You are on page 1of 18

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas
berkat dan rahmat-Nya makalah ini dapat terselesaikan sebagaimana mestinya.

Makalah yang bertemakan “ Demokrasi ”, dibuat untuk memberikan
pembahasan pengetahuan tentang Hakekat Demokrasi, Pelaksanaan Demokrasi
Indonesia, Pelaksanaan Demokrasi Pancasila.

Dengan

demikian,

makalah

ini

kami

buat

agar

bermanfaat

bagi

mahasiswa/mahasiswi. Kami mengharapkan kritik dan saran agar dapat menjadi
patokan kami dalam pembuatan makalah selanjutnya.

Penulis,

DAFTAR ISI

i

.............. RUMUSAN MASALAH................................................ KATA PENGANTAR.................................iii ii ...............................ii BAB I PENDAHULUAN.........3 A.....3 B..... SARAN..........................................3 D................................... KESIMPULAN......................7 C....................................................................................................................... PELAKSANAAN DEMOKRASI DI INDONESIA.......................15 B....................... TUJUAN............... PELAKSANAAN DEMOKRASI PANCASILA............ IDENTIFIKASI MASALAH.......................................................................................................15 A............................................................................8 D.........................................12 BAB IV PENUTUP...................................................................................................1 BAB II PERMASALAHAN.............COVER................................................ DEMOKRASI PANCASILA....................................................................................15 DAFTAR PUSTAKA...................................4 A....................................................................................................................................................................3 BAB III PEMBAHASAN............................i DAFTAR ISI.....................................................................................................3 C....... PEMBATASAN MASALAH.......................4 B...... DEMOKRASI.................

Tjara pemerintahan ini memberi hak kepada semuarakyat untuk ikut memerintah. Pandangan Hidup. Ir Soekarno dalam buku Di Bawah Bendera Revolusi (1965) pernah mengungkapkan pendapatnya tentang demokrasi bagi bangsa Indonesia. Yang telah memberi kekayaan pengalaman bangsa Indonesia dalam menerapkan kehidupan demokrasi. Mulai dari BJ Habibie. kaum Marhaen toch harus 1 .pemerintahan demokrasi itu. “Apakah demokrasi itu? Demokrasi adalah “pemerintahan rakjat’. Tjara pemerintahan ini sekarang menjadi tjita-tjitasemua partai nasionalis Indonesia.BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Demokrasi suatu mekanisme dan cita-cita hidup berkelompok yang di dalam UUD 1945 disebut kerakyatan. Ini menunjukkan bahwa demokrasi penting dalam kehidupan bernegara dan pemerintahan. Demokrasi yang diterapkan saat ini masih belum jelas setelah pada masa Presiden Soeharto dikenal dengan Demokrasi Pancasila. serta tujuan yang ingin dicapainya dengan mengakui bahwa demokrasi sebagai alat ukur dari keabsahan politik. perjalanan kehidupan demokrasi di Indonesia telah mengalami pasang surut. Sejak merdeka. Negara yang tidak memegang demokrasi disebut negara otoriter. Negara otoriter pun masih mengaku dirinya sebagai negara demokrasi. Tetapi dalam mentjita-tjitakan faham dan tjara. Reformasi telah melahirkan empat orang presiden. Megawati hingga Susilo Bambang Yudhoyono. Demokrasi meletakkan rakyat pada posisi penting. Budaya. Kehendak rakyat adalah dasar utama kewenangan pemerintahan menjadi basis tegaknya sistem politik demokrasi. Setelah reformasi demokrasi yang diterapkan di Indonesia semakin diakui oleh dunia luar. Dimana setiap Negara mempunyai cirri khas dalam pelaksanaan kedaulatan rakyat atau demokrasi yang ditentukan oleh sejarah Negara. Abdurrahman Wahid. hal ini karena masih memegang teguh rakyat selaku pemegang kedaulatan. Salah satunya yaitu Demokrasi Pancasila (1967–1998).

