You are on page 1of 20

1

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Ilmu pengetahuan yang terus mengalami perkembangan akan senantiasa
menghasilkan produk-produk teknologi yang baru. Sebagai konsumen dari
produk-produk tersebut kita tentu saja merasakan perkembangan teknologi,
yang sekarang ini sudah memasuki era teknologi canggih.
Dampak dari perkembangan tersebut misalnya televisi yang dulunya
merupakan kemewahan, kini sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat.
Demikian pula halnya dengan komputer. Jika sebelum era milenium ini
komputer merupakan barang mewah, maka sekarang komputer sudah mulai
memasyarakat. Bahkan anak Taman Kanak-Kanak pun sudah mulai diajar
mengoperasikan komputer. Jika sebelum ini komputer hanya digunakan dalam
pengolahan data saja, maka sekarang berkirim surat kita hanya perlu waktu
dibawah satu menit untuk tujuan seluruh dunia dengan komputer.
Komputer dan televisi memiliki peran penting bagi manusia karena selain
sebagai media informasi kedua-duanya juga berguna sebagai media penghibur,
komunikasi dan pendidikan. Namun demikian, disamping nilai-nilai positif
tersebut komputer dan televisi juga memberikan dampak negatif bagi
kesehatan manusia. Hal ini disebabkan karena adanya radiasi gelombang
elektromagnetik yang disebabkan oleh kedua barang elektronik tersebut.
Radiasi gelombang elektromagnetik yang dihasilkan dapat memberikan
dampak negatif bagi kesehatan karena apabila terpapar oleh radiasi tersebut
dalam jangka waktu yang lama dan terus menerus dapat menimbulkan
beberapa gangguan kesehatan seperti katarak, dermatitis, epilepsy, kanker dan
lain-lain.
Sansivieria merupakan salah satu tanaman hias di Indonesia yang biasa disebut
dengan lidah mertua atau pedang-pedangan karena bentuk daunnya yang
1

2

meruncing. Kurang lebih 100 jenis tanaman ini berasal dari daerah tropis di
Afrika. Dibanding tumbuhan lain, Sanseviera memiliki keistimewaan
menyerap bahan beracun, seperti karbondioksida, benzene, formaldehyde, dan
trichloroethylene serta dapat menyerap radikal bebas.
Selain itu, perawatan sansivera pun tidak sesulit tanaman hias lain karena
sansivera mampu hidup di berbagai situasi cuaca. Ditambah hasil penelitian
dari Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat yang menyebutkan bahwa
sansivera mampu menyerap kurang lebih 107 jenis polutan serta menetralisir
radiasi dari barang elektronik seperti komputer, televisi, telepon dan
sebagainya.
Pemanfaatan tanaman sansivieria (lidah mertua) sebagai tanaman hias yang
diletakkan di dalam ruangan dimana terdapat alat elektronik seperti komputer
dan televisi dapat digunakan selain sebagai penambah keindahan ruangan juga
bermanfaat sebagai pereduksi radiasi gelombang elektromagnetik.
Berdasarkan pemasalahan diatas maka penulis mengangkat judul Pemanfaatan
Tanaman Sansivieria (Lidah Mertua) sebagai Alternatif Pereduksi Radiasi
Gelombang Elektromagnetik Komputer dan Televisi.

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang di atas maka penulis merumuskan
permasalahan yaitu:
1.

Bagaimana dampak radiasi gelombang elektromagnetik bagi kesehatan
manusia?

2.

Apa saja manfaat dari tanaman sansivieria?

3.

Bagaimana pemanfaatan tanaman sansivieria?

