOLOGI/2013 . merangsang korpus luteum sehingga menghasilkan hormon estrogen dan progesteron E.6 1. asetaldehid. asetil ko-A. A... Fungsi interleukin adalah . A. cahaya tidak berpengaruh pada pertumbuhan D. Kondisi cahaya 1 3 5 7 1 Gelap 2. Pada fase pasca-ovulasi dalam siklus menstruasi peranan hormon LH adalah . memacu kelenjar limfa untuk membentuk antibodi C. merangsang ovarium untuk menghasilkan ovum.5 2. memerlukan sifat asam D. memerlukan suhu tinggi 35. pertumbuhan makin cepat C.3 1. Perhatikan tabel pertumbuhan kecambah kacang hijau dengan intensitas cahaya yang berbeda. Perhatikan diagram reaksi katabolisme karbohidrat! 2 Bagian yang berlabel X. A. dekarboksilasi dan siklus asam sitrat B.. memecah barbagai substrat B. glikolisis.beda : Tinggi (cm) pada hari keNo. A.DOKUMEN NEGARA SANGAT RAHASIA 8 E . bekerja sama dengan hormon FSH mempengaruhi sel folikel mengeluarkan ovum D. menghancurkan antigen spesifik yang masuk dalam darah 33. Enzim merupakan protein yang berperan sebagai biokatalisator dalam berbagai reaksi metabolisme sel. memacu hipofisis untuk memproduksi hormon FSH B. merangsang produksi makrofag pada sumsum tulang B.. daur Krebs dan fosforilasi oksidatif C. Limfosit T akan mengeluarkan interleukin bila terdapat adanya antigen yang masuk. 1.3 5 6. glukosa. fermentasi. bekerja spesifik E. glikolisis.1 8. cahaya dapat menghambat pertumbuhan E.6 4. makin berkurangnya cahaya. Sifat enzim adalah … A. mengaktifkan limfosit B untuk mengikat antigen D. dapat disimpulkan bahwa . 2 dan Y berturut-turut adalah ... daur Krebs dan dekarboksilasi D.

. asam piruvat → asetaldehide 39. alkohol. NADH D. DNA RNA A.. CO2 C. Oksigen dihasilkan pada tahap . Kadar tetap Kadar berubah-ubah C. transpor elektron pada membran tilakoid B. NADH dan fosforilasi oksidatif 36. Produk fermentasi yang dilakukan diantaranya menghasilkan CO2 yang berasal dari reaksi perubahan . A. H2O B. RNA duta meninggalkan nukleus melekat pada ribosom dalam sitoplasma C.. asam piruvat → asam laktat B... Pada proses sintesis protein dimulai dengan proses transkripsi yaitu DNA mensintesis RNA duta.. RNA duta melekatkan diri pada rantai RNA transfer sesuai basa-basa nitrogen D – 5/UJICOBA UN/BIOLOGI/2013 . fiksasi CO2 pada stroma kloroplas D. Rantai pendek dan ganda Rantai panjang dan tunggal 40.. DNA meninggalkan nukleus menuju sitoplasma mensintesis RNA transfer B. fermentasi. Terdapat di nukleus. asam amino dirangkai di ribosom membentuk molekul polipeptida E.. alkohol E. oksigen 37. mitokondria Terdapat di sitoplasma. Dalam keadaan tanpa oksigen ragi Saccharomyces sp dapat melakukan proses fermentasi. A. glukosa → asam laktat E. fotofosforilasi pada membran tilakoid E. A. Perhatikan diagram respirasi aerob! Produk samping pada tahap 4 adalah . asetaldehide → etanol C. ribosom E.. Perbedaan antara DNA dan RNA di bawah ini yang benar adalah . Tahap selanjutnya adalah . Purin : Sitosin dan Gunanin Pirimidin : Sitosin dan Timin B.. Proses fotosintesis menghasilkan gas oksigen yang dilepaskan ke udara dan dimanfaatkan oleh semua makhluk hidup yang melakukan proses respirasi. pemecahan molekul air pada membran tilakoid C.. Gula Ribosa Gula Deoksiribosa D. RNA transfer mengangkut asam amino sesuai kode genetik pada RNA duta D.. A.55 E.... regenerasi RuBp pada stroma kloroplas 38. glukosa → asam piruvat D...DOKUMEN NEGARA SANGAT RAHASIA 9 E .