You are on page 1of 26

SOAL LATIHAN

BLOK SISTEM ORGAN INDERA
ANGKATAN 2009
PETUNJUK UMUM
1. Soal yang digunakan sebagai latihan ini memakai :
a. Soal ujian blok TA 2005 – 2006 - 2007
b. Soal Minikuis TA 2008
c. Soal Minikuis TA 2009
d. Hasil mengingat sebagai kontrol dan pendekatan agar tidak menyimpang jauh dari
bahasan sebelumnya.
2. Soal yang digunakan sebagai latihan dalam belajar bersama belum tentu sama dengan soal
ujian sebenarnya, maka diharapkan menambah referensi dari yang lain

1. Pernyataan manakah yang benar tentang lepra?
a. Disebabkan oleh mikobakterium yang virulensi nya rendah
b. Masa inkubasi pendek
c. Mekanisme imun yang berhubungan penting adalah imunitas humoral
d. Status imunisasi BCG tidak berpengaruh
e. Tidak menular melalui nasal droplet
2. Seorang anak laki-laki usia 8 tahun datang dengan keluhan gatal dan muncul bintil
memerah, memanjang dan berkelok-kelok pada kaki kanan sejak 4 hari yang lalu. Diakui
pasien tersebut sering bermain pasir dan bertelanjang kaki.
Apakah kemungkinan diagnosisnya?
a. Papular urtikaria
b. Skabies
c. Cutaneous larva migrans
d. Pedikulous korporis
e. Tinea pedis
3. Penyakit apakah yang merupakan bentuk penyebaran tuberkulosis dari limfonodi atau
tulang ke kulit?
a. Skrofuloderma
b. Tb cutis verukosa
c. Abses tb
d. Lupus vulgaris
e. Tuberkulid
4. Seorang laki-laki usia 30 tahun datang dengan keluhan bercak merah di punggung yang
muncul dan bertambah sejak 2 tahun lalu. Bercak tidak dirasakan gatal ataupun sakit.
Pada pemeriksaan ditemukan 3 buah plak eritem anuler dengan epi sedikit meninggi dan
sedikit skuamasi. Tes sensibilitas pada lesi menemukan anestesi. Terdapat pembesaran
n.ulnaris kanan.
Apakah diagnosis yang benar?
a. Lepra tipe PB

b. Lepra tipe MB
c. Lepra tipe LL
d. Lepra tipe PB single lesion
e. Lepra tipe intermediate
5. Berapakah lamanya pengobatan menurut WHO untuk kasus seperti ini?
a. 6 bulan
b. 12 bulan
c. 15 bulan
d. 18 bulan
e. 24 bulan
6. Manakah pernyataan yang benar tentang akne?
a. Merupakan peradangan pada folikel sebasea
b. Virus merupakan salah satu penyebab acne
c. Akne tidak mengenai usia 30 tahun
d. Lebih banyak diderita wanita
e. Peradangan kelenjar ekrin
7. Pada keadaan kelopak mata tidak bisa membuka, nervus apakah yang mengalami
kelumpuhan?
a. Nervus Trigeminus
b. Nervus Abdusen
c. Nervus Optikus
d. Nervus Olfaktorius
e. Nervus Okulomotorius
8. Struktur utama lensa adalah
a. Epitel stratifikatum skuamosum non kornifikatum
b. Modifikasi sel epitel yang tidak mempunyai organela
c. Muskulus siliaris
d. Sel-sel fibroblast dengan serabut kolagen
e. Lamina propia dengan pembuluh darah
9. Sel konus mempunyai karakteristik sebagai berikut :
a. Peka terhadap cahaya dengan intensitas rendah
b. Terutama terdapat di retina bagian perifer
c. Jumlahnya relatif sedikit dibanding sel batang
d. Merupakan tempat sintetis vitamin A
e. Sangat tepat untuk penglihatan d tempat yang gelap
10. Ketika seseorang berpindah menuju ke tempat yang gelap, maka yang terjadi adalah...
a. Saraf simpatis teraktivasi, pupil miosis
b. Saraf parasimpatis teraktivasi, pupil miosis
c. Saraf simpatis teraktivasi, pupil midriasis
d. Saraf parasimpatis teraktivasi, pupil midriasis
e. Saraf parasimpatis teraktivasi, pupil melebar
11. Seorang perempuan (50 tahun) datang ke RS dengan keluhan mata kanan kabur, cekotcekot, dan merasa mual. Pada pemeriksaan mata kanan didapatkan visus 1/~, mata

Seorang laki-laki 55 tahun. alergi b. Untuk memastikan diagnostik. datang ke poliklinik dengan keluhan 4 hari yang lalu sedikit demam dan malaise. reflek negatif. Crowding phenomena e. nrocos. Tonometer e. Katarak 15. Bola mata terlalu pendek sehingga bayangan jatuh di depan retina d. Presbiopia d. pupil dilatasi. tidak gatal atau nyeri. Uji Fluoresence c. Ambliopia e.merah. penglihatan sangat maju. Muskulus siliaris mengalami kelamahan c. adenovirus . Ketika bayangan masuk kedalam mata. pemeriksaan yang anda pilih adalah a. Kampimeter b. Kemungkinan diagnosis pasien ini adalah konjungitivis karena a. Nistagmus b. Anak umur 3 tahun kalau melihat dengan dekat ternyata dengan pemberian kacamata S – 5. Afakia 16. Seorang perempuan 36 tahun. Setelah diperiksa visusnya dengan snellen didapatkan penurunan visus. kamera okuli anterior dangkal. keadaan ini disebabkan karena a. Miopia b. hal ini akan mencegah terjadinya a. mengelu matanya mudah lelah dan berair jika membaca terlalu lama. Hasil pemeriksaan menunjukan adanya kelenjar preurikuler teraba dan terdapat pembengkakan pada konjungtiva palpebra inferior. Hipermetropia c. Ligamentum suspensorium selalu tegang untuk bisa membaca b. berkas sinar tidak difokuskan pada satu titik. Astigmatisme e. Pinhole test c. Miopi progresif d. Refraktometer d. maka dilanjutkan dengan uji a. Fogging test b. Keadaan ini mengakibatkan kondisi a. Biomikroskopis 12. Bertambahnya indeks bias penglihatan 14. kemudian sejak 2 hari yang lalu mata menjadi merah. Uji konfrontasi 13. Uji celah stenopik d.00. Lensa mengalami kekeruhan e. Seorang perempuan 20 tahun mengeluh gangguan penglihatan. Untuk mengetahui penurunan visus disebabkan oleh kelainan refraksi atau media penglihatan. kornea edema. Ablasio retina c. dan tidak ada gangguan penglihatan.

