You are on page 1of 16

TUGAS INDIVIDU Makalah Ini Disusun Dalam Rangka Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Individu Pada Mata

Kuliah“Ilmu Budaya Dasar” Dosen Pengampu Dra. Dwi Tyas Utaminingsih, M.H.

AKU TU!ASI "UDA#A

Disusun o$eh % Nama NPM Pro+i Ke$as % AD& N'VITA SA!I % (()(***( % Matemati,a % A

-AKU TAS K&GU!UAN DAN I MU P&NDIDIKAN UNIV&!SITAS MUHAMMADI#AH M&T!' .*(.

yang kadangkala hanya menturuti eg!isme pribadi. serta !rang lain yang ingin mengambil atau mengembangkan lagi penulisan dari judul ini $Akulturasi %udaya& sebagai pelengkap referensi yang telah ada. untuk itu besar harapan kami jika ada sumbang kritik dan saran yang membangun untuk lebih menyempurnakan lagi tugas-tugas di masa mendatang. (uni )*+) Penulis . didalam penyusunan tugas ini masih jauh dari kesempurnaan serta banyak kekurangan-kekurangnya. f!rmat penulisan maupun dalam hal pengk!ns!lidasian kepada d!sen serta teman-teman sekalian. !sen. mudah-mudahan apa yang kami susun ini penuh manfaat. #arapan yang paling besar dari penyusunan tugas ini ialah. sehingga tugas ini terselesaikan dalam waktu yang 'etr!. Terima kasih kami ucapkan kepada telah ditentukan.KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita berbagai macam nikmat. "ami menyadari sekali. teman-teman dan pihak-pihak yang telah banyak membantu. lebih-lebih lagi pada kehidupan akhirat kelak. baik untuk pribadi. sehingga semua cita-cita serta harapan yang ingin kita capai menjadi lebih mudah dan penuh manfaat. sehingga aktivitas hidup yang kita jalani ini akan selalu membawa keberkahan. teman-teman. baik kehidupan di alam dunia ini. baik dari segi tata bahasa.

..... KATA PENGANTAR................................................................. Akulturasi............ BAB II PEMBAHASAN................................................ ............................................................................................................................................................................ A..............................DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL....................................................................... ...........................................akta tentang Pr!ses -nteraksi 'asyarakat............. BAB III PENUTUP............................................................................ BAB I PENDAHULUAN................................ DAFTAR PUSTAKA .................................................................................... %............ Wujud Akulturasi "ebudayaan #indu-%udha dengan "ebudayaan -nd!nesia .. DAFTAR ISI............................

Akulturasi budaya akan menghasilkan budaya baru yang menambah kekayaan budaya pada suatu negara. diantaranya yaitu asimilasi dan akulturasi. Akulturasi budaya di -nd!nesia kita dapat lihat pada seni bangunan. yangmasing-masing memiliki budaya yang berbeda-beda. efinisi kebudayaan/budaya adalah 0keseluruhan sistem gagasan. kalender . "ebudayaan asing itu lambat laun diterima dan di!lah ke dalam kebudayaannya sendiri tanpa menyebabkan hilangnya unsur kebudayaan kel!mp!k itu sendiri. k!munikasi yang ditujukan pada !rang atau kel!mp!k lain tak lain adalah sebuah pertukaran kebudayaan /percampuran/akulturasi. seni sastra. tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar1. Artinya. Asumsi dasarnya adalah k!munikasi merupakan pr!ses budaya. . "eberbedaan itulahyang menjadi ciri khas dan keunggulan -nd!nesia. "ekuatan pembaharuan yang selama ini menjadi m!m!k masyarakat tetapi tidak mungkin dihindari ialah sentuhan budaya $kultural enc!unters&. -nd!nesia menjadi unikkarena budayanya yang beragam. "eanekaragaman itu ditambah lagi denganmasuknya unsur-unsur budaya asing ke -nd!nesia yang memperkayawarna kebudayaan -nd!nesia. Pesatnya ilmu pengetahuan dan tekn!l!gi khususnya di bidang k!munikasi. dan pemerintahan. secara langsung maupun tidak langsung. Akulturasi adalah suatu pr!ses s!sila yang timbul manakala suatu kel!mp!k manusia dengan kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur dari suatu kebudayaan asing. seni rupa/seni lukis. %udaya asing itu sendiri masuk melaluibeberapa cara. telah memperlancar m!bilitas penduduk serta k!munikasi yang mend!r!ng peningkatan intensitas k!ntak-k!ntak budaya.BAB I PENDAHULUAN -nd!nesia adalah negara yang terdiri dari berbagai suku bangsa.