Ketuhanan yang Maha Esa. Mufakat atau Demokrasi. hanya demokrasi politik saja. Artinya: djangan meniru sahaja ’demokrasi demokrasi’ yang kini dipraktekkan di dunia luaran…. Namun demokrasi yang sedang tumbuh ini. yaitu : masyarakat bebas berpendapat dan berorganisasi dan rakyat juga memilih langsung atau memilih sendiri pemimpinnya. Komisi negara dibentuk oleh Negara diperbolehkannya jalur independen atau calon perseorangan di luar jalur politik mencalonkan diri dalam pemilihan kepala daerah ( Pilkada ) turut meramaikan kehidupan demokrasi di Indonesia. Pancasila sebagai konsep diungkapkan Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945 saat menyampaikan pidatonya yang berisikan konsepsi usul tentang dasar falsafah negara yang diberi nama dengan Pancasila. Perikemanusiaan atau Internasionalisme.berhati-hati. 4. Kesejahteraan Sosial. 5. 3. beberapa kalangan menilai penerapan demokrasi di Indonesia harus dijiwai dengan ideologi atau dasar negara RI yaitu Pancasila. demokrasi hanyalah demokrasi parlemen saja. Kondisi ini dianggap ideal untuk tumbuhnya demokrasi di Indonesia. sementara demokrasi ekonomi tak ada.” Dalam tulisan tersebut. Konsepsi usul ini berisi: 1. Pancasila sebagai dasar atau ideologi negara harus diterapkan dalam kehidupan berdemokrasi. Kebangsaan Indonesia atau Nasionalisme. 2. oleh beberapa kalangan dianggap terlalu bebas. 2 . Sehingga dalam kondisi tersebut.

pengertian demokrasi secara etimologi dan terminology 2. Rumusan Masalah 1. pelaksanaan demokrasi pancasila. Identifikasi Masalah 1. Bagaimana pelaksanaan demokrasi pancasila? D. demokrasi pancasila. Bagaimana pelaksanaan demokrasi di Indonesia? 3. pengertian demokrasi pancasila 4. pelaksanaan demokrasi pancasila B.BAB II PERMASALAHAN A. demokrasi pancasila. C. Apa pengertian demokrasi pancasila? 4. 3 . dan pelaksanaan demokrasi Pancasila. Apa pengertian demokrasi? 2. Pembatasan Masalah Pembatasan masalah makalah ini menjelaskan tentang pelaksanaan demokrasi di Indonesia. yaitu pelaksanaan demokrasi di Indonesia. Tujuan Tujuan dari makalah ini adalah untuk memenuhi tugas kelompok yang kami buat serta menjelaskan pengertian dari demokrasi dan point-point yang terdapat di dalam demokrasi. pelaksanaan demokrasi di Indonesia 3.

Pengertian secara terminologi Menurut beberapa pendapat : a. Contemporary Doctrine . b. c. 1.1. oleh. e. yaitu Demos (Rakyat) dan Kratos (Pemerintahan). Tradisi pemikiran Aristotelian .BAB III PEMBAHASAN A. Tradisi Medieval Theory. dan untuk rakyat.F. Mayo. Demokrasi adalah pemerintahan rakyat karena itu kekuasaan melekat pada rakyat. Demokrasi 1. d. Hakekat Demokrasi 1. Suatu sistem pemerintahan pada mayoritas anggota dewasa dari masyarakat politik ikut serta atas dasar sistem perwakilan yang 4 .wakil yang dipilih dan bertanggung jawab kepada mereka melalui pemilihan yang bebas. International Commision for Jurist . dan didasarkan atas kesamaan politik dalam suasana terjaminnya kebebasan politik. menerapkan roman law dan konsep popular souvregnty. g. sistem politik demokratis adalah menunjukkan kebijakan umum ditentukan atas dasar mayoritas oleh wakil-wakil yang diawasi secara efektif oleh rakyat. dengan konsep republik dipandang sebagai bentuk pemerintahan rakyat yang murni. demokrasi merupakan salah satu bentuk pemerintahan. Demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan untuk membuat keputusan politik diselenggarakan oleh wakil . f. Harris Soche. yaitu pemerintahan dari.2. Henry B. Pengertian secara etimologis Demokrasi berasal dari bahasa Yunani. C. Strong . Dengan demikian demokrasi adalah pemerintahan rakyat.

menegakkan rule of law. h. adanya pemerintahan mayoritas yang menghormati hak-hak kelompok minoritas. jujur. Prinsip kesetaraan tidak hanya menuntut bahwa kepentingan setiap orang harus diperlakukan sama dan sederajat dalam kebijakan pemerintah. Semakin besar suara rakyat dalam menentukan kebijakan. beragama. Kesetaraan sebagai warga Negara Demokrasi bertujuan memperlakukan semua orang adalah sama dan sederajat. Manfaat Demokrasi 1. dan masyarakat yang warga negaranya saling memberi peluang yang sama untuk mendapatkan kehidupan yang layak. 2. 2. semakin besar pula kemungkinan kebijakan itu mencerminkan keinginan dan aspirasi-aspirasi rakyat. berserikat setiap warga Negara. Memenuhi kebutuhan-kebutuhan umum Pemerintahan yang demokratis lebih mungkin untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan rakyat biasa. 5 . Pemerintah di Negara demokrasi juga mendorong dan menjamin kemerdekaan berbicara. Demokrasi adalah konsep kehidupan Negara atau masyarakat. berpendapat. Samuel Huntington . dimana warga Negara dewasa turut berpartisipasi dalam pemerintahan melalui wakilnya yang dipilih melalui pemilu. tetapi juga menuntut perlakuan yang sama terhadap pandanganpandangan atau pendapat dan pilihan setiap warga Negara. sistem politik sebagai demokratis sejauh para pembuat keputusan kolektif yang paling kuat dalam system itu dipilih melalui pemilihan umum yang adil.menjamin bahwa pemerintah akhirnya mempertanggungjawabkan tindakan kepada mayoritas. dan semua orang dewasa mempunyai hak yang sama memberikan suara.

 Pelaksanaan hak social dan politik. 6 . 3.  Perlindungan hak-hak asasi manusia. Menjamin hak-hak dasar Demokrasi menjamin kebebasan-kebebasan dasar dengan diskusi terbbuka sebagai metode mengungkapkan dan mengatasi masalah-masalah perbedaan dalam kehidupan social. Pembaruan kehidupan sosial Demokrasi memungkinkan terjadinya pembaruan kehidupan social dengan penghapusan kebijakan-kebijakan yang telah usang secara rutin dan penggantian para politisi dilakukan dengan cara yang santun dan damai. tetapi juga menghendaki bahwa perbedaan-perbedaan itu harus dikemukakan dan didengarkan. yaitu:  Kedaulatan tertinggi di tangan rakyat. hak berserikat dan berkumpul. pemerintahan kekuasaan terbatas.  Pendelegasian kekuasaan. yaitu : hak kebebasan berbicara dan berekspresi. menjadikan system demokratis yang mampu menjamin pembaruan kehidupan social. dan hak untuk mendapatkan perlindungan atas keselamatan diri.3.  Persetujuan bebas mayoritas rakyat. hak bergerak. 4. Dengan demikian. demokrasi mengisyaratkan kebhinekaan dan kemajemukan dalam masyarakat maupun kesamaan kedudukan di antara para warga Negara. 5. Pluralism dan Kompromi Penekanan demokrasi pada debat tidak hanya mengasumsikan adanya perbedaan-perbedaan pendapat dan kepentingan pada sebagian besar masalah kebijakan. Asas-asas demokrasi.

