You are on page 1of 13

PATELLA 2011

LUB 10

Latihan materi musculoskeletal
1. Prednison merupakan kelompok steroid. Obat ini bekerja dengan cara:
a. Menghambat prostaglandin
b. Menghambat pembentukan asam arakhidonat
c. Menghambat pembentukan prostasiklin
d. Menghambat pembentukan fosfolipid
e. Menghambat pembentukan tromboksan
2. Gastritis dapat terjadi pada pemberian asam mefenamat (drugs induced gastritis). Mekanisme
terjadinya adalah:
a. Iritasi lokal pada gaster
b. Penghambatan biosintesis PGE2
c. Penghambatan sintesis PG12
d. Semua benar
e. Hanya a dan b yang benar
3. Di bawah ini merupakan anti inflamasi non steroid penghambat COX-2 selektif:
a. Celecoxib
b. Meloksikam
c. Kaltrofen
d. Indometasin
e. Aspirin
4. Pada severe pain, rekomendasi yang dianjurkan WHO:
a. Asam mefenamat
b. Metampiron
c. Codein
d. Methadone
e. Diklofenak
5. Pada pengobatan penyakit pirai (hiper uric acid) obat anti inflamasi terpilih:
a. Fenilbutason
b. Indometasin
c. Kolkisin
d. Zulindac
e. Allopurinol
6. Inflammation is best defined as:
a. A reaction of the mocrocirculation in tissue to injury
b. A form of edema
c. Chemotaxis of white cells to bacteria
d. A form of abnormal cell growth
e. Cellular changes resulting in injury
7. Mediators of vascular permeability are thought to achieve their effect by:
a. Increased intravascular hydrostatic pressure
b. Decreased intravascular hydrostatic pressure
c. Contraction of endothelial cells and venules
d. Dissolving capillary basement membrane
e. Binding serum albumin to tissue

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan
ada kemudahan. Maka apabila kamu telah selesai (urusan), maka kerjakan urusan lain. Dan hanya
kepada Tuhanmulah kamu berharap” (QS Al-Insyiroh 5-8)

Acute b. Foreign body giants cells c. Chronic inflammation e. Accute inflammation b. Simetris c. Wound healing d. Myelinopathy c. Pada plexus lumbosakral dapat karena neoplasma “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Arteriolar constriction b. Outpouring of protein-rich fluid in to tissue e. Intoxicasi pestisida organophosphate b. Polymorphonuclear leukocytes 9. The features. Vasculer e. Gangguan pada saraf berdasarkan distribusi dapat berupa: a.PATELLA 2011 LUB 10 8. Langhan’s giant cells d. Snake bite c. Myelitis transfersa e. Arteriolar dilatation c. and lymphocytes are characteristic of: a. Kerusakan pada sel bodi saraf adalah: a. Kondisi yang dapat menyebabkan neuropati perifer: a. Gangguan pada plexus atau plexopathy. Venous obstruction d. Semua di atas salah 15. fibroblasts. Maka apabila kamu telah selesai (urusan). Semua di atas salah 12. Distrofi Musculorum e. Granulation tissue c. Lymphocyte e. Suppuration 10. Multifokal d. Terdapat atrofi otot e. Miastenia gravis b. Bisa disebabkan trauma d. Dan hanya kepada Tuhanmulah kamu berharap” (QS Al-Insyiroh 5-8) . Infeksi Clostridium tetani d. Merupakan gangguan pada neuromuscular junction adalah: a. Nyeri dan kelemahan b. Myopathy e. Semua di atas salah 13. The cardinal sign of swelling associated with acute inflammation result from: a. Semua di atas salah 14. kecuali: a. Proliferation of fibroblast 11. Plasma cells b. maka kerjakan urusan lain. Metabolik c. Neuronopathy d. Axonopathy b. giant cells. Sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan. Which cells types are most characteristic of tissue with acute inflammation: a. Gullain Barre syndrome d. Periodic paralysis c. monocytes.