Terlihat dengan banyak ditemukannya patung-patung dewa %rahma. dan 'ajapahit. 'asuknya pengaruh budaya dan agama #indu-%udha di -nd!nesia dapat dibedakan atas 2 peri!de sebagai berikut. unsur -nd!nesia lebih kuat dibandingkan dengan peri!de sebelumnya.'& Pada peri!de ini. i (awa Timur lahir aliran Tantrayana yaitu suatu aliran religi yang merupakan sinkretisme antara kepercayaan -nd!nesia asli dengan agama #indu-%udha. Siwa. Fakta tentang Pr ses Interaksi Mas!arakat -nd!nesia sebagai daerah yang dilalui jalur perdagangan memungkinkan bagi para pedagang -ndia untuk sungguh tinggal di k!ta pelabuhan-pelabuhan di -nd!nesia guna menunggu musim yang baik. unsur #indu-%udha lebih kuat dan lebih terasa serta men!nj!l sedang unsur/ ciri-ciri kebudayaan -nd!nesia terdesak.BAB II PEMBAHASAN A. . Peri!de Tengah $Abad 4--43. Tarumanegara dan 'ataram "un!. "ediri.'& Pada peri!de ini unsur #indu-%udha dan -nd!nesia berimbang. dan %udha di kerajaan-kerajaan seperti "utai. Wisnu. i %ali kita dapat melihat bahwa . 2. #al tersebut disebabkan karena unsur #indu-%udha melemah sedangkan unsur -nd!nesia kembali men!nj!l sehingga keberadaan ini menyebabkan munculnya sinkretisme $perpaduan dua atau lebih aliran&. #al ini terlihat pada peninggalan 5aman kerajaaan (awa Timur seperti Singasari. Peri!de Akhir $Abad 43--sekarang& Pada peri!de ini. 6aja bukan sekedar pemimpin tetapi merupakan keturunan para dewa.andi bukan hanya rumah dewa tetapi juga makam leluhur. ). Peri!de Awal $Abad 3-4. 'ereka pun melakukan interaksi dengan penduduk setempat di luar hubungan dagang. +. sedangkan unsur #indu-%udha semakin surut karena perkembangan p!litik ek!n!mi di -ndia.

%idang S!sial Setelah masuknya agama #indu terjadi perubahan dalam tatanan s!sial masyarakat -nd!nesia. Akulturasi tersebut merupakan hasil dari pr!ses peng!lahan kebudayaan asing sesuai dengan kebudayaan -nd!nesia. 9pacara :gaben sebagai !bjek pariwisata dan sastra lebih banyak yang berasal dari %ali bukan lagi dari -ndia. Akulturasi merupakan perpaduan ) budaya dimana kedua unsur kebudayaan bertemu dapat hidup berdampingan dan saling mengisi serta tidak menghilangkan unsur-unsur asli dari kedua kebudayaan tersebut. "ebudayaan #indu-%udha yang masuk di -nd!nesia tidak diterima begitu saja melainkan melalui pr!ses peng!lahan dan penyesuaian dengan k!ndisi kehidupan masyarakat -nd!nesia tanpa menghilangkan unsur-unsur asli. #asil akulturasi tersebut tampak pada. B. ). 'asyarakat -nd!nesia telah memiliki dasar-dasar kebudayaan yang cukup tinggi sehingga masuknya kebudayaan asing ke -nd!nesia menambah perbendaharaan kebudayaan -nd!nesia. 6!h nenek m!yang dalam bentuk 'eru Sang #yang Widhi Wasa dalam agama #indu sebagai manifestasi "etuhanan 7ang 'aha 8sa. Pengaruh kebudayaan #indu hanya bersifat melengkapi kebudayaan yang telah ada di -nd!nesia. "ecakapan istimewa yang dimiliki bangsa -nd!nesia atau l!cal genius merupakan kecakapan suatu bangsa untuk menerima unsur-unsur kebudayaan asing dan meng!lah unsur-unsur tersebut sesuai dengan kepribadian bangsa -nd!nesia. +.andi yang menjadi pura tidak hanya untuk memuja dewa. +. #al ini tampak dengan dikenalnya pembagian masyarakat atas kasta. . #al ini disebabkan karena. Perpaduan budaya #indu-%udha melahirkan akulturasi yang masih terpelihara sampai sekarang. Akulturasi 'asuknya budaya #indu-%udha di -nd!nesia menyebabkan munculnya Akulturasi..

