1

DASAR SISTEM PEMBELAJARAN

A. Pendahuluan

Perencanaan pembelajaran adalah proses pengambilan keputusan hasil berpikir secara rasional tentang sasaran dan tujuan pembelajaran tertentu, serta rangkaian kegiatan yang harus dilaksanakan sebagai upaya pencapaian tujuan tersebut dengan memanfaatkan segala potensi dan sumber belajar yang ada. perencanaan pembelajaran mengarah pada proses penerjemahan kurikulum yang berlaku. Sedangakan, desain pembelajaran menekankan pada merancang program pembelajaran untuk membantu proses belajar siswa. Hal inilah yang membedakan keduanya. Perencanaan berorientasi pada kuriklum, sedangkan desain berorientasi pada proses pembelajaran. Namun demikian, baik pengembangan perencanaan maupun pengembangan desain pembelajaran keduanya disusun berdasarkan pendekatan sistem.[1] Jika kita berbicara tentang sistem, maka tidak akan lepas dari yang namanya unsur/komponen dan ciri-cirinya, serta bagaimana pendekatan sistem itu dipalikasiakan dalam pembelajaran PAI. Oleh karena itu, Agar mengetahui lebih lanjut mengenai Pendekatan dalam Sistem Pengajaran, akan dipaparkan lebih detail dalam makalah ini.

B. Pengertian Sistem Sistem adalah satu kesatuan komponen yang satu sama lain saling berhubungan untuk mencapai tujuan tertentu. Oemar Hamalik (2001:1) mendefinisikan sistem sebagai seperangkat komponen atau unsur-unsur yang saling berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Selain itu, sistem juga didefinisikan sebagai suatu kebulatan

Andi. 2010). karena melalui pemahaman terhadap sistem pembelajaran. karena pembelajaran adalah suatu kegiatan yang bertujuan. Amirin dalam Irfan. setiap sistem pasti memiliki suatu tujuan Kedua. pemanfaatn setiap kmponen dalam proses kegiatan untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai dan bagaimana mengetahui keberhasilan pencapaian tersebut. yaitu kegiatan untuk membelajarkan peserta didik. pada dasarnya adalah sebuah sistem. Proses pembelajaran merupakan rangkaian kegiatan yang melibatkan berbagai berbagai komponen. Suatu sistem memiliki ukuran dan batas relatif. . proses kegiatan pembelajaran yang harus dilakukan. Pembelajaran yang dilaksanakan seorang pendidik. tetapi ia mencakup keterlibatan seluruh komponen-komponen pembentuknya. 2010. 1 El-Faraby.2 keseluruhan yang kompleks atau terorganisir (Tatang M. Dapat terjadi suatu sistem tertentu pada dasarnya merupakan subsistem dari suatu sistem yang lebih luas. minimal guru akan memahami tentang tujuan pembelajaran atau hasil yang diharapkan. yang diarahkan untuk mencapai tujuan. Konsep Dasar Sistem Pembelajaran. sistem selalu mengandung suatu proses Sistem bukan hanya merupakan cara.Hal ini perlu dipahami. Sistem memiliki karakteristik sebagai berikut : Pertama.1 Sistem adalah satu kesatuan komponen yang satu sama lain saling berkaitan dan saling berinteraksi untuk mencapai suatu hasil yang diharapkan secara optimal sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan.

fungsi kurikulum. Perencanaan sendiri adalah merupakan proses dan cara berpikir yang dapat membantu menciptakan hasil yang diharapkan (Ely (1979) dalam Sanjaya (2008). Agar proses pendidikan berjalan dan dapat mencapai tujuan secara optimal diperlukan fungsi perencanaan. memiliki fungsi tertentu. sistem mempunyai 3 ciri yaitu memiliki tujuan tertentu. fungsi administrasi. Untuk melaksanakan fungsinya. Melalui sistem perencanaan yang sistematis. Untuk mencapai tujuan dari sistem. Fungsi inilah yang terus menerus berproses hingga tercapainya tujuan.3 Pemahaman terhadap sistem juga bermanfaat untuk merancang atau merencanakan sustu proses pembelajaran. ditunjang oleh berbagai komponen. guru dapat menentukan berbagai langkah dalam memanfaatkan berbagai sumber dan fasilitas yang ada untuk ktercapaia Oleh karena itu. Proses perencanaan pembelajaran yang sistematis memiliki beberapa keuntungan antara lain : Melalui sistem perencanaan yang matang guru akan terhindar dari keberhasilan secara untung-untungan. setiap sistem pasti memiliki komponenkomponen yang satu sama lain saling berhubungan. diperlukan komponen . fungsi bimbingan. Agar fungsi perencanaan dapat berjalan dengan baik. dan lain sebagainya. Melalui sistem perencanaan. Komponen inilah yang dapat menentukan kelancaran proses suatu sistem. setiap guru dapat menggambarkan berbagai hambatan yang mungkin akan dihadapi sehingga dapat menentukan berbagai strategi yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan yang diharapkan. setiap sistem pasti memiliki fungsi tertentu.