3 C. 2. b. 2. Manfaat praktis: a. . Sebagai media informasi bagaimana bahaya radiasi gelombang elektromagnetik bagi kesehatan manusia. 3. Tujuan Penulisan Adapun tujuan penulisan karya tulis ilmiah sebagai berikut: 1. Untuk mengetahui manfaat-manfaat tanaman sansivieria (lidah mertua). Mendapat gambaran bahaya radiasi gelombang elektromagnetik serta manfaat dari tanaman sansivieria. Manfaat Penulisan 1. b. Untuk mengetahui bagaimana dampak radiasi gelombang elektromagnetik bagi kesehatan manusia. D. Manfaat teoritis: a. Memberi solusi dalam mengatasi masalah radiasi gelombang elektromagnetik. Menambah wawasan dan pengetahuan penulis. Untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan tanaman sansivieria (lidah mertua).

dan X-ray. 2007: 295) 4 . (Ensiklopedia Iptek. gelombang lenting. cahaya tampak. Radiasi Gelombang Elektromagnetik 1. (Setyawan. Gelombang Elektromagnetik Gelombang pada dasarnya hanyalah suatu cara perpindahan energi dari satu tempat ke tempat lainnya baik perpindahan sederhana seperti pada gelombang laut atau yang lebih rumit untuk dibayangkan seperti gelombang cahaya. Dalam fisika.4 BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. dan penyinaran. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia radiasi merupakan pemancaran dan perambatan gelombang yang membawa tenaga melalui ruang misalnya pemancaran dan perambatan gelombang elektromagnetik. Radiasi disebabkan oleh energi yang dipancarkan (bergerak ke luar dalam garis lurus ke segala arah) dari suatu sumber. 2004: 32). Radiasi elektromagnetik dapat berupa gelombang radio. gelombang bunyi. dan akhirnya diserap oleh benda lain. Salah satu jenis radiasi adalah radiasi elektromagnetik. 2. cahaya inframerah. sinar ultra violet. Gelombang elektromagnetik adalah gabungan medan listrik dan medan magnet yang bergetar pada bidang-bidang yang saling tegak lurus satu sama lain. (Jim Clark. Radiasi atau pancaran merupakan cara perpindahan kalor tanpa zat perantara. 2011). Radiasi Istilah radiasi umumnya digunakan untuk menunjukkan suatu kegiatan yang tidak dapat dikaitkan dengan sentuhan langsung penyebab kegiatan itu. radiasi mendeskripsikan setiap proses di mana energi bergerak melalui media atau melalui ruang. Geometri ini secara alami mengarah pada sistem pengukuran dan unit fisik yang sama berlaku untuk semua jenis radiasi.

Deddy. Komputer Secara luas. Televisi merupakan sistem elektronik yang mengirimkan gambar diam dan gambar hidup bersama suara melalui kabel atau ruang. Adapun komponen komputer meliputi: layar monitor. CPU. Dari beberapa pengertian diatas. 2000: 3) C. sehingga televisi dapat diartikan sebagai alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/penglihatan. Penelitian teoritis tentang radiasi elektromagnetik disebut elektrodinamik. Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen. mouse dan printer (sebagai pelengkap). Televisi Kata televisi merupakan gabungan dari kata tele (jauh) dari bahasa Yunani dan visio (penglihatan) dari bahasa Latin. Sistem ini menggunakan peralatan yang mengubah cahaya dan suara ke dalam gelombang . yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. B. dengan sub-bidang elektromagnetisme. (Suryatmo. Atau kamputer adalah alat elektronik yang dapat mengolah data dengan perantaraan program dan memberikan hasil pengolahan. maka dapat disimpulkan bahwa radiasi gelombang elektromagnetik adalah kombinasi medan listrik dan medan magnet yang berosilasi dan merambat lewat ruang dan membawa energi dari satu tempat ke tempat yang lain.5 Menurut kamus fisika gelombang elektromagnetik merupakan gelombang paduan antara medan listrik dengan medan magnet yang disebabkan oleh muatan listrik bergerak dipercepat. Komputer merupakan alat elektronik otomatis yang dapat menghitung atau mengolah data secara cermat. Cahaya tampak adalah salah satu bentuk radiasi elektromagnetik. keyboard.

