You are on page 1of 16

KARYA TULIS ILMIAH

MAKALAH
Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Tugas
Mata kuliah Bahasa Indonesia

DISUSUN OLEH

KELOMPOK 7
CLAUDIA REGITA (52014008)
MEDHAVINI WIJAYA (52012053)
RISKY (52014035)
RAYNOLD ANDHIKA (52014031)
PRODI INFORMATIKA
STMIK KHARISMA MAKASSAR
2014/2015

Dosen pengasuh Mata Kuliah Bahasa Indonesia yang senantiasa mengingatkan kepada kami dalam hal penyusunan makalah ini. 2. yang terutama kepada: 1. Orang tua penulis yang telah mendukung penulis selama menjalani masa perkuliahan. penulis berharap semoga karya tulis ini dapat memberikan manfaat bagi siapa saja yang membacanya. Akhir kata. dan mudah-mudahan dapat menambah wawasan dan pengetahuan terutama dalam penyusunan karya tulis ilmiah MAKASSAR.KATA PENGANTAR Puji dan Syukur ke hadirat Tuhan YME yang telah memberikan rahmat dan kasih sayang-Nya kepada kita semua agar makalah ini dapat terselesaikan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Rekan-rekan Kelompok 7 Bahasa Indonesia dan segenap rekan mahasiswa kelas TI 1 Program Studi Informatika di STMIK Kharisma Makassar yang selama ini telah bahu membahu saling menolong dan saling memberi dorongan semangat dalam berbagai hal. JANUARI 2015 KELOMPOK 7 2 . Bahasa Indonesia adalah salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa semester I di Kampus STMIK Kharisma Makassar Program Studi Teknik Informatika. 3. Dimana mata kuliah ini begitu penting bagi penulis terutama dalam hal pengenalan maupun syarat-syarat dalam penyusunan suatu karya tulis ilmiah Makalah “Karya Tulis Ilmiah” ini merupakan salah satu syarat dalam menyelesaikan mata kuliah Bahasa Indonesia. Maka tak lupa penulis ucapkan banyak terima kasih atas bantuan dan dukungan baik moril maupun materil.

......................................................................................3 D..........2 II...................DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL.................................... Manfaat Penulisan Karya Tulis Ilmiah.8 C...3 A..............13 DAFTAR PUSTAKA...................................................................... Sistematika Penulisan Karya Tulis Ilmiah.........i KATA PENGANTAR.......................................................................................................5 A.............................3 B.............................................3 E... PENDAHULUAN...... PENUTUP.. Rumusan Masalah..............................................................................................................................................................4 III..............................................................1 B.....................................................11 IV.................. Tujuan.............................................................................. Syarat Penulisan Karya Tulis Ilmiah....................... Latar Belakang......................13 A................................................ii DAFTAR ISI.13 B...................................iii I.........................1 A........................................................................................................................................................................5 B.................................3 C.............................................................. Sifat Karya Tulis Ilmiah.......... Ciri-ciri Karya Tulis Ilmiah.... LAMPIRAN 3 .......... Kesimpulan... Saran...........................................................................................................................1 C. Pengertian Karya Tulis Ilmiah....................... KERANGKA TEORI........................... Jenis-jenis Karya Tulis Ilmiah.. Fungsi Penulisan Karya Tulis Ilmiah.......4 F......................................................... Tujuan Penulisan Karya Tulis Ilmiah...................................................... PEMBAHASAN.......................................

penulis akan membahas seputar Karya Tulis Ilmiah sehingga dapat memberi pemahaman tentang syarat. Sesuai dengan mata kuliah yang sedang penulis ambil yaitu Bahasa Indonesia. 1 . dapat diuraikan tujuan penulisan karya tulis ini adalah sebagai berikut : 1. sehingga tak jarang bila ditemui kesulitan dalam penyusunannya. Memahami apa yang dimaksud dengan Karya Tulis Ilmiah. B.I. Apa yang dimaksud dengan Karya Tulis Ilmiah? Seperti apa jenis-jenis dari Karya Tulis Ilmiah? Bagaimana metode penulisan yang biasanya digunakan dalam penulisan Karya Tulis Ilmiah? C. tujuan. Rumusan Masalah 1. karya tulis ilmiah merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan studi dan meraih gelar sesuai dengan jenjang pendidikan masingmasing. 2. 3. dan jenis-jenis dari karya tulis ilmiah tersebut. terutama di bangku kuliah. Tujuan Penulisan Berdasarkan rumusan masalah di atas. Latar Belakang Dalam dunia pendidikan. maka dalam karya tulis ini. Konsep dasar dari penyusunan karya tulis ilmiah ini adalah sebagai ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta umum dan ditulis secara sistematis sesuai metode penulisan yang berlaku. PENDAHULUAN A.