Livor mortis e. Kelemahan otot simetris c. Cadaveric spasm terjadi non sistemik. Mekanisme yang mendasari timbulnya nyeri adalah: a. Semua di atas salah e. Semua di atas benar 18. Terdapat refleks patologis e. Desensitisasi perifer d. Alodina c. Hipersensitisasi 20. Pernyataan tentang Miopati: a. kekakuan dimulai pada otot kecil b. Terjadi karena trauma atau inflamasi c. Maka apabila kamu telah selesai (urusan). Neuropatic pain d. Cold stiffening c. Dapat terjadi pada penderita diabetes melitus b. Timbulnya nyeri yang secara normal tidak menyebabkan nyeri: a. Nyeri akibat kerusakan serabut saraf. kaku mayat terjadi pada seluruh tubuh b. Pernyataan ini tidak benar mengenai nyeri nosiseptif. Berikut ini adalah perbedaan cadaveric spasm dengan kaku mayat. Proses kontraksi seluruhnya terjadi 8-12 jam PM. Cadaveric spasm terjadi sebelum korban meninggal. kecuali: a. Mumifikasi 22. maka kerjakan urusan lain. Sensitisasi perifer c. Sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan. kaku mayat pada semua keadaan e. kekakuan seluruhnya dan menetap “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Penderita post amputasi c. Terdapat gangguan sensibilitas d. Disalgesia e. Tujuan nyeri sebagai protektif b. Semua di atas benar 19. Akibat kerusakan medula spinalis 21. Cadaric spasme b. Berikut ini adalah fase terjadinya kaku mayat. Kelemahan otot tanpa atrofi b. kaku mayat bersifat sistemik 23. Cadaveric spasm didahului relaksasi primer. Fase awal sekitar 2 jam postmortem. kecuali: a. Cadaveric spasm terjadi pada keadaan nervous tension. adalah: a. Dan hanya kepada Tuhanmulah kamu berharap” (QS Al-Insyiroh 5-8) . Kaku mayat yang diakibatkan oleh suhu yang tinggi disebut: a. Hiperalgesia b.PATELLA 2011 LUB 10 16. Semua di atas benar 17. Kondisi akut dapat terjadi kerusakan saraf d. kaku mayat terjadi setelah korban meninggal c. Kondisi yang kronis dapat disertai nyeri neuropatik e. Peningkatan inhibisi b. Cadaveric spasm hanya terjadi pada bagian tubuh tertentu. Pada neuralgia post herpetik d. Semua di atas salah e. yaitu: a. Heat stiffening d. kaku mayat tidak didahului relaksasi primer d.

C. SERM c. Terjadi bila cadangan glikogen habis b. Ternyata jempol kanannya bengkak. 29 yang atipikal. Sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan. Semua salah 26. Loosers zones: gambaran radiologi berupa garis radiolusen c. maka kerjakan urusan lain. S. Kalsitonin e. Budi terhadap pasiennya ini untuk menunjang diagnosis? Hal berikut benar. Kalsium 29.PATELLA 2011 LUB 10 c. Estrogen b. amoeba 25. Berikut merupakan osteoporosis tipe senilis kecuali: a. Asam urat d. kecuali: a. welchii b. kecuali: a. Timbul pada anak: rikets b. “Padahal saya tidak makan pete dan jeroan lho dok”. Budi. LED c. Bakteri endogen usus besar yang paling dominan membantu proses pembusukan adalah: a. Dapat disertai dan tidak disertai pemendekan otot e. Fase kakau dipertahankan sampai 3 jam setelah fase kontraksi d. katanya kepada dr. Terapi berikut baik untuk terapi osteoporosis pada laki-laki: a. Aspirasi cairan sendi b. Apa saja yang perlu diperiksa oleh dr. Bila otot dipaksa diregangkan maka otot akan robek atau pustus yang akan menyebabkan kaku mayat terlihat semakin jelas d. Ceritanya kemarin dia habis mengikuti jalan sehat dalam rangka 102 tahun Muhammadiyah. S. Hal berikut salah pada osteomalasia: a. Aspirasi cairan sendi “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Karena proses menua c. Otot mulai lemas akibat pembusukan lebih kurang 12 jam setelah fase kaku otot 24. Pada tipe penyakit kasus no. Dimulai dari otot kecil ke arah dalam dan menghilang juga dari otot kecil c. Rontgen pedis 30. CRP e. Budi dengan terpincang-pincang. Yang merupakan patofisiologi kaku mayat. Rontgen c. Badannya juga agak panas. Mengenai vertebrae dan pinggul e. Resolusi atau kekakuan otot berkurang e. Derajat kehilangan tulang cepat b. typhosa d. tetani c. tidak terkilir. Dan hanya kepada Tuhanmulah kamu berharap” (QS Al-Insyiroh 5-8) . diagnosis ditegakkan dengan: a. Tidak ada trauma. Gambaran klinis b. paratyphosa e. Bifosfonat d. Disebabkan defisiensi vit D d. Terutama pada tulang belakang e. Maka apabila kamu telah selesai (urusan). Rasio gender W:P = 2:1 28. S. >70 tahun d. Seorang laki-laki datang ke tempat praktek dr. Mudah fraktur 27. C.