Hasil menunjukkan visus pada kedua mata normal. terbentuk keropeng pada kelopak mata ketika bangun pada pagi hari. nyeri. Hasil pemeriksaan menunjukkan pada kedua mata. Sodium kromolin tets mata tiap jam 20.c. mata merah. Antihistamin oral b. Hordeolum e. Pada konjungtiva palpebra tampak hiperemis. Seorang wanita 23 tahun datang ke tempat praktek anda dengan keluhan mata merah disertai gatal.. Deksametason salep mata 3 kali sehari e. Antihistamin topical 21. Seorang perempuan 17 tahun datang ke dokter dengan keluhan mata merah. madarosis. Hasil pemeriksaan menunjukkan visus normal. Kloramfenikol salep mata 5 kali sehari d. palpebra kedua mata bengkak. Deksametason topical e. pandangan kabur. Seorang pasien 60 tahun datang ke dokter dengan keluhan demam. berair dan terasa pedih disekitar mata kiri. Kloramfenikol tetes mata 3kali sehari c. terasa ada benda asing pada mata. Abrasi Kornea c. Konjungtivitis vernal b. Konjungtivitis virus d. Konjungtivitis Bakteri e. terasa gatal dan panas. tampak injeksi konjungtiva dan papil edemadi konjungtiva palpebra. Pasien pernah mengalami hal serupa. Seorang anak 8 tahun diantar ibunya karena mengeluh sejak 2 hari yang lalu mata kiri merah dan mengeluarkan banyak kotoran... Keluhan tidak disertai dengan penurunan visus.. staphylococcus 17. Ulkus Kornea b. Terapi yang sesuai. a. Diagnosis yang mungkin adalah a. Pemeriksaan kornea normal. serta silau. gonorrhea e. berair. Deksametason oral c. Meibomanitis menahun 18. Bulu mata sedikit rontok dan pasien sering mengalami hal serupa dan kambuhkambuhan. sekret kental berwarna kuningkehijauan. a. mengeluarkan kotoran yang kental dan berwarna putih. Terapi yang sesuai adalah. Amoksisilin 250 mg 3kali sehari b. gatal. visus normal. Blefaritis ulseritif alergika c. Sodium kromolin topical d. enterovirus d. malaise. Dia mempunyai kebiasaan menggunakan kontak lensa yang terus menerus meskipun sedang tertidur. Apa diagnosis yang paling mungkin. a.. sejak 4 hari yang lalu. Hasil pemeriksaan . Kalazion d. Konjungtivitis alergi 19. Seorang wanita 24 tahun mengeluh matanya perih. terdapat injeksi konjungtiva.

Uveitis c. Dengan S – 0. a. Peradangan pada kornea 27. Pada konjungtiva palpebra ditemukan hiperemis dengan papil dan udem. Skleritis e. kelopak mata kiri dan sekitar mata kiri ditemukan vesikel multipel polimorfik pada konjungtiva bulbi terdapat injeksi konjungtiva. terdiagnosis konjungtivitis akut.75 visusnya menjadi 6/6. penglihatan normal tetapi tanpa kotoran mata adalah a. Dengan S – 1. N. Kelenjar preaurikule teraba.visus menunjukkan mata kanan normal. Deksametason tetes dan ciprofloksasin oral c. VII 25. V d.25 visusnya menjadi 6/6 c. N. Keratitis neuroparalitik disebabkan terutama oleh kelumpuhan a. Pada penderita uveitis anterior. N. N. kemudian dilakukan koreksi dengan hasil tersebut dibawah ini. Salep mata tertrasiklin dengan kompres dingin mata b. Kenaikan tekanan intraokuler e. Keratitis e. Peradangan badan silier b. III b. Komplikasi yang sering terjadi adalah a. Penyebab gangguan visus pada uveitis posterior a. Episkleritis 24.5 visusnya menjadi 6/7. Seorang anak usia 15 tahun datang ke poli mata dengan keluhan melihat jauh kabur. Trakoma 26.00 visusnya menjadi 6/6 d. Endoftalmitis b. Skleritis d. Seorang wanita 23 tahun datang dengan keluhan mata merah blobokan .6 e.5 23. Asiklovir oral dan analgetik oral e. Pilihan yang tepat adalah a. Kekeruhan lensa c. Peradangan pada retina d.50 visusnya menjadi 6/6 b. Terapi yang sesuai adalah. Hal ini akan menyebabkan . Sodium kromolin tetes dan anti alergi oral 22.. dapat terjadi sinekiaanterior perifer. Kloramfenikol dan deksametason tetes mata d. N. Uveitis c. Dengan S – 0. Dengan S – 1. Blefaritis b. VI e. Dengan S – 1. penglihatan normal. Dibawah ini keluhan mata yang mempunyai gejala mata merah. IV c. Keratitis d.

Retinoblastoma b. Pasien juga mengeluh tidak bisa melihat apabila ada orang lain yang duduk di sebelahnya. Acetazolamide e. Glaukoma primer sudut terbuka c. kornea keruh dan lebih besar daripada normal. Glaukoma kongenital d. Pada pemeriksaan mata kanan didapatkan visus 1/~. Glaukoma primer sudut tertutup akut d. Seorang bayi 1 bulan dibawa ibunya ke puskesmas karena kelopak mata kanannya tidak bisa membuka. refleks baik. Pada pemeriksaan didapatkan VODS 6/24 dengan S + 1. Blenorrea e. pupil 3mm.6 dengan lamina carbosa dan fenomena bayonet tampak. Badan siliar tidak berfungsi c. Apakah diagnosis yang paling mungkin pada pasien tersebut? a. TIO 59 mmHg. Skotoma sentral b. kornea edem. Pada pemeriksaan didapatkan mata berair. Glaukoma primer sudut terbuka e.a. Glaukoma sekunder karena lensa intumesen 29. Katarak matur 32. CD ratio ODS 0. cekot-cekot dan merasa mual. Glaukoma primer sudut tertutup kronis e. kornea okuli dangkal. Latanoprost d. kornea jernih. Katarak komplikata c. Kamera okuli anterior dalam b. Apakah obat glaukoma yang termasuk ke dalam golongan kolinergik? . Lensa tidak dapat terakomodasi 28. Apakah obat yang akan diresepkan? a.5  6/6. Seorang wanita umur 50 tahun. Manitol 30. mata merah. Glaukoma sekunder sudut terbuka b. Ptosis kongenital 31. Timolol b. bola mata tampak menonjol. Apakah diagnosis yang tepat untuk pasien ini? a. datang ke praktek dokter dengan keluhan mata kanan kabur. Seorang perempuan 60 tahun datang ke RS dengan keluhan kedua mata tidak nyaman untuk melihat tetapi masih bisa membaca koran dengan jelas. merah. Pada kasus tersebut dokter memutuskan untuk memberikan pengobatan kolinergik. segmen posterior tidak dapat dinilai. Pilokarpin c. Hipertensi okuli c. Glaukoma karena steroid d. Reflek pupil positif d. Retina normal. pupil mid dilatasi. Tertutupnya trabekulum e. lensa jernih. Apakah diagnosis mata kanan pasien? a. reflek negatif. kamera okuli anterior dalam. Mata tenang.