dan bahasa %ali "un! yang merupakan turunan dari bahasa Sansekerta. Telah mulai digunakan bahasa "awi. Sehingga memperkuat kedudukannya untuk memerintah wilayah kerajaan secara turun temurun. dan dipuja. %ahasa tersebut terutama digunakan di kalangan pendeta dan bangsawan kerajaan.). . 2. %idang Pendidikan 'asuknya #indu-%udha juga mempengaruhi kehidupan masyarakat -nd!nesia dalam bidang pendidikan. <. dih!rmati. 8k!n!mi alam ek!n!mi tidak begitu besar pengaruhnya pada masyarakat -nd!nesia. Serta meninggalkan sistem pemerintahan kepala suku. sebagian masyarakat -nd!nesia mulai mengenal budaya baca dan tulis. "etika pengaruh #indu-%udha masuk maka berdiri "erajaan yang dipimpin !leh se!rang raja yang berkuasa secara turun-temurun. • Telah dikenal juga sistem pendidikan berasrama $ashram& dan didirikan sek!lah-sek!lah khusus untuk mempelajari agama #indu%udha. #al ini disebabkan karena masyarakat telah mengenal pelayaran dan perdagangan jauh sebelum masuknya pengaruh #indu-%udha di -nd!nesia. 6aja dianggap sebagai keturuanan dari dewa yang memiliki kekuatan. • engan digunakannya bahasa Sansekerta dan #uruf Pallawa dalam kehidupan sebagian masyarakat -nd!nesia. %ukti pengaruh dalam pendidikan di -nd!nesia yaitu . Sebab sebelumnya masyarakat -nd!nesia belum mengenal tulisan. Sistem Pemerintahan Sebelum masuknya #indu-%udha di -nd!nesia dikenal sistem pemerintahan !leh kepala suku yang dipilih karena memiliki kelebihan tertentu jika dibandingkan angg!ta kel!mp!k lainnya. :amun dengan masuknya #indu%udha. bahasa (awa "un!. Sistem pendidikan tersebut kemudian diadaptasi dan dikembangkan sebagai sistem pendidikan yang banyak diterapkan di berbagai kerajaan di -nd!nesia.

Para pendeta awalnya datang ke -nd!nesia untuk memberikan pendidikan dan pengajaran mengenai agama #indu kepada rakyat -nd!nesia. seperti di Sriwijaya ada harmakirti. Sebagian dari mereka ada yang pergi ke tempat asal agama tersebut. Sekembalinya dari sana mereka menyebarkan agama menggunakan bahasa sendiri sehingga dapat dengan mudah diterima !leh masyarakat asal. Agama %udha tampak bahwa pada masa dulu telah terdapat guru besar agama %udha. kedamaian dan sikap saling menghargai sesama manusia mulai dikenal dan diamalkan !leh sebagian masyarakat -nd!nesia saat ini. "arena pendidikan tersebut maka muncul t!k!h-t!k!h masyarakat #indu yang memiliki pengetahuan lebih dan menghasilkan berbagai karya sastra. Sakyakirti. 'ereka datang karena berawal dari hubungan dagang.!nt!h .• %ukti lain tampak dengan lahirnya banyak karya sastra bermutu tinggi yang merupakan interpretasi kisah-kisah dalam budaya #indu-%udha. . %ahkan raja %alaputra dewa mendirikan asrama khusus untuk pendidikan para pelajar sebelum menuntut ilmu di %enggala $-ndia& . 6akyat -nd!nesia yang telah memper!leh pendidikan tersebut kemudian menyebarkan pada yang lainnya. Pendidikan tersebut menekankan kasih sayang. i tempat inilah rakyat mendapat pengajaran. • Pengaruh #indu %udha nampak pula pada berkembangnya ajaran budi pekerti berlandaskan ajaran agama #indu-%udha. 9ntuk menambah ilmu pengetahuan dan melakukan 5iarah. Para pendeta tersebut kemudian mendirikan tempat-tempat pendidikan yang dikenal dengan pasraman. harmapala.  8mpu Sedah dan Panuluh dengan karyanya %haratayudha  8mpu "anwa dengan karyanya Arjuna Wiwaha  8mpu harmaja dengan karyanya Smaradhana  8mpu Prapanca dengan karyanya :egarakertagama  8mpu Tantular dengan karyanya Sutas!ma.

