Gerakan tanah Secara garis besar gerak massa batuan dapat diartikan sebagai perpindahan material batuan di permukaan

bumi akibat gaya gravitasi. Perpindahan ini dapat terjadi dalam waktu singkat maupun lama. Satu ciri yang dapat dijadikan acuan adalah bentuk lahan yang ada akibat adanya pergerakan massa batuan adalah tidak adanya sortasi/pemilahan material. Seluruh material baik kasar maupun halus akan tercampur aduk menjadi satu. a. Creep (rayapan) Rayapan merupakan gerak massa batuan yang lambat sehingga proses rayapannya hampir tidak dapat diamati. Perpindahan massa batuan bertipe creep ini hanya dapat diketahui gejala-gejalanya seperti tiang listrik menjadi miring atau melihat ketidak teraturan permukaan tanah. Jenis tanahnya berupa butiran kasar dan halus. Jika dilihat dari kecepatannya, maka kecepatan tipe creep ini antara 1 mm-10 m pertahun. Rayapan talus Merupakan rayapan di daerah pegunungan dengan ukuran material yang relatif besar. Terjadi di tebing yang terjal. Rayapan batu es Yang menjadi materialnya adalah batu es. Soilfluctin Adalah pergerakan lapisan atas dari lahan yang bergerak dari daerah tinggi ke daerah yang rendah yang dibawa oleh air akibat gravitasi. b. Tipe luncuran (slides) Tipe luncuran ini lebih sering dikenal dengan tanah longsor. Gerakan massa batuan seperti ini yang sering menimbulkan korbanjiwa. Secara umum luncuran batuan dapat diartikan sebagai perpindahan material permukaan bumi menuruni lereng dengan cepat. Berdasarkan luncurannya maka tipe perpindahan massa batuan ini dapat dibedakan menjadi transisional dan rotasional. Untuk

Tipe heave Tipe gerak massa batuan tipe ini terjadi karena adanya proses kembang kerut tanah. Longsoran ini longsoran translasi blok batu. Ketika tanah ini mengembang mak volume akan bertambah ke arah tegak lurus ke bidang lereng. Jenis-jenis tanah longsor: Longsoran transisi Longsoran transisi adalah bergeraknya massa tanah dan batuan pada bidang gelincir berbentuk rata atau menggelombang landai. Longsoran rotasi Longsoran rotasi adalah bergeraknya massa tanah dan batuan pada bidang gelincir yang cekung. sedangkan luncuran yang memiliki bidang luncur melengkung disebut sebagai rotational slide.luncuran yang memiliki bidang luncur lurus disebut dengan transisional slide. . Oleh sebab itu. c. Tanah yang bayan mengandung lempung biasa mengalami kembang kerut. akan terjadi desakan ke arah lereng. Tipe aliran ini dapat dibedakan dengan rayapan dari batas yang tegar dan material yang terpindahkan. Pergerakan blok Pergerakan blok adalah perpindahan bataun yang bergerak pada bidang gelincir berbentuk rata. Tipe aliran Tipe ini dicirikan dengan adanya bidang geser (shear plan). d.

Di dalam kenyataannya sangat sulit ditemui gerak massa batuan tipe ini. . Tipe jatuhan Gerak massa batuan tipe ini dicirikan oleh pergerakan melalui udara. Ketika penopang sudah tak kuat ata hilang maka massa batuan di atanya akan jatuh secara cepat yang disebut dengan runtuh. Pada umumnya fragmen batuan yang seolah terbang. Tipe runtuhan (Subsidence) Salah satu ciri utama pergerakan massa batuan ini adalah tak kuatnya lagi penopang batuan yang ada. Kecepatan aliran tergantung pada volume kemiringan lereng. dan jenis materialnya. Aliran bahan rombakan Jenis ini terjadi ketika massa tanah bergerak didorong oleh air. vvolume dan tekanan air. g. f.e. Gerakannya terjadi di sepanjang lembah dan mampu mencapai ratusan meter jauhnya.

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS HASANUDDIN FAKULTAS TEKNIK JURUSAN TEKNIK GEOLOGI PROGRAM STUDI TEKNIK GEOLOGI TUGAS GEOMORFOLOGI GERAK MASSA BATUAN LAPORAN NAMA: ABD. HAFIDZ NIM: D61110901 MAKASSAR 2011 .