Pengertian Karya Tulis Ilmiah Karya tulis ilmiah adalah merupakan tulisan ilmiah hasil dari kajian pustaka dari sumber terpercaya yang berisi solusi kreatif dari 2 . Memberikan pengetahuan terhadap pembaca tentang jenis-jenis Karya Tulis Ilmiah dan metode penulisannya. II. KERANGKA TEORI A.2.

Motivasi dan displin yang tinggi 2. Tujuan Penulisan Karya Ilmiah 1. konseptual. Penulisannya cermat. tepat. Kemampuan berfikir logis (urut) dan terpadu (sistematis) 4. Tidak melebih-lebihkan sesuatu. dan seni.Memecahkan masalah tertentu. C. 3 . dan prosedural 5. Fungsi Karya Ilmiah Sebagai sarana untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. yaitu tidak berambisi agar pembaca berpihak kepadanya 4. Tidak memuat pandangan-pandangan tanpa pendukung (kecuali hipotesis kerja) 7. Kemampuan berbahasa E. Syarat Menulis Karya Ilmiah 1. 3. terkendali. Ciri-Ciri Karya Tulis Ilmiah 1. 3.Membina kemampuan menulis ilmiah danberpikir ilmiah bagi penulisnya. Tidak argumentatif 9. Kemampuan mengolah data 3.permasalahan yang dianalisis secara runtut dan tajam. Tidak mengejar keuntungan pribadi. dan konsep pengetahuan tentang satu pokok masalah tertentu. D. B. ilmu. Menyajikan fakta obyektif secara sistematis 2. serta diakhiri dengan kesimpulan yang relevan.Menambah pengetahuan. Memuat kebenaran-kebenaran 8. 2. Tidak persuasif 10. Sistematis. Tidak emotif (tidak menonjolkan perasaan) 6. dan benar serta tulus. teknologi.

4. sehingga tidak ada tafsiran sendiri-sendiri (interprestasi yang lain) 2. Artikel ilmiah diangkat dari hasil pemikiran dan kajian pustaka atau hasil pengembangan proyek. ada penekanan dan pengembagan. artikel adalah tulisan berisi pendapat subjektif penulisanya tentang suatu masalah atau peristiwa.F. Efektif = satu kebulatan pikiran. Ditulis dengan bahasa Indonesia yang baku. Artikel Dalam istilah jurnalistik. 4 . Sistematika Artikel: - Judul - Nama Penulis -. Jenis-jenis Karya Ilmiah 1.tanpa gelar akademik - Abstrak --ringkasan tulisan. Dalam konteks ilmiah. Efisien = hanya mempergunakan kata atau kalimat yang penting dan mudah dipahami 5. III. Lugas dan tidak emosional = mempunyai satu arti. gambaran umum isi artikel. artikel adalah karya tulis yang dirancang untuk dimuat dalam jurnal atau buku kumpulan artikel yang ditulis dengan tata cara ilmiah dan mengikuti pedoman atau konvensi ilmiah yang telah disepakati. PEMBAHASAN A. Logis = disusun berdasarkan urutan yang konsisten 3. Sifat Karya Ilmiah 1. - Kata Kunci --3-5 keywords.

Makalah biasanya disajikan dalam sebuah seminar atau dipresentasikan di kelas (tugas perkuliahan). komparasi. Pengertian yang lain dari makalah adalah karya tulis yang memuat pemikiran tentang suatu masalah atau topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut dengan disertasi analisis yang logis dan objektif. Makalah ditulis untuk memenuhi tugas terstruktur yang diberikan oleh dosen atau ditulis atas inisiatif sendiri untuk disajikan dalam forum ilmiah. analisis. dan pendirian atau sikap penulis - Penutup -. keputusan. - Kerangka Teori (Kajian Teori) --dasar teori yang menjadi acuan. Makalah mahasiswa umumnya merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan suatu perkuliahan. - Pembahasan --kupasan. Makalah Makalah adalah karya tulis ilmiah yang menyajikan suatu masalah yang pembahasannya berdasarkan data di lapangan yang bersifat empiris-objektif. argumentasi.- Pendahuluan -. baik berupa kajian pustaka maupun hasil kegiatan perkuliahan lapangan. Makalah juga diartikan sebagai karya ilmiah mahasiswa mengenai suatu topik tertentu yang tercakup dalam ruang lingkup suatu perkuliahan. Sistematika Makalah: - Pendahuluan - Pembahasan 5 .simpulan dan saran - Daftar Pustaka 2.latar belakang masalah dan rumusan singkat (1-2 kalimat) pokok bahasan dan tujuannya.