Periode 1959-1965 (Masa Demokrasi Terpimpin) Demokrasi Terpimpin lahir dari keinsyafan. Demokrasi Terpimpin bukanlah dictator b. sehingga program sutau pemerintahan tidak dapat dilaksanakan dengan baik dan berkesinambungan. Pelaksanaan Demokrasi Parlementer tersebut secara yuridis resmi berakhir pada tanggal 5 Juli 1959 yang kembali menjadi UUD 1945. Demokrasi Terpimpin adalah demokrasi yang cocok dengan kepribadian dan dasar hidup bangsa Indonesia. kedudukan Negara berada di bawah DPR dan keberadaannya sangat tergantung dukungan DPR. ekonomi. Inti daripada pimpinan Demokrasi Terpimpin adalah permusyawaratan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan. kehidupan politik dan pemerintahan tidak stabil. Disebabkan karena sering bergantinya parlemen yang bertugas sebagai pelaksanaan pemerintahan. serta timbul perbedaan pendapat yang sangat mendasar di antara partai politik. d. dan keyakinan terhadap keburukan yang di akibatkan oleh Demokrasi Parlementer (Liberal) yang melahirkan terpecahnya masyarakat. 7 . Masa berlaku Demokrasi Parlementer (1945-1959). 2. Di ungkapkan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 22 April 1959 tentang pokok-pokok Demokrasi Terpimpin. Demokrasi Terpimpin adalah demokrasi di segala soal kenegaraan dan kemasyarakatan yang meliputi bidang politik. kesadaran. Periode 1945-1959 (Masa Demokrasi Parlementer) Demokrasi Parlementer pada masa berlakunya UUD 1945 periode pertama (1945-1949) kemudian dilanjutkan pada masa berlakunya Republik Indonesia Serikat (RIS) 1949 dan UUDS 1950. yaitu: a. dan sosial. Pelaksanaan demokrasi di Indonesia dibagi dalam 4 periode: 1.B. baik dalam kehidupan politik maupun dalam tatanan kehidupan ekonomi. Demokrasi Terpimpin memiliki kelebihan yang dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi masyarakat. c.

dan hukum). Landasan formal periode ini adalah pancasila. 8 . C. Dengan kata lain. Dardji Darmodiharjo. melainkan lebih kearah pembagian kekuasaan antara presiden dan partai politik dalam DPR.sekarang (Masa Demokrasi Pancasila Era Reformasi) Orde Reformasi merupakan consensus untuk mengadakan demokratisasi dalam segala bidang kehidupan (politik. Melihat praktik demokrasi pada masa ini. Demokrasi pancasila adalah Paham demokrasi yang bersumber pada kepribadian dan falsafah hidup bangsa Indonesia yang perwujudannya seperti dalam ketentuan-ketentuan seperti dalam pembukaan UUD 1945. 4. nama Pancasila hanya digunakan sebagai legitimasi politik penguasa saat itu sebab kenyataannya yang dilaksanakan tidaka sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Pengertian a. peran partai politik kembali menonjol sehingga demokrasi dapat berkembang.H. Periode 11 Maret 1966. dalam perkembangannya. Demokrasi Pancasila 1.e. UUD 1945 dan Tap MPRS/MPR dalam rangka untuk meluruskan kembali penyelewengan terhadap UUD 1945 yang terjadi di masa Demokrasi Terpimpin. Periode 1999.21 Mei 1998 (Masa Demokrasi Pancasila Era Orde Baru) Demokrasi pancasila merupakan demokrasi konstitusional yang menonjolkan sistem presidensial. 3. Prof. S. Oposisi dalam arti melahirkan pendapat yang sehat dan yang membangun diharuskan dalam Demokrasi Terpimpin. model demokrasi era reformasi dewasa ini kurang mendasarkan pada keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia (walfare state). Pada masa ini. ekonomi. peran presiden semakin dominan terhadap lembagalembaga Negara yang lain. Pelaksanaan demokrasi setelah Pemilu banyak kebijakan yang tidak mendasarkan pada kepentingan rakyat.