Katarak senilis OD stadium insipien dan OS stadium matur b. Katarak senilis OD stadium matur dan OS stadium imatur c. Flouroscence test . Dari hasil pemeriksaan visus. EKIK b. Seorang laki-laki 15 tahun datang ke UGD karena baru saja berkelahi dengan temannya dan terpukul dibagian wajahnya terutama mata kiri.. Pemeriksaan kamera anterior OD dangkal sedangkan OS dalam. Lentiglobus d. Seorang laki-laki (65 tahun) datang dengan keluhan pandangan kabur pada kedua matanya. Apakah pemeriksaan yang bertujuan untuk menilai fungsi retina sentral? a. Katarak senilis OD stadium imatur dan OS stadium imatur e. Pilokarpin c. Manitol 33. Pada segmen anterior palpebra konjungtiva. mata kiri menurun. Ekstraksi linear d. Katarak traumatika 35. berdegenerasi dan mudah putus. Apakah diagnosis pasien tersebut? a. Dari pemeriksaan visus. Pasien seperti melihat kabut. Koloboma b. Timolol b. Hasil pemeriksaan menunjukkan kedua mata visusnya menurun.5 tahun yang lalu untuk mata kirinya dan 6 bulan yang lalu untuk mata kanannya. EKEK c.. OD shadow test (+). Lanjutan pemeriksaan dokter menemukan letak lensa mata kiri tidak pada tempatnya. OD 1/300 sedangkan OS 3/60. sklera dan kornea tenang. Katarak senilis OD stadium hipermatur dan OS stadium matur 34. Apakah jenis tindakan yang akan dilakukan oleh dokter tersebut? a. Katarak senilis OD stadium imatur dan OS stadium matur d. Fakofragmentasi e. Acetazolamide e. Ektopialentis e. Seorang laki-laki 65 tahun telah didiagnosis katarak sjak 1 tahun yang lalu. Tekanan bola mata d. Apakah diagnosis yang mungkin terjadi? a. Lapang pandang c. Latanoprost d. Seorang laki-laki 65 tahun datang dengan keluhan kedua mata kabur. Keluhan dirasa 1. Pasien meminta agar operasi tidak menimbulkan katarak sekunder. Proyeksi sinar b. refleks fundus mata kanan (+) sedangkan kiri (-). Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa zoonula zinn telah rapuh. Dokter memutuskan untuk melakukan terapi pembedahan.a. Sekarang pasien mengeluhkan pandangannya mulai kabur. Fakoemulsi 36. kadang merasa silau. Lentiklonus c. mata kanan normal.

Apakah diagosis mata kiri pasien? a. Bendazac lysine 41.3. Fundus tampak papil edem. COA dalam. Tetrakain c.3 b. Soerang perempuan 17 tahun datang dengan keluhan pandangan kabur. Apakah definisi kebutaan menurut WHO? a. Arteri vena crossing fenomen (+) arteri tampak sklerotik. Manakah reseptor pendengaran yang paling tepat? a. Amplifikasi yang disebabkan tuas pada tulang pendengaran adalah sebesar? a. Membran timpani . Konjungtiva dan palpebra tenang.perdarahan intraretina yang tersebar di seluruh kuadran. Nevus palpebra inferior 40. Ketajaman penglihatan kurang dari 6/60 dengan koreksi terbaik c.Jika dokter ingin melakukan pemeriksaan Tonometri Schotz. Tidak disertai mata merah. obat apa yang terlebih dahulu harus diteteskan kepada mata pasien? a. Ketajaman hanya dapat melihat persepsi cahaya e. 51 42. Karsinoma sel basal palpebra d. Seorang wanita usia 57 tahun datang dengan keluhan mata kanan kabur mendadak sejak 2 minggu yang lalu. Pasien memiliki riwayat miopia tinggi. Retinopati hipertensi c. Oklusi arteri retina sentralis 38. Seorang laki-laki 57 tahun datang dengan keluhan ada benjolan dikelopak mata bawah yang makin lama makin luas dan mengalami ulserasi. Pembuluh darah vena yang melebar dan berkelok-kelok. 3 c.e. Karsinoma kelenjar meibom c. Awalnya berupa tahi lalat. Timolol maleat b. Riwayat Hipertensi (+). Retinopati diabetik poliperatif e. CD 0. 22 e. Persepsi warna 37. Retinopati diabetik non poliperatif d. 1. Pilokarpin d. TIO palpasi N+. Fovea tampak edema berat. 17 d. Pada pemeriksaan mata kanan visus 1/60. pembuluh darah arteri vena 1:3. Karsinoma sel skuamosapalpebra b. Neuropati hipertensi optik b. Atropin e. Fundus tampak papil batas tegas. Visus 0 39. Ketajaman penglihatan kurang dari 3/60 dengan koreksi terbaik b. Apakah diagnosis yang paling mungkin untuk kasus tersebut? a. DM (+). Ketajaman penglihatan kurang dari 1/300 d. Dakriosistisis e. Pada mata kiri didapatkan visus 6/6.

Permukaan luar dilapisi oleh mukosa dan permukaan dalam dilapissi oleh kulit c. Nyeri bertambah jika telinga disentuh. Mebran tectoria 43. Pseudokista aurikula c. Seorang wanita 20 tahun datang dengan keluhan telinga kanan nyeri sejak 2 hari lalu. E. Pada membran timfani terdapat glandula seromukosa 45. Bagian tengah terdiri atas 2 lapis jaringan ikat. Nyeri dirasakan semakin memberat . Tebalnya 20 – 30 mikron dengan epitel yang kuboid d. Pasien memiliki kebiasaan mengorek telinga. pembesaran limfonodi pre dan post aurikuler. Enterobacter aerogenes 47. Mikro trauma d. pH menjadi asam e. Sel rambut pada organ corti e. Cuaca dingin b.b. 3 c. Luas membran timpani dalam keadaan normal adalah sebesar? (dalam mm2) a. Utrikulus d. Kelainan antomi telinga 48. Kelainan telinga luar yang disebabkan terkumpulnya darah diantara kulit dan kartilago aurikula dan bila tidak dilakukan pungsi akan menimbulkan jaringan ikat hingga daun telinga mengalami deformitas disebut juga dengan ? a. 17 d. 22 e. . nyeri tragus. Discharge sanguinosus. Cauliflower ear e. Bullous erisipellas 46. didapatkan jaringan granulasi dasar pada MAE. Apakah faktor yang dapat menimbulkan penyakit ini? a. pada otoskopi. Pars flaksid membran timfani mengandung serat kolagen e. Frosbite d. Manakah gambaran histologi pada membran yang paling tepat? a. lapisan luar berjalan sirkular dan bagian dalam berjalan radial b. Seorang laki-laki 30 tahun datang ke poli THT dengan keluhan nyeri pada telinga kiri sejak 1 minggu.3 b. HZV e.. Kelembapan rendah c. Fresh aurikular hematoma b. Sacculus c. 1. Pemeriksaan menunjukkan adanya furunkel yang menutupi ½ dari MAE. Pseudomonas aeruginosa d. Stafilokokkus aureus b. Apa etiologi yang sering dari kasus tersebut? a. 51 44.coli c.