ada yang mengikuti arah serat daun. Sansivieria (Lidah Mertua) Sansevieria adalah tanaman hias yang cukup populer dan sering digunakan sebagai tanaman hias di dalam rumah karena tanaman ini dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari. 2008 : 5) Televisi memiliki dua jenis pengiriman. tidak beraturan. dan ada juga yang zig-zag. Motif yang ada pada helai daun juga bervariasi. Sansivieria tergolong tahan hidup dalam ruangan yang kurang lembab dan menyukai suhu panas.6 elektronik dan mengkonversinya kembali ke dalam cahaya yang dapat dilihat dan suaranya dapat didengar. hijau abu-abu. . yaitu jenis yang tumbuh memanjang ke atas dan jenis berdaun pendek melingkar dalam bentuk roset. Dengan bentuk daunnya yang meruncing dan tebal. sansevieria memiliki bentuk yang terbilang minimalis tanpa banyak variasi. Warna daunnya macam-macam mulai hijau tua. dan warna kombinasi putih kuning atau hijau kuning. perak. hijau muda. yaitu penyiaran langsung kejadian atau peristiwa yang kita saksikan sementara ia terjadi dan penyiaran program yang telah direkam di atas pita film atau pita video. (Tim Redaksi Trubus) Sebagai tanaman gurun. dengan daun berstruktur keras. banyak yang menyebutnya daun pedang-pedangan. D. penyiaran gambar dan suara. Televisi adalah sistem penyiaran elektronik gambar bergerak atau statis bersama suara yang memproyeksikan bayangan dalam tabung gambar atau layar serta menciptakan kembali suara sesuai aslinya. Sanseviera dikenal dengan sebutan tanaman lidah mertua karena bentuknya yang tajam. tanpa batang. (Sultan. Sansevieria dibagi menjadi dua jenis.

7 1. akar sansivieria berbentuk serabut. Rimpang menjalar di bawah tanah dan kadang-kadang di atas permukaan tanah. Deskripsi Sansivieria a. Daun Tanaman sansevieria mudah dikenal dari daunnya yang tebal dan banyak mengandung air (fleshy dan succulent) sehingga dengan struktur daun seperti ini membuat sansevieria tahan terhadap kekeringan karena proses penguapan air dan laju transpirasi dapat . orang menyebut organ ini sebagai rimpang atau rhizoma yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sari-sari makanan hasil fotosintesis. Rimpang (Rhizoma) Selain terdapat akar juga terdapat organ yang menyerupai batang. Sansivieria Hyacinthoides. Akar Seperti tumbuhan berbiji tunggal (monokotil). Klasifikasi Sansivieria Kingdom : Plantae (tumbuhan) Subkingdom : Tracheobionta (berpembuluh) Superdivisio : Spermatophyta (menghasilkan biji) Divisio : Magnoliophyta (berbunga) Kelas : Liliopsida (berkeping satu /monokotil) Sub-kelas : Liliidae Ordo : Liliales Familia : Agavaceae Genus : Sansevieria Spesies : Sansivieria Cylindrica. b. Rimpang juga berperan dalam perkembang biakan. Akar berwarna putih ini tumbuh dari pangkal dan menyebar ke segala arah di dalam tanah. Sansivieria Ehrenbergi. c. Sansivieria Trifasciata 2. Ujung organ ini merupakan jaringan meristem yang selalu tumbuh memanjang.

e. terutama pada malam hari. . Di sebelah dalam kulit terdapat embrio yang merupakan bakal calon tanaman. sedangkan yang memiliki serbuk sari disebut bunga jantan. Bunga yang memiliki putik disebut bunga betina. (Anonymous 2011). Bunga sansevieria termasuk bunga berumah dua. Pada beberapa jenis tanaman terkadang terdapat duri. Bunga ini mengeluarkan aroma wangi. Tulang daun sejajar.8 ditekan. Bunga Bunga sansevieria terdapat dalam malai yang tumbuh tegak dari pangkal batang. Bentuk daun panjang dan meruncing pada bagian ujungnya. d. Daun tumbuh di sekeliling batang semu di atas permukaan tanah. Bagian paling luar dari biji berupa kulit tebal yang berfungsi sebagai lapisan pelindung. Biji Biji sansevieria berkeping tunggal seperti tumbuhan monokotil lainnya. putik dan serbuk sari tidak berada dalam satu kuntum bunga.

