"Perkenalkan: Ini Gingivitis." Belum banyak yang akrab dengan istilah gingivitis.

Tetapi, bila gejala-gejalanya dideskripsikan, maka penyakit ini akan terasa dekat. Gusi membengkak, memerah, terasa sakit, bahkan berdarah merupakan gejala-gejala utama yang mengindikasikan penyakit gingivitis. Gusi juga mulai kehilangan tekstur dan warna normalnya, yakni dari berwarna merah muda dan keras menjadi berwarna merah tua dan membengkak. Serta satu gejala yang paling tidak mengenakkan, yakni aroma nafas tidak sedap. Gingivitis adalah jenis penyakit periodontal yang paling ringan. Penyakit periodontal merupakan penyakit infeksi gusi dan jaringan gigi lainnya akibat bakteri yang bersarang di mulut dan mengganggu kesehatan peridontum. Periodontum ialah jaringan yang melingkupi gigi dan gusi, juga melindungi jaringan halus dan tulang pendukung gigi. Selain gingivitis, ada pula penyakit periodontal yang lain, seperti kerusakan pada tulang pendukung gigi dan menimbulkan nanah sehingga gigi menjadi tanggal. Kondisi penyakit periodontal yang paling parah dapat mengancam nyawa penderitanya. Bagaimana kronologi gingivitis? Semua bermula dari tumpukan plak di daerah sempit antara gigi yang satu dengan gigi yang lain. Bakteri-bakteri pada tumpukan plak itulah yang kemudian berperan aktif merusak gusi dan menyebabkan gingivitis. Hampir setiap orang memiliki plak, tetapi hanya sebagian yang terkena gingivitis. Bagi yang sudah terkena gingivitis, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter gigi Anda. Dokter gigi akan mengangkat sumber gingivitis Anda, namun bukan berarti Anda tidak akan pernah terkena gingivitis lagi. Anda tetap harus memperhatikan kebersihan gigi dan mulut Anda agar plak tidak lagi menumpuk. Sedangkan bagi yang merasa tidak mengalami gingivitis, harus mulai aktif melakukan tindakan pencegahan. Berkonsultasi ke dokter gigi minimal sekali dalam enam bulan adalah kewajiban. Selain itu, Anda harus rajin menggosok gigi setiap selesai makan dan sebelum tidur. Jangan lupa untuk menggunakan pasta gigi yang tepat untuk kesehatan gigi dan mulut Anda. Lalu, pasta gigi apa yang tepat untuk penderita gingivitis? Jawaban yang paling tepat: HighDesert Polifrez yang mengandung propolis dan tea tree oil. Perpaduan keduanyalah yang membedakan HD Polifrez dengan pasta gigi ber-fluoride yang kita kenal selama ini. Formulasi propolis dan tea tree oil menjadikan HD Polifrez sebagai pasta gigi yang bermanfaat untuk membunuh bakteri dan mikroba perusak kesehatan gigi dan mulut, menghambat pembentukan plak, mengatasi gingivitis, menjadikan nafas segar lebih lama, sekaligus memutihkan gigi. Jadi, bukankah HD Polifrez adalah pilihan yang tepat untuk mencegah maupun mengatasi penyakit gingivitis?

Gingivitis (Radang Gusi)
Agustus 17, 2010 ariefudin Tinggalkan komentar Go to comments

Apa itu Gingivitis ? Radang Gusi (Gingivitis) adalah peradangan pada gusi yang ditandai dengan adanya perubahan bentuk dan warna gusi. Gingivitis sering terjadi dan bisa timbul kapan saja setelah timbulnya gigi. Gusi tampak merah. Peradangan pada gusi dapat terjadi pada satu atau 2 gigi, tetapi juga dapat terjadi pada

