PROSES PASCAPANEN RUMPUT LAUT

Oleh: Nama : Hanifah Kholid Basalamah NIM : B1J 111!" Rom#on$an : III Kelom%o& : ' Asis(en : Ade )i(*i+ani

LAPORAN PRAKTIKUM )IKOLO,I

KEMENTERIAN PEN-I-IKAN -AN KEBU-A.AAN UNI/ERSITAS JEN-ERAL SOE-IRMAN )AKULTAS BIOLO,I PUR0OKERTO 1 12 I3 PEN-AHULUAN

yang ditandai dengan #arna ungu keputihan dilapisi kristal garam dan tidak mudah patah. . farmasi. minuman. Namun sampai saat ini belum dimanfaatkan secara optimal untuk kesejahteraan masyarakat. !enanganan pascapanen rumput laut sangat penting artinya bagi pembudidaya rumput laut selain sebagai suatu proses yang akan menambah nilai jual dapat pula menjadikan suatu solusi tepat pada saat permintaan pasar akan rumput laut berkurang sehingga tidak terjadi harga rumput laut yang menurun drastis karena banyaknya pasokan rumput laut dari berbagai daerah. Karena selain faktor semakin sempitnya lahan pertanian. rumput laut hanya dikeringkan langsung di ba#ah sinar matahari setelah panen. Rumput laut jenis Eucheuma dan Glacilaria merupakan penghasil yang banyak digunakan sebagai bahan tambahan dalam makanan. agar agar dan alginat. Rumput laut yang dihasilkan dari proses pengeringan tersebut masih belum memenuhi standar. rumput laut sendiri memiliki rasa yang enak dan kaya akan serat serta bergizi tinggi. tekstil dan meskipun demikian sebagian besar rumput laut di ekspor ke luar negeri. Dan kini rumput laut sedang gencar dikembangkan sebagai bahan pangan pokok di Indonesia. keramik. !enanganan pasca panen dilakukan untuk mendapatkan rendemen yang bagus. $pabila cuaca baik. !enanganan pasca panen diperlukan untuk memperoleh rumput laut kering yang lebih baik dibandingkan dengan rumput laut basah. !roses pengeringan rumput laut yang baik dapat meningkatkan nilai jual. Jenis rumpur laut yang sudah diketahui dapat digunakan diberbagai industri sebagai sumber karaginan.A3 La(a* Bela&an$ Rumput laut merupakan salah satu sumber daya hayati yang memiliki hasil perikanan yang berpotensial tinggi pada bidang industri. dalam #aktu %&' hari rumput laut sudah kering. "mumnya.

.B3 T454an (engetahui tahapan proses pasca panen rumput laut serta langkah langkah pengeringan dan pemutihan.

5al yang perlu diperhatikan dalam . !emilihan bibit dalam budidaya Gracilaria verucossa merupakan hal yang sangat penting. Jenis *erucossa. nutrien. dan salinitas . 4udidaya Gracilaria verucossa yang ada di Indonesia sangat tergantung pada jenis Gracilaria sp. Rumput laut mempunyai kandungan protein antara '+ sampai . bagian thalus. . Kandungan asam amino dalam protein ber*ariasi bergantung pada faktor iklim. . $da juga alga hijau yang telah digunakan manusia sebagai sayur..Darma#an et al. Rumput laut yang dikonsumsi sebagai bahan pangan mempunyai beberapa nilai gizi tinggi didalamnya. umur. 4ibit inilah sumber utama dari penghasil dan stok kebutuhan agar. karaginan. tetapi hingga saat ini hasil budidaya Gracilaria verucossa khususnya di tambak belum dapat mencukupi permintaan pasar terutama pada industri pembuatan agar&agar dari jenis Gracilaria sp. habitat.C3 Tin5a4an P4s(a&a Rumput laut yang hidup di perairan Indonesia tidak semuanya bermanfaat bagi manusia.-+ dari berat kering. Jenis Gracilaria verucossa kering sebagai bahan baku utama. dan beberapa mineral essensial yang dibutuhkan manusia.11'3.Insan / 0idyartini. porpirin.1123. serta kondisi pertumbuhan seperti cahaya. maupun furcelaran yang pengguanaannya sudah semakin berkembang dalam berbagai industri. Di dalam rumput laut merah juga mengandung berbagai senya#a diantaranya adalah agar&agar. *itamin. Jenis rumput laut yang paling banyak dan baik untuk dibudidayakan adalah )racilaria karena mudah diperoleh dan menghasilkan agar&agar tiga kali lipat dibandingkan dengan jenis yang lainnya. Kandungan rumput laut diantaranya yaitu mengandung sejumlah protein. Jenis alga merah merupakan jenis yang komersial dan alga dan alga coklat merupakan alga yang potensial untuk dikembangkan. Disamping otu didalam rumput laut merah juga terkandung pigmen fikobilin yang terdiri dari fikoeritin dan fikosianin . Jenis&jenis rumput laut yang banyak dimanfaatkan oleh manusia pada umumnya dari kelas rumput laut merah . Rhodophyceae3.

4ibit unggul memiliki ciri bercabang banyak. . !engangkutan bibit harus dilakukan dengan hati&hati dan cermat. .4asith. dimana bibit harus tetap dalam keadaan basah ataupun terendam air. 4ibit sebaiknya dikumpulkan dari perairan pantai sekitar lokasi usaha budidaya dalam jumlah yang sesuai dengan luas area budidaya. dapat diambil dari tanaman yang tumbuh secara alami ataupun dari tanaman bekas budidaya.pemilihan bibit Gracilaria verucossa sebagai berikut 6 yang memenuhi syarat adalah 2. 7elain itu. %.12'3. bibit harus baru dan masih muda. . '. 7ebelum ditanam. -.. bibit dikumpulkan pada tempat tertentu seperti dikeranjang atau jaring yang bermata kecil . 4ibit yang berupa stek dipilih dari tanaman yang segar.

B3 Me(ode Rumput laut dibersihkan Dicuci dengan air untuk melarutkan garam yang menempel Direndam dengan kapur tohor selama 2&.II3 MATERI -AN METO-E A3 Ma(e*i $lat yang digunakan antara lain Koran untuk alas penjemuran dan bak untuk merendam rumput laut. jam Dijemur 2&. biasanya kadar air mencapai 2-&. hari sampai putih8kekuningan Disimpan digudang.1+ . 4ahan yang digunakan dalam proses pasca panen penjemuran dan direndam dengan kapur tohor yaitu rumput laut Gracilaria verucossa. kapur tohor dan air ta#ar.

III3 HASIL -AN PEMBAHASAN A3 Hasil .am#a* 631 Saa( di*endam &a%4* (oho* .am#a* 631 Se(elah di747i ai* #e*sih .am#a* 636 Se(elah di*endam &a%4* (oho* .am#a* 632 Se(elah di5em4* .

. 7elama pengeringan kedua jenis rumput laut diatas tidak boleh terkena air ta#ar. adalah sebagai berikut 6 2. baik air hujan maupun air embun. Dicuci dengan air ta#ar yang bersih kemudian dibersihkan lagi. penurunan kadar air serta nilai *iskositas. Gracilaria hasil panen dibersihkan dari pasir dan batu sambil dipisahkan dari campuran jenis&jenis lainnya agar betul&betul murni.:-3.2.&% hari. yang akan mengakibatkan keluarnya karaginan yang merupakan bahan pembentuk gel. sehingga rumput laut hasil perendaman tampak putih. hari hingga kering dan rumput laut kelihatan putih bersih. sedangkan %2&%. namun meningkatkan kadar abu.. (enurut 9ahrul . Dikemas dalam kantong plastik. dinding sel rumput laut mulai pecah karena menyerap air kapur..11:3. '. Dijemur kembali 2&. %.B3 Pem#ahasan 5asil praktikum yang didapatkan menunjukkan bah#a rumput laut yang direndam dengan kapur tohor mengalami perubahan #arna. -. Dinding sel yang mulai pecah juga mengeluarkan pigmen dari rumput laut itu karena tercuci bersama air kapur dari proses perendaman. !erendaman larutan air kapur juga berpengaruh nyata terhadap penurunan kadar sulfat dan kenaikan kekuatan gel pada rumput laut. (enurut 5aris .12%3. !roses pengolahan pasca panen Gracilaria menurut 7oegiarto dan 7ulistio . rumput laut yang telah bersih dijemur di atas para&para bambu atau diatas plastik. terpal atau jaring sehingga tidak terkontaminasi oleh tanah atau pasir. . Dijemur di atas alas atau rak penjemur selama .+ untuk jenis Eucheuma sp. . pada kondisi panas matahari baik rumput laut akan kering dalam #aktu %&' hari. yang semula #arnanya kuning menjadi #arna putihan. Kadar air pada rumput laut yang harus dicapai dalam pengeringan berkisar 2'&2: + untuk jenis Glacillaria sp.