Seperti buku dan artikelartikel yang diperoleh melalui internet. yaitu menguraikan tentang pemanfaatan tanaman sansivieria (lidah mertua) sebagai alternatif pereduksi radiasi gelombang elektromagnetik komputer dan televisi. dibahas yaitu data yang terkumpul di analisis secara deskriptif. Teknik Pengumpulan Data Data yang dikumpulkan dalam karya tulis ini diperoleh melalui berbagai literatur yang relevan dari masalah yang diangkat. B. selanjutnya diseleksi dan direduksi kerelavanannya dengan masalah yang dikaji. C. proses penyajian masalah yang diangkat. 9 . Jenis Tulisan Jenis tulisan yang digunakan dalam menyusun karya tulis ilmiah ini adalah penilitian pustaka (Library Research) yang disajikan dengan memaparkan pemanfaatan tanaman sansivieria (lidah mertua) sebagai alternatif pereduksi radiasi gelombang elektromagnetik televisi dan komputer.9 BAB III METODE PENULISAN A. Teknik Analisis Data Setelah informasi terkumpul. D. Objek Tulisan Pemanfaatan tanaman sansivieria (lidah mertua) sebagai alternatif pereduksi radiasi gelombang elektromagnetik merupakan objek penulisan karya ilmiah ini yang dimaksudkan agar masyarakat sadar akan bahaya dampak radiasi gelombang elektromagnetik bagi kesehatan manusia.

televisi. Meskipun tubuh memiliki pertahanan untuk mengatasi kerusakan sel. Sedangkan dalam istilah sehari-hari. jika ini terjadi dalam tubuh. di kantor. Ribuan bahkan jutaan sel yang berada dalam tubuh akan mati. Dampak Radiasi Gelombang Elektromagnetik Bagi Kesehatan Radiasi dalam istilah fisika. Tanpa kita sadari. Pada tahun belakangan ini potensi bahaya biologik radiasi ionisasi mulai ditemukan. radiasi selalu diasosiasikan sebagai radioaktif dan salah satu sumber radiasi pengion seperti reaktor nuklir. handphone. 10 . akibatnya kesehatan akan terganggu. Radiasi yang ada di sekitar kita ini dihasilkan oleh berbagai sumber energi seperti listrik.10 BAB IV ANALISIS DAN SINTESIS A. Radiasi berbahaya karena dapat mengakibatkan perubahan pada tubuh kita. ternyata selalu terdapat radiasi. Pancaran radiasi menyebabkan atom melepaskan elektron menjadi ion. panas. cahaya matahari dan peralatan elektronik lainnya yang memancarkan gelombang elektromagnetik merupakan sumber radiasi yang sangat dekat dalam aktivitas dan kehidupan kita. sehingga mengacaukan sistem kerja tubuh. Komputer. sebenarnya kita dikelilingi oleh berbagai radiasi. peralatan elektronik. namun apabila pancaran radiasi berlangsung lama dan terus-menerus. Aktivitas yang kita lakukan dimana pun seperti di kampus. ion-ion buatan yang merupakan radikal bebas tersebut dapat mengakibatkan kerusakan sel. pada dasarnya adalah suatu cara perambatan energi dari sumber energi yang ke lingkungan sekitarnya tanpa memerlukan media. di rumah dan tempat lainnya. cahaya dan berbagai gelombang elektromagnetik. tubuh tidak akan dapat bertahan lagi. Hal tersebut disebabkan karena perkembangan zaman yang menyebabkan ketergantungan kita terhadap teknologi. di lapangan.