tomat. <– Gambar Gusi Meradang Apa penyebab Gingivitis ? Radang gusi (gingivitis) disebabkan oleh beberapa faktor. sering merokok. Stress.Biasanya mengeluh mulut bau. Bagaimana cara mencegah timbulnya Gingivitis? . .Hindari rokok karena dapat meningkatkan reiko terkena radang gusi. 4. misalnya 1. yaitu demam.Banyak mengonsumsi buah-buahan yang mengonsumsi vitamin C karena berkhasiat sebagai antioksidan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Gusi menjadi mudah berdarah karena rangsangan yang kecil seperti saat menyikat gigi. 2.seluruh mulut. .Rajin memperbaiki kebersihan mulut dan berkumur dengan obat kumur. pubertas. obati dengan antibiotic Amoksisilin 500 mg 3 x sehari selama 5 hari. .Bersihkan rongga mulut setiap 3 atau 6 bulan sekali.Kebersihan mulut biasanya buruk.Bila sudah terjadi radang gusi dan dengan perbaikan kebersihan tidak sembuh.Salah satu bentuk radang gusi adalah perikoronitis yang gejalanya lebih berat. . . . 6. . bernafas melalui mulut. Cara menyikat gigi yang salah. hanya kadang terasa gatal.Menurut penelitian. .Rajin menggsok gigi secara benar dan teratur sesuai anjuran dokter.Pada pemeriksaan gusi tampak bengkak. . Anti nyeri dan anti inflamasi. atau bahkan tanpa rangsangan (pendarahan pada gusi dapat terjadi kapan saja). . Adanya karang gigi. sirsak dan mangga. . haid tidak teratur.Banyak minum air putih. tanpa nyeri. kehamilan dan faktor lain yaitu Diabetes Melitus (DM). berwarna lebih merah dan mudah berdarah pada sondasi. Apa saja Tanda dan Gejalanya ? . Bakteri. . minimal 2 kali sehari.Bersihkan karang gigi oleh dokter gigi. 5. 3. Karena bernafas melalui mulut membuat gigi menjadi kering dan gusi mudah teriritasi. Sisa makanan (plak) pada gigi. Sumber vitamin C alami banyak terdapat pada buah-buahan segar seperti jambu biji. gusi bengkak mudah berdarah. brokoli dapat mencegah terjadinya infeksi termasuk infeksi kuman penyebab radang gusi. jeruk. dan sukar membuka mulut.

************ Oleh : Yanuar Ariefudin (Fakultas Kedokteran Unissula) Disampaikan saat Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut RSUD R Soedjati Purwodadi       Share this: Facebook Email Cetak Kenali Penyebab Radang Gusi Rabu. 24 Maret 2010 11:32 .

Sedangkan gejala sekunder ditandai dengan rasa sakit apabila gusi disentuh atau terkena sikat gigi. radang ringan ini bisa berkembang menjadi periodontitis. Gigi-gigi pun akan segera tanggal atau harus dicabut. Jika tidak dibarengi dengan komplikasi karena infeksi oleh kuman yang lebih ganas. dan genetika. Ada dua macam gejala peradangan gusi. Akibatnya. Ditandai dengan adanya perubahan bentuk dan warna pada gusi. kepala terasa pening atau yang biasa disebut dengan migran. kanker.(Mediainfo) JAKARTA --. faktor kehigienisan seseorang sangat menentukan. tulang gigi. Selain faktor cukup berat seperti stres. AIDS. rokok. gejala primer dan gejala sekunder. jika dibiarkan. stres. faktor genetika. perubahan hormon pada wanita. Radang gusi diakui menjadi faktor utama kasus gigi tanggal dan kerusakan jaringan penyangga gigi. Jika hal ini tidak segera diatasi. gusi. diabetes. kurang gizi.Umumnya radang gusi disebabkan oleh kotornya gigi. sariawan akan sembuh sendiri tanpa bekas. segeralah ke dokter gigi untuk melakukan pemeriksaan. Biasanya. Anda tentu tak ingin hal ini terjadi pada rongga mulut Anda. Artinya. sebagian orang menganggap enteng sariawan dan penyakit rongga mulut lainnya seperti bau napas tak sedap hingga gusi berdarah dan gigi berlubang. Namun masih ada sebab-sebab sekunder lainnya. Gejala primer ditandai dengan terjadinya pembengkakan pada gusi. Tanpa disadari. jika hal ini terjadi pada Anda. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan radang gusi. Antara lain. diabetes. radang gusi bisa terjadi oleh sebab ringan seperti makanan dan minuman yang panas. dan jaringan penyangga gigi akan hancur. radang di sekitar gigi. dan obat. Tapi faktor yang lebih sering terjadi ialah faktor kehigienisan seseorang dan kesalahan dalam menggosok gigi. Walau begitu. Faktor Penyebabnya dan Gejala Gingivitis (radang gusi) bisa terjadi pada semua usia. Akibatnya kepala terasa pusing dan demam. gusi akan tampak merah padahal gusi memiliki warna asli pink. Beberapa obat seperti antidepresan dan sebagian obat jantung bisa menyebabkan radang gusi karena dapat mengurangi aliran air liur yang sebenarnya memiliki efek protektif pada gigi dan gusi. perubahan hormon. . Pada gejala primer. Semakin lama plak dan bakteri-bakteri yang bersemayam di gigi itu akan menyebabkan radang gusi yang disebut gingivitis.

