You are on page 1of 6

SKRIPSI, BAB I PENDAHULUAN

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Industri Pertambangan merupakan industri yang kompleks dengan
berbagai macam persoalannya sendiri. Kompleks dari segi ilmu pengetahuan
serta teknologi sudah menjadi ciri utama dari industri ini. Karena itulah bagi
siapapun yang berniat terjun dan bergelut didunia pertambangan kiranya
akrab dengan segalah bentuk ilmu pengetahuan dan teknologi terkini. Artinya
bahwa menjadi pekerja tambang profesional sarat mutlaknya adalah
menguasai konsep serta tidak gagap teknolgi.
Konsep teknologi diantaranya adalah penguasaan konsep ekonomi
pasar, konsep pengembangan berkelanjutan yang tersistematis, konsep ramah
lingkungan serta mengikuti kaidah-kaidah kesehatan dan keselamatan kerja.
Dan ada satu hal penting lainnya dalam bidang teknologi adalah penguasaan
software-software tambang. Namun kesemuanya itu dapat dipersiapkan
dengan baik apabila kita sudah memiliki kajian awal tentang cadangan dari
suatu area atau lahan yang akan dijadikan sebagai tempat industri
pertambangan itu. Oleh sebab itu kajian tentang cadangan menjadi hal yang
sangat diperhatikan dalam konsep perencanaan industri pertambangan.
Sebagai salah satu bagian pokok dalam kajian cadangan, perhitungan
cadangan merupakan suatu langkah kuantifikasi formal terhadap suatu

1

kadar dan kuantitas mineral merupakan atribut-atribut (variabel/parameter) umum yang diperhitungkan.2 material yang keterdapatannya secara alamiah. Tim yang besar dan solid dibutuhkan untuk proses ini. jangka pendek atau untuk keperluan lain. keuangan dan lain sebagainya. Volume. 1. tidak hanya ahli eksplorasi. Perhitungan atribut tersebut harus optimal dalam arti tak bias dan kesalahan acak tidak melebihi kriteria yang dapat dipertanggung jawabkan. Metode perhitungan cadangan juga berbeda sesuai dengan tujuan penambangan.2 Rumusan Masalah Kurangnya perencanaan yang baik dalam arti langkah-langkah yang diambil dalam rangkah pengefektifan dan optimalisasi produksi penambangan pada PT. tonase. Metode perhitungan dapat berbeda untuk endapan yang akan ditambang secara terbuka dengan endapan yang akan ditambang secara bawa tanah. Hal ini menginspirasi penulis memetakan beberapa pokok permasalahan yang nantinya akan SKRIPSI. teknisi pertambangan dan ahli metalurgi tetapi juga melibatkan ahli ekonomi mineral. BAB I PENDAHULUAN . maka dari itu dibutuhkan ahli-ahli yang profesional. Perhitungan dilakukan dengan berbagai metode/prosedur yang didasarkan pada pertimbangan empiris maupun teoritis. Mengingat perhitungan cadangan merupakan proses yang sangat penting. maksudnya apakah jumlah cadangan yang diperoleh akan dipergunakan untuk perencanaan tambang jangka panjang. Pentawira Agraha Sakti.

Metode penambangan yang seperti apa yang digunakan oleh PT. 2. Penelitian dilakukan pada PT. Metode apa yang digunakan oleh PT.3 ditindak lanjuti menjadi suatu rekomendasi yang bertujuan membantu memecahkan persoalan yang terkait dengan produksi tambang pada perusahaan ini. Pentawira Agraha Sakti lebih diorientasikan untuk kadar apa saja dan batu gamping hasil penambangan di perusahaan ini orientasi pemanfaatannya untuk dalam bidang apa? 4. SKRIPSI. Pentawira Agraha Sakti Kabupaten Tuban.3 Batasan Masalah Sebelum menginjak pada tahapan penelitian yang dilakukan di lapangan. Pentawira Agraha Sakti untuk menambang Batu Gamping? 3. BAB I PENDAHULUAN . Batu Gamping hasil penambangan oleh PT. Pentawira Agraha Sakti dalam rangka menghitung cadangan Batu Gamping? 2. disini peneliti mengemukakan pembatasan masalah yang diselidiki dalam perusahaan dengan tujuan agar masalah dapat terpecahkan secara terarah. Berikut beberapa rumusan masalahnya adalah: 1. Berapa jumlah cadangan dan diperkirakan berapa tahun umur penambangan batu gamping pada perusahaan ini? 1. Kajian yang dilakukan hanya pada cadangan batu gamping kususnya cadangan batu gamping geological reserve (Cadangan ditempat) yang belum ditambang pada wilayah izin penambangan. Adapun pembatasan masalahnya adalah sebagai berikut : 1.