Karena itulah. yang berperikemanusiaan yang adil dan beradab. terbuka. dr. Ensiklopedi Indonesia Demokrasi pancasila adalah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan yang berketuhanan Yang Maha Esa. yang berperikemanusiaan yang adil dan beradab. dan jujur untuk mencapai kesepakatan bersama. yang mempersatukan Indonesia dan yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. 2.Notonagoro. c. Contoh demokrasi formal adalah adanya keberadaan lembaga-lembaga perwakilan rakyat. yang mempersatukan Indonesia dan yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Aspek-Aspek Demokrasi Pancasila Berdasarkan pengertian dan Pendapat tentang demokrasi Pancasila dapat dikemukakan aspek-aspek yang terkandung di dalamnya. yaitu : a. Drs. Aspek Formal Mempersoalkan proses dan cara rakyat menunjuk wakil-wakilnya dalam badan-badan perwakilan rakyat dan pemerintahan dan bagaimana mengatur permusyawaratan wakil-wakil rakyat secara bebas. pengertian demokrasi pancasila tidak hanya merupakan demokrasi politik tetapi juga demokrasi ekonomi dan sosial. Contoh demokrasi material adalah mungkin keberadaan lembaga-lembaga perwakilan rakyat hanya sebagai simbol saja dan hanya mementingkan kepentingan negara saja dibandingkan rakyat.H. 9 . S.b. Aspek Material Demokrasi Pancasila harus dijiwai dan diintegrasikan oleh sila-sila lainnya. b. Demokrasi pancasila adalah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan yang berketuhanan Yang Maha Esa. Prof.

10 . 3. Aspek Oktatif Mentengahkan tujuan dan keinginan yang hendak dicapai. e. Prinsip-Prinsip Demokrasi Pancasila  Persamaan bagi seluruh rakyat. dan orang lain.  Menjunjung tinggi tujuan dan cita-cita nasional.c.  Pengambilan keputusan dengan musyawarah mufakat.  Kedaulatan adalah ditangan rakyat dan dilaksanakan menurut UndangUndang Dasar (pasal 1 ayat 2 UUD 1945). Aspek kejiwaan Menjadi semangat para penyelenggara negara dan semangat para pemimpin pemerintah.  Keseimbangan antara hak dan kewajiban. Aspek Normatif Mengungkapkan seperangkat norma atau kaidah yang membimbing dan menjadi kriteria pencapaian tujuan. f.  Mewujudkan rasa keadilan sosial.  Pelaksanaan kebebasan yang bertanggung jawab secara moral Tuhan yang maha Esa.  Mengutamakan persatuan nasional dan kekeluargaan. diri sendiri. d. Aspek Organisasi Mempersoalkan organisasi sebagai wadah pelaksaan demokrasi pancasila dimana wadah tersebut harus cocok dengan tujuan yang hendak dicapai.

Keseimbangan antara hak dan kewajiban. kekuasaan yang tertinggi berada di tangan MPR. Dalam penjelasan UUD 1945 dikatakan: Indonesia ialah negara berdasarkan hukum (rechtstaat) dan tidak berdasarkan kekuasaan belaka (machtstaat). Kedaulatan adalah ditangan rakyat dan dilakukan sepenuhnya oleh MPR (pasal 1 ayat 2 UUD 1945). masyarakat. karena berfungsi “Untuk menyalurkan aspirasi rakyat”. 11 .  Pemilu dilaksanakan secara luber-jurdil. artinya terlepas dari pengaruh kekuasaan pemerintah dan kekuasaan lain. DPA atau lainnya adanya partai politik dan organisasi sosial politik. DPR.  Cara pengambilan keputusan melalui musyawarah untuk mencapai mufakat. Pelaksanaan kebebasan yang bertanggung jawab secara moral kepada Tuhan YME. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Pemerintah berdasar atas sistem konstitusi (hukum dasar) tidak bersifat absolutisme (kekuasaan tidak terbatas). Pelaksanaan Pemilihan Umum.  Menghargai hak asasi manusia. Peradilan yang merdeka. diri sendiri. BPK. berarti badan peradilan (kehakiman) merupakan badan yang merdeka. menjunjung tinggi tujuan dan cita-cita Nasional.  Selalu berdasarkan kekeluargaan dan gotong-royong. Pengambilan keputusan atas dasar musyawarah. menyebutkan ciri-ciri demokrasi Indonesia sebagai berikut:  Kedaulatan ada di tangan rakyat. contoh: Presiden. Perlindungan terhadap hak asasi manusia.4. dan negara ataupun orang lain. Ciri-ciri Demokrasi Pncasila Idris Israil dalam bukunya (2005:52-2-53).

Menurut Pasal 31 ayat (2) UUD 1945 mengandung maksud “Pemerintah harus mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pengajaran Nasional. 27. setiap warga negara wajar mendapat hak ikut serta dalam pemerintahan: yakni hak memilih dan dipilih. Dalam hal ini berarti pemerintah dituntut untuk mengadakan sekolah-sekolah baik umum maupun kejuruan. Di Bidang Pendidikan Pasal 31 ayat (1) UUD 1945 menyatakan bahwa “Tiap-tiap Warga Negara berhak mendapat pengajaran” Pasal 31 ayat (2) UUD 1945 menyatakan bahwa “Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pengajaran Nasional yang diatur dengan Undang-undang ”Makna isi Pasal 31 (1) UUD 1945 tersebut merupakan pengakuan bangsa Indonesia atas hak memperoleh pengajaran. Oleh karena itu. 12 . Dalam UU No. 29. sedangkan Peraturan Pemerintah yang mengatur tentang pendidikan antara lain: Peraturan Pemerintah (PP) No. dengan mengingat kemampuan pembiayaan dan perlengkapan lain yang dapat disediakan oleh pemerintah. dan No. Sedangkan tujuan Pendidikan adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Undang-undang yang mengatur Pasal 31 itu adalah UU No. sesuai dengan UndangUndang yang telah ditetapkan. mendirikan organisasi atau partai politik. 28. Di Bidang Politik Hak yang diakui dalam kedudukannya sebagai warga yang sederajat.D. Pelaksanaan Demokrasi Pancasila 1. 2 Tahun 1989 yang masih berlaku saat ini. serta mengajukan petisi dan kritik atau saran. memiliki pengetahuan dan ketrampilan. 2 Tahun 1989 itu antara lain disebutkan fungsi Pendidikan Nasional adalah untuk mengembangkan kemampuan serta meningkatkan manusia Indonesia dalam rangka upaya mewujudkan tujuan nasional. 2. yaitu manusia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan YME dan berbudi pekerti luhur. kesehatan jasmani dan rohani. dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya. No. 30 Tahun 1990. kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

artinya nilai-nilai Pancasila mendasarkan pada nilai yang bersumber pada harkat dan martabat manusia sebagai makhluk yang berbudaya. Perekonomian di susun sebagai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan. dan rakyat banyak yang tertindas. artinya perekonomian itu dikerjakan oleh semua. Oleh karena itu dalam pengembangan social budaya pada masa reformasi dewasa ini kita harus mengangkat nilai-nilai yang dimiliki bangsa Indonesia sebagai dasar nilai yaitu nilai-nilai Pancasila itu sendiri. Di Bidang Pertahanan dan Keamanan Negara pada hakikatnya adalah merupakan suatu masyarakat hukum.3. Karena pancasila sebagai dasar 13 . 4. Demi tegaknya hak-hak warga negara maka diperlukan peraturan perundangundangan negara. untuk semua di bawah pimpinan atau pengawasan anggota masyarakat. bentrok antara kelompok masyarakat satu dengan yang lainnya yang muaranya adalah masalah politik. baik dalam rangka mengatur ketertiban warga maupun dalam rangka melindungi hak-hak warganya. Di Bidang Sosial dan Budaya Dalam pembangunan dan pengembangan aspek sosial budaya hendaknya didasarkan atas sistem nilai yang sesuai dengan nilai-nilai budaya yang dimiliki oleh masyarakat tersebut. Dalam hal ini perekonomian jangan sampai jatuh ke tangan orang yang berkuasa. Terutama dalam rangka bangsa Indonesia melakukan reformasi di segala bidang dewasa ini. 5. Sebagai anti-klimaks proses reformasi dewasa ini sering kita saksikan adanya stagnasi nilai social budaya dalam masyarakat sehingga tidak mengherankan jikalau di berbagai wilayah Indonesia saat ini terjadi berbagai gejolak yang sangat memprihatinkan antara lain amuk massa yang cenderung anarkis. Di Bidang Ekonomi Negara Indonesia menganut sistem demokrasi ekonomi. Dalam prinsip etika Pancasila pada hakikatnya bersifat humanistik.

Dasar-dasar kemanusiaan yang beradab merupakan basis moralitas pertahanan dan keamanan negara. Dan akhirnya agar benar-benar negara meletakan pada fungsi yang sebenarnya sebagai suatu negara hukum dan bukannya suatu negara yang berdasarkan atas kekuasaan. 14 . Oleh karena itu.Negara dan mendasarkan diri pada hakikat nilai kemanusiaan monopluralis maka pertahanan dan keamanan negara harus dikembalikan pada tercapainya harkat dan martabat manusia sebagai pendukung pokok negara. pertahanan dan keamanan negara harus mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila pancasila.

berbangsa dan bernegara. B. Istilah demokrasi ini memberikan posisi penting bagi rakyat sebab dengan demokrasi. 15 . Implementasi dalam demokrasi pancasila yakni dengan ikut berpartisipasi pemilihan umum secara langsung. lazimnya sangat dipengaruhi oleh ciri khas masyarakat sebagai rakyat dalam suatu negara. Saran Kita sebagai warga Negara Indonesia harus berpegang teguh terhadap nilai-nilai Pancasila yang merupakan pedoman hidup bermasyarakat. Kesimpulan Demokrasi diartikan sebagai pemerintahan atau kekuasaan dri rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat. umum. Implementasi demokrasi pancasila terlihat pada pesta demokrasi yang diselenggarakan tiap lima tahun sekali. dan rahasia.BAB IV PENUTUP A. Indonesia sendiri menganut demokrasi pancasila di mana demokrasi itu dijiwai dan diintegrasikan oleh nilai-nilai luhur Pancasila sehingga tidak dapat diselewengkan begitu saja. Penerapan demokrasi di berbagai Negara di dunia memiliki ciri khas dan spesifikasi masing-masing. hak-hak rakyat untuk menentukan sendiri jalannya organisasi Negara dijamin. Dengan diadakannya Pemilihan Umum baik legislatif maupun presiden dan wakil presiden terutama di era reformasi ini. bebas. aspirasi rakyat dan hak-hak politik rakyat dapat disalurkan secara langsung dan benar serta kedaulatan rakyat yang selama ini hanya ada dalam angan-angan akhirnya dapat terwujud.

com/2011/06/pelaksanaan-demokrasi-pancasiladi.gunadarma.html http://wartawarga.I.blogspot.com/2012/07/makalah-demokrasi.DAFTAR PUSTAKA Srijanti.blogspot. Purwanto S. Rahman H.html iii .. A. Sumarsono “Pendidikan Kewarganegaraan” http://merryanggrainiyolanda.ac. “Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi” edisi 3 S.K.id/2010/04/hakekat-demokrasi/ http://radar-subekti.