muntah. B. baik yang berlaku dalam jangka waktu pendek maupun dalam jangka waktu yang lama. dermatitis. masalah kulit dan gangguan pada mata (tegang pada mata dan penglihatan kabur). infra merah serta gelombang elektromagnetik lainnya. Meskipun dampak yang diakibatkan akan terjadi setelah waktu yang lama. Adapun gangguan kesehatan yang terjadi dalam jangka waktu pendek yaitu apabila kita terpapar radiasi secara terus-menerus dan berjam-jam maka gangguan kesehatan yang dihasilkan dapat berupa mual. salah satunya adalah dengan cara mengatur pemakaian peralatan yang memancarkan radiasi agar tidak berlebihan dan jika perlu memasang alat anti radiasi. epilepsy dan kanker. Radiasi tersebut dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan baik dalam jangka waktu pendek maupun dalam jangka waktu lama. televisi dan monitor komputer dapat menghasilkan radiasi. ultraviolet. Penangkal Radiasi Radiasi gelombang elektromagnetik yang berasal dari komputer dan televisi ternyata dapat menimbulkan beberapa gangguan kesehatan. Sansivieria merupakan tanaman hias yang dapat mereduksi radiasi karena fungsinya yang mampu menyerap pancaran radiasi itu sendiri dari sumbernya. Usaha preventif lebih baik dilakukan. sakit kepala. . Sedangkan dalam jangka waktu yang lama yaitu sekitar 10 sampai 20 tahun gangguan kesehatan yang dapat ditimbulkan adalah berbagai penyakit seperti katarak.11 Menurut penelitian. baik yang meng-ionisasi maupun yang tidak. Adapun jenis radiasi yang dihasilkan dapat berupa radiasi gelombang elektromagnetik seperti sinar X. insomnia. rasa tegang pada leher dan bahu. Manfaat Tanaman Sansivieria (Lidah Mertua) 1. namun potensi-potensi tersebut tetap berbahaya bagi kesehatan apalagi untuk anak-anak yang masih kecil.

Polusi tersebut juga menyebabkan hujan . Sebuah fakta menarik juga menyatakan bahwa Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menanam ribuan sansevieria di dekat instalasi nuklirnya. kendaraan bermotor dan lain-lain. kemudian dipotong hingga berukuran dadu (1x1cm). Potongan daun tersebut kemudian di ekstrak menggunakan bantuan pelarut heksan. Salah satu bohlam diletakkan di udara bebas. sementara bohlam yang diletakkan di udara bebas tidak menunjukkan terjadi perubahan. hal tersebut dapat dibuktikan dengan melakukan percobaan dengan cara mengambil daun sansivieria yang telah dicuci bersih. maka ribuan sansevieria tersebut akan meredamnya. Lokasi penanaman ini hanya berjarak sekitar 1025 meter dari instalasi nuklir tersebut. sedangkan bohlam yang satunya diletakkan di dekat benda yang menghasilkan radiasi. Selain itu. Ekstrak yang dihasilkan dimasukkan ke dalam dua bohlam yang berbeda sebagai perbandingan. Antipolutan Banyak kota-kota di dunia memiliki kualitas udara yang buruk. Setelah sepuluh hari bohlam yang diletakkan didekat benda sumber radiasi akan menghasilkan endapan putih pada permukaan bohlam yang akibatkan oleh radiasi. Hal ini dilakukan dengan maksud apabila suatu saat terjadi kebocoran. Penanaman tersebut dilakukan karena sansivieria bersifat anti polutan dan anti radiasi hal ini sejalan dengan hasil penelitian NASA (National Aeronautics and Space Administration) yang menyebutkan sansevieria mampu menyerap 107 polutan udara.12 Tanaman sansivieria dapat mengurangi radiasi gelombang elektromagnetik komputer dan televisi karena tanaman tersebut menyerap radiasi dan kemudian ion-ion dari radiasi tersebut menyebabkan mutasi pada corak dan warna daun tanaman tersebut. Hal ini terjadi karena banyaknya polusi yang disebabkan oleh banyaknya industri. 2.

