You are on page 1of 12

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Drainase yang berasal dari kata to drain yang berarti mengeringkan atau mengalirkan
air drainase, merupakan suatu sistem pembuangan air bersih dan air limbah dari daerah
pemukiman, industri, pertanian, badan jalan dan permukaan perkerasan lainnya, serta
berupa penyaluran kelebihan air pada umumnya, baik berupa air hujan, air limbah
maupun air kotor lainnya yang keluar dari kawasan yang bersangkutan baik di atas
maupun di bawah permukaan tanah ke badan air atau ke bangunan resapan buatan.
Pemahaman secara umum mengenai drainase perkotaan adalah suatu ilmu dari
drainase yang mengkhususkan pengkajian pada kawasan perkotaan, yaitu merupakan
suatu sistem pengeringan dan pengaliran air dari wilayah perkotaan yang meliputi
pemukiman, kawasan industri dan perdagangan, sekolah, rumah sakit, lapangan olahraga,
lapangan parkir, instalasi militer, instalasi listrik dan telekomunikasi, pelabuhan udara,
pelabuhan laut, serta tempat-tempat lainnya yang merupakan bagian dari sarana kota
yang berfungsi mengendalikan kelebihan air permukaan, sehingga menimbulkan dampak
negatif dan dapat memberikan manfaat bagi kegiatan kehidupan manusia.
Untuk mendapatkan pemahaman tentang drainase secara umum, maka kita perlu
mengetahui latar belakang diperlukannya suatu drainase, tujuan dan manfaat dari
pembuatan drainase tersebut, jenis drainase yang umum digunakan, sejarah
perkembangan, prinsip-prinsip sistem drainase dan kebijakan-kebijakan yang diambil
pemerintah berhubungan dengan pencapaian lingkungan yang baik, asri dan nyaman bagi
masyarakat.
Siklus keberadaan air di suatu lokasi dimana manusia bermukim, pada masa tertentu
akan mengalami keadaan berlebih, sehingga dapat mengganggu kehidupan manusia.
Selain itu semakin kompleksnya kegiatan manusia dapat menghasilkan limbah berupa air
buangan yang dapat mengganggu kelangsungan hidupnya, dan dengan adanya keinginan
untuk meningkatkan kenyamanan dan kesejahteraan hidup maka manusia mulai berusaha
untuk mengatur lingkungannya dengan cara melindungi daerah pemukimannya dari air
berlebih dan air buangan.
Drainase perkotaan bertujuan untuk mengalirkan air lebih dari suatu kawasan yang
berasal dari air hujan maupun air buangan, agar tidak terjadi genangan yang berlebihan

DRAINASE DAN PERMASALAHANNYA

Page 1

Mengetahui permasalahan mengenai sistem drainase serta cara menanggulanginya 3. Drainase dapat juga diartikan sebagai usaha untuk mengontrol kualitas air tanah dalam kaitannya dengan salinitas. maka drainase di masing-masing kawasan merupakan komponen yang saling terkait dalam suatu jaringan drainase perkotaan dan membentuk satu sistem drainase perkotaan. maka kualitas hidup penduduk di wilayah bersangkutan akan menjadi lebih baik sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan ketentraman seluruh masyarakat. Drainase yang meliputi jenis. dan dengan tidak adanya genangan air. Dengan adanya suatu sistem drainase di perkotaan maka akan diperoleh banyak manfaat pada kawasan perkotaan yang bersangkutan. Penerapan sistem drainase 1.4 MANFAAT 1. banjir dan pembuangan limbah yang tidak teratur. DRAINASE DAN PERMASALAHANNYA Page 2 .3 TUJUAN Untuk mendapatkan pemahaman tentang drainase secara umum 1. yaitu akan semakin meningkatnya kesehatan. Permasalahan Drainase C. mengetahui pengaplikasian sistem drainase pada lingkungan nyata/sebenarnya 4. system.2 RUMUSAN A. Menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman dengan penggunaan sistem drainase yang tepat BAB II PEMBAHASAN A. Meningkatkan kesadaran tentang pentingnya sistem drainase 5. kenyamanan dan keasrian daerah pemukiman khususnya dan daerah perkotaan pada umumnya. Karena suatu kota terbagi-bagi menjadi beberapa kawasan. 1. Jenis-jenis drainase B.pada suatu kawasan tertentu. Mengetahui jenis-jenis drainase 2. sedangkan irigasi bertujuan untuk memberikan suplai air pada tanaman . dan permasalahannya Drainase merupakan salah satu factor pengembangan irigasi yang berkaitan dalam pengolahan banjir (float protection).

memerlukan bangunan khusus • Menurut letak bangunan : 1. Hal ini berguna untuk mencegah adanya genangan. limbah industri dll 2. 2. Saluran terbuka Untuk saluran dimana yang mengalir adalah air bersih yang tidak berdampak buruk terhadap lingkungan sekitar 2. Single purpose Suatu jenis air buangan : air hujan.Jenis – jenis drainase : • Menurut sejarah terbentuknya : 1. DRAINASE DAN PERMASALAHANNYA Page 3 . Drainase buatan (artificial drainage) Dibuat dengan tujuan tertentu. Saluran tertutup Untuk air kotor disaluran yang terbentuk di tengah kota. Drainase alamiah (natural drainage) Terbentuk secara alamiah . Drainase bawah permukaan tanah (subsurface drainage) Suatu sistem pembuangan untuk mengalirkan kelebihan air dibawah tanah. limbah domestic. Multi purpose Beberapa jenis air buangan tercampur • Menurut kontruksi : 1. Drainase permukaan tanah (surface drainage) Suatu system pembuangan air untuk menyalurkan air dipermukaan tanah. Pada jenis tanaman tertentu drainase juga bermanfaat untuk mengurangi ketinggian muka air tanah sehingga tanaman dapat tumbuh dengan baik. tidak terdapat bangunan penunjang 2. • Menurut fungsi : 1.

limbah sampah dan pasang surut A. DRAINASE DAN PERMASALAHANNYA Page 4 . baik limbah cair maupun pada sampah. akibat dari pertumbuhan maupun urbanisasi. mengakibatkan beberapa bagian kota berada dibawah muka air laut pasang. Peningkatan jumlah penduduk meningkatnya jumlah penduduk perkotaan yang sangat cepat. pemberian sanksi kepada siapapun yang melanggar aturan terutama pembuangan sampah sembarangan agar masyarakat mengetahui pentingnya melanggar drainase. Penyempitan dan pendangkalan saluran 5. Banyak faktor yang mempengaruhi dan pertimbangan yang matang dalam perencanaan. Amblesan tanah disebabkan oleh pengambilan air tanah yang berlebihan. 4. disamping itu peningkatn penduduk juga selalu diikuti oleh peningkatan limbah. antara lain : 1. 4. menyimpan air hujan maupun pembuatan fasilitas resapan. Permasalahan drainase Permasalah drainase perkotaan bukanlah hal yang sederhana. Peningkatan debit manajemen sampah yang kurang baik memberi kontribusi percepatan pendangkalan /penyempitan saluran dan sungai. sehingga tidak mampu menampung debit yang terjadi. Dibuat bak pengontrol serta saringan agar sampah yang masuk ke drainase dapat dibuang dengan cepat agar tidak mengendap 3. air meluap dan terjadilah genangan. meminimalkan kerugian serta memperbaiki konservasi lingkungn. 3. reklamasi 6. Peningkatan daya guna air. 5. Penanganan drainase perkotaan : 1. 2. Kapasitas sungai dan saluran drainase menjadi berkurang. Mengelola limpasan dengan cara mengembangkan fasilitas untuk menahan air hujan.B. Peningkayan jumlah penduduk selalu diikuti oleh penambahn infrastruktur perkotaan. Diadakan penyuluhan akan pentingnya kesadaran membuang sampah 2.

