You are on page 1of 4

Beberapa Pengertian Ilmu Administrasi Publik

Definisi Administrasi Publik/Negara menurut para ahli :
1. Chandler dan Plano dalam Keban (2004:3) mengatakan bahwa administrasi publik adalah
proses dimana sumber daya dan personel public diorganisir dan dikoordinasikan untuk
memformulasikan, mengimplementasikan, dan mengelola keputusan-keputusan dalam
kebijakan publik.
- Administrasi publik merupakan seni dan ilmu yang ditunjukan untuk mengatur public
affairs dan melaksanakan berbagai tugas yang ditentukan.
- Administrasi public sebagai disiplin ilmu bertujuan untuk memecahkan masalah public
melalui perbaikan-perbaikan terutama dibidang organisasi, sumber daya manusia, dan
keuangan.
2. Marshall E. Dimock, Gladys O. Dimock dan Louis W.Koenig dalam Harbani Pasolong
(2007:7) mengatakan bahwa administrasi publik adalah kegiatan pemerintah di dalam
melaksanakan kekuasaan politiknya.
3. Jhon M.Pfifner dan Robert V.Presthus (1960:4) mendefinisikan administrasi publik adalah
1.) meliputi implementasi kebijakan pemerintah yang telah ditetapkan oleh badan-badan
perwakilan politik 2.) Koordinasi usaha-usaha perorangan dan kelompok untuk melaksanakan
kebijakan pemerintah 3.) Suatu proses yang bersangkutan dengan pelaksanaan kebijakankebijakan pemerintah, pengarahan kecakapan dan teknik-teknik yang tidak terhingga
jumlahnya, memberikan arah dan maksut terhadap usaha sejumlah orang.
4. Felix A. Nigro dan L. Loyd G. Nigro (1970:21) Administrasi publik adalah 1) Kerjasama
kelompok dalam lingkungan pemerintahan 2) Meliputi tiga cabang pemerintahan : legislative,
eksekutif, dan hubungan diantara mereka 3) Mempunyai peranan penting dalam perumusan
kebijakan pemerintah dan karenanya merupakan sebagian dari proses politik 4) Sangat erat
berkaitan dengan berbagai macam kelompok swasta dan perorangan dalam menyajikan
pelayanan pada masyarakat 5) Dalam beberapa hal berbeda pada penempatan pengertian
administrasi perseorangan.
5. Dwight Waldo (1984:17) Administrasi publik adalah manajemen dan organisasi dari
manusia-manusia dan peralatannya guna mencapai tujuan pemerintah.
6. Nicholas Henry dalam Harbani Pasolong (2007:8) Suatu kombinasi yang kompleks antara
teori dan praktik dengan tujuan mempromosi pemahaman terhadap pemerintah dalm
hubungan dengan masyarakat yang diperintah dan juga mendorong kebijakan publik agara
lebih responsif terhadap kebutuhan sosial. Administrasi publik berusaha melembagakan
praktik praktik manajemen agar sesuai dengan nilai efektivitas, efisiensi, dan pemenuhan
kebutuhan masyarakat secara lebih baik.
7. David H. Rosenbloom dalam Harbani Pasolong (2007:8) Administrasi publik merupakan
pemanfaatan teori-teori dan proses manajemen, politik, dan hukum untuk memenuhi

Siagian (1996:8) Administrasi Negara ialah keseluruhan kegiatan yang dilakukan oleh seluruh aparatur pemerintah dari suatu negara dalam usaha mencapai tujuan negara.H. Marshall Dimock. 15. eksekutif. public administration is thought of as accomplishing side government.Amin Ibrahim (2007:17) Administrasi publik adalah seluruh upaya penyelenggaraan pemerintah yang meliputi kegiatan manjemen pemerintah (perencanaan.Is different is significant ways from private administration . pelaksanaan. innovation. . Dimock dan Douglas Fox dalam Stillman II (1992:2-5) Public administration is the produced of good and service design to serve the needs of citizen (produk barang dan jasa yang direncanakan untuk memenuhi kebutuhan warga Negara yang menjadi konsumennya) 13. Dr. Public administration is… all that comes after the last campaign promises and election night cheer.is a coorperative group effort a public setting .Covers all three branches : executive. judicial and their interrelationships . and social interaction and „co production‟.Has an important role in the formulation of public policies. . dan pengawasan pembangunan) dengan mekanisme kerja dan dukungan sumber daya manusia serta dkungan administrasi/tata usahanya. dalam rangka fungsi-fungsi pengaturan dan pelayanan terhadap masyarakat secara keseluruhan atau sebagian. Nigro dan Nigro dalam Stillman II (1992:2-5) Public Administration : . Graham dan Hays dalam Stillman II (1992:2-5) in ordinary usage public administration is generic expression for the entire bundle of activities that are involved in the establishment and implementation of public policies 14. 11. Jun dalam Stillman II (1992: 2-5) Public Administrationas design with attendant emphasis of participate decision making and learning. Starling dalam Stillman II (1992:2-5) traditionally. and is the part of the political processes. legislative.Is clearly associated with numerous private groups and individuals in providing services to the community. It is supposed to comprise all those activities involved in carrying put the policies of elected official and some activities associated with the development of those policies. purpose and action. 10. Harbani Pasolong (2007:8) Administrasi Publik adalah kerjasama yang dilakukan oleh sekelompok orang atau lembaga dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan dalam memenuhi kebutuhan publik secara efisien dan efektif.keinginan pemerintah dibidang legislative. 12. 8. pengorganisasian. 9. imagination and creativity.