kecuali: a. fleksi dip d. Obat ini berfungsi menghambat progresifitas kerusakan sendinya. Kerusakan struktur sendi tidak dapat dicegah 36. Glukosamin & asam hialuronat 37. Overproduksi asam urat b. RF c. kecuali: a. Dan hanya kepada Tuhanmulah kamu berharap” (QS Al-Insyiroh 5-8) . makna dari Step Down therapy adalah: a. Sintesis de novo meningkat e. MTX + steroid + NSAID b. hiperekstensi pip e. dr. Sulfasalazin e. Umur >50 tahun “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.PATELLA 2011 LUB 10 d. Leflunomid 35. Metroteksat b. Sekresi asam urat menurun c. Anti Sm 34. Tes untuk RA yang memiliki spesifitas tinggi adalah: a. Kortikosteroid injeksi 38. Diit berlebih d. Siklosporin c. Glukosamin & chondroitin b. MRI e. Maka apabila kamu telah selesai (urusan). Menyisakan MTX sebagai terapi pemeliharaan e. hiperekstensi dip b. Fleksi hip. Fleksi pip. Fleksi dip. ANA b. Yang termasuk structure modifying drugs pada kasus OA: a. CRP d. Anti CCP e. Jika obat pertama tidak efektif diganti obat lain c. Mikroskop elektron 31. SpPD memberikan beberapa obat. Diacerein & asam hialuronat d. Swan Neck deformity adalah sebagai berikut: a. Diacerein & glukosamin e. Kriteria klinik OA sebagai berikut. Yang dapat mencegah penyempitan celah sendi adalah: a. Diacerein e. Mieloproliverative dissease 32. Dokter juga memberikan Step down therapy. Gout primer disebabkan sebagian besar oleh: a. Chondroitin b. Hiperekstensi pip + nodul RA 33. RF (+) prognosisnya buruk d. Parasetamol & glukosamin c. Sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan. Idang. Asam hialuronat d. maka kerjakan urusan lain. Ulnar deviation manus c. Glukosamin c. Metilprednisolon d.

Kekakuan sendi c. Proses ini adalah tahapan dari stadium: a. Perbedaan utam arthritis inflamasi dengan non inflamasi: a. Glukosamin c. telur. nyeri. daun singkong b. telur. Apakah diagnosis kerja yang paling tepat dari kasus tersebut di atas? a. Disertai dengan reaksi jaringan periosteum menghasilkan jaringan sklerosis dan penebalan tulang. LUB 10 Kaku pagi >30 menit Krepitus Pembesaran tulang Tidak panas pada perabaan 39. Sukrosa b. Resolusi dan penyembuhan b. Membaik dengan aktifitas 41. Chondroitin b. Nekrosis d. dibawa ke dokter. Ewing’ sarcoma e. Dan hanya kepada Tuhanmulah kamu berharap” (QS Al-Insyiroh 5-8) . Maka apabila kamu telah selesai (urusan). Osteomyelitis c. Infark 43. Laki-laki. Palpasi: hangat. e. Pembentukan tulang baru c. Sejak 1 minggu yang lalu merasa nyeri dan bengkak di paha kanan. c. Hangat e. Metrotexate e. Garam emas 40. Glukosa 44. sprite. daun singkong “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Kualitas nyeri b. Pada soft drink atau jus buah dalam kemasan yang bisa menyebabkan tubuh memproduksi asam urat lebih banyak adalah: a. Celulitis b. Deformitas d. Diacerein d. Tiga minggu yang lalu penderita jatuh sampai tulangnya kelihatan. Supurasi e. Osteosarkoma d. Fruktosa e. d. Kopi. sprite. Dalam prosesnya didapatkan jaringan fibrosis dan bentukan tulang baru yang posisinya berbeda dari normalnya. Sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan. teh kental. Kopi. Kelompok bahan makanan ini menghambat penyerapan kalsium adalah: a. Pemanis buatan d. An. daun singkong c. Dari pemeriksaan fisik: suhu badan 39 . 10 tahun. Kopi. maka kerjakan urusan lain. Compartemen syndrome 42. Pengawet c. Pemeriksaan ekstremitas: oedem pada femur dextra. supurasi (+). Keluhan disertai demam.PATELLA 2011 b. Structure Modifying Drugs yang mempunyai sifat sebagai anti-inflamasi dan anti-degradasi adalah: a. sprite. luka tersebut hanya dibawa ke pengobatan alternative. tapi nyeri pada gerakan flexi dan ekstensi. Karena keadaan ekonomi. Penderita dapat menggerakkan tungkai.

Terbentuknya sinar X diakibatkan oleh proses: a. Laki-laki. Pada fraktur clavicula 1/3 tengah sering terlihat fragmen medial elevasi. Sisi radial dari tendo flexor carpi ulnaris e. Menambah gelombang elektromagnetik e. alcohol. Merubah arah sinar X 51. Pectoralis major d. Menambah jarak sumber sinar X dengan obyek jaringan tubuh d. dilakukan dengan: a. Benturan udara c. Karena sering bergerak/terbang b. Drop hand d. Telur. Sisi radial dari tendo flexor carpi radialis b. Angsa liar dalam tubuhnya banyak mengandung purin atau asam urat: a. Sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan. sprite e. Sisi radial dari tendo flexor carpi ulnaris c. Elevasi fragmen medial tersebut dikarenakan aksi/tarikan dari musculus: a. Trapesius e. Bremstrahlung e. Claw hand b. Latissimus dorsi c. Sering melibatkan epifise “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Meningkatkan energi elektron b. sehingga bila terjadi fraktur os humeri 1/3 tengah dapat mencederai saraf yang berjalan di sulcus tersebut dan akan menimbulkan tanda klinis: a.PATELLA 2011 LUB 10 d. Sternocleidomastoideus 48. Fingger hand c. Cortex tulang terlihat irregular e. alcohol. Teres major b. Sebelum melakukan pembidaian pada kasus ini perlu ditentukan apakah ada komplikasi vaskuler yaitu dengan meraba denyut arteria radialis di: a. maka kerjakan urusan lain. Torus fractur pada radiography: a. Disimpan untuk bahan membuat kuning telur c. Cortex tulang terlihat cekung/defect c. Bad estesi 49. Drop foot e. Cortex tulang terlihat cembung/menonjol d. Maka apabila kamu telah selesai (urusan). Sisi ulnar dari tendo flexor carpi ulnaris 47. daun singkong. sprite 45. Perpindahan elektron b. Makanan yang masih alami 46. Mendinginkan anoda 50. Daun singkong. Untuk meningkatkan daya tembus sinar X pada jaringan tubuh. Garis fractur terluhat dengan jelas b. Meningkatkan energi proton c. Katoda berputar d. daging ayam. Pada bagian posterior os humeri terdapat sulcus yang dilewati saraf. Karena jarang minum d. Karena liar e. 25 tahun dengan kecurigaan fraktur antebrachii. Sisi ulnar dari tendo flexor carpi radialis d. Dan hanya kepada Tuhanmulah kamu berharap” (QS Al-Insyiroh 5-8) .

