You are on page 1of 7

TUGAS LAPORAN DIGITASI

Ratna Juwita

106093003135

Digitasi Peta 1. Rektifikasi Pada saat ingin melakukan digitasi, terlebih dahulu kita melakukan tahap rektifikasi. Rektifikasi adalah menentuka titik koordinat bumi pada peta. Apabila sudah direktifikasi, baru kita muali untuk proses digitasi peta. 1.1 Run aplikasi ArcView 3.3 1.2 Add theme Buka file pro_digit.bmp dengan memilih Add theme dan pilih direktori fiile tersebut, ubah Data Source Type menjadi Image Data source, lalu OK. 1.3 Aktifkan ekstensi Pilih menu File > Extensions. Aktifkan JPEG (JIFF) Image Support dan Register and Transform lalu OK. 1.4 Mulai rektifikasi Pilih menu View > Register and Transform, maka akan keluar jendela seperti ini.

Pilih icon source point ( ) dan beri point pada peta pro_digit.bmp dengan urutan yang ditentukan (atas kiri -1- , atas kanan -2- , bawah kanan -3- , bawah kiri -4-) dan isi destination sesuai dengan titik koordinat yang ada pada gambar. 1.5 RMS Error Nilai RMS error adalah nilai kesalahan dari pemberian source point dengan destination. Semakin tinggi nilai tersebut berarti semakin besar kesalahan yan dibuat.

1.6 Save hasil rektifikasi Beri tanda check pada Store Control Points > pilih Write World File> Lalu OK. 1.7 Selesai

Ingat, pada saat proses rektifikasi tidak dianjurkan untuk merubah-rubah tampilan (zoom in/out). Jika ingin di zoom out/in, lakukan sebelum rektifikasi berlangsung.

2. Digitasi peta Peta yang telah direktifikasi, siap untuk didigitasi. Digitasi adalah proses convert objek-objek pada peta gambar menjadi digital. Digitasi dapat dilakukan pada layar computer dengan data hasil scanning, yang disebut digitasi on screen. Koordinat x dan y dari objek-objek tersebut secara otomatis disimpan sebagai data spasial digital. Proses digitasi kali ini dilakukan menggunakan software ArcView 3.3. kita dapat menambah new theme kedalam peta yang akan didigitasi.

Tujuan Praktikum Digitasi Agar mahasiswa dapat menghasilkan data yang berasal dari visual/peta (hard) menjadi digital (soft). Tahapan 2.1 Jenis data Data yangdapat diperoleh melalui banyak cara, yaitu citra satelit, Radar, foto udara, scanning, dsb. Pada praktik kali ini data yang digunakan adalah peta yang sebenarnya sudah digital (ekstensi bmp), yaitu peta sebaran fasilitas umum dan social kecamatan tanah abang.

2.2 Add Theme Buka file pro_digit.bmp dengan memilih Add theme dan pilih direktori fiile tersebut, ubah Data Source Type menjadi Image Data source, lalu OK. 2.3 New Theme Pilih View > New Theme. Ada 3 pilihan yaitu point, line, dan polygon. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan.  Point Apabila yang ingin didigitasi adalah suatu lokasi (seperti : titik pengeboran minyak, lampu merah, dll) maka feature type yang digunakan adalah point (titik). Cara mendigitasi data titik adalah sebagai berikut o o klik draw poin ( ) pada menu tool bar klik pada lokasi yang diinginkan

 Poligon Apabila yang ingin didigitasi adalah data spasial yang berbentuk area/wilayah/poligon (seperti : danau, perumahan, sawah dll) maka feature type yang digunakan adalah line (garis). Cara men-digitasi data garis adalah sebagai berikut o o o Klik draw rectangle ( polygon ( ),draw circle ( ),draw polygon ( ) ) jarang digunakan ) dan draw circle ( ),draw line to split

) atau draw line to to appeand polygon (

Pada digitasi tool draw rectangle (

Pada tool draw polygon ( ) cara menggunakannya adalah: Klik pada bagian awal dari polygon yang ingin di digitasi , kemudian klik mengikuti batas data yang ingin didigitasi, untuk mengakhirinya klik dua kali.

Pada tool draw line to split polygon ( ) (tool ini digunakan untuk membelah area/poligon) cara menggunakannya adalah: Klik pada bagian luar dari polygon yang

ingin dibelah (split) , kemudian klik mengikuti batas data yang ingin didigitasi, untuk mengakhirinya klik dua kali (diluar batas polygon).

 Line Apabila yang ingin didigitasi adalah data spasial yang berbentuk garis (seperti : jalan, sungai, dll) maka feature type yang digunakan adalah line (garis). Cara men-digitasi data garis adalah sebagai berikut o o Klik draw line ( ) atau draw line to split feature ( ) Klik pada ujung garis (awal), kemudian klik mengikuti data garis yang ingin didigitasi, untuk mengakhirinya klik dua kali.

Kita bisa merubah tampilan digitasi dengan me-double click shape yang diinginkan. Lalu akan keluar jendela seperti ini (kali ini shape Jl_arteri):

Double click simbolnya untuk mengubah. Maka keluar Pan Palatte.

Fiil Palette : mengubah lebar border dan pola untuk polygon.

Marker Palette : mengubah symbol, ukuran symbol untuk point.

Color Palette: mengubah warna untuk point, polygon, garis, atau teks.

Pen Palette : mengubah lebar garis dan style dari garis.

Font Palette : mengubah font teks, ukuran dan style yang digunakan pada grafik.

Palette Manager : mengisi simbol dan palette sendiri.

Hasil akhir dari proses dijitasi, akan terdapat banyak theme yang telah kita buat seperti berikut: