You are on page 1of 3

Analisis Sumber Dan Penggunaan Kas Laporan Perubahan Kas (cash flow statement) atau Laporan Sumber dan

penggunaan kas disusun untuk menunjukkan perubahan kas selama satu periode dan memberikan alasan mengenai perubahan kas tersebut dengan menunjukkan dari mana sumber-sumber kas dan penggunaannya. Tujuan Cash Flow Statement: a. Menunjukkan perubahan kas selama satu periode. b. Mengidentifikasi sumber-sumber kas selama satu periode. c. Mengidentifikasi penggunaan selama satu periode. Manfaat Laporan Sumber dan Penggunaan Kas Laporan sumber dan poenggunaan kas sangat penting karena dapat dipergunakan sebagai dasar dalam merencanakan kebutuhan kas di masa mendatang dan kemungkinan sumber-sumber yang ada, atau dapat digunakan sebagai dasar perencanaan dan peramalan kebutuhan kas atau cash flow di masa yang akan datang. 1. Sifat Laporan Sumber dan Penggunaan Kas Sifat laporan perubahan modal kerja adalah memberikan ringkasan transaksi keuangan selama satu periode dengan menunjukkan sumber dan penggunaan modal kerja dalam periode tersebut. 2. Sumber Kas Kas merupakan aktiva yang paling likuid atau merupakan salah satu unsure modal yang paling tinggi likuiditasnya, berarti semakin besar jumlah kas yang dimiliki oleh suatu perusahaan akan semakin tinggi pula tingkat likuiditasnya. Sumber penerimaan kas dalam suatu perusahaan pada dasarnya dapat berasal dari: a. Hasil penjualan investasi jangka panjang b. Penjualan atau adanya emisi saham maupun adanya penambahan modal oleh pemilik perusahaan dalam bentuk kas. c. Pengeluaran surat tanda bukti utang d. Adanya penurunan atau berkurangnya aktiva lancer. e. Adanya penerimaan kas karena sewa, bunga dan dividen dari investasinya, sumbangan ataupun hadiah maupun adanya pengembalian kelebihan pembayaran pajak pada periode-periode sebelumnya. f. Keuntungan dari opersi perusahaan. 3. Penggunaan Kas Adapun penggunaan atau pengeluaran kas dapat disebabkan oleh adanya transaksitransaksi sebagai berikut: a. Pembelian saham atau oblogasi.

Penerapan Analisis Sumber dan Penggunaan Kas Perubahan yang efeknya memperbesar kas dan dikatakan sebagai sumber-sumber penerimaan kas adalah sebagai berikut: a. pembayaran sewa. e. Untuk penyusunan laporan sumber dan penggunaan kas datanya diambil dari dua kolom terakhir dari lembar kerja. advertasi dan adanya persekot-persekot biaya maupun persekot pembelian. b. b. g. Langkah-Langkah Dalam Penyusunan Laporan Sumber-Sumber Dan Penggunaan Dana Dalam Aliran Kas a. Mendaftar pos-pos neraca yang diperbandingkan antara dua titik waktu tertentu dalam kolom pertama dan kedua. Tentukan kenaikan dan penurunan yang terjadi pada pos-pos neraca. Memindahkan saldo atau perubahan setelah disesuaikan. Adanya kauntungan dari operasi perusahaan Sedangkan perubahan-perubahan yang efeknya memperkecil kas dan dikatakan sebagai penggunaan kas adalah sebagai berikut: . Bertambahnya modal. premi asuransi. e. Laporan Sumber dan Penggunaan Kas Penyusunan laporan perubahan kas atau laporan sumber dan penggunaan kas dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu: a. Pengeluaran kas untuk pembayaran dividen. Berkurangnya aktiva lancer selain kas. Pembelian barang secara tunai. Menyusun laporan sumber dan penggunaan kas. 4. d. Bertambahnya utang. pembelian supplies kantor. d. tunjukkan dalam kolom “Perubahan” debit dan kredit. d. c. baik utang lancar maupun utang jangka panjang. 5. adanya pembayaran biaya operasi yang meliputi upah dan gaji. Menganalisis perubahan-perubahan yang terjadi pada pos-pos neraca dan pos-pos laba-rugi. bunga. 6. Pelunasan pembayaran angsuran utang jangka pendek maupun utang jangka panjang. Meringkas jurnal penerimaan kas dan jurnal pengeluaran kas. Mendaftar pos-pos laporan laba rugi dari tahun yang diperbandingkan (current year). c. f. Penarikan kembali saham yang beredar maupun adanya pengembalian kas perusahaan oleh pemilik perusahaan. Adanya kerugian dalam operasi perusahaan. Berkurangnya aktiva tetap. f. Membuat jurnal penyesuaian dalam lembar kerja. c. b. e.b.

b. f. Mengadakan konsolidasi dari semua informasi tersebut kedalam laporan keuangan sumber penggunaan dana dalam aliran kas. Mengelompokkan elemen-elemen dalam laporan laba rugi atau laba ditahan yang memperbesar atau memperkecil jumlah kas. Bertambahnya aktiva lancer selain kas Bertambahnya aktiva tetap Berkurangnya setiap jenis utang Berkurangnya modal Pembayaran cash dividend Adanya kerugian Adapun langkah-langkah dalam menganalisis sumber dan penggunaan kas adalah sebagai berikut: a. c. b. . Menyusun laporan perubahan neraca yang menggambarkan neraca dari dua periode yang ingin dianalisis. d. c. e.a.