You are on page 1of 11

SUMMARY

CRACKING CREATIVITY
STRATEGI 4: MEMBUAT KOMBINASI-KOMBINASI BARU

OLEH:
LARASATI HAPSARI
19713057
SBM 2016

Dalam hal ini. . Kreativitas seorang manusia dapat dikembangkan dan dilatih. Mengkombinasikan informasi dengan cara-cara baru dan tidak biasa akan meningkatkan kemungkinan perseptual Anda untuk menciptakan sesuatu yang orisinal. maka tidak akan sulit untuk mengaktifkannya kembali. Proses berpikir kreatif dalam pikiran manusia berlangsung seperti hendaknya jejak yang tertinggal pada permukaan es krim yang disiram dengan air panas. Kreativitas berlangung dalam tahap berpikir perseptual. yang berarti kreativitas kita bergantung pada persepsi kita masing-masing akan hal yang terjadi. pikiran akan secara otomatis mengoreksi dan melengkapi informasi untuk memilih dan mengaktifkan sebuah pola. teori kreativitas dapat simpulkan sebagai kemampuan manusia untuk menggabungkan ide-ide awal dan pikiran secara acak satu sama lain dan memilih sedikit dari sekian banyak informasi dan gagasan untuk dipertahankan. pengenalan dan pola penyelesaian otak. sebab kita terus memikirkan apa yang telah selalu kita pikirkan. Informasi diibaratkan sebagai air panas yang mengalir yang meninggalkan jejak. Begitulah proses Sekalipun sebagian besar informasi keluar dari jejak yang ada. Hal inilah yang membuat kita sulit untuk menciptakan sebuah hal yang baru dalam pikiran kita. Setelah suatu informasi masuk ke dalam pikiran kita.MATA KULIAH : PERFORMANCE ART Kreativitas adalah kemampuan dimana manusaia mampu menghasilkan ide-ide dan inovasi baru diluar kebiasaan atau diluar hal yang sudah ada sebelumnya.

Da Vinci mengembangkan kreativitasnya dengan cara mendaftar terlebih dahulu karakteristik wajah manusia. Kombinasi baru ini akan memberi Anda cara-cara yang berbeda untuk memusatkan perhatian Anda dan cara yang berbeda untuk mengintepretasikan apa pun yang sedang menjadi fokus Anda dan kemudian akan membawa pengertian baru. Berikutnya. lalu memisahkan parameter-parameter utama dan . Ada beberapa teknik yang dirancang untuk membantu manusia mengembangkan kreativitas dengan mengombinasikan subjek-subjek. ke suatu arah dan cara pandang yang baru dalam pikiran kita. Da Vinci menggabungkan fitur-fitu terbaik wajah manusia ketimbang menciptakan apa yang dianggap „cantik‟ bagi dirinya sendiri. Contohnya dalam lukisan Monalisa yang tekenal. konsep. ide. Da Vinci akan menganalisis struktur sebuah subjek. ia mencampur dan mencocokan varias-variasi yang berbeda untuk menciptakan karakter yang orisinal dan fantastis. Teknik Da Vinci Leonardo Da Vinci adalah seorang pelukis jenius yang dikenal dalam karya-karyanya yang penuh kreativitas.Kreativitas akan terjadi apabila kita mampu untuk mengubah arah aliran informasi yang diibaratkan sebagai air. kemudian variasinya. ide-ide orisinal dan solusi kreatif dalam pikiran Anda. Kita dapat mengombinasi informasi dengan cara yang berbeda-beda. gagasan dan pikiran yang berlainan.

Pemecahan Masalah yang Berdaya Cipta Henri Poincare. namun perlu diingat bahwa dalam praktik.kemudian mendaftar berbagai variasi untuk berbagai parameter tersebut dan mengkombinasikannya menjadi sesuatu yang benar-benar orisinil. Kombinasi Kata Kunci Proses berpikir kreatif sebenarnya adalah proses dimana pikiran kita membentuk asosiasi baru. Anda perlu memperhatikan kembali parameter tersebut dan menyesuaikannya dengan keadaan yang ada. sintesa baru. parameter kita mungkin tidak sempurna atau sebuah variasi penting pada suatu parameter tidak bisa diuraikan. Ketika Anda membagi sebuah subjek ke dalam komponen-komponen berbeda dan mengombinasikan komponen-komponen tersebut ke dalam berbagai cara. Cara kerja teknik ini adalah membagi komponen ke dalam komponen-komponen yang lebih kecil dan mengombinasikan kembali unitunit kecil tersebut menjadi unit yang lebih besar. Kita dapat mencontoh teknik ini dalam mengembangkan kreativitas dalam berbisnis. atau kombinasi baru dari informasi- . mengatakan bahwa penemuan dalam pemecahan masalah terdiri atas pembentukan sejumlah besar kombinasi dari berbagai kemungkinan dan kemampuan untuk memilih yang paling bermanfaat. Hal ini akan merangsang pikiran Anda ke dalam pengertian dan ide-ide baru. Anda mengatur kembali persepsi Anda terhadap subjek tersebut. seorang pakar matematika.

