Jenis-Jenis Bangunan Lepas Pantai

15:33 | Diposkan oleh aulia_rinaldy Anjungan lepas pantai adalah struktur atau bangunan yang di bangun di lepas pantai untuk mendukung proses eksplorasi atau eksploitasi bahan tambang. Biasanya anjungan lepas pantai memiliki sebuah rig pengeboran yang berfungsi untuk menganalisa sifat geologis reservoir maupun untuk membuat lubang yang memungkinkan pengambilan cadangan minyak bumi atau gas alam dari reservoir tersebut. Kebanyakan anjungan tersebut terletak di lepas pantai dari landas kontinen, meskipun dengan kemajuan teknologi dan meningkatnya harga minyak mentah, pengeboran dan produksi di perairan yang lebih dalam telah menjadi lebih baik, layak dan ekonomis. Sebuah anjungan yang khas mungkin memiliki sekitar tiga puluh mata bor, pengeboran yang terarah memungkinkan sumur bor dapat diakses pada dua kedalaman yang berbeda dan juga pada posisi terpencil sampai 5 mil ( kilometer! dari platform. Sumur ba"ah laut yang jauh juga dapat dihubungkan ke anjungan dengan garis aliran dan koneksi pusar. Solusi ba"ah laut dapat terdiri dari sumur tunggal ataupun dengan pusat manifold (pipa dengan mulut lubang yg banyak! untuk digunakan pada beberapa pengeboran.

#$%&S ' #$%&S ())S*(+$ ,emilihan Konstruksi Berdasarkan konstruksinya, bangunan lepas pantai dibedakan atas tiga jenis, yaitu . Struktur terpancang (Jacket steel platform, grafity platform, monopod, tripod !

Struktur terapung (Semi submersible.Jack-up platform. Articulated tower ! . Guyed tower.. Barge ! . Struktur lentur (Tension leg platform. Drilling ship.

Konstruksi Bergerak (2obile 3nits! atau konstruksi yang dibangun untuk dioperasikan hanya beberapa "aktu saja (beberapa minggu atau beberapa bulan!. . konstruksi lepas pantai dapat dikategorikan sebagai berikut - . kemudian berpindah tempat untuk untuk dioperasikan di lokasi kerja lain. yaitu . Konstruksi . Adapun berdasarkan fungsinya.Struktur bangunan lepas pantai juga dapat dibedakan jenisnya berdasarkan lama pemakaiannya.ermanen atau konstruksi yang dibangun untuk dioperasikan dalam jangka "aktu yang lama pada suatu lokasi kerja (biasanya /0 hingga 10 tahun! dan tidak dimaksudkan untuk dipindahkan pada lokasi kerja yang lain.

Anjungan produksi .mirip swamp barge tetapi di pakai di perairan yang lebih dalam. sungai. :erus badan rig akan diangkat sampai di atas permukaan air sehingga bentuknya menjadi semacam platform tetap. 3mumnya. Ada bermacam6macam offshore-rig yang digolongkan berdasarkan kedalaman air5. rig dikategorikan menjadi dua macam menurut tempat beroperasinya5. Anjungan akomodasi .kedalaman air maksimal 7m saja. .Anjungan ini digunakan untuk membantu instalasi anjungan lain seperi fasilitas derek. Anjungan pipe layer . 3ntuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. dapat berupa pengeboran a"al untuk melihat struktur dan kapasitas kandungan ataupun untuk pengeboran lanjutan sebagai kebutuhan produksi4ekploitasi. semua kakinya harus diturunkan sampai menginjak dasar laut. . 1.Anjungan yang digunakan sebagai tempat untuk memisahkan antara minyak.emilihan konstruksi banyak didasarkan pada berbagai pertimbangan yang telah disebutkan sebelumnya seperti halnya lokasi geografis dan karakteristik lingkungan tempat anjungan lepas pantai akan dioperasikan. gas dan air.alu rig ini ditarik menggunakan beberapa kapal tarik ke lokasi yang dituju. . Swamp barge. . danau atau delta sungai!. /. Anjungan pengeboran . Anjungan instalasi . Kedalaman operasi rig jackup adalah dari 5m sampai /00m.3ntuk pipe layer telah berkembang dari tongkang yang sederahana hingga semi submersible yang dilengkapi dengan fasilitas las dan pendukung yang modern. +ig laut (offshore-rig!. /. .beroperasi di atas permukaan air (laut. ra"a6ra"a.Anjungan ini digunakan untuk mengebor sumur minyak4gas. . . Tender barge. Jackup rig. semua kakinya haruslah dinaikan terlebih dahulu sehingga badan rig mengapung di atas permukaan air.Anjungan yang dimanfaatkan sebagai anjungan tempat tinggal personil atau transit. Sangat umum dipakai di daerah ra"a6ra"a atau delta sungai.beroperasi di darat. 3ntuk dapat dioperasikan.. +ig darat (land-rig!.platform yang dapat mengapung dan mempunyai tiga atau empat 8kaki9 yang dapat dinaik6turunkan.