Gingivitis dapat menyerang pada tingkat yang bervariasi. Akibatnya. Buruknya perawatan mulut dan gigi 3. Pendarahan gusi sering kali membuat penderitanya malas untuk menyikat giginya karena menimbulkan sakit. penggunaan kawat gigi yang tidak terjaga kebersihannya. Cegah Gingivitis (Radang Gusi) dengan Perawatan Sederhana 02-06-2009 diposkan oleh melindacare Gingivitis atau dalam Bahasa Indonesia disebut radang gusi. Jika penderita menggosok gigi atau makan. Kehamilan 4. dan terutama jika pada saat tidur penderita bernafas melalui mulutnya. Bakteri dan racun yang dihasilkan oleh plak tersebut mampu menyebabkan infeksi pada gusi. ligament periodontal. Gingivitis terjadi karena banyaknya timbunan plak di antara gigi sehingga mengakibatkan iritasi dan peradangan pada gusi. hal tersebut menyebabkan plak dan sisa makanan semakin menumpuk sehingga memperburuk kondisi radang gusi. rasa perih pada mulut. Biasanya terjadi saat seseorang mulai mengalami masa pubertas karena perubahan hormon dan hal itu dapat terjadi sampai berulang kali tergantung bagaimana perawatan gigi dan gusinya. Anda dapat mencegah Gingivitis dengan tindakan perawatan yang sederhana seperti menyikat gigi secara teratur .Selain itu. Beberapa hal yang dapat menyebabkan gingivitis diantaranya adalah : 1. gusi tidak lagi menempel pada gigi sehingga semakin memudahkan kotoran masuk. gusi yang lembek jika disentuh dan terasa sakit. dan gusi tampak lebih mengkilat dari biasanya. gusi yang membengkak. gusi seringkali berdarah dan gusi menjadi lebih sensitif. ternyata anatomi gigi yang tidak beraturan. Pada kasus gingivitis yang berat. maka pada saat pagi hari khususnya saat bangun tidur bantal akan dipenuhi oleh bercak darah. Gejala Gingivitis yang dapat dilihat adalah gusi berdarah. gusi. khususnya di bagian gusi yang meradang. dan konsumsi obat-obatan jenis tertentu pun dapat menyebabkan Gingivitis. Serangan Penyakit 2. sehingga gusi menjadi bengkak dan rapuh. Diabetes Selain penyebab yang telah disebutkan di atas. terjadi pembengkakan pada gusi dan gusi menjadi lebih lunak dari biasanya. merupakan salah satu penyakit yang menyerang gusi merupakan bentuk dari penyakit periodontal yang menyebabkan peradangan dan infeksi yang merusak jaringan yang menyokong gigi. gusi berwarna merah cerah. Selain itu pasien juga akan mengeluhkan bau mulutnya. termasuk. dan dan rongga gigi (tulang alveolar).