dan software ini juga digunakan untuk memudahkan dalam perhitungan cadangan 4.5 Sistematika Penulisan BAB I PENDAHULUAN SKRIPSI. BAB I PENDAHULUAN . Dapat mengetahui orientasi kadar yang diinginkan dan peruntukan batu gamping yang ditambang di perusahaan ini.4 Tujuan Penelitian Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Produktivitas penambangan hanya pada front penambangan khususnya pada upaya pembongkaran batu gamping. 4. 2. Pentawira Agraha Sakti yang belum ditambang serta memperkirakaan umur penambangan dari Perusahaan ini. 1. Dapat memberikan gambaran tentang pemodelan dan jumlah cadangan Batu Gamping pada PT.3. Dapat mengetahui metode perhitungan cadangan yang dipakai pada PT. Pentawira Agraha Sakti ini hanya dibantu oleh software ArchView GIS 3. Dalam penyajian bentuk topografi kemajuan penambangan pada PT. 1. 5. Umur penambangan yang diperkirakan hanya berdasar pada hasil kajian cadangan Batu Gamping pada saat dilakukan penelitian.4 3. Pentawira Agraha Sakti. Dapat mengetahui metode penambangan yang digunakan untuk menambang batu gamping pada perusahaan ini. 3.

BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN Bab ini berisikan kesimpulan dari analisa dan pengolahan data serta saran-saran yang berupa alternatif pemecahan masalah yang diharapkan dapat membantu pemecahan masalah yang dihadapi. Perhitungan Cadangan dan Umur Tambang BAB IV METODOLOGI PENELITIAN Menguraikan tentang metode serta alur dari proses penelitian BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN Menjelaskan tentang pengambilan dan pengumpulan data yang berupa data primer dan data sekunder dilanjutkan dengan pengolahan atau pembahasan dari hasil penelitian yang telah dilakukan. Penaksiran Cadangan. BAB II TINJAUAN UMUM Menjelaskan tentang Lokasi dan Kesampaian Daerah. SKRIPSI. Pengklasifikasian Cadangan. Faktor Dalam Menentukan Cadangan Ditempat (Geological Reserve).5 Menjelaskan tentang latar belakang masalah. Keadaan Geologi dan Topografi. BAB I PENDAHULUAN . Iklim dan Curah Hujan dan Kegiatan Produksi Panambangan BAB III DASAR TEORI Menguraikan tentang Genesa Batugamping. Pertimbangan Dasar Rencana Penambangan. tujuan penelitian dan sistematika penulisan. . batasan masalah. perumasan masalah.

Batas wilayah serta luasan 3. Topografi daerah penelitian 2. Koordinat serta elevasi titik-titik di daerah penambangan IUP PT. Peta Topografi kemajuan tambang Hasil pengolahan data 1. Proses produksi batu gamping Analisis dan Pemrosesan Data 1. Persiapan Teknis Penelitian di lapangan Penelitian Terinci Penelitian Pendahuluan Data umum tempat penelitian dan lingkungan kerja Data Primer Data Sekunder 1. Metode penambangan yang digunakan 1. Jumlah cadangan batu gamping geological reserve 2. Peta Topografi wilayah IUP perusahaan sebelum ditambang 2. Perkiraan umur penambangan pada wilayah IUP Kesimpulan SKRIPSI. Penentuan titik ikat dan titik batas wilayah 4. Profil serta laporan bulanan perusahaan 3. Data curah hujan izin pada proses pemetaan 5.6 Diagram Penelitian Kajian Cadangan Batu Gamping Pada PT. Pentawira Agraha Sakti Tahap Persiapan 1. PAS 4.6 1. Pit Limit 2. Persiapan Adminitrasi 2. BAB I PENDAHULUAN .