LAPORAN PROYEK AKHIR ORGANISASI KOMPUTER “JADWAL BIOSKOP”

KELAS NAMA NIM

: TEK A P2 : Aditia Darmadi J. : J3D112067

PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DIREKTORAT PROGRAM DIPLOMA INSTITUT PERTANIAN BOGOR BOGOR 2013

P2. B. Tugas Akhir Organisasi Komputer Halaman 1 . Tujuan 1. agar lebih jelas dapat dilihat pada Program 17.A. Parameter ini berbentuk optional. 2. Teori Penunjang Untuk membuat Macro bisa digunakan bentuk seperti pada gambar 2. Mengimplementasikan Hasil Praktikum yang selama ini di pelajari.1 yang menggunakan macro untuk mencetak karakter.…] Program ENDM Gambar 2. artinya bisa digunakan ataupun tidak. Menyelesaikan Proyek Akhir Organisasi Komputer. Model Macro "P1" dan "P2" adalah parameter yang bisa anda gunakan pada macro. NamaM MACRO [P1.

Hal inilah yang menyebabkan program yang menggunakan macro ukuran programnya menjadi lebih besar. sehingga setiap procedure hanya dengan Macro. Dengan directive LOCAL assembler akan membedakan label tersebut setiap kali terjadi pemanggilan terhadapnya. Dengan macro dapat dihindari hal tersebut dengan membuat suatu pustaka macro. misalnya 'pustaka. Sebaliknya bila menggunakanya lebih dari satu kali maka akan terjadi "**Error** Symbol already defined elsewhere: ULANG" karena dianggap program menggunakan label yang sama. File yang tersimpan adalah dalam bentuk ASCII. gunakanlah directiveLOCAL. setiap kita memanggil macro dengan menuliskan nama macronya dalam program. setiap kali kita memanggilnya dengan perintah CALL maka program akan melompat pada procedure tersebut. Pada procedure. Label Pada Macro Pada macro dapat digunakan label seperti biasa. Untuk menghindari hal tersebut. 1. tetapi anda harus ingat juga karena setiap pemanggilan Macro akan menyebabkan seluruh isi macro tersebut disisipkan pada program. Pustaka Macro Bila kita sering menggunakan suatu fungsi seperti mencetak kalimat pada setiap program yang kita buat.1 dapat dilihat betapa mudahnya untuk menggunakan macro. Tetapi hal juga yang enyebabkan program yang menggunakan macro lebih cepat dari pada procedure.mcr'. maka seluruh isi macro akan dipindahkan pada program yang memanggilnya. maka pada macro yang didalamnya menggunakan label hanya dapat dipanggil sebanyak satu kali. 2.Dari program 17. Tugas Akhir Organisasi Komputer Halaman 2 . karena pada procedure computer harus melakukan lompatan tetapi pada macro tidak perlu. Dengan demikian bila pada program memanggil suatu macro sebanyak 10 kali maka macro tersebut akan disisipkan 10 kali pada program. Pustaka tersebut bisa disimpan dengan suatu nama. setiap terjadi pemanggilan terhadap macro atau dapat dikatakan secara kasar. tanpa perlu di compile. tentu saja akan sangat membosankan karena setiap kali kita harus membuat fungsi yang sama.

gunakanlah PROCEDURE karena procedure tidak memperbesar program. Karena pengaruh terhadap besarnya program hanya sedikit dan program akan lebih cepat. sebagian orang menganggapmacro akan merugikan program. yang akan menandakan warnatulisan dan warna dasar dari karakter yang akan tercetak.3. dimana setiap bit mencatat warnanyamasing-masing.  Jika fungsi tersebut kecil. Adapun spesifikasinya adalah: Catatan: bl: blink/berkedip R: merah Tugas Akhir Organisasi Komputer Halaman 3 . gunakanlah MACRO karena macro tidak memperlambat proses. Karena procedure tidak memperbesar program. Byte atribut inidigunakan dengan masing-masing bitnya. tetapi banyak juga yang menganggap macro adalah pemecahan yang tepat dalam pemrograman assembler yang terkenal sulit untuk digunakan. Pengaturan Atribut Atribut atau warna menggunakan 1byte memory. Macro digunakan:  Jika fungsi tersebut jarang dipanggil.  Jika fungsi tersebut sering dipanggil. Macro atau Procedure ? Banyak pro dan kontra mengenai macro dan procedure ini. gunakanlah PROCEDURE. Jika fungsi tersebut besar. gunakanlah MACRO.

Inilah warna normal yang biasa digunakan. Listing Program Tugas Akhir Organisasi Komputer Halaman 4 .Bila anda menghidupkan bit ke 0. Untuk menjadikannya berintensitas tinggi danberkedip anda juga tinggal menjadikan bit ke 3 dan 7 menjadi satu(10101001b). yaitu warna dengan atribut 7.G: hijau B: biru I: intensitas warna Untuk menghidupkan warna yang diinginkan anda tinggal menjadikan bittersebut menjadi satu. maka anda tinggal menghidupkan bit ke 0 dan 5atau dengan angka 00100001b(21h). C. Sebagai contohnya bila anda menginginkan warna tulisanBiru dengan warna dasar Hijau.1 dan 2 menjadi satu dan mematikan bit-bit lainnya maka anda akan mendapatkan campuran dari ketiga warnat ersebut(Putih) untuk warna tulisan dan warna hitam untuk warna dasar.

Tugas Akhir Organisasi Komputer Halaman 5 .

Tugas Akhir Organisasi Komputer Halaman 6 .

Tugas Akhir Organisasi Komputer Halaman 7 .

Tugas Akhir Organisasi Komputer Halaman 8 .

Pustaka mcr Tugas Akhir Organisasi Komputer Halaman 9 .

D. Analisis Program Agar terdapat warna pada background maka dilakukan perintah seperti pada gambar diatas. Fungsi yang terdapat pada proses2 untuk memilih pilihan yang kita inginkan pada proses diatasnya Tugas Akhir Organisasi Komputer Halaman 10 . Begitu seterusnya hingga Proses ke-7 kita mengetikkan (cetak_kal kal7) yang berarti kita mencetak kal7 yang telah ada pada data. Pada baris selanjutnya Proses kita mengetikkan (cetak_kal kal1) yang berarti kita mencetak kal1 yang telah ada pada data.     Pada baris pertama Proses kita mengetikkan (cetak_kal kal0) yang berarti kita mencetak kal0 yang telah ada pada data. warna yang saya gunakan adalah merah.

 Pilih salah satu pilihan hari dan akan melanjutkan proses selanjutnya: Jika kita memilih pilihan yang ‘A’. misalkan dipilih hari Senin Maka akan muncul tampilan seperti berikut: Tugas Akhir Organisasi Komputer Halaman 11 . maka akan muncul programnya seperti berikut:  Setelah itu masukkan pilihan harinya & jadwal.

 Untuk jadwal. memilih namun tidak sesuai dengan pilihan maka proses akan memberitahu bahwa inputan salah. programnya menjadi seperti ini: Tugas Akhir Organisasi Komputer Halaman 12 . salah satunya memakai program seperti berikut: Dan outputnya sebagai berikut: (Jadwal yang digunakan adalah hari senin) Jika.

E. Fungsi Membandingkan Operand1 dengan Operand2. jika terdapat banyak kekurangan pada program ini dan maaf karena tidak semua program dicoba dikarenakan teralu banyak. dapat dibuat program seperti diatas (Jadwal Bioskop) dengan cara yang sedemikian rupa dan dengan menambahkan atribut warna didalam programnya (untuk background). Semoga mendapat hasil yang memuaskan. maka program akan me-running ulang. program yang digunakan saat salah memasukkan input adalah sebagai berikut: Agar program kembali lagi.Program tidak mau berjalan dikarenakan input yang dimasukkan salah. INT 20h Perintah INT adalah suatu perintah untuk menghasilkan suatu interupsi dengan syntax. biasanya akan diikuti dengan sebuah Condtional Jump yang akan menentukan jalur program berikutnya. Jika tidak ada perintah JUMP ini maka data program akan ikut dieksekusi sehingga kemungkinan besar akan menyebabkan program anda menjadi Hang. setelah perintah ini. Operand2. Tugas Akhir Organisasi Komputer Halaman 13 . Keterangan: db (define byte) --> Besarnya 1 byte (0h . Perintah JMP(JUMP) ini digunakan untuk melompat menuju tempat yang ditunjukkan oleh perintah JMP. Maaf. tekan huruf ‘K/k’.FFh) Format CMP Operand1. Dimana tujuannya dapat berupa label. Kesimpulan Dengan menggunakan fungsi macro.

F. 2011 Tugas Akhir Organisasi Komputer Halaman 14 . Direktorat Program Diploma IPB.MT. Penuntun Praktikum Pengantar Organisas Komputer. Bogor.. ST. DaftarPustaka Suheri. Asep.