A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat! 1. Tujuan makhluk hidup berkembang biak adalah …. a.

untuk berevolusi b. untuk menyalurkan birahi c. untuk melestarikan spesiesnya d. untuk menambah aktivitas e. sebagai tanda kedewasaan 2. Testis adalah alat kelamin jantan pada Mammalia. Testis ini menghasilkan …. a. air seni dan sperma b. air seni, sperma, dan hormon c. sperma dan hormon d. sperma, hormon, dan enzim e. sperma dan urine Untuk menjawab pertanyaan nomor 3 hingga nomor 5, perhatikan gambar berikut.

3. Tempat bertemunya sel sperma dan sel telur di tunjukkan pada gambar oleh nomor …. a. 1 b. 2 c. 3 d. 4 e. 5

4. Proses implantasi zigot terjadi pada bagian yang ditunjukkan oleh nomor …. a. 1 b. 2 c. 3 d. 4 e. 5

menghasilkan semen d. 5. 2. dan 4 c. tidak akan terjadi kehamilan d. 3 d. a.5. dan 5 Untuk menjawab pertanyaan nomor 6 hingga nomor 8. a. 1 b. a. 3. tidak akan terjadi ejakulasi c. 4 e. 4. Fungsi bagian yang ditunjukkan oleh nomor 8 adalah …. pria tersebut akan menderita impotensi . dan 3 b. 6. 2 c. 5 7. memproduksi sperma b. dan 5 d. membantu kopulasi e. sperma tidak akan diproduksi lagi b. a. dan 6 e. menghasilkan urine c. 2. 2. Spermatogenesis terjadi pada nomor …. semen tidak dapat di produksi lagi e. Jika saluran nomor 3 diputus atau diikat akan menyebabkan …. menyimpan sperma matang 8. 1. 4. 3. 4. perhatikan gambar berikut. Bagian-bagian yang berperan dalam reproduksi wanita di tunjukkan oleh nomor ….

a. pembentukan massa sel seperti bola yang mempunyai rongga berisi cairan. diferensiasi e. otot dan rangka b. akrosom d. lipase 12. pembentukan massa sel yang berbeda-beda sehingga terbentuk 3 lapisan sel yang tidak sama. pada tahap selanjutnya mengalami diferensiasi menjadi …. ptialin e. fertilisasi d. jaringan ikat dan alat reproduksi 10. a. ejakulasi c. c. litik c. ereksi b. a. a. Proses bertemunya sel telur dengan sel sperma disebut ….9. 11. pembentukan jaringan berbentuk seperti bola padat yang mempunyai kutub berbeda. kulit dan otot e. kulit dan sistem saraf c. usus dan hati d. perubahan mesoderm menjadi bentuk awal sebuah organ. pembelahan sel terus menerus sehingga terbentuk massa sel berbentuk seperti bola. e. Lapisan ektoderm yang terbentuk pada fase gastrula. b. Jenis enzim yang terdapat dalam kepala sel sperma adalah …. Pada manusia setelah telur dibuahi oleh sperma terbentuklah zigot yang akan berkembang secara bertahap melalui beberapa fase. lisosom b. Pada fase gastrulasi terjadi proses …. penyerbukan . d.

a. 4 e. organogenesis c. diferensiasi e. ovarium c. Proses implantasi fetus terjadi pada ….13. 2 c. gastrulasi d. 3 d. a. rektum d. a. Ootid yang memiliki kromosom haploid (n) ditunjukkan oleh nomor …. Perhatikan gambar oogenesis berikut. 5 . tuba fallopii e. 1 b. morula b. melahirkan 15. Perkembangan janin terspesialisasi menjadi organorgan disebut …. uterus 14. vagina b.

10–14 e. esterogen 18. blastulasi c. fertilisasi . Tahap tersebut dinamakan …. Perhatikan gambar berikut. gastrulasi b. corona radiata d. organegenesis 19. ereksi b. ereksi e. endometrium b. 0–5 b. Blastula membentuk tiga lapisan. ejakulasi c. yaitu ektoderm. a. Zona pelindung pada sel telur dinamakan ….16. 5–10 d. mesoderm. fertilisasi d. a. a. implantasi d. dan endoderm. corpus luteum e. 0–10 c. a. Proses keluarnya semen disebut …. Menstruasi terjadi pada hari ke …. vas deferens c. 14–20 17. diferensiasi e.

. taurin e. Sebutkanlah tiga jenis penyakit kelamin yang dapat menular dan implikasinya bagi kesehatan. Sebutkan bagian-bagian pada organ reproduksi pria. Mengapa menstruasi dan ovulasi tidak muncul ketika kehamilan? 3. protein b. urea d. langkah terbaik apa yang dapat dilakukan sehingga terhindar dari penyakit menular tersebut. Sertakan pula fungsi bagianbagiannya. lemak c. a. 2. 4. Jelaskan oleh Anda bagaimana proses kehamilan hingga tahap implantasi fetus terjadi.20. karbohidrat B. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar! 1. Sebutkan juga lokasi-lokasi tempat terjadinya tahapan-tahapan tersebut. Menurut pendapat Anda. Zat-zat berikut terkandung di dalam ASI. kecuali …. serta terangkan juga bagaimana proses penularan penyakit tersebut.