Dengan demikian. Mengombinasikan Informasi yang telah ada Selama beberapa waktu sempat muncul pikiran bahwa orang jenius mampu mengombinasikan pengetahuan-pengetahuan yang ada karena mereka menyadari beberapa persamaan atau tumpang tindih antara satu hal dengan hal lainnya. Penemuan hebat dari para penemu jenius seperti Darwin dan Newton mengharuskan mereka melakukan pengamatan intensif terhadao kemiripan materi-materi yang ada dan kemudian mengombinasikannya.informasi yang telah ada. daripada menciptakan sesuatu yang benar-benar belum pernah ada sebelumnya. kemudian membuat kombinasi acak. kita variabel-variabel dengan mendefinisikan bisnis kita. Begitu pula dengan masalah-masalah kita. kita dapat secara sistematis menciptakan kombinasi yang mungkin menjadi solusi bagi berbagai macam masalah. Mengombinasikan yang Tidak Berhubungan Gregory Murphy dari Universitas Illinois melakukan ekseperimen dengan meminta orang untuk menilai bagaimana sifat—sifat tertentu dan kombinasi dari konsep-konsep tersebut. Hasilnya membuktikan bahwa makna berubah ketika kita mengombinasikan konsep-konsep dan semakin baru suatu kombinasi. maka semakin baru pula maknanya. dapat menetapkan Dengan sistem kombinasi kata kunci. Terkadang seorang jenius . memperluas pikiran kita dengan kata kunci. dengan mengelola pikiran secara efisien. asosiasi baru bisa dibentuk dengan kombinasi yang tidak sengaja/kebetulan.

Ia memiliki minat pada berbagai bidang yang tidak berkaitan dengan psikologi yang menghasilkan pengertiannya yang mendalam dan tidak biasa. Sebagai contoh. Kemampuannya untuk menyatukan unsur-unsur dari bidang yang berbeda itulah yang telah mendukung kemampuannya untuk melihat berbagai hal dengan cara yang berbeda dari rekan sezamannya. Mengombinasikan Subjek-subjek dari Bidang yang Tidak Berhubungan Sigmunnd Freud adalah seorang psikolog tersohor yang memiliki metodologi unik dalam prakteknya. Albert Rothenberg dalam bukunya The Emerging Goddess.Peleburan kognitif dari dua objek yang berlainan dapat membawa kita pada pengertian baru. Contohnya adalah lukisan karya Klee berjudul Physiognomic Lightning yang berisi guratan wajah manusia digambar oleh sebuah baut memancar sebagai gambar yang terintegrasi yang tebentuk dari dua unsur heterogen.dapat teridentifikasi dengan adanya minat untuk menemukan kombinasi dari berbagai macam barang yang tidak berhubungan. Ada banyak cara untuk Yang pertama adalah dengan mengacak objekobjek dan memasangkannya secara acak. Selain itu dapat dilakukan juga dengan cara merangsang pikiran kita dengan gambar-gambar yang terintegrasi yang bermakna ganda. Hal ini dapat kita kita implementasikan dalam bisnis. kita dapat membuat dua buah daftar dengan subjek yang tidak saling . menciptakan kombinasi baru. maka akan dihasilkan sebuah kombinasi baru. mendeskripsikan hal ini sebagai kemampuan “berpikir homospatial”.

Cara lain untuk menghasilkan ide adalah memisahkan suatu masalah dan secara acak mengombinasikan kata-kata dengan cara berbeda. Hasilkan kata-kata yang maknanya sama untuk kata kerja dan kata benda dan daftarlah dalam dua kolom terpisah. sehingga antara satu proyek dan yang lainnya dapat saling mempengaruhi. Metode aktif ini memungkinkan dirinya untuk secara konsisten memikirkan kembali cara ia menjalani proyeknya. cobalah ide-ide yang berhubungan dengan masalah lain juga. Teknik ketiga menggunakan kata-kata adalah membuat daftar kata benda serta daftar kata sifat dan kata kerja yang menyinggung subjek Anda. Sama halnya seperti yang dapat kita terapkan dalam bisnis. Ketika Anda mendapatkan ide-ide atau aksi-aksi yang menyelesaikan masalah pertama. Mengombinasikan Kata-kata Seorang Penyair kebangsaan Perancis. .berhubungan dan mendaftarkannya dengan atribut-atributnya. Gunakan juga thesaurus dalam memilih variasi kata-kata. Paul Valery mengatakan bahwa diperlukan dua strategi berpikir yang berbeda untuk menemukan sesuatu yang baru dalam menulis puisi. Mengombinasikan Masalah-masalah Laboratorium Thomas Edison adalah tempat yang dirancang agar sebuah proyek bisa mempengaruhi proyek lainnya yang berdekatran. Yang pertama adalah identifikasikan kata benda dan kata kerja utama dalam masalah yang sedang berusaha Anda pecahkan. kemudian secara acak mengombinasikan atribut-atribut tersebut.