3. Sansiviera juga mempunyai beberapa kegunaan sebagai berikut:  Untuk kesehatan. Polutan yang telah diserap kemudian dikirim ke akar.  Jus daun sansivieria dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi. Obat untuk Kesehatan Sansivieria memiliki beberapa kandungan seperti asam metil glukoronat. global warming. Dengan cara . dan asam organik. dan anomali iklim El Nino-La Nina yang merusak lingkungan hidup. sifilis serta wasir. mengobati diare. getah lidah mertua dapat digunakan sebagai obat antiseptik. saponin.  Bagian Akarnya yang memiliki rasa tawar bermanfaat menurunkan tekanan darah. Proses detoksifikasi ini mempergunakan zat aktif pregnane glikosid. Konsep ecocity mampu menyediakan lahan hijau terbuka yang lebih luas untuk ditanami Sansevieria sehingga bisa mendukung untuk mengoptimalkan fungsi Sansevieria. sehingga daun tanaman tersebut dapat dimanfaatkan sebagai penutup luka. dan sebagai bahan minuman penyegar tubuh. Melalui proses ini.  Jus rimpang sansivieria dapat digunakan untuk membunuh kutu.13 asam. jus daun sansivieria dipanaskan kemudian diteteskan ke dalam telinga yang sakit. mikroba akan menghasilkan suatu zat yang diperlukan oleh tanaman seperti asam amino. mikroba melakukan proses detoksifikasi.  Untuk mengobati sakit telinga. antiseptik. Setelah didetoksifikasi juga dihasilkan udara yang telah bersih. Dari hasil studi literatur diketahui bahwa tanaman sansevieria (lidah mertua) memiliki zat aktif pregnane glikosid. gula. pada bagian akar. Selain itu konsep ini mampu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan lingkungan. dan abamagenin.

Pemanfaatan Tanaman Lidah Mertua (Sansivieria Sp) sebagai Tanaman Hias Dalam Ruangan. bentuk. bahkan saat dilakukan pengembangbiakan melalui stek daun. Selain itu keistimewaanya adalah ada berbagai ukuran daun baik yang besar. Sansivieria dapat kita gunakan sebagai tanaman hias dalam ruangan yaitu dengan cara menanamnya di dalam pot atau di dalam terrarium. yang seharusnya anakan akan seperti induknya namun pada sansevieria akan sering terjadi mutasi sehingga anaknya berbeda dengan induknya.14 merebusnya kedalam 3 gelas air hingga menjadi 1 gelas kemudian diminum. bentuk memanjang atau pendek. melebar atau membulat juga corak warna yang juga beragam. dan warna daun yang berbeda. tidak membutuhkan banyak lahan. Tanaman ini mudah mengalami mutasi. Mutasi dapat terjadi akibat perbanyakan melalui stek daun dan karena adanya pengaruh dari faktor lingkungan seperti tingkat kesuburan tanah. sehingga dapat diletakkan di atas meja sebagai bunga meja. Ragam jenis yang ada di alam tidak hanya diperoleh dari persilangan tanaman tetapi juga karena mutasi. ukuran. suhu. ukuran. Syarat Tumbuh Sansevieria memerlukan media dan udara yang tidak lembab. Adapun tehnik budidaya tanaman lidah mertua yaitu: 1. dan pengaruh cahaya. suhu optimal siang hari 24-29˚C dan malam hari 18-21˚C. Kecantikan sansevieria ditunjukkan dari ragam jenis. kecil. C. Bertambahnya variasi penampilan dan karakter sansevieria juga banyak dipengaruhi karena adanya mutasi dari spesies yang sama sehingga menampilkan bentuk. Sebagai tanaman hias sansevieria sangat mudah dirawat. serta tumbuh ideal dengan . dan warna daun. dan dapat berfungsi sebagai penyerap polutan.

