TUGAS ANALISIS SISTEM POLITIK

REFORMASI BIROKRASI DI INDONESIA

BABRA KAMAL
P4300214016

PASCA SARJANA ILMU POLITIK
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS HASANUDDIN
MAKASSAR
2014

Lasswell 1970. pasangan yang mengusung tagline “anak loronna Makassar” ini berhasil merebut hati pemilih kota Makassar Seperti kita ketahui pasangan yang bertarung dalam pilkada Kota Makassar ada sepuluh kandidat. Pengertian dan Fungsi Komunikasi Politik Salah seorang teoritisi yang mengungkapkan teori yang paling terkenal dan paling awal dalam kajian ini adalah Harold Lasswell. Komunikasi menurut D. Menurut Lasswell komunikasi dapat didefinisikan sebagai : Siapa (who) Bicara apa (says what) Pada saluran mana (in which channel) Kepada siapa (to whom) Dengan pengaruh apa (with what effect) . kedua aspek ini akan dibahas lebih lanjut pada bagian selanjutnya. terlepas karena DIA dibackup penuh oleh mantan walikota yakni Ilham Arif Sirajuddin. namun kemenangan ini tidak lepas dari ketepatan strategi komunikasi yang dibangun pasangan ini. Makalah ini akan membahas 2 aspek yakni : Pengertian Komunikasi dan fungsi Komunikasi politk dan Strategi Komunikasi politik Danny Pomanto dan Syamsul Rizal (DIA) dalam Pilkada Kota Makassar dengan menggunakan pendekatan H.8% Pasangan DIA kelihatan lebih mendominasi dibanding kandidat yang lain.A. pasang DIA menang dengan presentase 31. namun ternyata tidak demikian adanya. Yale University Press 2 Hafied Canbara. New Haven. 2 Selanjutnya.Laswell. 1 Harold D. Jakarta. Power and Society. Pendahuluan Pilkada Kota Makassar yang digelar 25 September 2014 yang lalu dimenangkan oleh pasangan Danny Pomanto dan Syamsul Rizal (DIA). Dalam sebuah artikel klasik yang ditulisnya pada tahun 1948 yang berjudul The Structure and Function of Communication in Society. Laurence Kincaid adalah suatu proses di mana 2 orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lainnya yang pada gilirannya akan tiba pada saling pengertian yang mendalam. Lasswell1 menyajikan suatu model komunikasi yang berbentuk sederhana. hampir semua kalangan memprediksi pilkada ini akan berlangsung 2 putaran. Model ini sering diajarkan kepada mahasiswa yang baru belajar ilmu komunikasi. Rajawali Press. B. . Pengantar Ilmu Komunikasi.

243 6 A. dan antara sistem sosial dan sistem politik yang merupakan unsur dinamis dari suatu sistem politik.W.W. gambar.ada banyak pakar yang telah mengemukakan apa yang dimaksud dengan komunikasi politik itu. Menurut A. Widjaja. Motivasi : menjelaskan tujuan setiap masyarakat jangka pendek maupun jangka 3 Michael Rush Dan Phillip Althoff. komunikasi politik juga memiliki fungsi-fungsi tertentu dalam setiap sistem sosial. penyimpanan. Deutsch mendefinisikan komunikasi politik sebagai transmisi informasi yang relevan secara politis dari satu bagian sistem politik kepada sistem politik yang lain. dan melibatkan pertukaran informasi di antara individu-individu yang satu dengan kelompok-kelompoknya pada semua tingkat masyarakat. c. Jakarta. 1993. Selanjutnya. 24.3 Michael Rush dan Phillip Althoff juga mengatakan bahwa komunikasi politik merupakan proses yang berkesinambungan.4 Sementara itu. Michael Rush dan Phillip Althoff misalnya berpendapat bahwa komunikasi politik merupakan proses dimana informasi politik yang relevan diteruskan dari satu bagian sistem politik kepada bagian lainnya dan di antara sistem-sistem sosial dengan sistem-sistem politik. . pemprosesan. 2002. Berkenaan dengan itu.23 5 Ibid. Komunikasi : Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Informasi : pengumpulan. Widjaja 6 fungsi komunikasi politik dalam setiap sistem sosial meliputi beberapa hal berikut : a. Dan Nimmo mendefinisikan komunikasi politik sebagai kegiatan politik yang benar-benar mempertimbangkan dengan segala konsekuensi kebaikan yang mengatur tingkah laku manusia dalam keadaan yang bertentangan. penyebaran berita. 5 sehingga hasil yang dicapai dapat mempengaruhi pembahasan suatu kebijaksanaan yang ditujukan untuk kepentingan umum. data. fakta dan pesan opini dan komentar yang dibutuhkan agar dapat dimengerti dan bereaksi secara jelas terhadap kondisi lingkungan dan orang lain agar dapat mengambil keputusan yang tepat b. Jakarta.hlm. Karl W. Sosialisasi (pemasyarakatan) : penyediaan sumber ilmu pengetahuan yang memungkinkan orang bersikap dan bertindak sebagai anggota masyarakat yang efektif sehingga ia sadar akan fungsi sosialnya sehingga ia dapat aktif di dalam masyarakat. Rajawali Press.hlm.. Hal. Pengantar Sosiologi Politik. 4 Ibid. Hal 9-10.. Bumi Aksara.