Membawa air menyeberang alinemen jalan secara terkendali Fungsi 1 & 2 dikendalikan oleh komponen drainase MEMANJANG. Menampung air tanah (dari subdrain) dan air permukaan yang mengalir menuju jalan iii. fungsi 3 memerlukan bangunan drainase MELINTANG Drainase permukaan tepi jalan raya DRAINASE DAN PERMASALAHANNYA Page 5 .  Drainase permukaan : ditujukan untuk menghilangkan air hujan dari permukaan jalan sehingga lalu lintas dapat melaju dengan aman dan efisien serta untuk meminimalkan penetrasi air hujan ke dalam struktur jalan. Di perkotaan saluran muka tanah selalu ditutup sebagai bahu jalan atau trotoar. PENGAPLIKASIAN SISTEM DRAINASE PERKOTAAN A. Walaupun juga sebagaiman diluar perkotaan. Drainase jalan raya pi perkotaan elevasi sisi atas selalu lebih tinggi dari sisi atas muka jalan . Kemiringan satu arah pada jalan menikung ini menyebabkan saluran hanya pada satu sisi jalan yaitu sisi yang rendah.C. Jika jalan ke arah lebar miring ke arah tepi.drainase jalan raya selalu mempergunakan drainase muka tanah (Surface drainage). Membawa air hujan dari permukaan jalan ke pembuangan air ii.menikung.Drainase Jalan Raya Drainase jalan raya dibedakan untuk perkotaan dan luar kota. Jika jalan tidak lurus . Untuk jalan raya yang lurus. Untuk menyalurkan air pada saluran ini pada jarak tertentu. dengan sisi atas saluran rata dengan muka jalan sehingga air dapat masuk dengan bebas. tidak dua arah seperti jalan yang lurus. Inflet yang ada dapat berupa inflet tegak ataupun inflet horizontal.direncanakan adanya pipa nol yang diposisikan dibawah badan jalan untuk mengalirkan air dari saluran. maka kemiringan jalan satu arah .Umumnya di perkotaan dan luar perkotaan. maka saluran akan terdapat pada sisi tepi jalan atau pada bahu jalan. sedangkan jika kemiringan arah lebar jalan kea rah median jalan maka saluran akan terdapat pada median jalan tersebut.Air masuk ke saluran melalui inflet. kemungkinan letak saluran pada sisi kiri dan sisi kanan jalan. Fungsi utama: i. ada juga saluran drainase muka tanah tidak tertutup (terbuka lebar).

maka analisis DRAINASE DAN PERMASALAHANNYA Page 6 . dan sumber air lokal. sambungan. B. Air menurunkan kekuatan material butiran lepas dan tanah subgrade. bahu jalan. Pengaruh air pada perkerasan jalan : 1. Drainase bawah permukaan : berfungsi untuk mencegah masuknya air dalam struktur jalan dan/atau menangkap dan mengeluarkan air dari struktur jalan. 2. Air menyebabkan perbedaan tekanan pada tanah yang bergelombang. hasil infiltrasi air tanah dari muka air tanah yang tinggi. Kontak dengan air yang menerus dapat menyebabkan penelanjangan campuran aspal dan daya tahan keretakan beton. 4. Tekanan hidrodinamik yang tinggi akibat pergerakan kendaraan menyebabkan penyedotan material halus pada lapisan dasar perkerasan fleksibel yang mengakibatkan hilangnya daya dukung. akuifer yang terpotong. Cara air masuk : Air masuk ke dalam struktur perkerasan berupa penetrasi air hujan melalui retak-retak. 3. Air menyebabkan penyedotan (pumping) pada perkerasan beton yang dapat menyebabkan retakan dan kerusakan bahu jalan.Drainase Lapangan Terbang Drainase lapangan terbang pembahasannya difokuskan pada draibase area run way dan shoulder karena runway dan shoulder merupakan area yang sulit diresapi . 5. permukaan perkerasan.

