HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG

MAKANAN BERGIZI DENGAN PEMBERIAN MAKANAN
PENDAMPING ASI PADA BAYI USIA 6-12 BULAN DI
POSYANDU DESA SUMBEREJO WILAYAH KERJA
PUSKESMAS NGASEM KABUPATEN KEDIRI

KARYA TULIS ILMIAH

Oleh:

SISKA KUSUMA RAHMAWATI
NIM. 0502200032

DEPARTEMEN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN DEPKES MALANG
JURUSAN KEBIDANAN
PROGRAM STUDI KEBIDANAN KEDIRI
TAHUN 2008

Agustus 2008 Mengetahui... M.. SST. tanggal. WAHJURINI.LEMBAR PENGESAHAN KARYA TULIS ILMIAH HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG MAKANAN BERGIZI DENGAN PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI PADA BAYI USIA 6-12 BULAN DI POSYANDU DESA SUMBEREJO WILAYAH KERJA PUSKESMAS NGASEM KABUPATEN KEDIRI Oleh : SISKA KUSUMA RAHMAWATI NIM : 0502200032 Telah dipertahankan di depan Tim Penguji Pada Tanggal : 06 Agustus 2008 Susunan Tim Penguji ( PH.Pd NIP : 140 114 079 .. WIJANTI. Ketua Jurusan Kebidanan Politeknik Kesehatan Depkes Malang SURACHMINDARI. S..ST ) NIP : 140 368 161 Penguji II ( (RE. Kes ) NIP : 140 254 174 Penguji III ( ) Tanda Tangan ) Tanda Tangan ) Tanda Tangan Karya Tulis Ilmiah ini telah diterima sebagai salah satu persyaratan untuk memperoleh gelar Ahli Madya Kebidanan Malang. S.Pd ) NIP : 140 052 233 Penguji I ( ( RAHAJENG SITI NR.. SST.. SP. M.

2008 Siska Kusuma Rahmawati 0502200032 . Kediri. saya bersedia menerima sanksi dari institusi.PERNYATAAN KEASLIAN Dengan ini saya menyatakan bahwa dalam Karya Tulis Ilmiah penelitian ini tidak terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh sebutan Profesional Ahli Madya Kebidanan di suatu Politeknik Kesehatan dan sepanjang pengetahuan saya juga tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan oleh orang lain. kecuali yang secara tertulis di dalam naskah ini dan disebutkan dalam daftar pustaka. Apabila terdapat karya maupun pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan oleh orang lain selain dari daftar pustaka.

dan tanggungjawab kepadaku. Semoga ananda bisa mewujudkan impian kalian!!!  Kakungq Sukiran dan Mbokq Pairah serta tak lupa adikq yang Cute abizZ...  Semua Dosen yang selama ini telah memberikan Ilmu. mz Wa_one.” (LA_TAHZAN) Karya Tulis Ilmiah ini kupersembahkan untuk:  ‫ ﷲا‬SWT serta Nabi Besar Muhammad SAW yang telah menjadi panutan dan membimbingku dalam menjalani kehidupan nyata.. Aku pun tak bakal memburu sesuatu yang belum tentu ada.. and Bo_lang) semoga qt slalu rukun.. qt sudah berjuang bersama2 melewati tangis dan tawa. terima kasih untuk doa.. pengorbanan.???!!! ... tenggelamlah seperti mataharimu.. Cem_plux. yang selalu mendoakanku dalam keadaan sedih maupun senang serta memberikan kasih sayang dan kepercayaan. mz E_die. makasih telah meluangkan waktu dan kesabarannya bwt aq. sEeemAAAn9AAAt... Kamu telah meninggalkan kami semua... semoga Engkau meridhoi jalan yang kutempuh ini!!!  Ayahanda Kuncono dan Ibunda Suyatmi yang sangat aku cintai. Mar_konah. En_dang..HALAMAN PERSEMBAHAN Harimu adalah hari ini..” ” Wahai masa depan... baik materi maupun spiritual. q kan slalu merindukan Xan serta tmn2 seperjuangan angkatan 2005 terima kasih atas kebersamaannya selama ini. esok hari adalah sesuatu yang belum diciptakan dan tak ada satupun darinya yang dapat disebutkan. Aku hanya akan hidup hari ini.  Almamater tercinta yang telah mengantarq hingga menggapai masa depan.. makasih untuk doa dan semangate bwt aq. dan kamu tak akan pernah melihatku termenung sedetikpun untuk mengingatmu.. and mz bon_and..... pergi dan tak pernah kembali lagi... engkau masih dalam keghaiban!!! Maka aku tak akan pernah bermain dengan khayalan dan menjual diri hanya untuk sebuah dugaan. nasehat.!!!!! Jo lali karo are_x Pri_gi zZooo.  Keluargaq Cendana (Die_mile. karena esok hari mungkin tak ada sesuatu. Aku tak akan pernah menangisi kepergianmu. and Me_nur)and keluarga (Ye.  Mz2 Rental. maka aku akan mengucapkan: ” Wahai masa lalu yang telah berlalu dan selesai.