Apakah penatalaksanaan yang paling tepat untuk kasus ini? a. Kolesteatoma d. juga Inn. Betametason + neomycin e. Gatal semakin bertambah jika berkeringat.VIII 50. Ramsay hunt disease c. Seorang wanita 40 tahun datang dengan keluhan nyeri pada telinga kiri. Terdapat discharge purulen. Otitis eksterna maligna 49. Disertai munculnya plenting-plenting berisi cairan pada daun telinga. Tampon antibiotik amoxixilin. Kolesteatoma e. Cauliflower disease d.asetat . Pada emeriksaan ditemukan adanya sisik pada MAE dan massa kehitaman yang menututpi ½ dari diameter MAE.Apakah diagnosis yang paling mungkin? a. Didapatkan MAE hiperemis dan odem. Infeksi virus herpes zooster pada kulit MAE dan meluas ke aurikula e. Nyeri betambah jika membuka mulut dan pendengaran terganggu. Preaurikuler teraba dan nyeri tekan. Ketokonazol cr c. Infeksi virus herpes zooster pada ganglion genikulatum 52. Pseudokista aurikula e. Bagaimanakah patogenesis yang tepat pada kasus tersebut? a. tampak kulit hieremis dan halus seperti beludru. Pada pemeriksaan didapatkan adanya vesikula dengan dasar eritem pada kanalis dan meluas ke aurikula. Infeksi virus herpes simplek pada kulit MAE dan aurikula b. Apakah diagnosis yang mungkin? a. Infeksi virus varicela pada kulit MAE dan meluas ke auricula d. Gentamicin cr b. Otitis media supuratif kronik d. Osteomyelitis pada tulang tempral b. Myringitis bullosa hemoragika b. Seorang wanita 30 tahun datang dengan keluhan telinga kanan berasa gatal sejak 1 minggu lalu. Pasien juga merasa mulutnya perot ke kiri saat meringis. Otitis eksterna seboroik e. Kloramfenikol cr 53. Seorang laki-laki 20 tahun datang dengan keluhan telinga kanan dan kiri nyeri sejak 3 hari yang lalu. Parese pada N. Setelah dilakukan pengambilan. Otitis eksterna maligna 51. Otitis eksterna sirkumkripta c. dan larutan as. Infeksi virus herpes simplek pada ganglion genikulatum c. Otitis eksterna difusa b. Nyeri dirasakan sejak 3 hari yang lalu. Apakah komplikasi yang mungkin? a. Apakah penatalaksanaan yang tepat? a. Hydrokortison cr d. Otitis media akut c.

antikolinergik c. Pasien memiliki riwayat alergi terhadap debu. analgetik/antipiretik/antiinflamasi. Otitis media sekretory b. Otitis media serosa c. Pada otoskopi. Apakah patogenesis yang tepat untuk kasus tersebut? a. Tampon antibiotik neomisin dan betametason disertai larutan as. Seorang wanita 20 tahun datang ke poli THT dengan keluhan telinga terasa penuh. telinga terasa penuh dan pendengaran berkurang. Seorang perempuan 9 tahun diantar ibunya periksa ke dokter dengan keluhan pendengaran berkurang sejak 3 hari terakhir. Inflamasi mukosa timpani akibat perubahan tekanan mendadak b. Dari pemeriksaan tampak cairan di cavum timpani.prednisolon c.b. Keluhan dirasakan hilang timbul. Otitis media efusi d. Glue ear c. Antibiotik. Pada pemeriksaan ditemukan membran timpani bulging. mukolitik d. Seorang wanita umur 25 tahun datang dengan keluhan keluar cairan dari telinga kanan sejak 2 minggu lalu. Apakah diagnosis yang mungkin? a. d. Seorang laki-laki umur 8 tahun diantar ibunya dengan keluhan demam sejak 2 hari yang lalu . Tertimbunnya cairan mukus akibat sekresi kelenjar mukosa pada cavum timpani. analgetik/antipiretik/antiinflamasi. Radang supuratif akut karena infeksi pada mukosa telinga tengah e. Tampon antibiotik neomisin dengan kortikosteroid prednison d. membran timpani kekuningan dan tampak bayangan permukaan cairan pada membran timpani. dekongestan. parasintesis 58. Amoxixillin dengan deksametason e. Antibiotik. Tampon antibiotik neomisin dengan m. Aerotitis 56. Aerotitis e. antikolinergik e. Sejak 1 minggu yang lalu pasien merasa mulutnya perot ke kiri bila meringis dan mata kanan sulit menutup . demam terjadi terus menerus disertai dengan nyeri telinga. analgetik/antipiretik/antiinflamasi. Otitis media supuratif akut d. Apakah nama penyakitnya? a. Barotrauma 55. Otitis media mukoid b. Penyakit ini disebabkan oleh terkumpulnya cairan serosa pada kavum timpani akibat proses transudasi dari pembuluh darah mukosa kavum timpani akibat tekanan negatif di kavum timpani. Terkumpulnya cairan serosa akibat proses transudasi c. analgetik/antipiretik/antiinflamasi. mukolitik b. Otitis media stadium oklusi e. Cairan berwarna hijau kekuningan berbau dan kadang disertai dengan darah. Disfungsi tuba karena proliferasi jaringan limfoid di sub mukosa dan mukosa tuba 57. dekongestan. parasintesis.asetat 54. Parasintesis. analgetik/antipiretik/antiinflamasi. Antibiotik. Manakah penatalaksanaan yang paling tepat? a. Pasien sudah berobat tetapi keluhan tidak membaik. Antibiotik.

labirintis 62. Pada pemeriksaan otoskopik tidak ditemukan kelainan. M. Hal ini dirasakan sejak 1 minggu yang lalu. Otitis eksterna maligna b. Apakah kelainan yang diakibatkan paparan suara keras pada suatu saat? a. Seorang perempuan 25 tahun datang dengan keluhan pusing berputar. Otitis Eksterna Difusa e. Seorang lelaki usia 35 tahun datang ke THT dengan keluhan telinga terasa berdenging. Apakah penyakit-penyakit yang dapat menyebabkan paralisis N. Bell’s Palsy 59. Trauma tulang temporal dengan infeksi e.fasialis? a. Selain itu pasien merasa . Pada pemeriksaan otoskopi didapatkan adanya perforasi membran timpani di pars flaksida. Apakah diagnosis yang paling mungkin? a. dimana patogenesis yang terjadi? a. Labirintis 63. Antibiotik serta fisioterapi d. Pasien bekerja di pabrik tekstil selama 8 jam sehari dan akrab dengan kebisingan. Pasca Tonsilelktomi 61. Bell’s Palsy d. Sindrom Kartagner c. Ossikula auditiva c. Organon corti 64. Sudden deafness d. Dirujuk ke spesialis THT e. Otitis media supuratif kronik maligna d. Membrana timpani b. Trauma akustik b.rapat. Pasien juga merasa kurang bisa mendengar lawan bicara. Sindrom Ramsey Hunt c. NIHL e. Apakah penatalaksanaan yang tepat bagi kasus diatas? a. Stapedius d. Antibiotik tetes telinga serta segera kontrol jika tidak membaik setelah 5 hari b. Meniere disease c. Apakah diagnosis yang mungkin? a. Sudden deafness d. antibiotika dan robonsia 60. Pada kasus tersebut. Dirujuk ke dokter spesialis saraf c. Trauma transversal tulang temporal b. Trauma akustik b. Gaglion spirale e. Pusing dirasakan 2 minggu yang lalu disertai dengan keluhan mual dan muntah. Irigasi telinga dengan perihidrol. NIHL e. Meniere’s disease c.