.!nt!hnya candi %!r!budur.!nt!h . ?. bangsa -nd!nesia mengenal dan memiliki kepercayaan yaitu pemujaan terhadap r!h nenek m!yang $animisme dan dinamisme&.andi merupakan bentuk perwujudan akulturasi budaya bangsa -nd!nesia dengan -ndia. . dinamisme. t!temisme dalam keagamaan #indu-%udha. i (awa Timur berkembang aliran Tantrayana seperti yang dilakukan "ertanegara dari Singasari yang merupakan penjelmaaan Siwa. + tahun.andi merupakan hasil bangunan 5aman megalitikum yaitu bangunan punden berundak-undak yang mendapat pengaruh #indu %udha.=. Telah terjadi semacam sinkritisme yaitu penyatuaan paham-paham lama seperti animisme. . 'asuknya agama #indu%udha mend!r!ng masyarakat -nd!nesia mulai menganut agama #indu%udha walaupun tidak meninggalkan kepercayaan asli seperti pemujaan terhadap arwah nenek m!yang dan dewa-dewa alam. Pada candi disertai pula berbagai macam benda yang ikut dikubur yang disebut bekal kubur sehingga candi juga berfungsi sebagai makam bukan semata-mata sebagai rumah dewa. Sedangkan candi %udha. "epercayaan Sebelum masuk pengaruh #indu-%udha ke -nd!nesia. hanya jadi tempat pemujaan dewa tidak terdapat peti pripih dan abu jena5ah ditanam di sekitar candi dalam bangunan stupa. . . ) tahun dan +*** hari. <* hari. • Seni %angunan Seni bangunan tampak pada bangunan candi sebagai wujud percampuran antara seni asli bangsa -nd!nesia dengan seni #indu%udha. serta masih banyak hal-hal yang dilakukan !leh masyarakat (awa. > hari. "epercayaan terhadap r!h leluhur masih terwujud dalam upacara kematian dengan mengandakan kenduri 2 hari. Seni dan %udaya Pengaruh kesenian -ndia terhadap kesenian -nd!nesia terlihat jelas pada bidang-bidang dibawah ini. +** hari.

%angunan candi merupakan hasil karya ahli-ahli bangunan agama #indu-%udha yang memiliki nilai budaya yang sangat tinggi. tampak dengan adanya pengel!laan sistem irigasi yang baik mulai diperkenalkan dan berkembang pada 5aman masuknya #indu-%udha di -nd!nesia. Selain itu. Patung dapat kita lihat pada penemuan patung %udha berlanggam @andara di %angun "utai. engan masuknya pengaruh budaya #indu-%udha di -nd!nesia semakin mempertinggi tekn!l!gi yang sudah dimiliki bangsa -nd!nesia sebelumnya. ekspedisi pelayaran dan perdagangan antar negara. pengetahuan. Perkembangan kemaritiman terlihat dengan semakin banyaknya k!ta-k!ta pelabuhan. Pengaruh #indu-%udha terhadap perkembangan tekn!l!gi masyarakat -nd!nesia terlihat dalam bidang kemaritiman. Selain itu terlihat dalam penulisan prasasti-prasastri pada batu-batu besar yang membutuhkan keahlian. Serta patung %udha berlanggam Amarawati di Sikending $Sulawesi Selatan&. >. dan teknik penulisan yang tinggi. Tampak pada relief candi yang menggambarkan tekn!l!gi irigasi pada 5aman 'ajapahit.andi %!r!budur ditemukan relief cerita sang %udha serta suasana alam -nd!nesia. . alam bidang pertanian.• Seni 6upa Seni rupa tampak berupa patung dan relief. Selain patung terdapat pula reliefrelief pada dinding candi seperti pada . bangunan dan pertanian. Pengetahuan dan perkenalan tekn!l!gi yang tinggi dilakukan secara turuntemurun dari satu generasi ke generasi selanjutnya. bangsa -nd!nesia yang awalnya baru dapat membuat sampan sebagai alat transp!rtasi kemudian mulai dapat membuat perahu bercadik. %idang Tekn!l!gi 'asyarakat -nd!nesia dari sebelum masuknya agama #indu-%udha sebenarnya sudah memiliki budaya yang cukup tinggi. Perpaduan antara pengetahuan dan tekn!l!gi dari -ndia dengan -nd!nesia terlihat pula pada pembuatan dan pendirian bangunan candi baik candi dari agama #indu maupun %udha.