Fraktur tertutup humeri 1/3 tengah dextra tipe oblik dengan lesi nervus ulnaris d. Fraktur terbuka humeri 1/3 tengah dextra tipe oblik dengan lesi nervus radialis e. Pada pemeriksaan fisik didapatkan luka 3x2 cm dan keluar darah disertai fat globule. Reduksi – immobilisasi – rehabilitasi b. Osteomyelitis e. Rheumatoid arthtritis b. Biceps femoris d. angulasi pada 1/3 tengah. Immobilisasi – reduksi – rehabilitasi d. Penderita tidak dapat mengabduksikan ibu jari. Maka apabila kamu telah selesai (urusan). Rehabilitasi – reduksi – immobilisasi 58. Seorang laki-laki berumur 25 tahun datang ke IGD dengan keluhan nyeri pada lengan atas sisi kanan. Diskontinuitas e. Untuk menampilkan olecranon yang paling jelas pada gambaran radiography dibuat dengan proyeksi: a. False movement 55. Senilis 56. Geriatric e. Pada foto polos radiologi didapatkan fraktur os humeri di 1/3 tengah tipe oblik dan pneumatisasi. Dewasa c. maka kerjakan urusan lain. Anak-anak b.PATELLA 2011 LUB 10 52. Dan hanya kepada Tuhanmulah kamu berharap” (QS Al-Insyiroh 5-8) . Maka diagnosis penderita tersebut adalah: a. Fraktur greenstick hanya terjadi pada seorang: a. Posterioranterior view d. Sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan. Angulasi c. Di bawah ini merupakan prinsip-prinsip penatalaksanaan fraktur: a. Patella c. Tibialis anterior “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Ruptur tendon yang paling sering terjadi pada saat olah raga adalah ruptur tendon otot: a. Oblique view b. Tophus akan terlihat jelas pada radiography pada penyakit: a. Gout arthtritis c. Osteoarthritis d. Fraktur terbuka humeri 1/3 tengah dextra tipe oblik dengan lesi nervus medianus 57. Dewasa tua d. Fraktur terbuka humeri 1/3 tengah dextra tipe oblik dengan lesi nervus ulnaris c. Oblique view 54. Immobilisasi – rehabilitasi – reduksi e. Reduksi – rehabilitasi – immobilisasi c. Axial view e. Tibialis posterior e. Bengkak b. Achilles b. Pemendekan d. Fraktur tertutup humeri 1/3 tengah dextra tipe oblik dengan lesi nervus radialis b. Di bawah ini bukan merupakan tanda pasti dari fraktur: a. Lateral view c. Osteoporosis 53.

Tungkai sedikit memanjang b. Pada pemeriksaan didapatkan deformitas berupa kaki dipertahankan pada posisi dorsofleksi dan pada saat weight bearing hanya tumit yang menempel lantai. Kontraktur otot d. Congenital Talipes Calcaneo-Valgus c. Trigger Finger 65. OA seriing terjadi pada sendi: a. Artikulasio interphalanx e. Golfer’s Elbow c. Congenital Talipes Equinus Varus (CTEV) b. Galeazzi’s sign (+) e. Kifosis postural b. Telescoping (+) 63. Deformitas kifosis akibat dari spondilitis tuberkulosa disebut: a. Gibbus 60. Metatarsus Adductus 62. Dan hanya kepada Tuhanmulah kamu berharap” (QS Al-Insyiroh 5-8) . Kifosis kompensatori c. Seorang ibu memeriksakan anaknya yang berumur 1. Dari SIAS sampai malleolus lateralis “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Lateral Epicondylitis b. Maka apabila kamu telah selesai (urusan). Kifosis struktural d. maka kerjakan urusan lain. Dari trochanter mayor sampai malleolus leteralis e. Gerakan abduksi hip terbatas c. Seorang anak laki-laki umur 3 tahun dengan kelainan dislokasi hip kongenital (DHK) yang terlambat. Sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan. Kondisi tersebut disebut: a. Dari umbilicus sampai malleolus medialis b. Artikulasio glenohumeralis c. Dari umbilicus sampai malleolus lateralis d.PATELLA 2011 LUB 10 59. Kifosis kongenital e. Gambaran klinis di bawah ini tidak ditemukan pada sisi yang DHK: a. Medial Epicondylitis d. Penebalan sarung tendo flexor digitorum profundus maupun superficialis yang menyebabkan stenosis/konstriksi pada tunnel tendo disebut: a. Hell varus 61. Seorang anak umur 7 tahun datang ke poliklinik dengan keluhan kalau berjalan dengan tumitnya. Artikulasio humeroradialis b. Pes planus e. Artikulasio genu d. Calcaneal deformity b. Dari SIAS sampai malleolus medialis c. Diagnosis yang mungkin untuk kelainan bayi tersebut di atas adalah: a. Artikulasio radiocarpalia 64. Equinus deformity c. de Quervain’s Tenovaginitis Stenosans e. Flat foot d. Pes cavus d. Apparent lenght merupakan panjang tungkai yang diukur: a.5 bulan dengan kelainan pada kakinya seperti pada gambar di bawah ini. Metatarsus Primus Varus e.