dan lain sebagainya. Misalnya komponen perpustakaan dalam suatu sistem lembaga sekolah. setiap komponen harus dapat melaksanakan fungsinya dengan tepat. Komponen tidak integral adalah komponen pelengkap yang keberadaannya tidak mempenaruhi sistem. 3. dan saling berkaitan. Komponen integral adalah komponen yang tidak dapat dipisahkan dari keberadaan sistem itu sendiri. 2.4 silabus. yaitu: 1. komponen guru dan siswa dalam sistem pendidikan. Setiap komponen dalam suatu sistem saling berhubungan atau saling berinteraksi. Setiap komponen dalam suatu sistem merupakan keseluruhan yang bermakna. Konsep Dasar Sistem Pembelajaran. . 2 El-Faraby. setiap komponen itu ada yang bersifat integral dan ada komponen yang bersifat tidak integral. Semua komponen yang membentuk sistem harus berfungsi dengan baik sehingga tidak merusak keberadaan sistem secara keseluruhan. adminisrasi guru. Misalnya. Dilihat dari fungsinya. RPP. Andi. agar fungsi administrasi dapat menunjang keberhasilan sistem pendidikan diperlukan komponen administrasi kelas. administrasi siswa. Sebagai suatu sistem.2 Ada beberapa sifat komponen dalam suatu sistem. 2010. saling mempengaruhi.

. laboran. Oemar. misalnya buku-buku.3 C. dan lain sebagainya. Unsur manusiawi dalam sistem pembelajaran adalah siswa. Sistem pembelajaran adalah kombinasi terorganisasi yang meliputi unsur-unsur manusiawi. material. perlengkapan komputer. penerangan. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem . Unsur fasilitas dan perlengkapan adalah segala sesuatu yang dapat mendukung terhadap jalannya proses pembelajaran. 2001. dan lain sebagainya. dan prosedur yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan. audio visual. Unsur prosedur adalah kegiatan-kegiatan yng dilakukan dalam proses pembelajaran misalnya strategi dan metode pembelajaran. dan lain sebagainya. CD. Konsep Dasar Sistem Pembelajaran Pendekatan dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang terhadap 3 proses pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara. foto. Komponen dalam suatu sistem pada dasarnya adalah subsistem dari suatu sistem. misalnya ruang kelas. film. perlengkapan.5 4. jadual pembelajaran. tenaga administrasi serta orang-orang yang mendukung terhadap keberhasilan proses pembelajaran. Istilah pendekatan merujuk pada Hamalik. slide. Unsur material adalah berbagai bahan pelajaran yang dapat disajikan sebagai sumber belajar. guru/pengajar. fasilitas. Setiap komponen dalam suatu sistem adalah bagian dari sistem yang lebih besar. pustakawan. pelaksanaan evaluasi.

dimana salah satu elemen/komponen rusak atau hilang maka akan mengganggu komponen yang lainnya serta mengganggu kualitas kinerja dari organisasi tersebut. syarat-syarat pemecahan problem diidentifikasi.Istilah sistem berasal dari bahasa Yunani “systema” yang mempunyai pengertian : 1. atau komponen yang saling berhubungan secara teratur yang biasa juga disebut sebaga sub sistem. Cara hanyalah sebagian kecil dari suatu sistem. problem dipilih.6 pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum. pemecahan dipilih dari beberapa alternatif. 2 Hubungan yang berlangsung di antara satuan satuan atau komponen komponen secara teratur. Suatu keseluruhan yang tesusun dari sekian banyak bagian. hasil evaluasi. metode dan alat dicari dan diterapkan. adalah suatu proses yang dengan kebutuhan diidentifikasi. Dari kedua pengertian itu dapat di tarik satu pengertian lagi bahwa sistem adalah suatu keseluruhan / keutuhan yang terdiri atas sejumlah bagian. yang berinteraksi. Sistem bukanlah “cara” atau “metode” seperti yang banyak dikatakan orang. Pendekatan sitem (System Approach). dan revisi yang diperlukan . Jadi yang dimaksud dengan sistem adalah sebagai suatu kesatuan komponen yang satu sama lain saling berhubungan untuk mencapai tujuan tertentu. berinterdependensi. Istilah sistem sering didefinisikan suatu bangunan atau organisasi atau lembaga yang terdiri dari sub komponen/elemen. Terdapat dua pendekatan terhadap pembelajaran yaitu yang berpusat kepada guru (teacher centered approaches) dan yang berpusat kepada siswa (student centered approaches).