• Penggunaan tahun Saka di -nd!nesia. #u$u% Akulturasi Ke&u%a!aan Hin%u'Bu%(a %engan Ke&u%a!aan In% nesia Akulturasi adalah fen!mena yang timbul sebagai hasil jika kel!mp!kkel!mp!k manusia yang mempunyai kebudayaan yang berbeda-beda bertemu dan mengadakan k!ntak secara langsung dan terus-menerusC yang kemudian menimbulkan perubahan dalam p!la kebudayaan yang !riginal dari salah satu kel!mp!k atau kedua-duanya ari definisi di atas. bulan ada pada garis lurus. tetapi di!lah.andrasangkala adalah angka huruf berupa susunan kalimat/ gambaran kata. 'usim panas jatuh pada hari yang sama dalam bulan 'aret dimana matahari.andrasangkala/ "r!n!gram ada dalam rangka memperingati peristiwa dengan tahun/ kalender saka. Sistem "alender iad!psi dari sistem kalender/penanggalan -ndia. sehingga budaya tersebut . tahun Samsiah& pada waktu raja "anishka .din!batkan jumlah hari dalam + tahun ada 2?= hari. Tercipta kalender dengan sebutan tahun Saka yang dimulai tahun >A ' $merupakan tahun 'atahari. ". tahun Saka tidak didasarkan pada sistem Surya Pramana tetapi sistem . • itemukan . . Bleh !rang %ali. #al ini berarti kebudayaan #indu D %udha yang masuk ke -nd!nesia tidak diterima seperti apa adanya. bumi. tahun "amariah& dalam + tahun ada 2=< hari. %ila berupa gambar harus diartikan dalam bentuk kalimat. maka dapat disimpulkan bahwa akulturasi sama dengan k!ntak budaya yaitu bertemunya dua kebudayaan yang berbeda melebur menjadi satu menghasilkan kebudayaan baru tetapi tidak menghilangkan kepribadian/sifat kebudayaan aslinya.A. #al ini terlihat dengan adanya . ditelaah dan disesuaikan dengan budaya yang dimiliki penduduk -nd!nesia. #ari tersebut dirayakan sebagai #ari 6aya :yepi.handra Pramana $tahun %ulan.

selanjutnya Anda simak uraian materi selanjutnya. c!nt!hnya prasasti 7upa dari "utai. prasasti peninggalan "erajaan Tarumanegara. Penggunaan bahasa Sansekerta pada awalnya banyak ditemukan pada prasasti $batu bertulis& peninggalan kerajaan #indu D %udha pada abad = D > '. +. masyarakat -nd!nesia mulai menganut/mempercayai agama-agama tersebut. Tetapi untuk perkembangan selanjutnya bahasa Sansekerta di gantikan !leh bahasa 'elayu "un! seperti yang ditemukan pada prasasti peninggalan kerajaan Sriwijaya > D +2 '. 9ntuk mengukur tingkat pemahaman Anda. dapat dilihat dari adanya penggunaan bahasa Sansekerta yang dapat Anda temukan sampai sekarang dimana bahasa Sansekerta memperkaya perbendaharaan bahasa -nd!nesia. kemudian berkembang menjadi huruf (awa "un! $kawi& dan huruf $aksara& %ali dan %ugis. dapat dibuktikan adanya penggunaan huruf Pallawa. #al ini dapat dibuktikan melalui Prasasti menggunakan huruf (awa "un!. in!y! $'alang& yang . atau dengan kata lain mengalami Sinkritisme.berpadu dengan kebudayaan asli -nd!nesia menjadi bentuk akulturasi kebudayaan -nd!nesia #indu D %udha. Wujud akulturasi tersebut dapat Anda simak pada uraian materi unsurunsur budaya berikut ini. silakan tulis = kata bahasa -nd!nesia yang berasal dari bahasa Sansekerta. 9ntuk aksara. %ahasa Wujud akulturasi dalam bidang bahasa. Agama #indu dan %udha yang berkembang di -nd!nesia sudah mengalami perpaduan dengan kepercayaan animisme dan dinamisme. Tentu Anda bertanya apa yang dimaksud dengan SinkritismeE Sinkritisme adalah bagian dari pr!ses akulturasi. ). 6eligi/"epercayaan Sistem kepercayaan yang berkembang di -nd!nesia sebelum agama #indu-%udha masuk ke -nd!nesia adalah kepercayaan yang berdasarkan pada Animisme dan inamisme. engan masuknya agama #indu D %udha ke -nd!nesia.