Peroneous communis d. Skoliosis postural b. Sprain grade III ligamentum collateral medial sinistra b. maka kerjakan urusan lain. Kifosis kompensatori c. Dari foto polos vertebra didapatkan sudut Cob’s angle 40 . Didapatkan varus stress positif. Lordosis c. Fase remodeling 68. Kifosis postural d. d. Fase inflamasi dan proliferasi d. Fase konsolidasi e. Pada proses healing. Keadaan di mana vertebra membentuk kurvatura ke posterior disebut: a. Sprain grade II ligamentum collateral lateral sinistra e. Kifosis b. Sprain grade III ligamentum crusiatum posterior sinistra 69. di mana sudah tidak memerlukan immobilisasi tetapi kekuatan tulang belum kembali normal adalah pada fase: a. Femoralis 67. Sprain grade III ligamentum collateral lateral sinistra c. Pada penderita dengan fraktur fibula proksimal harus kita pastikan apakah ada cedera/kerusakan saraf yang berjalan menyilang pada os fibula proksimal.PATELLA 2011 LUB 10 66. Pada pemeriksaan didapatkan nyeri tekan di sisi medial lutut. c. Fase pembentukan kalus c. Saraf yang dimaksud adalah nervus: a. e. Inchiadicus e. b. Diagnosa yang mungkin untuk anak tersebut adalah: a. Fibularis c. Pada pemeriksaan didapatkan tulang vertebra membentuk kurva ke lateral dan kurva menghilang saat dia duduk. Maka diagnosis yang mungkin untuk kasus di atas adalah: a. Dan hanya kepada Tuhanmulah kamu berharap” (QS Al-Insyiroh 5-8) . Seorang anak dengan riwayat sakit polio datang dengan keluhan sering nyeri punggung. Tibialis b. Observasi terhadap perkembangan derajad skoliosis Terapi konservatif dengan menggunakan Milwaukee brace Terapi konservatif dengan menggunakan Boston brace Terapi operatif dengan tongkat Harrington Terapo operatif dengan Boston brace “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Seorang laki-laki 20 tahun datang ke IGD dengan keluhan nyeri pada lutut kiri. Foto polos genu tidak didapatkan fraktur ataupun dislokasi. ROM sendi lutut terbatas karena nyeri. Lordosis postural 70. Sprain grade III ligamentum crusiatum anterior sinistra d. Sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan. Skoliosis d. Seorang anak 16 tahun mengeluh sering nyeri punggung dan tulang belakang terlihat membentuk kurva ke lateral. Maka penanganan yang tepat adalah: a. Maka apabila kamu telah selesai (urusan). Skoliosis struktural e. Pada posisi rukuk kurva tidak menghilang. Fase hematoma b. Spondilosis 71. Didapatkan riwayat saat main bola terjatuh dan tungkai kiri tertindih lawannya. Spondilolithesis e.

Test Ortolani dan test Barlow b. Test Aplay dan test Barlow c. Maka apabila kamu telah selesai (urusan). Kelainan pada tangan yang ditemukan pada fase akut RA adalah: a. Atropi otot e. Heberden nodes 78. Sendi tangan yang sering terkena RA adalah: a. Pada sendi-sendi yang sangat membengkak dan nyeri dipergunakan modalitas: a. Di bawah ini merupakan pemeriksaan yang harus dilakukan untuk skrining/deteksi dini adanya dislokasi hip kongenital yaitu: a. Oedem b. Patologi dasar dari RA adalah: a. MCP dan DIP e. Bow Legs d. Dan hanya kepada Tuhanmulah kamu berharap” (QS Al-Insyiroh 5-8) . Swan neck deformity c. Paraffin bath b. Hot pack d. Test Barlow dan test Aplay d. Membawa tas dengan menggunakan jari-jari tangan b. Membaca buku dengan memegang kedua sisi buku c. Test Salter dan test Barlow 74. Enthesitis “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Cryoterapi/Cold therapy c. Equinus deformity 73. Flexibel Flat Feet b. Kondisi di bawah ini bukan merupakan variasi normal pada anak-anak: a. maka kerjakan urusan lain. MCP dan PIP b. Mempercepat penyembuhan 76. Meningkatkan kualitas hidup pasien b. DIP 79. MCP dan DIP c. Deviasi ulnar d. Sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan.PATELLA 2011 LUB 10 72. Protekssi sendi d. Internal tibial torsion e. Membuka kaleng dengan tangan e. Knock Knee c. Penggunaan ortotik e. Erosi tulang d. Test Ortolani dan test Salter e. Memegang pensil dengan menggunakan bantalan d. Diatermi 77. TENS e. DIP dan PIP d. Destruksi kartilago b. Tujuan penatalaksanaan rehabilitasi medik pada pasien RA adalah: a. Salah satu cara proteksi sendi ekstremitas atas pada pasien RA adalah: a. Sinovitis c. Membaca buku dengan menunduk 75. Mengurangi nyeri c.