 Se2orang yang ada dihati. .. thanks for all..

M. Kecamatan Gampengrejo.Pd. Kabupaten Kediri dengan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang makanan bergizi dengan pemberian makanan pendamping ASI pada bayi usia 6-12 bulan.392. Makanan Bergizi. karena anak sedang tumbuh sehingga kebutuhannya berbeda dengan orang dewasa. Hal yang paling utama dalam pemberian makanan pendamping pada anak adalah makanan apa yang seharusnya diberikan. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Variable independen dalam penelitian ini adalah tingkat pengetahuan ibu tentang makanan bergizi dan variable dependennya adalah pemberian makanan pendamping ASI. Hasil penghitungan terhadap 26 responden didapatkan hasil bahwa harga rho hitung adalah 0.458 dan harga rho tabel adalah 0.Populasi adalah semua bayi yang ikut posyandu di desa Sumberejo. Kes Pembimbing II : Suwoyo. Kata kunci: Pengetahuan. SST. Ners Makanan memegang peranan penting dalam tumbuh kembang anak. Penelitian dilaksanakan tanggal 15-16 Juli 2008 di Posyandu desa Sumberejo. SP. Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasi cross sectional. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik sampling jenuh.ABSTRAK HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG MAKANAN BERGIZI DENGAN PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI PADA BAYI USIA 6-12 BULAN DI POSYANDU DESA SUMBEREJO WILAYAH KERJA PUSKESMAS NGASEM KABUPATEN KEDIRI 2008 Nama Peneliti : Siska Kusuma Rahmawati NIM : 0502200032 Pembimbing I : RE. MP-ASI vi . Kep. maka terlihat bahwa rho hitung > rho tabel berarti ada hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang makanan bergizi dengan pemberian makanan pendamping ASI pada bayi usia 612 bulan. S. kapan waktu pemberian dan dalam bentuk yang bagaimana makanan tersebut diberikan. S.Wijanti.

Kes selaku Ketua Program Kebidanan Kediri yang telah memberikan kepercayaan kepada penulis untuk menyusun Karya Tulis Ilmiah ini.KATA PENGANTAR Puji syukur kehadiarat Allah SWT atas berkat dan rahmat-Nya penulis dapat menyelesaikan Karya Tulis Ilmiah yang berjudul “Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Makanan Bergizi Dengan Pemberian Makanan Pendamping ASI Pada Bayi Usia 6-12 bulan di Posyandu Desa Sumberejo Wilayah Kerja Puskesmas Ngasem Kabupaten Kediri”. arahan dan dukungan moral selam penulis menjalankan studi dan proses penyelesaian Karya Tulis Ilmiah. sehingga akhirnya Karya Tulis ini dapat diselesaikan dengan baik. S.M. Ibu Hj. Dalam penyusunan Karya Tulis ini penulis banyak mendapatkan bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak. Bapak Suwoyo.S. Pada kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada: 1.M.Pd. 2.Kep. S. 4.Ners selaku Koordinator Karya Tulis Ilmiah. Karya Tulis ini disusun guna memenuhi salah satu persyaratan untuk menyelesaikan Program Pendidikan Diploma III Kebidanan.Kep selaku pembimbing II yang dengan sabar meluangkan waktu dan memberi bimbingan kepada penulis. S. Bapak Koekoeh Hardjito.SST. Wijanti. 3. Temu Budiarti. .Pd.Kes selaku pembimbing I yang telah memberikan bimbingan. SP. Ibu RE.