Mengombinasikan Unsur-unsur dari Ide-ide Ekstrem Leonardo Da Vinci percaya bahwa mendorong konsep-konsep kepada hal yang ekstrem di dalam imajinasinya akan menciptakan dua ide ekstrem yang berlawanan. Hal ini muncul dari penggabungan dua ide yang berdekatan. Untuk itu. seperti misalnya penghargaan untuk karyawan berupa $1 untuk setiap idenya. seorang ahli matematika. Saat dimana pikiran kita terus berlatih melakukan hal itu. Sama halnya seperti wanita dengan bobot 50kg tidak mungkin melahirkan anak yang beratnya 100kg. Mengombinasikan Berbagai Perspektif Genius berakar dari komitmen yang kuat terhadap pengintegrasian berbagai perspektif. . menyatakan bahwa tidak ada program yang bisa menghasilkan program yang lebih rumit dari program itu sendiri. Sebuah karya yang luar biasa berasal dari kemampuan orang untuk mencocokkannya menjadi satu.Mengombinasikan Ide-ide Orang jenius adalah orang-orang yang mempunyai ide besar. Yang dapat kita lakukan adalah menguji ide-ide tersebut di batas ekstrem. Bronowski yang dikutip dari bukunya The Ascent of Man. kata J. Gregory Chaitin. kita dapat juga melakukannya dengan cara mengumpulkan semua ide ke dalam beberapa kolom dan menggabungkan satu ide dengan ide lainnya.

cerita.otak kita akan semakin mendekati definisi jenius. Teknik ini dinamakan “The Exquisite Corpse”. tanpa melihat apa yang ditulis orang lain Lalu hal ini akan menghasilkan kalimat yang indah sebagai kombinasi dari interpretasi baru. Mengombinasikan Bakat Di dalam bukunya Creative Minds. Ia menghargai kesempatan untuk mencoba ide-idenya kepada orang lain. Howard Gardner menekankan pentingnya seorang sahabat yang terus mengkritik dalam kehidupan Einstein. Beberapa seniman akan mendapat giliran untuk meneruskan sebelumnya. SIL SIL berarti “pengintegrasian unsur-unsur masalah secara berurutan” dalam bahasa Jerman. Kesatuan yang Sangat Indah Teknik ini digunakan oleh seniman surealis untuk menciptakan kombinasi konseptual di bidang seni. Ada pemikiran bahwa kata-kata ini akan membebaskan batasan-batasan kesadaran pikiran. SIL berbeda dari semua metode lain karena ide-ide dalam SIL dihasilkan secara progresif dengan mengintegrasikan ide-ide sebelumnya. SIL adalah teknik penulisan gagasan (brainwriting) yang dikembangkan di Jerman. . Struktur ide yang lebih dalam terungkap dalam mulai tersingkap.

konvensional dan logis. di luar kebiasaan. sama sekali tidak berkaitan. semakin banyak pula sumber daya yang dapat dimanfaatkan. Pemikir otak kiri menghasilkan ide-ide praktis. Mengombinasikan Berbagai Bidang Banyak penemuan didasarkan pada kombinasi dari berbagai bidang yang nampaknya tidak berhubungan. Pemikir Otak Kiri dan Pemikir Otak Kanan Otak kita dapat dibagi menjadi dua bagian. kita dapati Pablo Picasso dan Georges Braque.Teman-teman dan istri Einstein membantu merangsang pikirannya dengan menawarkan sudut pandang berbeda dalam kritik. dan Hal ini tentu saja meningkatkan sumber daya sebuah tim. emosi. Dengan SIL. sintesis menjadi norma . meskipun dalam bidang yang mengembangkannya dalam proses. Pengintegrasian. Dalam dunia seni. Pemikir otak kanan menghasilkan ide-ide aneh. Semakin banyak bakat yang terakomodasi. dan tidak masuk akal. dengan mengombinasikan bakat-bakat mereka dan mendirikan dan mengembangkan aliran Cubisme. Kombinasi dari bakat-bakat mereka yang berlawanan mengilhami sifat-sifat paradoksial Cubisme. penting untuk menghargai bakat-bakat yang ada. yaitu otak kiri yang berkaitan dengan logika dan pemikiran serta otak kanan yang berkaitan dengan kreativitas. kita dapat terbantu untuk mengintegrasikan ide-ide di luar kebiasaan. intuisi. Dalam sebuah tim.

. Cara lain untuk mengombinasi bakat adalah dengan menemukan informasi atau nasehat dari orang-orang dari berbagai bidang. kimia. Carilah cara untuk memunculkan ide dari orang-orang di Jika kita menemukan masalah dalam sebuah bisnis. Hampir semua ilmuwan melintasi batasan-batasan antara fisika. bidang lain.pengecualian. kita dapat meminta orang-orang dari divisi lain untuk bersatu memberikan sudut pandang penyelesaian masalahnya masing-masing. dan biologi dalam karya-karya mereka.