Jalan pagi e. Peningkatan hormon kalsitonin 86. Senam lansia 85. Leg saving 83. Bagaimana mekanisme homeostasis saat terjadi kenaikan Ca 2+ dalam plasma? a. dianjurkan untuk: a. Apabila kalsium bebas plasma menurun dapat terjadi: a. Pembalutan puntung dengan metode figure of eight d. Muscle saving e. Tetani d. Low impact aerobic b. Power saving d. Maka apabila kamu telah selesai (urusan).PATELLA 2011 LUB 10 e. Untuk mencegah kontraktur fleksi hip pada pasien dengan amputasi transfemoral. Jogging d. Peningkatan sekresi PTH b. Hipersekresi kelenjar di gaster c. Masalah rehabilitasi medik yang sering terjadi pada pasien post fraktur adalah: a. Neuromuskuler sulit dirangsang 87. Latihan penguatan otot ekstensor hip e. Stiffness sendi di sekitar daerah fraktur d. Limb saving c. maka kerjakan urusan lain. Senam Taichi c. Penyempitan celah sendi b. Destruksi kartilago e. Gambaran radiologis yang dapat ditemukan pada RA adalah: a. Leg length discrepancy e. Oedema di sekitar daerah fraktur 82. Darah mudah membeku e. Peningkatan sekresi kalsitriol c. Mengganjal punggung bawah dengan bantal 84. Apabila kalsium plasma menurun maka usaha tubuh untuk mempertahankan kadar normalnya dengan cara: “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Life saving b. Penyerapan kalsium lewat usus meningkat e. Tengkurap 4 jam sehari c. Nyeri tekan pada daerah fraktur b. Hipertropi otot sekitar daerah fraktur c. Bony spur c. Sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan. Latihan yang kurang tepat untuk penderita osteoporosis adalah: a. Penurunan sekresi PTH d. Dan hanya kepada Tuhanmulah kamu berharap” (QS Al-Insyiroh 5-8) . Erosi tulang d. Indikasi amputasi pada ekstremitas yang dimaksudkan untuk menyelamatkan fungsi anggota gerak adalah: a. Takikardi b. Mikrotrauma 80. Latihan berdiri di parallel bar b. Oedem jaringan lunak 81.

Kekurangan Ca tidak begitu pengaruh pada kontraksi otot d.. TEMAN SEJAWAT SEMOGA SUKSES AMIN. Colin esterase meningkatkan kontraksi otot c. Hubungan kerja otot dan tulang menggunakan sistem pengungkit. Eksentrik d. Ca meningkatkan kontraksi otot b. Isotonik b. Isometrik e.PATELLA 2011 a. b. Kontraktur _alhamdulillah_ SELAMAT BELAJAR. terjadi perubahan tegangan? a. tujuannya untuk: a. Bukan salah satu di atas 90. Sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan. d.. Memperbesar beban e.. Ca influks menyebabkan depolarisasi e... maka kerjakan urusan lain. LUB 10 Meningkatkan hormon kalsitonin Menurunkan hormon kalsitriol Meningkatkan GH Meningkatkan HPT Peningkatan estrogen 88. Konsentrik c. Meringankan beban c. Apakah nama jenis kontraksi dimana otot dicegah memendek. e. c. Dan hanya kepada Tuhanmulah kamu berharap” (QS Al-Insyiroh 5-8) . Maka apabila kamu telah selesai (urusan). Manakah pernyataan di bawah ini yang benar? a. Memperbesar gaya 89. Menstabilkan gaya b. Memperbesar gaya d.  “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.