2008 Penulis . sehingga masukan dari berbagai pihak sangat penulis harapkan. Kediri. Semua pihak yang telah memberikan semangat.5. Amin. Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan Karya Tulis Ilmiah ini masih ada keterbatasan dan kelemahan. yang tidak bisa penulis ungkapkan satu-persatu. Akhirnya harapan penulis semoga Karya Tulis Ilmiah ini dapat bermanfaat.

............................1 Konsep Hubungan ......................... ix DAFTAR TABEL..................5 Konsep Pengetahuan Ibu Tentang Makanan Bergizi ..........1 Latar Belakang.................................................. 6 2...................................................2 Rumusan Masalah....................................................................................................... xiii BAB I: PENDAHULUAN............................................................................................................................................................................................... iii PERNYATAAN KEASLIAN................. iv HALAMAN PERSEMBAHAN .............. 8 2.............................................................................3 Tujuan Penelitian.................................................... xi DAFTAR GAMBAR . 1 1............................. vi KATA PENGANTAR ............................................ 1............................................................. i HALAMAN PERSETUJUAN................................................................................................................................................................. ii HALAMAN PENGESAHAN.............................................................................. 1 1............................................................................................................ vii DAFTAR ISI........DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL.......................... 10 ............................................................................................... xii DAFTAR LAMPIRAN........................................ 4 1.... 5 BAB II: TINJAUAN PUSTAKA .....2 Konsep Pengetahuan..................................................................................................4 Manfaat Penelitian............4 Konsep Makanan Bergizi ......................................................................................... v ABSTRAK ............................. 6 2......................................... 6 2.................................3 Konsep Ibu............................... 8 2...............................................

..................... 24 BAB IV: HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN............................................................ 21 3.......................................6 Konsep Pemberian Makanan Pendamping ASI...1 Desain Penelitian ......................................................................................................... 16 3....................1 Kesimpulan.................................. BAB III: METODE PENELITIAN ...................................................................... 25 4.....10 Etika Penelitian..........................................................1 Hasil Penelitian........................... 10 2........................................... 14 2..........................................................8 Hipotesis ................................. 3.............................2....9 Teknik Analisa Data ..... 3..................... 16 3.... ......................6 Tempat dan Waktu Penelitian .................................................... 21 3................... DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN ............... BAB V : PENUTUP ........... 16 3................................................7 Kerangka Konsep ..2 Pembahasan .3 Kriteria Sampel.............................8 Alat Ukur ................................................................................................ 32 5......................................................................................................................................................................7 Teknik Pengumpulan Data ............................... 5............. 17 3.......................5 Definisi Variabel..... 20 3................................... Sampel Dan Sampling ......................................................................................................................2 Populasi.. 21 3..2 Saran ..............................4 Variabel Penelitian .............................. 25 4......................

......................................1 Definisi Operasional ........... 27 20 ..... Tabel 4......................................DAFTAR TABEL Tabel 2......................1 Tabulasi Silang Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Makanan Bergizi dengan Pemberian Makanan Pendamping ASI pada Bayi usia 6-12 bulan ...........................

2 Diagram Pie Pemberian Makanan Pendamping ASI ........................DAFTAR GAMBAR Gambar 2.................. 25 Gambar 4.....1 Diagram Pie Pengetahuan Ibu tentang Makanan Bergizi.............. 14 Gambar 4.......1 Kerangka Konsep ............................... 26 ..........

Formulir recall Mkanan Sehari (24 jam) Lampiran 7. Lembar Persetujuan Responden Lampiran 4.DAFTAR LAMPIRAN Lampiran 1. Kisi-kisi Quesioner Lampiran 5. Tabulasi Data Berdasarkan formulir Recall Makanan Sehari Lampiran 10. Surat Ijin penelitian Lampiran 2. Tabel Nilai Koefisien Korelasi Lampiran 13. Tabulasi Data Hasil Penelitian Tingkat pengetahuan Responden Lampiran 9. Tabel Tata Jenjang untuk menghitung Koefisien Korelasi Lampiran 12. Lembar Quesioner Lampiran 6. Jadwal Kegiatan Penelitian . Bahan Makanan URT Lampiran 8. Rekapitulasi hasil Kuesioner Lampiran 11. Informasi Penelitian Lampiran 3.