50 % . Selain karena jumlah volume air yang ditampung lebih besar. volume tampungan 2 = 13628. Analisa dimensi saluran drainase didapat dari debit puncak pada grafik hidrograf banjir. Untuk menghitung kapasitas bak penampung. Kurva massa adalah penyajian grafis suatu aliran akumulatif atau volume air dari t = 0 sampai t = t sebagai fungsi waktu digunakan untuk mencari volume air da dalam tampungan.Kemiringan kea rah memanjang ditentukan sebesar lebih kecil atau sama dengan 0. karena air yang melebihi ambang batas dari bak penampung akan dipompa ke sungai yang elevasinya lebih tinggi daripada elevasi bak penampung.000 m3.10 % .kapasitas / debit hujan memepergunakan formola drainase muka tanah atau surface drainage. dan harus segera dialirkan. volume tampungan yang tersedia juga sangat besar. Volume bak penampung 2 = 37.81 m3.000 m3.50 % sampai 5 %. kemiringan shoulder ditentukan antara 2.81 m3. Di sekeliling bandar udara terutama di sekeliling run way dan shoulder. volume tampungan 3 = 21931. merupakan area tanah yang sulit diresapi yang ditanami dengan rumput. merupakan konstruksi perkerasan dari aspal atau beton. Alternatif yang paling efisien adalah bak penampung yang menggunakan 1 buah pompa. Volume bak penampung 3 = 57. Pompa direncanakan masingmasing dengan kapasitas 40 m3/menit = 0.000 m3. harus ada saluran terbuka untuk drainase mengalirkan air (interseption ditch) dari sisi luar bandar udara. sehingga air mengalir lebih banyak di permukaan tanah dan sedikit infiltrasi.6667 m3/det. genangan air di permukaan runway maksimum 14 cm. harus ada saluran terbuka untuk drainase mengalirkan air (Interception ditch) dari sis luar lapangan terbang. Amerika Serikat . Run way badar udara digunakan untuk take off dan landing pesawat terbang. Kemiringan keadan melintang untuk runway umumnya lebih kecil atau samadengan 1. yakni: volume tampungan 1 = 39486. terlebih dulu direncanakan kapasitas pompa. DRAINASE DAN PERMASALAHANNYA Page 7 .ketentuan dari FAA.407 m3. Shoulder yang berada di sisi kiri dan kanan run way. Drainase Bandar Udara difokuskan pada drainase area run way dan shoulder. Untuk membuat hidrograf banjir terlebih dahulu menghitung Hidrograf Satuan Sintetis dengan Metode Nakayasu. Dari data diketahui bahwa Volume bak penampung 1 = 112. Drainase utama yang mengalirkan air langsung ke bak penampung berdimensi trapesium dan merupakan saluran terbuka. Di sekeliling pelabuhan udara terutama di sekeliling runway dan shoulder .

Kriteria perencanaan drainase lapangan olahraga • Konstruksi sistem drainase diusahakan agar dapat mengeringkan dengan cepat. Batas antara keliling lapangan sepakbola dengan lapangan jalur atletik harus ada collector drain. 860 mm/hari. 430 mm/hari.007. DRAINASE DAN PERMASALAHANNYA Page 8 .Drainase Lapangan Olahraga Drainase lapangan olahraga direncanakan berdasarkan infiltrasi atau resapan air hujan pada lapisan tanah. • Daerah yang akan ditangani cukup luas dan tidak memungkinkan untuk dibuat suatu lubang pemasukan (inlet). erosi tidak dibolehkan • Infiltrasi sebesar mungkin • Piping dicegah dengan jalan memberi filter pada sambungan-sambungan pipa. Rumput di lapangan sepakbola harus tumbuh dan terpelihara dengan baik. • Persentase pori (P) berkisar 10 s. • Infiltrasi pada tanah yang dijumpai di alam berkisar pada kecepatan (V) 430 s. V = 43 s. tetapi tidak mengganggu pertumbuhan rumput.d.C.d.Kemiringan lapangan harus lebih kecil atau sama dengan 0. • Limpasan permukaan sekecil mungkin. tidak run of pada muka tanah (sub surface drainage) tidak boleh terjadi genangan dan tidak boleh tererosi. • Pembebanan air dari luar dihilangkan dengan membuat saluran di sekeliling lapangan. 50 % • Daya resap (q) = p .d.