Bawah lidah e. Ujung lidah b. Apakah alat untuk pemeriksaan morfologis dan fungsional uji pendengaran yang mudah didapat di puskesmas? a. Tuli konduksi b. Pemeriksaan cairan mukoseros hasil miringotomi untuk determinasi kuman b. Rinitis alergika e. Audiometer e. Meniere disease e. Pada otoskopik. Tengah lidah . tidak didapatkan kelainan. Benign paroxysmal positional vertigo d. Tuli psikogenik e. Adenoid hipertrofi b. Pemeriksaan garputala menunjukkan tuli sensorineural. Labirinitis b. Rinoskopi anterior untuk kemungkinan polip hidung kiri d. Pasien merasa kadang keluar darah dari hidung. NIHL c. Arloji yang gerak jarumnya berbunyi 69. Pada bagian lidah manakah yang terutama merasakan pahit? a. Seorang laki-laki usia 45 tahun datang ke poliklinik THT dengan keluhan telinga kiri terasa penuh dan pendengaran berkurang.telinganya berdenging. Setiap serangan. Pemeriksaan alergi hidung c. Dilakukan miringotomi dan keluar cairan mukoseros dan pendengaran terasa lebih baik. Tuli campuran d. terdapat adanya gangguan pendengaran dengan jenis tuli? a. Pada kasus labirinitis. pendengaran menjadi berkurang namun dapat kembali membaik. Garpu tala d. Karsinoma nasofaring d. Rinosinusitis kronik c. Rinoskopi posterior untuk kemungkinan ada keganasan di nasofaring e. Hal inibukan pertama kali dirasakan pasien. Lateral lidah c. Apakah diagnosis yang paling mungkin? a. barotrauma 68. 67. Lampu kepala b. Tuli sensorineural c. Apakah pemeriksaan THT yang penting dan harus segera dilakukan? a. Otoskop c. Trauma akustik 65. Apakah diagnosis yang paling mungkin? a. Tuli sentral 66. Uji pendengaran utnuk mengetahui jenis ketulian. Posterior lidah d.

lunak dan mudah digerakan. post nasal drip (+) pada palpasi terdapat nyeri tekan pada pipi. Keluhan disertai hidung buntu dan keluar ingus kental dan berbau.70. Pseudoefedrin c. Seorang perempuan usia 25 tahun datang dengan keluhan nyeri wajah sekitar 2 hari lalu. 72. Pada rinoskopi anterior. CTM e. 2/3 inferior dinding kavum nasi d. Seorang laki-laki umur 70 tahun datang dengan keluhan hidung terasa tersumbat sejak 3 minggu laludan terasa semakin memberat. Carcinoma b. Apakah kandungan obat telinga yang mengandung ototoksik? a. Sinusitis sfenoidalis d. Keluhan disertai nyeri kepala. pansinusitis 74. Paracetamol 75. Edema mukosa d. apakah terapi medikamentosa yang dapat mengecilkan polip? a. Polip nasi d. Pasien telah berusaha membeli obat di warung namun tidak ada perbaikan. Pada rinoskopi anterior tampak mukopus di media meatus disertai hiperemis dan edema konka. Apakah diagnosis yang mungkin? a. Benda asing e. Sepertiga inferior septum nasi? b. Dimanakah letak organ tersebut? a. Sinusitis etmoidalis e. Metilprednisolon d. Sinusitis frontalis c. Sinusitis c. Rhinitis. Mukosa olfaktorius pada kavum nasi berfungsi dalam proses menghidung. Infeksi mukosa nasal e. Atap kavum nasi c. ditemukan massa pucat pada meatus medius. Sinusitis maksilaris b. Lidokain . Amoxicilin b.pasien mengaku sering batuk pilek sebelumnya. Rusaknya silia akibat polutan c. Hiperplasi mukosa konka b. Konka nasi media 71. Karbolgliserin b. Apakah diagnosis yang mungkin? a. Apakah patogenesis yang mendasari? a. Pasien mengaku sering bersin-bersin dan hidung meler jika udara dingin. Konka nasi inferior e. Pada rinoskopi posterior. Sumbatan pada osteomeatal 73.

asam dan asin. Para pengunjung bioskop kelas 3 mengeluh gatal saat menonton film di gedung tersebut. Xilometazolin d. Flutikason b. Apa kemungkinan binatang tersebut? a. Foto polos d. Hiposmia b. apakah yang dimaksud dengan ageusia? a. Berubahnya sensai pengecapan c. 3 pasang kaki dan tidak bersayap. Towne c. Darah rutin b. Kakosmia d. Anosmia e. Ctenocephalides canis d. Berkurangnya kemampuan untuk mengecap manis. Apakah kandungan obat tetes hidung yang dapat menghilangkan kongesti nasal a. Rheeze e. Parosmia c. Ipratoprium bromide 77.c. Neomisin d. Kromoglikat c. pahit. terkadang muncul gangguan penghidung berupa perubahan sensasi bau yang berbeda dengan seharusnya. apakah pemeriksaan gold standar untuk penegakkan sinusitis? a. posisi apakah yang paling baik untuk menilai sinus maxilaris? a. Cimex lectularis c. Kepekaan yang berlebih terhadap segala rasa e. Waters b. CT scan e. Adanya halusinasi rasa 81. Xenopxylla cheopis . NaCl e. Hilangnya kemampuan sensasi pengacapan d. Dari pemeriksaan kursi didapatkan binatang berwarna coklat kehitaman. Pada pemeriksaan rontgen. b. Disebut apakah keadaan tersebut? a. oblik 78. Budesonid e. Fludrokortison 76. Badan bersegmen. oval. Pediculus humanis corporis b. pipih dorsoventral. Pada pasien post trauma kepala. Schuller d. panjang sekitar 6mm. xerostomia 80. Transiluminasi 79. USG c.

e. Halo nevi e. Seorang anak laki-laki mengeluh gatal di lehernya. Hasil tersebut merupakan gambaran dari tumor apa? a. Hemotoksin b. terdapat pulau-pulau sel skuamosa yang menginvasi dermis dengan keratinisasi sentral “squamos pearl” dan mikroabses. Tidak terdapat luka tusukan. Rhipechepalus sanguinus 82. Dermal d. Sel fibroblas dermis b. Junctional b. Toksoalbumin d. Chantardin 83. keratotik 84. Sehari sebelumnya saat pasien bermain di kebun ada kumbang yang masuk ke dalam leher bajunya. Aflatoksin e. Karsinoma sel basal c. Karsinoma sel merkel e. Sel liposit subkutis c. Stratum korneum epidermis e. Fungsi proteksi kulit sebagian besar tergantung integritas komponen kulit yang mana? a. Stratum basalis-stratum granulosum-stratum spinosum-stratum korneum d. Stratum basalis-stratum spinosum-stratum lusidium-stratum granulosum-stratum korneum c. Katagen . Karsinoma sel skuamosa b. Stratum basalis-stratum spinosum-stratum granulosumstratum lusidium-stratum korneum 86. Dari pemeriksaan didapatkan beberapa vesikel bergerombol diatas daerah eritem dan ada eksoriasi. Melanoma maligna d. Manakah urutan yang benar dari lapisan epidermis kulit normal telapak tangan dan kaki manusia dari paling terdalam? a. Sarang nevus ditemukan muncul dari sisi membrana basalis. Siklus pertumbuhan rambut manusia terdiri dari beberapa fase. Neurotoksin c. Stratum basalis-stratum spinosum-stratum granulosum-stratum korneum b. Karsinoma intra epitel 85. Fase apa pada siklus rambut yang menentukan panjang rambut? a. Termasuk jenis apakah nevus melanostik ini? a.zat apa yang menyebabkan UKK tersebut? a. Sel mast dermis 87. Compound c. Anagen b. Sel merkel epidermis d. Stratum basalis-stratum granulosum-stratum spinosum-stratum lusidium-stratum korneum e.