meninggalkan salah satu elemen akan menimbulkan kegagalan proses pembelajaran. sedemikian rupa sehingga kebutuhan dapat tercapai Makna sistem dalam pembelajaran berarti adanya pemahaman atau asumsi guru bahwa pembelajaran harus didukung oleh berbagai elemen secara utuh dan komprehensif. Hubungan sistematik mempunyai arti bahwa komponen yang terpadu dalam suatu pengajaran sesuai dengan fungsinya saling berhubungan satu sama lain dan membentuk kesatuan. yakni aspek filosofis dan aspek proses. tetapi guru harus benar-benar mampu melaksanakan semua faktor yang ada dalam pembelajaran secara komprehensif. intinya sistem filosofis ini merupakan kumpulan dari sejumlah komponen. Artinya dalam pembelajaran guru tidak cukup hanya menguasai materi saja. Pengajaran sebagai suatu sistem merupakan suatu pendekatan pengajar yang menekankan hubungan sistematik antara berbagai komponen dalam pengajaran. yang saling berinteraksi dan saling bergantungan . Hubungan sistematik atau penekanan kepada sistem. Ciri kedua adalah penekanan kepada perilaku yang dapat di ukur atau di amati Pendekatan sistem pengajaran mengandung dua aspek.7 terhadap seluruh bagian dari sistem tersebut dilaksanakan. merupakan ciri pertama dari pengajaran ini. guru juga tidak cukup hanya pandai menggunakan media dan metode saja. Aspek filosofis adalah pandangan hidup yang mendasari sikap perancang sistem yang terarah pada kenyataan.

Unsur fasilitas dan perlengkapan adalah segala sesuatu yang dapat mendukung terhadap jalannya proses pembelajaran. Unsur prosedur adalah kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam proses pembelajaran misalnya strategi dan metode pembelajaran. slide. penerangan. Mochammad. Sedangkan. pustakawan. laboran. Tujuan utama dalam system pengajaran adalah siswa yang belajar. CD. dan lain sebagainya. misalnya ruang kelas. aspek proses adalah suatu proses dan suatu perangkat konseptual.8 satu sama lain. dan tujuan. foto. 2010. perlengkapan komputer. Berdasarkan rumusan di atas terdapat tiga ciri khas dalam sistem pengajaran yaitu rencana. Unsur manusiawi dalam sistem pembelajaran adalah siswa. film. Perencanaan Sistem Pengajaran . misalnya buku-buku. dan lain sebagainya. 4 Sistem pengajaran adalah kombinasi terorganisasi yang meliputi unsur-unsur manusiawi. Unsur material adalah berbagai bahan pelajaran yang dapat disajikan sebagai sumber belajar. guru/pengajar. Tugas seorang perancang sistem adalah adalah mengorganisasi 4 Irfan. kesalingketergantungan. pelaksanaan evaluasi. jadwal pembelajaran. perlengkapan. fasilitas. audio visual. dan prosedur yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan. material. dan lain sebagainya. tenaga administrasi serta orang-orang yang mendukung terhadap keberhasilan proses pembelajaran.

fasilitas. dan prosedur agar siswa belajar secara efektif dan efisien. setiap komponen harus dapat melaksanakan fungsinya dengan tepat. Untuk melaksanakan fungsinya. administrasi siswa. dan lain sebagainya. Sebagai suatu sistem. Agar proses pendidikan berjalan dan dapat mencapai tujuan secara optimal diperlukan fungsi perencanaan. Ada beberapa sifat komponen dalam suatu sistem. Oleh karena itu. material. Fungsi inilah yang terus menerus berproses hingga tercapainya tujuan. ditunjang oleh berbagai komponen. diperlukan komponen silabus. Agar fungsi perencanaan dapat berjalan dengan baik. dan lain sebagainya. Komponen inilah yang dapat menentukan kelancaran proses suatu sistem. RPP. adminisrasi guru. sistem mempunyai 3 ciri yaitu memiliki tujuan tertentu. perlengkapan. Untuk mencapai tujuan dari sistem. fungsi administrasi.9 orang. memiliki fungsi tertentu. fungsi kurikulum. fungsi bimbingan. yaitu: . setiap sistem pasti memiliki fungsi tertentu. agar fungsi administrasi dapat menunjang keberhasilan sistem pendidikan diperlukan komponen administrasi kelas. setiap sistem pasti memiliki komponen-komponen yang satu sama lain saling berhubungan. Sistem adalah satu kesatuan komponen yang satu sama lain saling berhubungan untuk mencapai tujuan tertentu.