upacara :yepi yang dilaksanakan !leh umat #indu %ali. 6aja di -nd!nesia ada yang dipuja sebagai dewa atau dianggap keturunan dewa yang keramat. maka sistem pemerintahan yang berkembang di -nd!nesia adalah bentuk kerajaan yang diperintah !leh se!rang raja secara turun temurun. pada waktu pengangkatan Wikramawardana. 2. hal ini dapat dibuktikan dengan adanya raja-raja yang memerintah di Sing!sari seperti "ertanegara diwujudkan sebagai %airawa dan 6 Wijaya 6aja 'ajapahit diwujudkan sebagai #arhari $dewa Syiwa dan Wisnu jadi satu&. Perbedaaan-perbedaan tersebut dapat Anda lihat dalam upacara ritual yang diadakan !leh umat #indu atau %udha yang ada di -nd!nesia.!nt!hnya.yang berarti perpaduan dua kepercayaan yang berbeda menjadi satu. Brganisasi S!sial "emasyarakatan engan adanya pengaruh kebudayaan -ndia tersebut. Pemerintahan 6aja di -nd!nesia ada yang bersifat mutlak dan turuntemurun seperti di -ndia dan ada juga yang menerapkan prinsip musyawarah. 9ntuk itu agama #indu dan %udha yang berkembang di -nd!nesia. . 'enurut perhitungan satu tahun Saka sama dengan 2?= hari dan perbedaan tahun saka dengan tahun masehi adalah >A tahun . upacara tersebut tidak dilaksanakan !leh umat #indu di -ndia. <. Prinsip musyawarah diterapkan terutama apabila raja tidak mempunyai putra mahk!ta yaitu seperti yang terjadi di kerajaan 'ajapahit. salah satunya yaitu perhitungan waktu berdasarkan kalender tahun saka. berbeda dengan agama #indu D %udha yang dianut !leh masyarakat -ndia. tahun dalam kepercayaan #indu. yaitu pembagian lapisan masyarakat berdasarkan sistem kasta. sehingga rakyat sangat memuja 6aja tersebut. Sistem Pengetahuan Wujud akulturasi dalam bidang pengetahuan.Wujud akulturasi di samping terlihat dalam sistem pemerintahan juga terlihat dalam sistem kemasyarakatan.