Kandungan metanol dan polisakarida pada Gracilaria verrucosa merupakan antioksidan yang berperan dalam tubuh dan biasa digunakan dalam bahan makanan berupa agar&agar.7jafrie. oksigen serta nutrisi untuk tumbuh dan berkembang. spesies. anti*iral. sampai kedalaman tertentu. dekat muara sungai. melekat dengan bantuan cakram pelekat =hold fast> pada substrat padat.. dan mengandung toksik hanya 2.13.7jafrie. 2. .. cabang&cabang lateral memanjang menyerupai rambut . =pinnate>. Gracilaria verrucosa merupakan salah satu spesies yang memiliki kemampuan multifungsi diantara spesies dari genus Gracilaria lainnya. dengan ukuran panjang berkisar 2-&%1 cm . karbondioksida. karang mati dan sebagainya. 4eberapa jenis hidup di perairan keruh. dengan tipe percabangan tidak teratur. <ahaya dibutuhkan untuk proses fotosintesa. antifungi. memusat di bagian pangkal. seperti kayu. Gracilaria hidup di daerah litoral dan sub litoral. ekstrak kandungan dari beberapa genus )racilaria mampu meminimalisir efek 5IA dengan membunuh retro*irus . rumput laut ini berbentuk rumpun. percabangan tidak beraturan. licin. ber#arna coklat atau kuning hijau.Gracilaria verucossa merupakan algae bentik yaitu algae yang tumbuh menancap atau melekat pada substrat. ataupun bentuk&bentuk percabangan yang lain . 7ebaliknya oksigen dibutuhkan untuk respirasi atau merombak senya#a yang kompleks menjadi senya#a yang sederhana . 7elain itu. =dichotomous>. yang masih dapat dicapai oleh penetrasi cahaya matahari. Gracilaria verucossa membutuhkan cahaya. 2. anti&inflamantori.Ditjenkanbud. "ntuk melekatkan dirinya.De $lmeida et al.. Jika dilihat secara sepintas. . anti&protozoa. =alternate>. Gracilaria hidup dengan jalan melekatkan diri pada substrat padat.11-3. !enelitian terbaru menunjukkan 2@1 spesies dari genus Gracilaria yang memiliki fungsi anti&bakterial.13. ?erdiri dari kurang lebih 211 spesies yang menyebar luas dari perairan tropis sampai subtropis.1223. 4entuk thallus menyerupai silinder. Gracilaria verucossa umumnya hidup sebagai fitobentos. batu.

terdapat karang yang berfungsi sebagai pelindung dari kerusakan akibat ombak yang kuat • • • Bingkungan tidak mengalami pencemaran.-&%1 1 < dengan fluktuasi harian maksimum '1 < • 7alinitas . .1123 dalam 7upit . terlindungi dari pengaruh angin dan gelombang yang kuat.. paku. teknisi.$bdullah.Indriani dan 7umiarsih. Bokasi harus terlindung untuk menghindari kerusakan fisik rumput laut dari terpaan angin dan gelombang sehingga daerah yang cocok untuk budidaya ini adalah daerah yang memiliki pulau didepan area budidaya. serta ketentuan perundang&undangan yang berlaku . dan besi serta penerapan masa budidaya yang tidak sesuai . Kenaikan temperatur yang tinggi mengakibatkan thalus rumput laut menjadi pucat kekuning&kuningan yang menjadikan rumput laut tidak dapat tumbuh dengan baik adalah antara . Kondisi fisik kimia perairan menjadi penentu keberhasilan suatu usaha budidaya disamping metode yang digunakan. • Betak lokasi jauh dari pengaruh daratan. C .1223.. Bokasi pada #aktu surut masih digenangi air sedalam %1 cm & @1 cm. 2. 7ehingga daerah teluk sangat cocok untuk usaha ini. (utu yang kurang bagus disebabkan percampuran hasil produksi rumput laut dengan benda&benda lain seperti garam.:&%.23. 7yarat&syarat lokasi budidaya rumput laut yang baik menurut !uja dkk . !emilihan lokasi merupakan langkah pertama yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan usaha budidaya rumput laut.11-3 adalah sebagai berikut 6 • !erairan harus cukup tenang. kesehatan. sehingga menghasilkan rumput laut dengan mutu yang kurang bagus. Bokasi budidaya yang ditentukan harus berdasarkan pertimbangan secara ekologis. sosial ekonomi.5ambatan yang timbul dalam budidaya rumput laut meliputi kualitas sumber daya penduduk pesisir sebagai petani rumput laut yang masih relatif rendah..