cacah daun. Sekam bakar : pasir malang : pupuk kandang 1 : 1 : 1 atau 1 : 2 : 1 d. Adapun alternatif pilihan adalah sebagai berikut : a.15 pencahayaan penuh meski tetap tumbuh jika cahaya kurang. Perbanyakan Sansevieria dapat diperbanyak secara generatif yaitu dengan perkawinan bunga untuk mendapatkan hybrid baru tetapi cara ini memerlukan waktu yang lama dalam pembungaan dan pemasakan biji. . stek daun. 4. Pasir malang : tanah : pupuk organik : bahan organik (arang sekam. dan kultur jaringan. a. 2. perbanyakan sansivieria dapat pula dilakukan dengan cara vegetative yaitu dengan cara pisah anakan. Pada musim kemarau cukup 2-3 hari sekali. Sekam bakar : pasir malang : pakis 2 : 1 : 1 3. cocopeat atau cacahan pakis) 2 :1 : 1 : 1 b. stek rimpang. ketersediaan bahan. cabut pucuk. Selain itu. Pasir malang : pupuk kandang 2 : 1 c. Anakan dipisah setelah 2-4 bulan. potong pucuk. Media Pemilihan media dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa hal yaitu ketinggian tempat. Syarat utama media untuk sansevieria adalah porous. setelah ditanam disimpan di tempat teduh. Pisah anakan Pisah anakan merupakan cara konvensional. Pada bagian yang terpotong diolesi fungisida dan zat perangsang akar. Penyiraman Frekuensi penyiraman disesuaikan dengan kelembaban media. dan iklim. Untuk sansivieria yang diletakkan di dalam ruangan cukup seminggu sekali.

Stek rimpang Stek rimpang dilakukan dengan memotong-motong rimpang yang tua. Tunas anakan muncul setelah berumur 3-4 bulan. Stek daun Stek daun dapat dilakukan pada daun yang tua. perbanyakan stek daun umumnya menghasilkan anakan berdaun hijau. d. disimpan ditempat yang teduh. Cabut pucuk Teknik cabut pucuk cocok untuk sansevieria berdaun renggang. .16 b. Bagian daun mulai dari ujung sampai ke pangkal digunakan untuk perbanyakan. Potong pucuk Potong pucuk untuk sansevieria berdaun pendek dengan daun minimal 12 daun. Stek daun mampu menghasilkan anakan yang berbeda dengan induknya. ditanam 1-1. Caranya dengan mencabut daun termuda dengan menggunakan tangan. diolesi fungisida dan zat perangsang akar kemudian ditanam. c. e. Dalam waktu satu bulan akan keluar 2-3 anakan. f. Pada jenis sansevieria yang memiliki kombinasi warna kuning dan hijau. Setelah 4-5 bulan atau memiliki 3 daun maka anakan siap dipisah. dioles fungisida dan zat perangsang akar kemudian ditanam. Daun dipotong 5-10 cm yang dicelupkan kedalam zat perangsang akar.5 cm disiram dan ditempatkan di tempat teduh. Cacah daun Cacah daun dilakukan dengan cara memotong-motong daun sansevieria dalam ukuran kecil yaitu 5 cm dan jumlah yang banyak. 1 bulan akan keluar 1-3 anakan. setiap potongan harus memiliki satu mata tunas. dengan memotong pucuk minimal 3-4 daun dan dijaga agar daun satu dengan lainnya tetap melekat.

Kultur Jaringan Metode kultur jaringan digunakan untuk melestarikan jenis sansevieria yang langka dan memiliki tingkat pertumbuhan yang lambat. Eksplan yang biasa digunakan adalah tunas pucuk. tunas lateral pada bonggol atau pucuk rimpang.17 g. .