kapan waktu pemberian dan dalam bentuk yang bagaimana makanan tersebut diberikan (Helvetia. Sedangkan saat ini mereka sedang mengalami proses pertumbuhan yang relatif pesat dan memerlukan zat-zat gizi dalam jumlah yang relatif besar. Pada usia 6 bulan saluran pencernaan bayi sudah mulai bisa diperkenalkan pada makanan padat sebagai makanan tambahannya. 2001).1 Latar Belakang Makanan memegang peranan penting dalam tumbuh kembang anak. 2007). Ditinjau dari sudut masalah kesehatan dan gizi.A dan Herlianty. Maka kesehatan 1111 . para bayi perlu diperkenalkan kepada jenis makanan pendamping ASI agar mereka dapat memperoleh unsur gizi diantaranya karbohidrat. karena anak sedang tumbuh sehingga kebutuhannya berbeda dengan orang dewasa.BAB I PENDAHULUAN 1. mulai bentuk bubur kental. D. maka bayi termasuk kelompok yang paling mudah menderita kelainan gizi. protein. Hal yang paling utama dalam pemberian makanan anak adalah makanan apa yang seharusnya diberikan. vitamin dan mineral yang mereka perlukan untuk pertumbuhan mereka. makanan lumat. Berdasarkan ilmu gizi. makanan lembek dan akhirnya makanan padat (Sulistijani. sari buah. buah segar. Pemberian makanan pendamping ASI harus bertahap dan bervariasi mulai dengan 1 jenis rasa setiap mengenalkan jenis makanan baru.

Karena kurangnya pengetahuan yang dimiliki oleh ibu. jadi selain makanan pendamping. 2006). khususnya perilaku ibu dalam memberikan makanan pendamping ASI pada bayinya. ini merupakan hal yang utama untuk tumbuh kembang yang optimal bagi seorang anak. sehingga banyak bayi yang mengalami gizi kurang. Pengetahuan ibu yang baik dalam pemberian makanan pendamping ASI sangat menunjang status gizi anak (Yustina Rostiawati. Yang dimaksud dengan pemberian makanan pendamping ASI adalah pemberian makanan tambahan pada bayi setelah bayi berusia 6-24 bulan. Pemantauan rutin yang telah dilakukan pemerintah melalui sistem kewaspadaan Pangan dan Gizi (SKPG) menunjukkan jumlah kasus gizi buruk yang dilaporkan dari Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit semakin meningkat.yang baik ditunjang dengan keadaan gizi yang baik. Salah satu faktor penyebab perilaku penunjang orang tua dalam memberikan makanan pendamping ASI pada bayinya adalah masih rendahnya pengetahuan ibu tentang makanan bergizi bagi bayinya. Untuk mencegah terjadinya berbagai gangguan gizi dan masalah psikososial diperlukan adanya perilaku penunjang dari para orang tua. Yang dimaksud dengan pengetahuan ibu tentang makanan bergizi adalah hasil tahu karena faktor penginderaan terhadap suatu obyek tertentu tentang bahan makanan yang diperlukan dalam satu hari yang beraneka ragam dan mengandung zat tenaga. ASI pun harus tetap diberikan pada bayi sampai bayi berusia 2 tahun (Depkes. Data hasil penelitian saudari Suyanah berdasarkan data SUSENAS (Survei . RI. zat pembangun dan zat pengatur yang dibutuhkan oleh tubuh. 2002).