sering hanya disebut 8semis9 merupakan rig jenis mengapung. . rig semis mampu mengatur posisinya secara dinamis. rig ini juga popular dipakai di daerah laut berombak besar dan bercuaca buruk.Drill Ship prinsipnya menaruh rig di atas sebuah kapal laut. umumnya berukuran kecil dan cocok dipakai di laut tenang dan dangkal.osisi kapal dikontrol oleh sistem thruster berpengendali komputer. Drilling acket. Sering dikombinasikan dengan rig ackup atau tender barge. Sangat cocok dipakai di daerah laut dalam. =engan menggunakan thruster. yaitu semacam baling6baling di sekelilingnya. Karena karakternya yang sangat stabil.platform struktur baja. +ig ini 8diikat9 ke dasar laut menggunakan tali mooring dan jangkar agar posisinya tetap di permukaan. . Semi-submersible rig. 5.<. =apat bergerak sendiri dan daya muatnya yang paling banyak membuatnya sering dipakai di daerah terpencil atau jauh dari darat. +ig semis sering digunakan jika lautnya terlalu dalam untuk rig ackup. 6.

sedangkan tipe kedua untuk perlindungan pantai terhadap erosi. Pemecah gelombang sambung pantai . seperti halnya pada perencanaan groin dan jetty. :ipe pertama banyak digunakan pada perlindungan perairan pelabuhan. . hanya pada tipe pertama perlu ditinjau karakteristik gelombang di beberapa lokasi di sepanjang pemecah gelombang.Bangunan Pelindung Pantai 23. Selanjutnya dalam bagian ini tinjauan lebih difokuskan pada pemecah gelombang lepas pantai.58 Geologi Rekayasa Unhas Gambar. Bangunan ini direncanakan untuk melindungi pantai yang terletak dibelakangnya dan serangan gelombang. :ergantung pada panjang pantai yang dilindungi. Secara umum kondisi perencanaan kedua tipe adalah sama. pemecah gelombang lepas pantai dapat dibuat dari satu pemecah gelombang atau .emecah gelombang dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu pemecah gelombang sambung pantai dan lepas pantai.emecah gelombang lepas pantai adalah bangunan yang dibuat sejajar pantai dan berada pada jarak tertentu dari garis pantai.