DRAINASE DAN PERMASALAHANNYA Page 9 .

BAB III PENUTUP A. reklamase. 2. penyempitan dan pendangkalan saluran. Drainase jalan dapat dibedakan menjadi drainase permukaan dan drainase bawah permukaan. dan sejarah terbentuknya.KESIMPULAN 1. DRAINASE DAN PERMASALAHANNYA Page 10 . Peningkatan debit. Drainase dibedakan atas letak bangunannya. jenis konstruksinya. Drainase permukaan dibedakan menjadi 2 yaitu drainase memanjang dan melintang. 3. dan limbahsampah serta pasang surut merupakan permasalahan umum yang mempengaruhi sistem kerja drainase. Drainase merupakan salah satu fasilitas dasar yang dirancang sebagai sistem guna memenuhi kebutuhan masyarakat dan merupakan komponen penting dalam perencanaan kota (perencanaan infrastruktur khususnya). amblesan tanah.peningkatan jumlah penduduk. fungsinya.

dapat memberikan pengetahuan tentang macam dan jenis drainase berdasarkan fungsinya dan sebagainya.umm. " Perencanaan Sistem Drainase Jalan ". DRAINASE DAN PERMASALAHANNYA Page 11 .php? mod=browse&op=read&id=jiptummpp-gdl-s1-2007-artantinfi9591&PHPSESSID=42d6ee65b827a38f44956092d28ba985 (diakses tanggal 22 Desember 2013) “drainase jalan raya” http://www. Departemen Pekerjaan Umum. 02/B/2006.com/2007/12/23/tugas-drainase/ (diakses tanggal 22 Desember 2013) Direktorat Jenderal Bina Marga.wordpress.blogspot.com/ (diakses tanggal 22 Desember 2013) “perencanaan drainase lapangan terbang” http://digilib. Drainase lapangan olahraga direncanakan berdasarkan infiltrasi atau resapan air hujan pada lapisan tanah. sehingga dapat terciptanya lingkungan yang sehat dan bebas banjir yang umumnya diakibatkan sistem drainase yang buruk. DAFTAR PUSTAKA “pemahaman umum drainase” http://azwaruddin.SARAN Mudah-mudahan dengan makalah ini.wordpress. " Perencanaan Sistem Drainase Jalan ". karena dimensi dari perkerasan merupakan bagian dari perencanaan geometrik sebagai suatu perencanaan jalan seutuhnya. 5.com/2008/05/pemahaman-umum-drainase. perencanaan geometrik termasuk juga perencanaan tebal perkerasan jalan.4.id/gdl.scribd.html (diakses tanggal 22 Desember 2013) “pekerjaan drainase perkotaan” http://drainasekompilasi.ac.com/doc/129670094/Drainase-JalanRaya#download (diakses tanggal 22 Desember 2013) “jenis Drainase dan permasalahanya | The Works of Mr Rato” http://rathocivil02. Drainase lapangan terbang pembahasannya difokuskan pada draibase area run way dan shoulder berdasarkan analisis kapasitas / debit hujan memepergunakan formola drainase muka tanah atau surface drainage. 6. B. No.

MAKALAH DRAINASE DAN PERMASALAHANYA DOSEN PEMBIMBING : Bpk. WARJIO DISUSUN OLEH : HUMRAN (3112110027) 2 GEDUNG 2 SIANG POLITEKNIK NEGERI JAKARTA 2013 DRAINASE DAN PERMASALAHANNYA Page 12 . RUDI Bpk.