Rumusan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia : “Seluruh Penyelenggara kekuasaan pemerintah(Negara Indonesia) dengan memanfaatkan dan mendayagunakan seluruh aparatur negara segala kemampuan aparatur negara serta segenap dana dan daya demi tercapainya tujuan nasional dan terlaksananya tugas pemerintah( pemerintah RI) seperti yang telah ditetapkan Undang-Undang Dasar 1945” 19. Hadari (1994:303) Administrasi negara adalah upaya administrasi yang dilaksanakan dalam kegiatan pembangunan yang bersandar pada nilai-nilai untuk kepentingan kesejahteraan rakyat dan bersifat non profit. hubungan kerja. . 20. administrasi perkantoran. permasalahan dan kerjasama demi kemaslahatan manusia(masyarakat) . Dubnick dan Romzek dalam Stillman II (1992:2-5) The practices of public administration involves the dynamics reconciliation of various forces in government‟s effort to manage public and programs. administrasi material/perlengkapan.Meliputi atau berhubungan dengan berbagai(bertentangan) perilaku.Merupakan formulasi dan implementasi dari kebijakan publik.Bagian eksekutif dari suatu pemerintahan(walaupun tetap berhubungan dengan legislative dan yudikatif dalam kenyataannya) . administrasi perusahaan negara. 22. S. Peters.Berbeda bidang dengan swasta . Levine.16. Thompson dalam Stillman II (1992:2-5) Public administration is centrally concerned with the organization of government policies and programs as well as the behavioral of officials(usually non elected) formally responsible for their conduct. .Prajudi Amosudirjo dalam Ibrahim(2007:17) Administrasi Negara adalah administrasi daripada negara sebagai organisasi yang “mengejar” tercapainya tujuan-tujuan yang bersifat kenegaraan yang ditetapkan melalui undang-undang. 18. administrasi keuangan. 23. tata kerja. dalam Sugandha (1995:12) Administrasi Negara antara lain rumusan tugas pokok. dalam segala bidang dan tingkat pemerintahan keseluruhannya merupakan rangkaian yang memiliki hubungan timbal balik satu dengan yang lainnya. 17. administrasi kepegawaian. susunan organisasi. .Produknya berupa pelayanan barang dan jasa. 21. Stillman II (1992:3) Administrasi Negara(public administration) mencakup beberapa hal: . Ukasah (1987:27) Administrasi Negara merupakan „species‟ dalam ilmu „genus‟ administrasi yang mengandung pengertian sebagai rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh sekelompok orang secara koorperatif demi kehendak atau keinginan untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan dengan penuh kesadaran disertai rasa tanggung jawab.

24. Jadi kesimpulan yang bisa di ambil dari beberapa pengertian di atas. bahwa Administrasi Negara/Publik adalah segala hal yang mengatur proses kenegaraan (pemerintahan) yang bersifat non profit namum benefit yang ditujukan pada masyarakat dan sesuai dengan tujuan negara yang telah ditetapkan dalam undang-undang. misalnya keamanan.dll. Lieng Gie dalam Ukasah (1987:29) Administrasi Publik adalah segenap proses penyelenggaraan yang dilakukan oleh aparatur pemerintah untuk mencapai tujuan kenegaraan. pendidikan. Tujuan kenegaraan umumnya pemberian pelayanan terhadap kepentingan seluruh rakyat. kesehatan. .