2002) Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Kediri bayi yang diberi makanan pendamping ASI yaitu sebanyak 701 bayi (80 %). dari 85 jumlah bayi. (Depkes RI.731 balita. KEP sedang 1.500 balita (8.954. Pemberian MP-ASI pada bayi usia 6-12 bulan terdiri dari usia 6-9 bulan tediri dari ASI. nasi tim.6 %). sedangkan untuk KEP berat 972.323. karena lebih hieginies dan tidak mengandung pengawet. nasi tim. dijumpai prevalensi Kekurangan Energi Protein (KEP) ringan pada balita adalah 4.2 %). dan buah. sedangkan untuk usia 9-12 bulan terdiri dari ASI. sedangkan pada MP-ASI instan bisa langsung dibuat sendiri oleh ibu. bubur susu.035 balita (19.Kesehatan Nasional) pada tahun 2002 dari 23. sedang yang berpengetahuan baik 12 orang (50 %). Selain itu berdasarkan hasil wawancara didapatkan hasil ibu yang mempunyai pengetahuan kurang tentang makanan bergizi sebanyak 5 orang (20 %). 25 bayi yang usia 6-12 bulan didapatkan lebih dari 60 % dari bayi mempunyai riwayat pernah mendapatkan MP-ASI sejak 3-4 bulan dan 40 % dari bayi diberi MP-ASI sesuai umur bayi. .576. Berdasarkan uraian diatas maka peneliti tertarik untuk meneliti hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang makanan bergizi dengan pemberian makanan pendamping ASI pada bayi usia 6-12 bulan. tidak beli yang instan. dan buah. Tapi lebih baiknya kalau ibu men\mberikan MP-ASI pada bayinya dengan membuat sendiri.4 %).292 balita (4. yang berpengetahuan cukup 8 orang (30 %). Berdasarkan data hasil studi pendahuluan pada tanggal 10-29 maret 2008 di posyandu desa Sumberejo.

3.2 Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah tersebut dapat dirumuskan masalah penelitian “Adakah hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang makanan bergizi dengan pemberian makanan pendamping ASI pada bayi usia 6-12 bulan di Posyandu desa Sumberejo? 1.1.3 Menganalisa hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang makanan bergizi dengan pemberian makanan pendamping ASI pada bayi usia 6-12 bulan di Wilayah desa Sumberejo Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri.3 Tujuan Penelitian 1.3.2 Mengetahui pemberian makanan pendamping ASI pada bayi usia 6-12 bulan 1.1 Tujuan Umum Untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang makanan bergizi dengan pemberian makanan pendamping ASI pada bayi usia 6-12 bulan di Posyandu Desa Sumberejo. .2.3.2 Tujuan Khusus 1.3.2.3. 1.2.1 Mengidentifikasi tingkat pengetahuan ibu tentang makanan bergizi 1.

4. 1.4.4. 1.3 Bagi Institusi Sebagai bahan masukan untuk menambah wawasan informasi dan panduan dalam penelitian lebih lanjut mengenai hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang makanan bergizi dengan pemberian makanan pendamping ASI pada bayi usia 6-12 bulan.1 Bagi Peneliti Mendapatkan pengalaman untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang makanan bergizi dengan pemberian makanan pendamping ASI pada bayi usia 6-12 bulan. .2 Manfaat Penelitian 1.1.2 Bagi Tempat Penelitian Memberikan masukan dan sebagai data dasar tentang pengetahuan ibuibu yang memiliki bayi usia 6-12 bulan tentang makanan bergizi dalam pemberian makanan pendamping ASI.

com ADA BANYAK LINK YANG MUNGKIN SESUAI DENGAN JUDUL ANDA SEMOGA BERMANFAAT . 085649109445 E-mail: irchamgroup@yahoo.TIP CEPAT LULUS SKRIPSI : 1. Insya Alloh 2 minggu kemudian anda di wisuda 5.com Ym = irchamgroup BILA JUDUL DAN ISI BELUM SESUAI. Tidak percaya ???? Bisa anda buktikan disini ! Semoga bermanfaat. Ircham Contact Person : Home : (0345) 671672.000 per judul tesis ANGGAP UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPSI/TESIS LENGKAP DALAM FORM DOC Pemesanan melalui Transfer ke : BRI SYARIAH Cabang Kediri No.000 per judul skripsi Rp. 100. Pilih 5 judul yang menurut anda paling anda sukai 2. Ajukan ke Dosen Pembimbing 3.wordpress. Flexi : (0354) 7072876. 200. UNTUK MEMPEROLEH FULL CONTENT DALAM BENTUK DOC FILE : Rp. Rek : 1004172945 A/n : Moch. JANGAN KECEWA!! ANDA BISA MENCARINYA DI SEARCH ENGINE KAMI PADA www.pusatskripsitesis. Donwload Skripsi yang telah di Acc oleh Dosen 4.