juga diperlukan sumbangan material berupa temuan baru dalam segi tata kerja.- 3. namun dibuat dengan analisis lebih dalam dan tajam dan dipresentasikan pada seminar atau lokakarya yang biasanya dihadiri oleh ilmuwan. 4. 6 . atau percobaan di laboratorium). Sistematika penulisannya sama dengan artikel atau makalah. 5. tergantung panduan yang berlaku di perguruan tinggi masing-masing. Skripsi berisi tulisan sistematis yang mengemukakan pendapat penulis berdasarkan pendapat (teori) orang lain. Skripsi Skripsi adalah karya tulis ilmiah mahasiswa untuk menyelesaikan jenjang studi S1 (Sarjana). Pendapat yang diajukan harus didukung oleh data dan fakta empiris-objektif. Paper Paper adalah sebutan khusus untuk makalah di kalangan akademisi (mahasiswa) dalam kaitannya dengan pembelajaran dan pendidikannya sebelum menyelesaikan jenjang studi (Diploma/S1/S2/S3). baik bedasarkan penelitian langsung (obsevasi lapangan. Kesimpulan Kertas Kerja Kertas kerja (work paper) pada prinsipnya sama dengan makalah. Kertas kerja itu menjadi acuan untuk tujuan tertentu dan bisa diterima atau dimentahkan oleh forum ilmiah.

6. Artikel ilmiah ditulis lebih bersifat umum. Berbeda dengan artikel ilmiah. Dinamakan ilmiah populer karena ditulis bukan untuk keperluan akademik. Tesis Tesis adalah karya tulis ilmiah mahasiswa untuk menyelesaikan jenjang studi S2 (Pascasarjana) yang sifatnya lebih mendalam dibandingkan dengan skripsi. Artikel Ilmiah Populer Selain ketujuh jenis karya ilmiah. tetapi untuk "dikomunikasikan" kepada publik melalui media massa. Tesis mengungkapkan pengetahuan baru yang diperoleh dari penelitian sendiri. atau hukum tertentu tentang salah satu aspek atau lebih di bidang spesialisasinya. untuk konsumsi publik. yang berupa temuan orisinal. Disertasi ini berisi suatu temuan penulis sendiri. 7. 8. Artikel ilmiah populer bisa hasil penelitian ilmiah. namun disajikan dengan lebih ringkas dan lugas. yaitu artikel ilmiah yang ditulis dengan gaya bahasa populer (bahasa media/bahasa jurnalistik) untuk dimuat di media massa (suratkabar. artikel ilmiah popular tidak terikat secara ketat dengan aturan penulisan ilmiah.D Thesis” adalah karya tulis ilmiah mahasiswa untuk menyelesaikan jenjang studi S3 (meraih gelar Doktor/Dr) yang mengemukakan suatu dalil yang dapat dibuktikan oleh penulis berdasarkan data dan fakta yang sahih (valid) dengan analisis yang terinci. ada juga yang disebut artikel ilmiah populer.dalil-dalil. tabloid). majalah. bisa pula dibuat 7 . Disertasi Disertasi disebut juga "Ph.

.halaman judul. pengolahan data dan/atau informasi. uraian mengenai pemecahan masalah yang pernah dilakukan. . . uraian singkat mengenai gagasan kreatif yang ingin disampaikan. Pendahuluan Bagian Pendahuluan berisi: latar belakang dan perumusan masalah. .daftar gambar. serta merumuskan saran atau rekomendasi. mengambil kesimpulan.daftar isi.abstrak b.lembar pengesahan. .daftar tabel. uraian mengenai pendapat yang berkaitan dengan masalah yang dikaji. Metode Penulisan Penulisan dilakukan mengikuti metode yang benar dengan menguraikan secara cermat cara/prosedur pengumpulan data dan/atau informasi. Isi Karya tulis ilmiah BAB I. . . atau gabungan keduanya yang bisa ‘dibungkus’ dengan opini penulis. Bagian pengantar . Sistematika Penulisan Karya Tulis Ilmiah a. B. Telaah Pustaka Telaah Pustaka berisi uraian yang menunjukkan landasan teori dan konsep-konsep yang relevan dengan masalah yang dikaji. 8 . analisissintesis.daftar lampiran.pengantar. serta tujuan dan manfaat yang ingin dicapai melalui penulisan. BAB II.berdasarkan berpikir deduktif atau induktif. (sumber-sumber yang menjadi dasar referensi penulis) BAB III.