Hasil pemeriksaan kuman dari seseorang penderita diperoleh katalase positif. Mempunyai siklus reproduksi yang berbeda 94. Edema dermis d. Memiliki peptidoglikan yang lebih tebal dibandingkan dengan gram negatif d. Bagaimanakah terjadinya plak urtika pada urtikaria? a. Streptococcus pyogenes e. Staphylococcus aureus b. Lampu wood b. Spongiosis c. Kelompokan sel inflamasi e. Bagaimana mekanisme terbentuknya vesikel dan bula pada herpes zoster? a. Untuk melihat adanya pinpoint bleeding d. seorang perempuan 26 tahun datang ke dokter dengan keluhan rambutnya rontok sejak habis melahirkan 1 bulan yang lalu. Degenerasi liquefaksi 91. Untuk membedakan lesi epidermolisis atau bukan e. hirsutisme 89. Nikolski d. Untuk membedakan lesi akibat vasodilatasi atau ekstravasasi eritrosit c. Dengan giemsa badan elementer berwarna biru e. Untuk menentukan kedalaman erosi b. Tinea kapitis . Paakah kemungkinan kuman penyebabnya? a. Degenerasi balon b. koagulase positif. Koebner e. Untuk membedakan hiperpigmentasi dermal atau epidermal 90. Hiperplasi epidermis b. Telogen d. Yang manakah yang bukan termasuk ke dalam dermatofitosit superfisial? a. Nekrosis e. Streptococcus pneumonia 93. Staphylococcus epidermidis c. Pada fase intraseluler. Apakah kegunaan diaskopi pada pemeriksaan kulit? a. Pernyataan yang benar mengenai chlamidyia a. transisi 88. Struktur dinding selnya mirip dengan gram positif c. Pemeriksaan apa yang harus dilakukan untuk melihat kerontokannya? a. Diskeratosis d. Staphylococcus saprophyticus d. Hiperplasi fibroblas 92. Spongiosis c. Hair pull test c.c. berada dalam vakuola yang disebut dengan inclusion body b. Eksogen e.

manakah rencana pengobatan yang tepat? a. Tinea sirsinata. Tinea pedis interdigitalis. Lomfonodi servikal. psoriasis vulgaris. Impetigo. Ditemukan alopesia lokal. Trikosporon beigelli c. Tinea pedis hiperkeratotik. liken planus e. datang dengan keluhan gatal di selajari 4-5 kaki kiri. Nistatin. Metronidazol b. Seorang perempuan usia 35 tahun. Apakah diagnosis banding yang tepat? a. Itrakonazol 50mg 98. tidak nyeri dan berukuran diameter 1 cm. Exophiala werneckii 96. Trikopiton concentricum e. eritrasma. Pada pemeriksaan kulit pada kepala bagian temporal. kenyal. Furunkulosis. furunkel e. Dibagian tengah lesi seolah menyembuh. Tinea kapitis grey patch. pada bagian tepi ditemukan skuama maserasi. kompres PK c. ukuran 2cm x 1cm. mobile. ibu rumah tangga. Naftitin . Pada pemeriksaan di daerah selangkangan kiri dan kanan. Tinea pedis vesikobulosa. Terbinafrin. Ketokonazol 500mg e. Seorang anak laki-laki usia 9 tahun. DKI. furunkel c. tunggal. psoriasis vulgaris. Pada pemeriksaan ditemukan plak eritem. Tinea pedis interdigitalis. Pada beberapa tempat tampak eksoriasi. Tinea nigra palmaris c. Tinea favosa. Jika pada pemeriksaan KOH ditemukan hifa.000IU 14 kompres PK d. Tinea imbrikata e. Tinea kapitis kerion.b. kandidia. 500mg 7 hari. datang ke rumah sakit dengan keluhan benjolan dikepala sejak 5 hri lalu yang disertai dengan demam. 1 bulan yang lalu. Tinea korporis d. psoriasi capitis. Apakah jenis jamur yang menyebabkan piedra hitam? a. ditemukan plak eritem multiple bentuk polisiklik dan anuler dengan skuama di bagian tepi. 250mg 14 hari. tinea kapitis black dot. impetigo d. intertrigo simpleks 97.sycosis 99. abses kutan. 4x500. Griseofulvin. kandidiasis intertigo. Apakah diagnosis banding yang tepat untuk kasus ini? a. Pakaian pasien sering basah dengan keringat. folikulitis superfisial b. Piedria hortae b. Apakah obat sistemik pada kasus ini? a. folikulitis superfisial. Trikosporon inkin d. bedak mikonazol b. keratolisis c. Seorang laki-laki 25 tahun datang ke dokter dengan keluhan gatal-gatal di selangkangan sejak 2 bulan yang lalu semakin melebar. eritrasma b. DKA d. Tinea pedis 95. ditemukan nodul eritem batas tegas dengan permukaan membasah dengan pus.

Dermatitis kontak iritan kumulatif c. Pasien dan keluarganya tidak memiliki riwayat asma maupun alergi. Tinea korporis. kandidiasis 101. Dermatitis kontak iritan toksik . Awalnya hanya terasa kering kemudian mengelupas.c. Siklopiroksilamin d. Tinea korporis. Antigen-antibodi di sirkulasi c. Inflamasi terhadap antigen 104. Seboroik c. tinea korporis d. Albendazol 100. ptiriasis rosea. Semakin lama mneglupas. psoriasis. Proses apakah yang mendasari terjadinya dermatitis kontak iritan? a. tidak ada rasa gatal. Numularis b. hipersensitivitas tipe lambat d. Eksfoliatif e. Inflamasi terhadap keratinosit e. memerah dan mengkilat dan kadangkadang timbul pecah-pecah membentuk garis memerah dan terasa perih. Alergi tipe cepat b. Ptiriasis versikolor. terdapat suatu bentuk dermatitis yang mengenai hampir seluruh tubuh dan sering disebabkan oleh obat-obatan. keratin 102. Ptiriasis versikolor. Dermatitis kontak alergi e. Kolesterol b. Griseofulvin e. Apakah diagnosis banding yang paling tepat? a. psoriasis e. ptiriasis alba. Keluhan drasakan sejak 1 tahun lalu saat mulai dipindahkan ke bagian bedah. Peptidoglikan d. morbus hansen b. Apakah diagnois yang tepat untuk kasus ini? a. Kontak alergi 103. Chitin c. morbus hansen c. ptiriasis alba. Dermatitis kontak iritan akut d. Kontak iritan d. datang dengan keluhan tangannya yang mudah mengelupas dan memerah. Seorang perempuan 30 tahun yang bekerja sebagai perawat bedah. Ergosterol e. wajah dan punggung atas. Apakah bentuk dermatitis tersebut? a. Ptiriasis versikolor. Komponen membran sel jamur apakah yang juga merupakan terapi antifungal? a. Seorang anak laki-laki 10 tahun datang dengan keluhan bercak-bercak merah di dada. Pada pemeriksaan didapatkan makula dan patch eritem multiple batas tegas dengan skuama halus finger nail sign (+). Dermatitis fotokontak alergi b. sifilis sekunder.