Sistem pembelajaran adalah kombinasi terorganisasi yang meliputi unsur-unsur manusiawi. 3. pustakawan. saling mempengaruhi. laboran. Setiap komponen dalam suatu sistem saling berhubungan atau saling berinteraksi. Komponen dalam suatu sistem pada dasarnya adalah subsistem dari suatu sistem.10 1. tenaga administrasi serta orang-orang yang mendukung terhadap keberhasilan proses pembelajaran. setiap komponen dalam suatu sistem adalah bagian dari sistem yang lebih besar. Misalnya. setiap komponen itu ada yang bersifat integral dan ada komponen yang bersifat tidak integral. guru/pengajar. Komponen integral adalah komponen yang tidak dapat dipisahkan dari keberadaan sistem itu sendiri. Setiap komponen dalam suatu sistem merupakan keseluruhan yang bermakna. material. Unsur material adalah berbagai bahan pelajaran yang dapat disajikan . komponen guru dan siswa dalam sistem pendidikan. Komponen tidak integral adalah komponen pelengkap yang keberadaannya tidak mempenaruhi sistem. Unsur manusiawi dalam sistem pembelajaran adalah siswa. 4. perlengkapan. Dilihat dari fungsinya. 2. fasilitas. dan prosedur yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan. dan saling berkaitan. Semua komponen yang membentuk sistem harus berfungsi dengan baik sehingga tidak merusak keberadaan sistem secara keseluruhan. Misalnya komponen perpustakaan dalam suatu sistem lembaga sekolah.

Keberhasilan sistem pembelajaran adalah keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran. perlengkapan komputer. dan lain sebagainya. Kesimpulan Sistem adalah kumpulan dari sekian banyak komponen yang saling berintegrasi. Hal ini dikarenakan. saling berfungsi secara kooperatif dan saling mempengaruhi dalam rangka mencapai tujuan tertentu. E. film. foto. slide. jadual pembelajaran. misalnya ruang kelas. misalnya buku-buku. seluruh unsur yang membentuk sistem itu memiliki ciri saling ketergantungan yang diarahkan untuk mencapai suatu tujuan. audio visual. CD.11 sebagai sumber belajar. Dalam membicarakan sistem harus ada batasan yang jelas karena sistem memiliki artian yang sangat luas. Unsur fasilitas dan perlengkapan adalah segala sesuatu yang dapat mendukung terhadap jalannya proses pembelajaran. melalui pendekatan sistem arah dan . pelaksanaan evaluasi. dan lain sebagainya. Unsur prosedur adalah kegiatan-kegiatan yng dilakukan dalam proses pembelajaran misalnya strategi dan metode pembelajaran. Yang harus mencapai tujuan adalah siswa sebagai subjek belajar. penerangan. sehingga tujuan utama sistem pembelajaran adalah keberhasilan siswa mencapai tujuan. Dalam merencanakan pembelajaran guru hendakanya menggunakan pendekatan sistem agar usaha peningkatan mutu lulusan bisa tercapai. dan lain sebagainya. Sebagai suatu sistem.

pendekatan sistem menuntun guru pada kegiatan yang sistematis.12 tujuan pembelajaran dapat direncanakan dengan jelas. pendekatan sistem dapat merancang pengajaran dengan mengoptimalkan segala potensi .

Pematangsiantar. Tambunan. K. Pematangsiantar. Janwar. Tambunan. FKIP UHN. . FKIP UHN. Strategi Belajar Mengajar.13 DAFTAR PUSTAKA Janwar. 1990. 2003. N. Roestiyah. 2004. Jakarta. Rineka Cipta. Profesi Keguruan. Belajar dan Pembelajaran.

M.14 MAKALAH PERENCANAAN PEMBELAJARAN PAI II Dasar Sistem Pembelajaran DISUSUN OLEH : Iras Puspita Sari Ayu Lestari Yurni Anggara DOSEN PEMBIMBING : Wiwinda.Ag PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN TADRIS INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI IAIN (BENGKULU) 2014 .

Related Interests