andi tersebut memang mengandung unsur budaya -ndia tetapi keberadaan candi-candi di -nd!nesia tidak sama dengan candi-candi yang ada di -ndia. =.andrasangkala. . maka tahun masehinya ?=< F >A G >2) ' i samping adanya pengetahuan tentang kalender Saka. Seni bangunan .andi. karena candi di -nd!nesia hanya mengambil unsur tekn!l!gi perbuatannya melalui dasar-dasar te!ritis yang tercantum dalam kitab Silpasastra yaitu sebuah kitab pegangan yang memuat berbagai petunjuk untuk melaksanakan pembuatan arca dan bangunan. maka kalimat tersebut diartikan dan belakang sama dengan tahun +<** saka atau sama dengan +<>A ' yang merupakan tahun runtuhnya 'ajapahit .andrasangkala adalah susunan kalimat atau gambar yang dapat dibaca sebagai angka. i samping itu. dan menggunakan kalimat bahasa (awa salah satu c!nt!hnya yaitu kalimat Sirna ilang kertaning bhumi apabila diartikan sirna G *. Apakah Anda sebelumnya pernah mendengar istilah .andrasangkala banyak ditemukan dalam prasasti yang ditemukan di pulau (awa. kertaning G < dan bhumi G +. dalam bahasa kawi candi berasal dari kata . #al ini terlihat dari adanya lambang jasmaniah raja sedangkan fungsi candi di -ndia adalah untuk tempat pemujaan terhadap dewa. Peralatan #idup dan Tekn!l!gi Salah satu wujud akulturasi dari peralatan hidup dan tekn!l!gi terlihat dalam seni bangunan . juga ditemukan perhitungan tahun Saka dengan menggunakan .sebagai c!nt!h misalnya tahun saka ?=<. 9ntuk itu yang dikuburkan didalam candi bukanlah mayat atau abu jena5ah melainkan berbagai macam benda yang menyangkut lambang jasmaniah raja yang disimpan dalam Pripih. engan demikian fungsi candi #indu di -nd!nesia adalah untuk pemujaan terhadap r!h nenek m!yang atau dihubungkan dengan raja yang sudah meninggal. .inandi artinya yang dikuburkan.andrasangkalaE . c!nt!hnya seperti candi-candi yang terdapat di k!ta %enares merupakan tempat pemujaan terhadap dewa Syiwa. ilang G *.

. Peri!de Tengah $Abad 4--43. ). +. "ecakapan istimewa yang dimiliki bangsa -nd!nesia atau l!cal genius merupakan kecakapan suatu bangsa untuk menerima unsur-unsur kebudayaan asing dan meng!lah unsur-unsur tersebut sesuai dengan kepribadian bangsa -nd!nesia.'& 2. +.BAB III PENUTUP Akulturasi adalah fen!mena yang timbul sebagai hasil jika kel!mp!kkel!mp!k manusia yang mempunyai kebudayaan yang berbeda-beda bertemu dan mengadakan k!ntak secara langsung dan terus-menerusC yang kemudian menimbulkan perubahan dalam p!la kebudayaan yang !riginal dari salah satu kel!mp!k atau kedua-duanya 'asuknya pengaruh budaya dan agama #indu-%udha di -nd!nesia dapat dibedakan atas 2 peri!de sebagai berikut. Peri!de Awal $Abad 3-4. ditelaah dan disesuaikan dengan budaya yang dimiliki penduduk -nd!nesia. Peri!de Akhir $Abad 43--sekarang& 'asuknya budaya #indu-%udha di -nd!nesia menyebabkan munculnya Akulturasi. tetapi di!lah. #al ini disebabkan karena. #al ini berarti kebudayaan #indu D %udha yang masuk ke -nd!nesia tidak diterima seperti apa adanya. 'asyarakat -nd!nesia telah memiliki dasar-dasar kebudayaan yang cukup tinggi sehingga masuknya kebudayaan asing ke -nd!nesia menambah perbendaharaan kebudayaan -nd!nesia.'& ). sehingga budaya tersebut berpadu dengan kebudayaan asli -nd!nesia menjadi bentuk akulturasi kebudayaan -nd!nesia #indu D %udha.

alam.//dwiirfan. epartemen Pendidikan dan "ebudayaan Sutrisn! S. *<*. Sunari! ASS.htm http.freewebs. )**2.c!m/rinanditya/akulturasibudaya.w!rdpress. (urnal Penelitian. 'alang. Globalisasi dan pengembangan kesenian rakyat suatu pengahampiran awal.bl!gsp!t. http.html http. (akarta. +HHA. :!. Eksistensi budaya daerah dalam era globalisasi.//www.c!m/)*++/*=/)</dampak-m!dernisasi-terhadapakulturasi-budaya/ . alam. Masyarakat Indonesia Memasuki Abad ke Dua Puluh Satu .DAFTAR PUSTAKA %udi!n! A. Iembaga Penelitian 9niversitas 'erdeka 'alang. +HHH. (urnal Pendidikan dan "ebudayaan.//rinakhaa.c!m/)*+)/*2/akulturasi-budaya.