BAB I PENDAHULUAN

A. Dasar Teori
Laravel adalah framework web dengan ekspresif, sintax yang elegan. Selain itu laravel adalah framework yang clean dan classy untuk pengembangan web dengan menggunakan PHP yang dimana uga memiliki motto membebaskan programmer dari kode yang rumit. Laravel dapat membantu seseorang dalam membuat suatu aplikasi yang cukup baik menggunakan sintax yang sederhana danekspresif. !ntuk men alankan laravel kita harus memiliki" • • • P# $ Laptop yang terinstal dengan %S &indows,Linux atau '(#. )ext editor *notepad,notepad++,sublime,dll,. PHP versi -. /.3

Laravel ini uga dapat dikatakan sebagai alternative framework yang bisa digunakan,sebagai pilihan setelah codelgniter. 0ramework PHP laraven itu sendiri dapat berkomitmen untuk men adi framework yang anggun dan sederhana. Pemograman dapat men adi menyenangkan dika menggunakan piranti yang tepat. 1eunggulan laravel dari framework lainnya,yaitu" • • • • • • #oding yang simple )ersedia generator yang canggih dan memudahkan,artisan #L2 0itur Schema 3uilder untuk berbagai database 0itur migration 4 seeding untuk berbagai database 0itur 5uery 3uilder yang keren dll

3

< =.php pada folder app dengan text editor *sublime.php )ampilan &eb hello . Hallo3 3uka routes. Hallo7. function*.< =.< 8oute""get*9$hello79. Praktik 'embuat Hallo6. : return . function*.< Sintax di file route.< 8oute""get*9$hello39.BAB II PEMBAHASAN A.< =. function*. dan tambahkan baris berikut" 8oute""get*9$hello69. : return .iew""make*9hello79. : return .php 3 .iew""make*9hello3 9.iew""make*9hello69.

php )ampilan &eb Hello".php BAB III Tu#as dan $esi%pulan 3 .)ampilan &eb hello!.

: switch *Acode.< = =. array*. Pertama kita harus menambahkan baris berikut pada routes.php" (pp""error*function*Aexception. : case >?>" return 8esponse""view*9error>?>9.(.< 1emudian buat file baru dengan nama error>?>..error >?>B$h6Halaman tidak ditemukan B$bodyB$html3uka web browser kemudian ketikan kata sembarang pada path file dibelakang url. )ampilan &eb Error&'&.php pada folder app$views dengan baris kode seperti ini" BhtmlBheadBtitle-B$titleB$headBbodyBh6. @rror >?> itu sendiri adalah status H))P yang menyatakan bahwa halaman yang diakses tidak tersedia atau tidak ditemukan. Acode. >?>.php 3 .php. #ontoh" localhost"6666$mCxmC dan web server akan mengalihkan ke halaman error>?>. Tu#as )ugas yang diberikan adalah mengarahkan error >?> ke halaman yang diinginkan. #ara ker anya sama seperti pen elasan diatas.

web.id$tutorial$tutorialFlaravel$7?63$tutorialFlaravelF6FapaFituF laravel$ 3 .com$doc$6D76/?EE6$)entangFLaravel http"$$emka.scribd. 0ramework PHP laraven itu sendiri dapat berkomitmen untuk men adi framework yang anggun dan sederhana.sebagai pilihan setelah codelgniter.B. $esi%pulan Laravel adalah framework PHP yang mempermudah dan efisien dalam pembuatan website berbasis PHP. S!'3@8" http"$$www. Laravel uga dapat dikatakan sebagai alternative framework yang bisa digunakan.