.

!enanganan pasca panen rumput laut dapat dilakukan dengan perendaman kapur tohor selama 2&. B3 Sa*an 7ebaiknya rumput laut dicuci dengan bersih sehingga tidak ada kotoran yang menempel..III3 KESIMPULAN A3 Kesim%4lan Kesimpulan dari hasil dan pembahasan praktikum proses pasca panen atau pengeringan rumput laut adalah sebagai berikut6 2. . Rumput laut hasil perendaman dengan kapur tohor mengalami perubahan #arna menjadi putih karena rumput laut mengeluarkan pigmen yang ikut tercuci air kapur dari proses perendaman. . jam.

7. . Jakarta 9ahrul. J. Irianto. 0. 9ortifikasi Kue Keik menggunakan 4ubuk Gracilaria sp dan $argassum filipendula sebagai 7umber $sam Bemak Emega&% dan Iodium.9.11@. Kandungan $gar dan Gel strength Rumput Baut Gracilaria verucossa yang dibudidayakan dengan (etode 4roadcast di ?ambak. Restiana. dan Busi Kristiani.. B. N. 4ioacti*ities from (arine $lgae of the )enus Gracilaria. (.112.(. !etunjuk ?eknis 4udidaya Rumput Baut. Journal of "arine Research . .122. J. D..(. !oncomulyo. 2:&.:-&. $. .% De $lmeida.7. $. !engolahan dan !emasaran Rumput Baut.$. N. 9alcao.9. !engaruh !erendaman $ir Kapur terhadap Kadar 7ulfat dan Kekuatan )el Karaginan Rumput Baut Kappaphycus alvarezii.$. .2. Kappaphycus alvarezii3 dengan (etode Rakit $pung di Desa ?anjung.12%. Journal of !uaculture "anagement and #echnology. $. !ur#okerto. . .. <. 7ri Rejeki. 9ilho. !elatihan 4udidaya Baut <oremap ?ahap II Kabupaten 7elayar. nomor ' 6 2'F&2--. !. 5al. "ni*ersitas Jenderal 7oedirman. (ontenegro.11'. Darma#an. dan D. 5. 9ilho. Aol %. Departemen Kelautan dan !erikanan. $li Ridlo. . Aol %. No 2. 9akultas 4iologi.'. No.1. Aol .. Bira. ?eknik 4udidaya Rumput Baut . ?az#ir dan 5. ). '--1&'-F%. (akroalgae.11-. "ol. 7jafrie. 0idyartini. Bima. B. D. 0.. Jurnal !enelitian !erikanan Indonesia. . 2. Jakarta Insan.(. Aol 21.. 4udi Daya dan !engolahan Rumput Baut.4.B.12'. R. !enebar 7#adaya. 9atima. De 7ouza. Int. *olume HA. 2. $.R. .. No . (. !engaruh <ara !erolehan 4ibit 5asil 7eleksi. . ?.<. Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan. 5aris. 4atista.122. 4asith. !? $gro (edia !ustaka.. . ?. ). Direktorat Jendral !erikanan 4udidaya.. 7antosa. A. $ci. Kecamatan 7aronggi. %&.11:. $. Rodrigues. 7. 2&21 Indriani dan 7umiarsih.%. Gayasan (attirotasi. Kabupaten 7umenep Ja#a ?imur. <.122. Non 7eleksi dan Kultur Jaringan terhadap !ertumbuhan. 4udidaya.. .-A)TAR RE)ERENSI $bdullah. and B. Jakarta. Eseana. 4eberapa <atatan (engenai Rumput Baut )racilaria. 5erti (aryani. !enelitian 4udidaya Baut !anen dan !asca !anen.

.7oegiarto. Jakarta . .6 ..:-. off'bottom monoline method 3 di !erairan Desa 4olok Kecamatan Kupang 4arat Kabupaten Kupang. Kupang. B. 9akultas !erikanan. 2. R.@ 9ebruari 2:. . dan 7ulistijo.Doty3 Doty yang dibudidayakan dengan (etode ?ali ?unggal Bepas Dasar . $. $nalisis !ertumbuhan dan Kandungan Karaginan $lga Kappaphycus alvarezii . !roduksi dan 4udidaya Rumput Baut.11-. (akalah pada Diskusi !anel !engembangan Industri Rumput Baut di Indonesia.% p 7upit.

Related Interests