Analisis dan Sintesis Bagian ini berisi analisis-sintesis permasalahan didasarkan pada data dan/atau informasi serta telaah pustaka untuk menghasilkan alternatif model pemecahan masalah atau gagasan yang kreatif. subbab dan kalimat di bawahnya dua spasi. satu kesatuan. - Naskah diketik 1. dll. BAB V. Implikasi dan Saran Kesimpulan harus konsisten dengan analisis dan sintesis pada pembahasan dan menjawab tujuan. Jarak pengetikan antara bab dan subbab tiga spasi. sbb. tsb.BAB IV. menggunakan istilah yang mudah dimengerti. tidak menggunakan singkatan seperti tdk. menggunakan bahasa Indonesia baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan. Kesimpulan. dgn.. Bagian Pelengkap – Daftar pustaka – Lampiran-lampiran – Riwayat hidup peneliti d. Times New Roman Style).5 spasi pada kertas berukuran A4. (font 12. yg. c. 9 . sederhana. Rekomendasi disampaikan berupa kemungkinan atau prediksi transfer gagasan dan diseminasi gagasan atau adopsi gagasan oleh masyarakat. Persyaratan penulisan - Naskah ditulis minimal 20 halaman dan maksimal 30 halaman. jelas.

kecuali kata-kata tugas. - Alinea baru diketik sebaris dengan baris di atasnya dengan jarak 2 spasi. Huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (huruf kapital). dan. lalu diikuti oleh kalimat berikutnya. Judul anak subbab ditulis mulai dari sebelah kiri dengan indensi satu cm yang diberi garis bawah. Sumber yang dikutip harus dicantumkan pada daftar pustaka. - Judul subbab ditulis mulai dari sebelah kiri. Jika masih ada subjudul dalam tingkatan yang lebih rendah. Penulis dapat terlatih mengembangkan keterampilan membaca yang efektif karena sebelum menulis karya ilmiah. dari. 10 .- Judul bab diketik di tengah-tengah dengan huruf besar dan dengan jarak empat cm dari tepi atas tanpa digaris-bawahi. dan mengembangkannya ke tingkat pemikiran yang lebih matang. dari. dan. Penulis dapat terlatih menggabungkan hasil bacaan dari berbagai sumber. C. Sumber dinyatakan dengan menyebutkan nama penulis dan tahun dalam kurung. ia mesti membaca dahulu kepustakaan yang ada relevansinya dengan topik yang hendak dibahas. huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (huruf kapital). Pengetikan kutipan langsung yang lebih dari tiga baris diketik satu spasi menjorok ke dalam dan semua¬nya tanpa diberi tanda petik. sekurang-kurangnya ada enam manfaat yang diperoleh dari kegiatan tersebut : 1. mengambil sarinya. Manfaat Penyusunan Karya Ilmiah Menurut sikumbang (1981). seperti yang. kecuali - kata-kata tugas. seperti yang. 2. ditulis seperti pada tingkatan di atasnya.

5. 6. Penulis dapat memperoleh kepuasan intelektual. IV.3. PENUTUP 11 . 4. Penulis dapat meningkatkan keterampilan dalam mengorganisasi dan menyajikan data dan fakta secara jelas dan sistematis. Penulis dapat berkenalan dengan kegiatan perpustakaan seperti mencari bahan bacaan dalam katalog pengarang atau katalog judul buku. Penulis turut memperluas cakrawala ilmu pengetahuan masyarakat.

DAFTAR PUSTAKA 12 . Karya tulis ilmiah merupakan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta umum dan ditulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar. Kesimpulan Dari pembahasan di bab sebelumnya. dan bagian pelengkap. Saran Dari beberapa kesimpulan yang telah dikemukakan. makalah. 2. isi karya tulis ilmiah. B. maka berikut ini diajukan saran sebagai berikut : 1. Dalam pembuatan karya tulis ilmiah.A. thesis. dan artikel populer lainnya 3. kertas kerja. 2. paper. skripsi. penulis menyimpulkan sebagai berikut: 1. sangat baik apabila mampu mengembangkan maupun membuat suatu karya tulis ilmiah untuk memajukan dunia pendidikan serta menambah wawasan masyarakat khususnya pembaca. Terdapat berbagai macam jenis karya tulis ilmiah yaitu artikel. desertasi. sebaiknya menggunakan ide yang orisinal atau asli agar tidak di cap plagiat oleh penulis lain. Metode penyusunan karya tulis ilmiah diperlukan beberapa bagian yaitu bagian pengantar. Sebagai pelajar maupun mahasiswa.

paper. dan koheren (Raynaldo) 3. Mengapa karya tulis ilmiah harus menggunakan kalimat pasif? (Rizal) 13 .LAMPIRAN 1. kohesi. Pengertian dari denotative. Pengertian kertas kerja. Apakah riwayat penulis jika lebih dari satu orang harus ditulis semua? (Henri} 2. dan disertasi (Shintia) 4.