Maka dari itu pemanfaatan tanaman sansivieria sebagai tanaman hias baik berupa hiasan meja ataupun hiasan terrarium yang diletakkan didalam ruangan yang terdapat sumber radiasi seperti televisi dan komputer merupakan solusi yang sangat tepat dalam mengatasi masalah radiasi gelombang elektromagnetik yang dapat mengganggu kesehatan. Selain itu harga sansivieria juga cukup terjangkau. komputer. Sehingga pemilik tak perlu susahsusah untuk merawatnya. radio. Apalagi menurut penelitian yang dilakukan oleh Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) yang mengemukakan bahwa sansivieria mampu menyerap sekitar 107 jenis polutan serta efek radiasi dari peralatan elektronik seperti televisi.18 BAB V KESIMPULAN DAN REKOMENDASI A. dan sebagainya. 18 . Sansivieria merupakan tanaman yang memilikki syarat-syarat sebagai tanaman hias karena di dukung oleh banyaknya bentuk serta warna yang dimiliki. Keunggulan sansivieria yang lainnya adalah sansivera mudah tumbuh dan tahan terhadap berbagai kondisi cuaca. Hal ini menyebabkan sansivera dapat menjadi pilihan bagi pecinta tanaman hias yang tidak memiliki banyak waktu untuk merawat tanaman hiasnya. Kesimpulan Radiasi gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh benda-benda elektronik seperti televisi. komputer dan lain-lain ternyata dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan apabila terpapar secara kontinu dan dalam jangka waktu yang lama.

Rekomendasi 1. 3. Pemerintah sebaiknya mengatasi permasalahan polusi dan radiasi dengan melakukan banyak penghijauan menggunakan sansivieria. . Penulis berharap kiranya dengan adanya karya tulis ini dapat memberi acuan atau referensi dan menjadi tolak ukur terhadap penulisan karya tulis selanjutnya. 2. Masyarakat sebaiknya melakukan usaha preventif akan bahaya radiasi gelombang elektromagnetik dengan cara mengatur pemakaian alat elektronik agar tidak berlebihan serta memasang anti radiasi berupa tanaman lidah mertua atau sansivieria.19 B.

Kamus Bahasa Indonesia. Ensiklopedia Sains untuk Pelajar dan Umum. 2012. Jakarta: Rineka Cipta. Diagnotis Imaging in Clinical Medicine. Pengetahuan dasar komputer. Makalah Teknologi Produksi Tanaman Ornamental Plant Tanaman Lidah Mertua. . Sentot. 2008. 2008. Diakses di http://www.22 WITA. Ensiklopedia Iptek. Makassar: Yayasan Annur Pariangan Selayar Suryatmo dan Deddy Rusmadi. Jakarta: Pusat Bahasa. 2007. Nur S. Jakarta: PT. 2006.31 WITA.Com/2013/01/ Bahaya-Radiasi-Komputer. Troupin. 2008.02 WITA. Purwekerto: Pakar Raya Sultan. Diakses di http://www. dkk. Sansivieria Flora Cantik Penyerap Racun. Edisi Indonesia diterbitkan dengan judul Radiologi Diagnotis dalam Klinik. 2000. Ekstrak Sansiviria sebagai Deteksi Dini Radiasi.com/doc/93454397/Artikel-Sansevieria. Diakses di http://www. Zal. Diakses di Http://Syafrizalzal. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Lilik Hidayat. Jim.scribd.Blogspot. Jakarta: Lentera Abadi Tim Redaksi Kamus Bahasa Indonesia. Tim Redaksi Ensiklopedia Iptek.chem-istry. Pesona Sansivieria. Pada 4 Maret 2013 pukul 12.31 WITA Clark.slideshare.Html. Pada 17 Maret 2013 pukul 19. Arie W. 2011. Bahaya yang Timbul Akibat Komputer/Laptop dan Tips Cara Mencegahnya. 1991. Jakarta Uswatunnisa. Radiasi Elektromagnetik. Yogyakarta: Kansius Setiawan. Agromedia Pustaka Purwanto. Pramono.net/GyshaaAnnishaa /makalah-ornamental-plants. 2004.org/materi_kimia/instrumen_analisis/spektrum_serapan_ultraviolettampak__uv-vis_/radiasi_elektromagnetik/. Pada 22 Maret 2013 pukul 19. Syafrizal.20 DAFTAR PUSTAKA Annie. Pada 12 Maret 2013 Pukul 11. 2013. Produksi Televisi. Rosalind H. Kamus Fisika Bergambar.