Prick test b. Lalu digaruk oleh pasien sehingga menimbulkan luka yang setelah mengering timbul sisik halus. Apa pemeriksaan penunjang yang paling tepat? a. Seorang perempuan 45 tahun mengeluhkan gatal pada jari manis. RAST c. Virus HPV e. Pasien memiliki riwayat asma. Skabies dengan infeksi alergi 106. Virus epstein barr 110. Dermatitis kontak alergi e. apakah virus penyebab moluskum kontagiosum? a. Benjolan tersebut tidak nyeri dan gatal. Dermatomal e. Seorang laki-laki umur 25 tahun datang dengan keluhan telapak tangan terasa gatal sejak 1 minggu yang lalu. Ibu juga sering merasa gatal-gatal jika menggunakan perhiasan selain emas. Dermatitis numularis c. Kombinasi steroid topikal dan oral 107. Steroid topikal poten d. Apakah diagnosis yang paling mungkin? a.pasien sering mencuci pakaian menggunakan deterjen. Diaskopi d.105. Pada . Dermoskopi e. Virus herpes simpleks c. Sun-exposed d. Keluhan ini sering dirasakan sejak umur pasien 15 tahun. Pasien hanya menggunakan minyak tawon namun tidak berkurang malah semakin memerah dan gatal. Awalnya hanya memerah dan digaruk lalu muncul plenting-plenting berair yang sebagian pecah. Apakah terapi yang tepat? a. Gatal terasa setelah pasien mengenakan cincin imitasi. Vius varisela zoster b. Seorang laki-laki usia 10 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan gatal-gatal disektar pusar. Fleksor c. Awalnya muncul plenting-plenting berisi air yang sangat gatal.awalnya lesi terbatas terhadap area pemakaian cincin. Bentuk distribusi apa yang khas pada reaktifasi virus varisela zoster? a. Steroid oral b. Ekstensor b. Virus pox d. Seorang anak 5 tahun dibawa ke dokter dengan keluhan benjolan seperti kutil di wajah yang semakin lama semakin banyak. Dermatitis atopik d. Steroid topikal sedang e. Tidak terdapat nanah. Patch test 108. Dermatitis kontak iritan b. Oleh ibunya hanya diberi povidone iodine. sejak 5 hari yang lalu saat pasien mengenakan celana jeans. intertriginosa 109. Steroid topikal ringan c.

pemeriksaan. Veruka akuminata e. Apakah diagnosis yang paling tepat? a. Veruka plana c. Herpes zoster b. vesikel dengan dasar eritem bentuk seperti air mata (tear drop) polimorfi tersebar. Pada punggung. terasa nyeri dan membengkak. Sebelum muncul plenting. Herpes genitalis c. Apakah diagnosis yang tepat? a. Moluskum kontagiosum e. nyeri kepala dan nyeri otot. Tampak papil filiform dengan permukaan verukosa sewarna kulit multiple tersebar. Pasien adalah seorang awak kapal dan sering berganti pasangan seksual. Pemeriksaan Tzanck didapatkan sel-sel balon e. di wajahnya dekat kelopak mata. Pengecatan ZN didapatkan BTA positif 113. tampak vesikel dengan dasar eritem menggerombol sebagian konfluen. Asiklovir . Pengecatan gram didapatkan gram positif c. Seorang wanita hamil usia 30 tahun datang dengan keluhan muncul plenting-plenting pada bibir bawah kanan. Veruka filiformis b. Seorang laki-laki 40 tahun datang dengan keluhan bintil bintil di daerah kemaluannya. Apakah diagnosis yang tepat untuk kasus ini? a. Herpetic withlow 114. dada. Pasien pernah mengalami hal serupa saat satu tahun yang lalu. Apakah hasil pemeriksaan yang sesuai dengan kasus ini? a. Herpes labialis d. Pada pemeriksaan pubis dan pangkal penis tampak papul berbentuk dome shape ditengahnya sebagian berwarna putihsebagian sewarna kulit multipel tersebar. Variola mayor b. Herpes zoster d. Menurut ibunya anak tersebut belum pernah mengalami hal serupa. Kondiloma lata 111. Pada pemeriksaan pada bibir kanan bawah sebelah lateral tampak udem. Pemeriksaan Tzanck didapatkan multinucleated giant cell d. belakang leher tampak apul eritem. Varisela c. Pengecatan gram didapatkan gram negatif b. Veruka plantaris d. Variola minor 112. Apakah terapi yang tepat? a. Seorang anak laki-laki usia 10 tahun dibawa ke dokter dengan keluhan plentingplenting air di badan. pasien merasakan demam. Pasien merasakan plenting tersebut muncul sejak 1 bulan lalu dan dirasakan semakin banyak. Plenting tersebut tidak gatal dan nyeri. keluhan dirasakan sejak 2 hari yang lalu. DKI toksik e. Awalnya muncul 2 hari yang lalu dengan badan demam dan sedikit batuk kemudian di badannya muncul plenting yang semakin banyak.

Pada pemeriksaan didapatkan plak eritem ukuran 8x5x1 cm. Seminggu lalu pasien terutusuk duri cukup dalam saat mengurus tanaman. Stafilokokkus epidermidis b. Imunitas yang baik e. batas tidak tegas. Seorang perempuan berusia 35 tahun datang ke poliklinik dengan keluhan bengkak dan nyeri pada lengan kiri atas sejak 3 hari yang lalu. Selulitits e. Jenis pioderma apa yang terutama mengenai kulit? a. Karbunkel e. Hiegen buruk c. Lingkungan yang padat d. KOH e. Triklorasetat d. Podofin 115. Amoksisilin-klavulanat b. Streptokokus saprofitikus e. sycosis 116.b. Furunkel c. Apakah pengobatan sistemik yang paling tepat? a. Stafilokokus aureus c. Dikloksasilin c. Streptokokus viridans 118. Streptokokkus pyogenes d. Diagnosis apakah yang mungkin? a. Karbunkel d. Umur muda b. faktor apa yang buka faktor predisposisi pyoderma? a. teraba hangat dan nyeri. Apakah kemungkinan penyebab kasus ini? a. Ektima b. Pada pemeriksaan didapatkan veikel berisi cairan jernih dan bula kendor berisi pus multiple serta erosi tertutup krusta kekuningan. Eritromisin d. Selulitis c. Impetigo b. Ada penyakit kulit lain 117.5 tahun dibawa ibunya dengan keluhan plentingplenting berisi nanah yang muncul 4 hari yang lalu di bahu kiri. Seorang anak laki-laki berumur 1. Ekstraksi moluscum bodies c. Erisipelas d. namun luka tersebut sudah kering dan menutup. Amoksisilin 119. erisipelas . Selanjutnya plenting bernanah juga muncul di dada atas kiri dan perut. Sefadroksil e.