hal. 7 Di samping dapat memberikan pengaruh dalam proses pembuatan kebijaksanaan. 1995. Sudijono Sastroadmodjo menyatakan bahwa : “fungsi komunikasi politik itu adalah fungsi struktur politik menyerap berbagai aspirasi. secara keseluruhan perencanaan. Strategi dibedakan dengan taktik yang memiliki ruang lingkup yang lebih sempit dan waktu yang lebih singkat. Semarang. walaupun pada umumnya orang sering mencampuradukkan ke dua kata tersebut. memiliki tema. mengidentifikasi faktor pendukung yang sesuai dengan prinsip-prinsip pelaksanaan gagasan secara rasional. Sudijono. 123 kali . Di dalam strategi yang baik terdapat koordinasi tim kerja. dan memiliki taktik untuk mencapai tujuan secara efektif. sehingga secara lebih spesifik dapat mengetahui apa-apa yang menjadi aspirasi rakyat yang akan dirumuskan dalam suatu kebijaksanaan yang dapat dirasakan oleh rakyat sebagai aspirasi mereka. Strategi Komunikasi Politik Pasangan Danny Pomanto dan Syamsul rizal (DIA) dalam Pilkada Kota Makassar Strategi adalah pendekatan pelaksanaan gagasan. B. dan eksekusi yang berkaitan dengan sebuah aktivitas dalam kurun waktu tertentu. mendorong kegiatan individu dan kelompok berdasarkan tujuan bersama yang akan dikejar. efisien dalam pendanaan.Dengan demikian fungsi ini membawakan arus informasi timbal balik dari rakyat kepada pemerintah dan dari pemerintah kepada rakyat”. komunikasi politik juga berfungsi sebagai jalan mengalirnya informasi politik. Perilaku Politik. IKIP Semarang Press. d. 7 Sastroadmodjo.panjang. mendorong orang menentukan pilihannya dan keinginannya. fungsi komunikasi politik juga merupakan fungsi penyebarluasan kebijaksanaan-kebijaksanaan pemerintah rencana-rencana kepada atau rakyat. Fungsi komunikasi politik mempunyai makna dan arti yang sangat penting dalam setiap proses politik dalam sebuah sistem politik baik itu oleh infra maupun supra struktur politik. pandangan-pandangan dan gagasan-gagasan yang berkembang dalam masyarakat dan menyalurkan sebagai bahan dalam penentuan kebijaksanaan. Perdebatan dan diskusi : menyediakan dan saling menukar fakta yang diperlukan untuk memungkinkan persetujuan atau menyelesaikan perbedaan pendapat mengenai masalah publik.Selain itu.

penerimaan. Who? (Siapakah komunikatornya) Says what? (pesan apa yang dinyatakannya) In which channel? (media apa yang digunakannya) To whom? (siapa komunikannya) With what effect? (efek apa yang diharapkan) Who adalah Tim kampanye adalah motor berjalannya komunikasi yang baik itu dari unsur partai pendukung maupun dari tim relawan yang menjadi akan menjadi Public Relation (PR) politk yang akan menyampaikan pesan kepada masyarakat Say what adalah Slogan kampanye yang coba diterapkan oleh pasangan DIA adalah “anak Loronna Makassar” klau dijakarta dikenal dengan istilah “gang” ternyata slogan anak loronna Makassar ini memberikan dampak signifikan dengan mencoba mengambil perhatian pemilih yang tinggal di Lorong. baik melalui interaksi antar manusia maupun media massa. khususnya pemilih di kota yang begitu beragam. Pasangan Dia menyadari betapa pentingnya peranan strategi komunikasi politik. In which Chanel adalah Media yang digunakan dalam menyampaikan pesan baik itu media cetak (tribun timur dan fajar). media elektronik (Celebes tv dan fajar tv) radio (madama dan prambors).com). pasang DIA melakukan segmentasi terhadap penerima pesan politik. media online (tribun. Untuk mendapatkan perolehan suara mayoritas dalam Pemilukada tahun 2013. C. blog dll) dan Public relation To whom adalah Target sasaran yang akan menerima pesan tersebut. Kesimpulan .Strategi komunikasi politik pada dasarnya merupakan langkah-langkah dalam melakukan komunikasi politik berkaitan dengan pembuatan. ternyata jumlah lorong di Makassar ini sangat signifikan jumlahnya sekitar 1456. penyebarluasan. twitter. Untuk mantapnya strategi komunikasi. maka segala sesuatunya harus dipertautkan dengan komponen-komponen yang merupakan jawaban terhadap pertanyaan dalam rumus Lasswell tersebut. With What Effect adalah dampak yang diharapkan dari komunikasi politik yaitu penerima pesan minimal mengenal kemudian menyukai dan akhirnya menetapkan pilihanya kepada calon atau kandidat tsb. dan dampak – dampak informasi berkontek politik. Media Sosial (fb. Demikian halnya dengan pasangan Dia dalam menghadapi Pemilukada Kota makassar tahun 2013.

Semarang. Jakarta. 1993. Rajawali Press. komunikasi politik merupakan proses dimana informasi politik yang relevan diteruskan dari satu bagian sistem politik kepada bagian lainnya dan di antara sistem-sistem sosial dengan sistem-sistem politik 2. Pengantar Ilmu Komunikasi. Perilaku Politik. Raja Wali Press. Daftar Pustaka Canbara. Jakarta. 1995. Widjaja. 1970. A. Sudijono. . D. Bumi Aksara. Jakarta.. IKIP Semarang Press.Hafied. New Haven. 2002 Sastroadmodjo. kemenangan pasangan DIA ditentukan oleh ketepatan strategi komunikasi politk yang di gunakan.1. Power and Society. Rush. Michael Dan Phillip Althoff.W. Pengantar Sosiologi Politik. Komunikasi : komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Yale University Press. Harold D. Lasswell.