You are on page 1of 7

LAPORAN KEGIATAN

UPAYA PROMOSI KESEHATAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
“PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT”
DI POSYANDU KUNTUM MEKAR 7, DUSUN LEBER, DESA CILEMPUYANG,
KECAMATAN CIMANGGU (F1)

Pendamping:
dr. Yani Amaroh

Disusun oleh:
dr. Lusiana Wulandari

PUSKESMAS CIMANGGU 1
KABUPATEN CILACAP

2014 .

minum tablet darah. Nama Kegiatan Penyuluhan “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat” B. tidak merokok dan lain-lain. melakukan aktivitas fisik secara aktif. buang air besar di jamban dan lain-lain. memberi bayi dan balita kapsul vitamin A. Ada pula beberapa warga yang masih buang air besar di sungai karena belum memiliki jamban. Masih banyak warga belum terbiasa mencuci tangan dengan menggunakan sabun sebelum makan/menyuapi anak. Jenis PHBS sangat beragam. KECAMATAN CIMANGGU (F1) A. DESA CILEMPUYANG. PHBS di rumah tangga adalah upaya untuk memberdayakan anggota rumah tangga agar tahu. DUSUN LEBER. jarang menguras bak mandi dan membersihkan jentik nyamuk. mau dan mampu melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat. Hal ini berkaitan dengan kurangnya pengetahuan . Perilaku Hidup Bersih dan Sehat adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan dapat berperan aktif dalam kegiatan – kegiatan kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan–kegiatan kesehatan di masyarakat. tentang kesehatan lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya. tentang kesehatan pribadi seperti mencuci tangan dengan sabun sebelum makan dan sesudah buang air besar. setelah buang air besar dan setelah membuang kotoran/sampah.LAPORAN KEGIATAN UPAYA PROMOSI KESEHATAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT “PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT” DI POSYANDU KUNTUM MEKAR 7. membiarkan jarak antara sumber air bersih dengan tempat penampungan kotoran atau limbah kurang dari sepuluh meter serta membiarkan ada anggota keluarga yang merokok di dalam rumah tanpa mengetahui dampak negatifnya. cukup makan sayur dan buah setiap hari. Setiap rumah tangga dianjurkan untuk melaksanakan semua perilaku kesehatan. Masih banyak penduduk desa Cimanggu yang belum memiliki kesadaran tentang perilaku hidup bersih dan sehat dalam rumah tangga. mengkonsumsi garam beryodium. misalnya tentang gizi seperti makan beraneka ragam makanan. Latar Belakang Salah satu indikator untuk mewujudkan masyarakat sehat adalah berdasarkan indikator Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

2. Bentuk Kegiatan Penyuluhan mengenai materi perilaku hidup bersih dan sehat dalam rumah tangga yang meliputi : 1. c. 2. h. Tujuan Khusus a.masyarakat tentang arti pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat. 3. Konsumsi cukup buah dan sayur setiap hari i. Desa Cilempuyang. Menimbang bayi dan balita setiap bulan. Tujuan Kegiatan 1. j. C. Penggunaan jamban sehat. Dusun Leber. Kecamatan Cimanggu. Mencuci tangan dengan menggunakan sabun. serta kebiasaan turun temurun di dalam masyarakat. Sepuluh indikator PHBS dalam rumah tangga yang terdiri dari : a. Pemberian ASI eksklusif. Memberikan pengetahuan mengenai kriteria PHBS dalam rumah tangga. d. Memberikan pengetahuan tentang manfaat dan pentingnya PHBS. Peserta penyuluhan diharapkan mampu mengaplikasikan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari. b. Aktivitas fisik setiap hari. . Waktu Kegiatan Kegiatan telah dilaksanakan pada hari Senin tanggal 7 Juli 2014. peserta mampu mengaplikasikan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari hari sehingga berdampak pada peningkatan kesehatan masyarakat. Dengan demikian. d. Pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan. F. f. Pengertian PHBS dalam rumah tangga. b. Pemberantasan jentik nyamuk. Ketersedian air bersih. c. e. Memberikan pengetahuan tentang pengertian PHBS. g. Diharapkan setelah penyuluhan. D. untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat serta mengubah kebiasaan turun temurun dalam masyarakat perlu diberikan informasi mengenai perilaku hidup bersih dan sehat melalui penyuluhan. Tempat Kegiatan Kegiatan telah dilaksanakan di Posyandu Kuntum Mekar 7. Tujuan Umum Memberikan pengetahuan mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Manfaat PHBS dalam rumah tangga. tingkat ekonomi masyarakat yang masih rendah. E. Tidak merokok di dalam rumah.

Ruang penyuluhan terlalu gelap sehingga tulisan dan gambar yang disajikan sulit dilihat oleh peserta penyuluhan. b. seperti leaflet dan teknik penyuluhan yang sederhana dengan hanya menggunakan tulisan dan gambar yang dicetak di kertas membuat penyuluhan kurang menarik perhatian peserta posyandu. Penyampaian materi dilakukan dengan metode ceramah menggunakan media sederhana berupa tulisan dan gambar yang dicetak pada kertas lebar.Keb. c. H. Anak-anak balita yang rewel setelah mendapatkan imunisasi membuat perhatian ibu terpecah sehingga kurang memperhatikan materi yang diberikan selama penyuluhan. Kecamatan Cimanggu. 2. Rangkaian kegiatan dibagi menjadi dua. Kelebihan Koordinasi yang baik antar petugas kesehatan (tim pelaksana kegiatan). Evaluasi Kegiatan 1. Kurangnya media penyuluhan. J. yaitu penyuluhan dan pelayanan. dr. Desa Cilempuyang. Kecamatan Cimanggu.G. Pelaksana Kegiatan 1. Dusun Leber. Hasil Kegiatan Kegiatan penyuluhan tentang “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat” dilakukan dalam rangkaian kegiatan Posyandu. Penyampaian materi diselingi tanya jawab dengan ibu-ibu peserta posyandu. Peserta Kegiatan Ibu ibu peserta Posyandu Kuntum Mekar 7. Penyuluhan yang dilaksanakan bersama dengan kegiatan pelayanan menyebabkan penyuluhan kurang optimal karena beberapa peserta harus mengikuti dua kegiatan dalam waktu yang bersamaan. I. Para kader turut membantu berjalannya kegiatan. Peserta posyandu Kuntum Mekar 7 cukup banyak dan sebagian besar memperhatian materi yang diberikan dan antusias berpartisipasi dalam sesi tanya jawab. Maria Ambarsari Amd. 3. . Ancaman a. 4. Kegiatan ini diikuti oleh ibu-ibu Posyandu Kuntum Mekar 7. Kader Posyandu memfasilitasi sarana tempat untuk penyuluhan. b. Kekurangan a. Dusun Leber. Penyuluhan dilakukan di ruang tamu rumah kader yang juga digunakan sebagai tempat belajar anak usia dini (PAUD). 2. Lusiana Wulandari (Penyuluh). Desa Cilempuyang. Peluang a. c. b.

misalnya masih ada beberapa warga yang belum memiliki jamban dan belum memiliki sumber air bersih. mencuci dan buang air besar. 21 Juli 2014 Dokter Internship Dokter Pendamping dr.c. Yani Amaroh 19740129. Cimanggu.008 . Lusiana Wulandari dr.2. sehingga masih menggunakan air sungai sebagai sarana untuk mandi.200604. Status ekonomi penduduk Dusun Leber mayoritas masih rendah sehingga penerapan perilaku hidup bersih dan sehat dalam rumah tangga belum bisa optimal.