gusi yang membengkak. dan menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. GINGIVITIS . Biasanya terjadi saat seseorang mulai mengalami masa pubertas karena perubahan hormon dan hal itu dapat terjadi sampai berulang kali tergantung bagaimana perawatan gigi dan gusinya. Gejala Gingivitis yang dapat dilihat adalah gusi berdarah. merupakan salah satu penyakit yang menyerang gusi merupakan bentuk dari penyakit periodontal yang menyebabkan peradangan dan infeksi yang merusak jaringan yang menyokong gigi. Gingivitis atau dalam Bahasa Indonesia disebut radang gusi. ternyata anatomi gigi yang tidak beraturan. menjaga kebersihan kawat gigi bila Anda memakainya. menjaga kebersihan kawat gigi bila Anda memakainya. gusi yang lembek jika disentuh dan terasa sakit. flossing. termasuk. Beberapa hal yang dapat menyebabkan gingivitis diantaranya adalah : 1. Bakteri dan racun yang dihasilkan oleh plak tersebut mampu menyebabkan infeksi pada gusi. penggunaan kawat gigi yang tidak terjaga kebersihannya. gusi. ligament periodontal. Gingivitis terjadi karena banyaknya timbunan plak di antara gigi sehingga mengakibatkan iritasi dan peradangan pada gusi. dan konsumsi obat-obatan jenis tertentu pun dapat menyebabkan Gingivitis. 2.setelah makan dan sebelum tidur. rasa perih pada mulut. dan menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. sehingga gusi menjadi bengkak dan rapuh. flossing. Serangan Penyakit Buruknya perawatan mulut dan gigi Kehamilan Diabetes Selain penyebab yang telah disebutkan di atas. 3. Anda dapat mencegah Gingivitis dengan tindakan perawatan yang sederhana seperti menyikat gigi secara teratur setelah makan dan sebelum tidur. Gingivitis dapat menyerang pada tingkat yang bervariasi. gusi berwarna merah cerah. 4. dan dan rongga gigi (tulang alveolar). dan gusi tampak lebih mengkilat dari biasanya.

Percetakan RSUD Dr. mudah berdarah. M. sukar membuka mulut PENATALAKSANAAN     Memperbaiki dan mempertahankan kebersihan mulut dan gigi Obat kumur yodium povidon 1 % . tanpa nyeri. Pedoman Diagnosis dan Terapi Rumah Sakit Umum Daerah Dokter Soetomo 1988.Kes BATASAN :  Gingivitis adalah: radang pada gusi ETIOLOGI : Faktor lokal :       Karang gigi Bakteri Sisa makanan (plak) Pemakaian sikat gigi yang salah Rokok Tambalan gigi yang kurang baik Faktor sistemik :    DM Ketidak seimbangan hormon : Mentruasi. . KB oral Keracunan logam GAMBARAN KLINIS    Mulut bau. Surabaya.Dr. Kehamilan. gusi bengkak. atau H2O2 3 % 3x sehari selama 3 hari Karang gigi perlu dibersihkan Penicillin V 3 x 500 mg selama 3 hari bila perlu REFERENSI:  Lab/UPF Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Rumah Sakit Umum Daerah Dokter Soetomo Surabaya. berwarna lebih merah dan mudah berdarah pada sondasi Perikoronitis : merupakan radang gusi dengan gejala lebih berat : demam. Suparyanto. kadang terasa gatal Gusi tampak bengkak. 1988. Soetomo RADANG gusi (gingivitis) adalah keadaan di mana terjadi perubahan struktural pada gusi. Menopause.