.erlindungan oleh pemecahan gelombang lepas pantai terjadi karena berkurangnya energi gelombang yang sampai di perairan di belakang bangunan.antai (Sand %ourishment!. . . maka akan terbentuk tombolo.engiriman sedimen sepanjang pantai yang berasal dari daerah di sekitarnya akan diendapkan dibelakang bangunan.engaruh pemecah gelombang lepas pantai terhadap perubahan bentuk garis pantai dapat dijelaskan sebagai berikut ini. dan kemudian energinya dihancurkan selama dalam penjalaran menuju garis pantai di surf >one. $rosi pantai terjadi apabila di suatu pantai yang ditinjau terdapat kekurangan suplai pasir. . Apabila bangunan ini cukup panjang terhadap jaraknya dari garis pantai. di mana garis puncak gelombang membelok dan berbentuk busur lingkaran. . maka penambahan pasir tersebut perlu dilakukan secara berkala.enambahan Suplai . dengan laju sama dengan kehilangan pasir yang disebabkan oleh erosi. 3ntuk mencegah hilangnya pasir yang ditimbun di ruas pantai karena terangkut oleh arus sepanjang pantai. Stabilisasi pantai dapat dilakukan dengan penambahan suplay pasir ke daerah tersebut.engendapan tersebut menyebabkan terbentuknya cuspate. pasir yang ditimbun akan tertahan dalam ruas6ruas pantai di dalam sistem groin.erlindungan tersebut berupa kemiringan dasar pantai di daerah nearshore yang menyebabkan gelombang pecah di lepas pantai. :etapi perlu dipikirkan . .asir di . Apabila pantai mengalami erosi secara terus menerus. Gambar.suatu seri bangunan yang terdiri dari beberapa ruas pemecah gelombang yang dipisahkan oleh celah. terjadi difraksi di daerah terlindung di belakang bangunan.erambatan gelombang yang terdifraksi tersebut disertai dengan angkutan sedimen menuju ke daerah terlindung dan diendapkan di perairan di belakang bangunan. Pemecah gelombang untuk melindungi kapal dari gelombang . =engan adanya groin tersebut. Apabila garis puncak gelombang pecah sejajar dengan garis pantai asli. sering dibuat sistem groin. Berkurangnya energi gelombang di daerah terlindung akan mengurangi pengiriman sedimen di daerah tersebut. . =alam proses pecahnya gelombang tersebut sering terbentuk offshore bar di ujung luar surf >one yang dapat berfungsi sebagai penghalang gelombang yang datang (menyebabkan gelombang pecah!.antai berpasir mempunyai kemampuan perlindungan alami terhadap serangan gelombang dan arus.

Bentuk kubus memudahkan kita untuk menata bentuk break"ater sesuai keinginan kita. 3ntuk daerah6daerah yang tidak memiliki tambang kelas B yang menyangkut batu gunung mulai berat 5 kg ' 700 kg keputusan untuk menggunakan kubus beton dapat membantu dan mengurangi biaya pengadaan dan mobilisasinya. .pula bah"a pembuatan groin tersebut dapat menghalangi suplay sedimen ke daerah hilir. tipe ini memiliki beberapa keuntungan seperti =ari segi teknis sangat efektif sebagai peredam energi gelombang Kubus Beton memiliki perbedaan berat jenis sekitar /. Sifat dari pada karakteristik dan tinggi gelombang /. upaya menghentikan terjadinya abrasi secara terus menerus perlu dilakukan langkah6langkah penanggulangannya. :erdapat banyak metode dalam penanggulangan abrasi namun prinsip pokok penanggulangannya adalah memecah gelombang atau meredam energi gelombang yang terjadi. Kubus Beton :umpuk :erlepas garis pantai terlindungi atau tidak.embangunan konstruksi di ba"ah laut itu juga memungkinkan tumbuhnya terumbu karang baru. maka type pemecah4peredam energi gelombang ada bermacam6macam dan salah satunya adalah type boA6beton (kubus beton!. 3ntuk kondisi tertentu dari segi biaya jauh lebih murah.< kali dari berat jenis air atau sekitar /. Kadang break"ater murni kita gunakan sebagai pemecah gelombang namun kita dapat juga menyusunnya hanya untuk mengurangi energi gelombangnya saja dengan bentuk susunan berpori. Jetty .asang surut Bathimetry dan gradient pantai 2emperlihatkan kondisi tanah dan fungsi dari pada Break"ater itu sendiri.< ton untuk 5 m1 beton =ari segi pelaksanaan data dibuat di tempat dan mudah dalam penataan. Kondisi tanah 1. yang dapat menimbulkan permasalahan baru di daerah tersebut. energi gelombang akan berkurang sampai 70 persen ketika sampai di pantai. . 3ntuk mendapatkan type pemecah4peredam energi gelombang yang efektif perlu dilakukan pengkajian yang mendalam terhadap 5. 2emasang karang Buatan Karang buatan yang dikembangkan pertama kali di Selandia Baru mulai tahun 5??@.

endapan yang sangat besar dapat menyebabkan tersumbatnya muara sungai. Sungai6sungai yang bermuara pada pantai yang berpasir engan gelombang yang cukup besar sering mengalami penyumbatan muara oleh endapan pasir. Selain untuk melindingi alur pelayaran.karena pengaruh gelombang dan angin. sehingga memungkinkan kapal masuk ke muara sungai. pengendapan dimuara dapat mengganggu lalu lintas kapal. :ransport akan terdorong oleh gelombang masuk kemuara dan kemudian diendapkan.untuk keperluan tersebut jetty harus panjang sampai ujungnya berada di luar sediment sepanjang pantai juga sangat berpengaruh terhedap pembentukan endapan tersebut.asir yang melintas didepan muara geelombang pecah. endapan pasir terbentuk di muara. Selama proses penutupan dan pembukaan kembali . penutupan muara sungai dapat menyebabkan terjadinya banjir didaerah sebelah hulu muara.ada musim penghujan air banjir dapat mengerosi endapan sehingga sedikit demi sedikit muara sungai terbuka kembali. jetty juga dapat digunakan untuk mencegah pendangkalan dimuara dalam kaitannya dengan pengendalian banjir.ada penggunaan muara sungai sebagai alur pelayaran. . =engan jetty panjang transport sediment sepanjang pantai dapat tertahan.#etty adalah bangunan tegak lurus pantai yang diletakan di kedua sisi muara sungai yang berfungsi untuk mengurangi pendangkalan alur oleh sedimen pantai. . . dan pada alur pelayaran kondisi gelombang tidak pecah.

dapat pula dibuat bangunan yang ditempatkan pada kedua sisi atau hanya satusisi tebing muara yang tidak menjorok kelaut. dapat menahan sebagian transport sediment sepanjang pantai.ada jetty pendek. #etty dapat digunakan untuk menanggulangi masalah tersebut.tipe ini efektif untuk menghalangi masuknya sedimen kemuara.fungsi bangunan ini sama dengan jetty pendek. sehingga kalau fungsinya hanya untuk penaggulangan banjir maka penggunaan jetty tersebut tidak ekonomis. kaki ujung bangunan berada pada permukaan air surut. muara sungai telah terbuka.mengingat fungsinya hanya untuk penanggulangan banjir.tersebut biasanya disertai dengan membeloknya muara sungai dalam arah yang sama dengan arah transport sediment sepanjang pantai.fungsi utama bnagunan ini adalah menahan berbeloknya muara sungai dan mengkonsentrasikan aliran pada alur yang telah ditetapkan untuk bisa mengerosi endapan. Alur diujung jetty masih memungkinkan terjadinya endapan pasir. Selain ketiga tipe jetty tersebut. Bangunan ini sama sekali tidak mencegah terjadinya endapan dimuara. jetty sedang. sehingga apada a"al musim penghujan di mana debit besar (banjir! belum terjadi. . jetty pendek. yaitu mencegah berbeloknya muara sungai degan mengkonsentrasikan aliran untuk mengerosi endapan. maka dapat digunakan salah satu dari bangunan berikut. tetapi biaya konstruksi sangat mahal. . Kecuali apabila daerah yang harus dilindungi terhadap banjir sangat penting. yaitu jetty panjang. #etty panjang apabila ujungnya berada diluar gelombang pecah. #etty sedang dimana ujungnya berada anatar muka air surut dan lokasi gelombang pecah.