Herpes genitalis e. C. discar uretra mukopurulen dan banyak. Klindamisin ointment e. Seorang perempuan usia 30 tahun datang dengan keluhan keputihan yang berbau amis. Uretritis gonore b. Jika dilakukan pemeriksaan gram. Tinea barbae. Lekosit pmn < 5/lp.120. Lekosit pmn >5/lp. Kandidiasis vaginalis c. u. sikosis.hominis c. dermatitis kontak d. Lekosit pmn >5/lp. dermatitis atopik e. m. impetigo bockchart. manakah yang paling sering rekuren? a. Pada pemeriksaan ditemukan papul dan pustul folikuler multiple. dermatitis kontak c. Servisitis klamidia c. Diagnosis apa yang paling mungkin? a. ektima. tinea barbae.pallidum 124. Kondiloma akuminata 123. T. Impetigo buckchart. DGNI (+) d. dermatitis kontak 121. Limfogranulloma venereum d. Kloramfenikol ointment b. Trikomoniasis b. Basitrasin ointment 122.urealitikum d. tinea barbae. Lekosit pmn <5/lp. coccus gram (-) e. tes amin(+) dan pH vagina 4. Pasien mempunyai kebiasaan cukur janggut dengan sebelumnya memakai shaving cream. Apakah diagnosis yang tepat untuk kasus tersebut? a. Pada pemeriksaan tampak muara uretra udem dan eritem. Tinea fasialis. Apakah kuman penyebab non-gonore uretritis terbanyak? a. Impetigo krustosa. Neomisin krim d. Antibiotik topikal apakah yang paling tepat diberikan ? a. c. Sikosis. Pada pemeriksaan didapatkan vagina eritem minimal dengan tertutup discar putih homogen. hasil apa yang ditemukan? a. Vaginosis bakterial . Diantara penyakit seksual menular. Seorang laki-laki usia 2 tahun datang dengan keluhan nyeri BAK dan keluar cairan putih kental dari kemaluan sejak 2 hari yang lalu. folikulitis superfisial b. Trakomatis serovar D-K b. Mupirosin krim c.8. coccus gram (+) c. batang gram (-) 125. Riwayat hubungan seksual dengan PSK 5 hari yang lalu. seorang laki-laki usia 35 tahun datang dengan keluhan gatal-gatal di daerah dagu dan bintil merah sejak seminggu yang lalu. Lekosit pmn <5/lp. DGNI + b..trakomatis serovar L1-L3 e.

Psoriasis kapitis . reaksi id d. Apakah kemungkinan diagnosis kasus ini? a. Doksisiklin c. Psoriasis vulgaris b. tinea korporis. Servisitis klamidia e. Lucio 131.pada pemeriksaan didapatkan nodul eritem nyeri tekan multipel tersebar. Pada pemeriksaan. Selenium sulfit 130. Emulsi benzil benzoat e. Metronidazol d. Apakah rejimen pengobatan yang paling tepat? a. tinea nigra. Gatal muncul lebih dari 2 minggu yang lalu. Skabies. lokal dan generalisata. Psoriasis pustular palmo plantar c. Krim permetrin b. Pada lengan juga ditemukan papul eritem tersebar dengan erosi dan eksoriasi. Paederus pereginus 128. Seorang penderita kusta dengan IB +5 IM 50 % sudah selesai menjalani pengobatan. Skabies. IM0%. Pedikulus humanus var humanus c. ektima e. Seorang laki-laki berumur17 tahun datang ke dokter umum dengan keluhan gatalgatal pada seluruh tubuh. Dianatar pilihan berikut. Skabies. dermatitis numularis. Lepra PB rekuren e. Reaksi lepra tipe 2 c. ditemukan burrow dengan papul eritem dan vesikel multiple. Sevisitis gonorea 126.d. Pediculus humanus var pubis d. pomofoliks b. varicella c. Pemeriksaan bakteriologis didapatkan IB +2. Gameksan c. Skabies. manakah penatalaksanaan yang tidak di indikasikan ? a. folikulitis 129. Lepra MB rekuren b. Klindamisin e. Nystatin intravag 127. Phthirus pubis e. Azithromisin b. Reaksi lepra tipe 1 d. bentuk manakah yang generalisata? a. Sulfur presipitatum d. Apakah diagnosis yang mungkin? a. terasa nyeri dan demam ringan. tinea palmaris. Skabies. Apakah penyebab pedikulosis pubis? a. Dua bulan kemudian mengeluh timbul bentol merah di wajah dan beberapa bagian tubuh. papular urtikaria. Pedikulus humanus capitis b. Psoriasi terbagi dua.

Folikulitis profunda b. Akne vulgaris. Disuria e. Apakah kemungkinan diagnosisnya? a. Ptiriasais likenoides 133. tinea fasialis e. Bayi kolodion 135. akne fulgaris. Bercak semakin lama semakin banyak. Miliara profunda merupakan miliaria kristalina rekuren d. Hidradenitis supurativa . Ptiriasis rubra pilaris c. Manakah pernyataan yang benar tentang malaria? a. Ptiriasis rosea c. Ptiriasis versikolor b. akne vulgaris. Iktosis vulgaris b.pada pemeriksaan ditemukan patch eritem dengan batas tidak tegas dan teleaingiektasi. Akne vulgaris. Rosasea. Ptiriasis rubra pilaris e. Komplikasi apakah yang akan didapat pada liken sklerosus genital laki-laki? a. Ptiriasis likenoides d. Erupsi akneiformis. Merupakan penyakit yang menyumbat kelenjar pilosebaseus b. Lingkungan tempat bermain anak panas dan lembab. Apa diagnosis banding yang tepat? a. erupsi akneiformis 137. Liken sklerosus e. erosi akenformis c. beberapa hari yang lalu pasien merasakan demam. tengkuk dan leher. Striktur d. Tidak ditemukan komedo. Seorang perempuan 35 tahun datang dengan keluhan kemerahan di wajah terutama jika terkena panas matahari atau makan pedas. Disebabkan sumbatan kelenjar sudorifea e. Apakah diagnosis yang paling tepat? a. Psoriasi kuku 132. Ptiriasis vulgaris d. Rosasea. bentuk gangguan kreatinisasi apa yang ditandai dengan kekringan kulit dan hiperkeratosis seperti sisik ikan? a. rosasea. Dyspareunia c. batuk dan pilek. folikulitis superfisial. dermatitis seboroik. Bercak kemerahan bersisik muncul pertama dipinggang kemudian mengikuti alur tulang rusuk. Predileksi di daerah kelenjar apokrin c. Infertilitas b. Psoriasis von zumbusch e. Seorang anak 11 bulan dibawa ibunya dengan keluhan adanya bintik-bintik tidak gatal berisi cairan di dahi. Seorang wanita 17 tahun datang dengan keluhan gatal di seluruh badan . hematoria 134. lupus eritomatosus d.d. Miliaria apokrin namanya pickle heat 136. lupus eritomatosus b.

Hidrokortison topikal 142. Seftriakson injeksi d.c. Tes tempel dan tes tusuk b. Steven-johnson d. Menurunkan kadar inflamasi dan MSH e. Apakah pemeriksaan penunjang yang tepat untuk urtikaria? a. menurunkan inflamasi b. diantaranya terdapat lesi target. manakah pengobatan yang tepat? a. Apakah diagnosis yang mungkin? a. Tidak nampak kelainan pada mata maupun selaput mukosa lainnya. Penyakit bowen . Eritema multiform mayor c. Apakah jenis tumor kulit gana yang paling banyak ditemukan diseluruh dunia? a. Tes tempel dan gores e. Asam fusidat topikal e. Menurunkan pola keratinisasi dan demodex foliculorum 139. Eritromisin oral c. Miliaria rubra e. Tes sensitifitas d. Karsinoma sel basal d. Prednison oral b. Nekrolisis epidermal toksik e. Miliaria profunda 138. Eritema mutiform minor b. Menurunkan populasi demodex foliculorum dan inflamasi c. Tes tempel c. Apakah pilihan penggunaan obat yang tepat? a. Miliaria kristalina d. Pada pemeriksaan ditemukan makula dan papul eritem. Xeroderma pigmentosum b. Dermatitis eksfoliatif 141. Seorang laki-laki 23 tahun datang dengan keluhan timbul bercak-bercak merah pada wajah dan ekstrimitas. Eritroplasia e. Tes tusuk 140. Sesuai dengan patogenesis akne. Menurunkan inflamasi dan aktifitas kelenjar keringat d. Menormalkan pola keratinisasi folikel. Leukoplakia c.