Jika terjadi kekurangan vitamin C dan niasin. stres. Selain itu. Jalan Raya Pasar Minggu No 16 J. radang gusi (gingivitis) disebabkan karena hengine atau rongga mulut yang tidak terawat. adanya timbunan plak pada gigi dan karena adanya lubang gigi. Jika masuk hingga ke mata bisa terjadi gangguan penglihatan." ungkapnya. Karena itu. pertumbuhan gusi harus diangkat melalui pembedahan. Gejala Gejala awal radang gusi adalah gusi nampak merah. waspadalah terhadap radang gusi! Menurut Drg Denny Sidiq Hudaya. paru-paru. pembersihan kuman yang dapat mengakibatkan radang gusi yang terdapat pada akar gigi. Jika tidak segera ditanggulangi akan mengakibatkan enfeksi yang membahayakan anatomi tubuh lainnya. Pengobatan Radang gusi dapat diatasi dengan pemberian antibiotik. dan mata. Segeralah ke dokter gigi untuk melakukan scalling atau pembersihan karang gigi yang intervalnya antara 3-6 bulan sekali. . diberikan tambahan vitamin. Sedangkan gejala sekunder ditandai dengan rasa sakit apabila gusi disentuh atau terkena sikat ggigi. "Kalau gangguan tersebut berlangsung sangat lama bisa terjadi gejala kronis. Karena karang gigi dan sisa makanan yang membusuk. bernanah. karena lalai dari menggosok gigi sehingga menyebabkan karang gigi dan sisa makanan yang masih menempel. Jika penyebabnya obat-obatan. kurang mengkonsumsi vitamin C. Radang gusi disebabkan karena kurang memperhatikan kebersihan mulut. Dan jika infeksi tersebut masuk hingga ke otak akan menimbulkan meninggitis." jelasnya saat ditemui genie beberapa waktu lalu di klinik DNN. radang gusi juga disebabkan karena terlalu sering merokok. Radang gusi dapat menyebabkan infeksi yang masuk melalui pembuluh darah dan merusak organ tubuh manusia seperti jantung. napas berbau. "Radang gusi bisa menyebabkan tumor (pembengkakan) dan rubor (terjadinya kemerahan pada gusi) dan dollor (gusi terasa sakit). Ada dua macam gejala peradangan gusi. Gejala primer ditandai dengan terjadinya pembengkakan pada gusi. gusi mengalami pembengkakan. Jika infeksi tersebut masuk hingga ke paru-paru bisa mengakibatkan penyakit TBC. Akibatnya.Ditandai dengan adanya perubahan bentuk dan warna pada gusi. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman ketika makan dan minum. bergoyang dan mudah terlepas. faktor genetika. bengkak. sakit dan mudah berdarah bila tersentuh. Selain scalling. Anda juga bisa melakukan scerentase. Akibatnya kepala terasa pusing dan demam. otak. Jika infeksi tersebut masuk hingga ke jantung atau yang disebut dengan percarlitis atau peradangan selaput jantung. Jakarta Selatan. Misalnya. berikan si penderita obat kumur anestetik. Faktor lain yang juga bisa menyebabkan terjadinya radang gusi adalah Diabetes Melitus (DM). kepala terasa pening atau yang biasa disebut dengan migran. gejala primer dan gejala sekunder. SpBM.

untuk menanggulangi dan mencegah radang gusi adalah root planning. minimal dua kali sehari. tomat. Melakukan root planning yaitu pembersihan jaringan yang dapat merusak gigi yang dapat mengakibatkan radang gusi. dan mempercepat penyembuhan luka. dan mangga. Satu lagi. tetaplah mengonsumsi sayuran yang banyak mengandung vitamin C seperti brokoli. sirsak. jeruk. Selain itu. Gosok gigi secara benar dan teratur sesuai anjuran dokter. Banyak mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C karena berkhasiat sebagai antioksidan dan meningkatkan kekebalan tubuh. mencegah terjadinya radang gusi yang praktis dan efisien adalah dengan rajin menggosok gigi. Sumber vitamin C alami banyak terdapat pada buah-buahan segar seperti kiwi. Hmmm. Menurut penelitian. rokok dapat menekan sistem kekebalan tubuh sehingga sulit melawan infeksi. Hindari rokok karena dapat meningkatkan resiko terkena radang gusi. apa itu root planning? Dalam ilmu kedokteran. Sementara. root planning merupakan suatu upaya menghaluskan permukaan akar gigi untuk mengeluarkan bagian gigi yang nekrotik dan tidak sehat. brokoli dapat mencegah terjadinya infeksi termasuk infeksi kuman penyebab radang gusi.Cata lainnya. banyak minum air putih . Jangan lupa. jambu biji. Bersihkan rongga mulut setiap 3 atau 6 bulan sekali.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful