PSIKOLOGI KEPERAWATAN

SEJARAH & KONSEP PERILAKU MANUSIA

1. Jelaskan dan berilah 1 contoh nyata terjadinya perilaku menurut Bandura!
Jawaban :
Bandura (1977), sebagaimana dikutip oleh Bimo Walgito (2001),
formulasi perilaku, dan peran perilaku terhadap lingkungan maupun organism
atau individu dapat digambarkan sebagai sebuah segitiga.
B = Behavior (perilaku)

B

E = Enviromment (lingkungan
P = Person (individu)

E

P
Dapat dipahami bahwa perilaku (B), lingkungan (E), dan individu (P)
saling berinteraksi dan saling memengaruhi satu sama lainnya.
Contohnya adalah : Seseorang yang hidup dan berkembang di lingkungan judi
maka akan cenderung tumbuh menjadi penjudi.

2. Maslow mengatakan bahwa perilaku muncul karena adanya satu kebutuhan.
Jelaskan maksud penjelasan Maslow tersebut!
Jawaban :
Menurut Maslow, manusia memunculkan suatu perilaku berdasarkan
pada kebutuhan yang harus dipenuhi. Dengan adanya kebutuhan yang harus
dipenuhi tersebut mendorong manusia untuk melakukan sesuatu atau usaha
yang akan membentuk suatu sikap atau tingkah laku. Misalnya seseorang ingin
memenuhi kebutuhan makanannya, maka ia akan melakukan suatu tingkah laku
sebagai upaya memenuhi kebutuhannya. Terpenuhinya suatu kebutuhan
menimbulkan

kepuasan

dan

bila

tidak

terpenuhi

akan

menimbulkan

ketidakpuasan. Contohnya adalah ketika kebutuhan akan rasa aman seseorang
tidak terpenuhi, maka perilakunya pun akan berbeda dengan orang yang
kebutuhan rasa amannya terpenuhi. Orang yang kebutuhan akan rasa amannya
tidak terpenuhi selalu merasa ketakutan, merasa terancam, dan merasa tidak

istirahat. Dalam memenuhi kebutuhan. Uraikan prosedur pembentukan perilaku menurut Skinner! Menurut skinner. 3. dan kebutuhan tempat berlindung serta kebutuhan keselamatan dalam pekerjaan atau perjalanan. 4. adanya respek atau perhatian dari orang lain. Jadi sebuah perilaku muncul karena terpenuhinya suatu kebutuhan atau tidak terpenuhinya suatu kebutuhan. makan. minum. tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lainnya. 2. ingin sukses dalam mencapai citacita. Berilah satu contoh nyata masing-masing kebutuhan pada hierarki kebutuhan Maslow! Jawaban : Hierarki kebutuhan Maslow 1. Kebutuhan Aktualisasi Diri Merupakan tingkat tertinggi dari hierarki kebutuhan. sedangkan orang yang kebutuhan akan rasa amannya terpenuhi akan merasa nyaman dan tenang. 4. kekasih. perilaku merupakan interaksi antara perangsang dengan tanggapan. sahabat. akan terjadi ketidakseimbangan fisiologis. Serta ingin mencintai dan dicintai orang lain. Kebutuhan aktualisasi diri meliputi ingin dipuja oleh orang lain. serta toleransi dalam hidup berdampingan. dan lain-lain.nyaman. ingin menonjol dan lebih dari olang lain. Kebutuhan Fisiologis Kebutuhan fisiologis merupakan kebutuhan pokok utama yang meliputi kebutuhan udara. dan olahraga. Karena sekali kebutuhan dasar terpuaskan maka individu akan termotivasi untuk mencapai kebutuhan berikutnya. Apabila kebutuhan ini tidak terpenuhi. Kebutuhan Rasa Aman Kebutuhan rasa aman meliputi rasa aman dari gangguan binatang. teman. rasa aman dari ancaman/terror. 3. Kebutuhan Dicintai dan Mencintai Kebutuhan ini meliputi mendambakan kasih sayang baik dari orang tua. Kebutuhan harus terpenuhi dari yang paling dasar terlebuh dahulu dan seterusnya. 5. . seks. Kebutuhan Harga Diri Kebutuhan harga diri meliputi ingin dihargai dan menghargai orang lain.

Langkah ketiga : menggunakan bagian-bagian kecil perilaku. Langkah pertama : melakukan pengenalan terhadap sesuatu yang merupakan penguat. Responden respons (refleksi atau perilaku responden) Merupakan tanggapan yang disebabkan oleh rangsangan (stimulus) tertentu yang menimbulkan tanggapan yang relative tetap. 2003) untuk membentuk jenis tanggapan atau perilaku perlu diciptakan kondisi tertentu yang disebut operant condition sebagai berikut.  Mengenal penguat atau hadiah untuk masing-masing bagian tadi  Membentuk perilaku dengan bagian bagian yang telah tersusun tersebut  Apabila bagian perilaku yang pertama telah dilakukan. c. Contohnya adalah ketika seorang anak mendapat juara 1 dikelas. b.Macam-macam tanggapan menurut Notoatmojo (1997) 1. Selanjutnya bagian-bagian tersebut disusun dalam urutan yang tepat untuk menuju pada terbentuknya perilaku yang diinginkan. hadiahnya akan diberikan. Operant response merupakan bagiat terbesar dari perilaku manusia yang kemampuan memodifikasinya tidak terbatas. dipergunakan untuk mengenal bagian-bagian kecil pembentuk perilaku sesuai yang diinginkan. Operant response atau instrumental behavior Merupakan tanggapan yang timbul dan diikuti oleh perangsang atau penguat tertentu dan memperkuat tanggapan atau perilaku tertentu yang telah dilakukan. maka anak itu akan belajar lebih giat lagi agar kelak mendapat hadiah lagi. Contohnya adalah membentuk kebiasaan atau perilaku toilet training  Memakai sandal  Pergi ke kamar mandi sebelum tidur  Buang air kecil . yang menyebabkan tindakan tersebut sering dilakukan  Akhirnya akan terbentuk perilaku kedua dan seterusnya sampai terbentuk perilaku yang diharapkan. 2. Menurut Skinner (Notoatmojo. a. Langkah kedua : melakukan analisis. yaitu :  Bagia-bagian perilaku disusun secara urut dan dipakai untuk tujuan sementara. yaitu berupa hadiah. kemudian orang tua memberikan pujian atau hadiah atas capaiannya tersebut.

    Mengambil air untuk mencuci kelamin Melepas sandal sebelum naik ke tempat tidur Naik ke tempat tidur Beri hadiah setiap kali ia berhasil .

Psikologi Untuk Keperawatan. dan Sri Wahyuni. Psikologi Keperawatan. Jakarta : EGC  Sunaryo.Daftar Pustaka  Saam. 2009. Z. 2013. Jakarta : Rajawali Pers  Simamora. 2004. Buku Ajar Pendidikan Dalam Keperawatan. Roymond H. Jakarta : EGC .